Cara Melihat Subscriber Youtube di Channel Dengan Gambar

Artikel terakhir diperbaharui 12-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Melihat Subscriber – Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak subscriber dalam channel Youtube. Apakah kamu salah satunya? Sebagai Youtubers yang memanfaatkan channelnya untuk mendapatkan uang tentu saja mengetahui berapa jumlah subscriber itu penting. 

Subscriber sendiri adalah akun Youtube orang lain yang mengikuti suatu Youtube. Dengan klik menu subscribe saat menonton channel Youtube maka orang tersebut akan berlangganan. 

Jika channel tersebut upload video baru maka  orang tersebut akan mendapat pemberitahuan. Lalu bagaimana cara melihat subscriber di channel Youtube sendiri? Bisakah mengetahui berapa jumlah subscriber orang lain? 

Bagi kamu yang baru saja mulai channel Youtube atau mungkin masih bingung di mana bisa mengetahui siapa saja dan jumlah subscriber bisa menyimaknya di sini. 

Cara Melihat Subscriber Kita di Channel Youtube

Youtube memudahkan penggunanya untuk tahu siapa saja yang mengikuti channel sendiri baik itu dengan komputer atau smartphone. Kamu bisa langsung masuk ke channel Youtube sendiri atau bisa juga dengan Youtube studio.  Yuk ikuti tiga cara mudahnya berikut ini. 

Cara Melihat Subscriber Kita dengan Komputer

  1. Buka komputer baik itu PC atau laptop dan pastikan tersambung dengan internet ya. Kamu bisa langsung akses web browser baik itu Mozilla atau Chrome sama saja.
    cara melihat subscriber kita
  2. Ketik Youtube pada web browser tersebut kemudian kamu akan diarahkan ke situs. 
  3. Saat halaman situs terbuka jika kamu terbiasa menggunakan Youtube maka otomatis langsung masuk ke channel milikmu. Tapi jika belum kamu bisa login dulu ke channel melalui menu home atau beranda.
    cara melihat subscriber di youtube
  4. Usai masuk ke akun channel Youtube sendiri, kamu bisa mengubah pada halaman web browser menjadi youtube.com/subsciber dan tekan enter.

  5. Halaman yang muncul adalah daftar subscriber pada channel Youtube kamu. 

 

Langkah ini berlaku jika subscriber kamu memiliki pengaturan subskripsi ke publik. Apabila ternyata kebanyakan subscriber kamu menggunakan subskripsi privat maka tidak akan terlihat dengan cara ini. 

Jadi daftarnya bisa banyak atau sedikit tergantung dengan banyak tidaknya jumlah subscribe pada channel kamu dan pengaturan masing-masing subscriber. 

Cara Melihat Subscriber dengan Youtube Studio 

  1. Buka komputer dan masuk ke web browser. Cara ini sama seperti langkah di atas. 
  2. Masuk juga ke situs Youtube.com melalui web browser dan pastikan kamu sudah login terlebih dahulu ke akun channel Youtube yang ingin dilihat.
    Cara Melihat Subscriber dengan Youtube Studio 
  3. Pada bagian foto profil di pojok kanan atas kamu bisa klik. 
  4. Kemudian pilih menu Youtube Studio yang muncul.

  5. Dari tampilan yang muncul lanjutkan dengan klik creator studio classic pada bagian kiri bawah. 

Sekali klik kamu akan langsung melihat daftar subscriber yang mengikuti channel Youtube milik kamu. 

Cara Melihat Subscriber Youtube Melalui Smartphone

Tidak selamanya kamu harus menggunakan komputer untuk melihat siapa saja subscriber lama dan baru pada channel Youtube. Selain menggunakan komputer kamu juga bisa memanfaatkan smartphone untuk melihatnya. 

Caranya pun hampir sama karena baik komputer dan smartphone memudahkan kamu untuk bisa mengakses web browser. Pastikan jaringan internet yang kamu miliki lancar untuk melakukan pengecekan. Berikut ini beberapa langkah cara melihat subscriber melalui smartphone. 

  1. Buka smartphone dan masuklah ke web browser Chrome yang sudah diinstal. Jika kamu belum memilikinya bisa menginstal terlebih dahulu. 
  2. Kemudian setelah masuk kamu klik pada bagian tiga titik atas sebelah kanan, pada menu yang muncul centang situs desktop. Dengan begitu maka kamu bisa melihat tampilan seperti pada layar komputer di smartphone. 
  3. Kemudian baru kamu bisa masuk ke situs Youtube.com dengan mengetik alamat pada web browser. 
  4. Setelah masuk dan kamu sudah otomatis login barulah kamu bisa melakukan pengaturan. Tapi jika kamu belum masuk jangan lupa untuk login terlebih dahulu ya. 
  5. Setelah masuk ke akun, kemudian gantilah alamat pencarian di web browser menjadi youtube.com/subscriber. Alamat ini sama persis dengan cara yang pertama tadi. 
  6. Terakhir kamu tinggal klik cari untuk browser mulai ke proses pencarian. 

Apabila sudah masuk maka kamu akan langsung diperlihatkan daftar dari subscriber di channel Youtube sendiri. 

Cara Melihat Subscriber di Channel Youtube Orang Lain

Pada kasus tertentu kamu mungkin akan penasaran dengan jumlah dan siapa saja subscriber pada channel Youtubers terkenal. Nah cara melihat subscriber di Youtube  channel orang lain ini sebenarnya ada beberapa cara. 

Pertama, jika kamu hanya ingin tahu berapa jumlahnya bisa langsung masuk saja ke channel tersebut. Maka akan terlihat berapa jumlah subscribernya. Kedua, kamu bisa langsung memutar salah satu video dari channel tersebut lalu jumlah dari subscriber juga akan terlihat. 

Kedua cara melihat subscriber di atas bisa dilakukan jika Youtubers tidak menyembunyikan jumlah subscribernya. Tapi jika ternyata mereka mengatur untuk menyembunyikannya maka kamu harus menggunakan cara lain seperti berikut ini.
Cara Melihat Subscriber di Channel Youtube Orang Lain

  1. Ingat nama channel tersebut kemudian salin link Youtube pada channel tersebut.
    Cara Melihat Subscriber di Channel Youtube sendiri
  2. Kemudian kamu bisa mengakses langsung ke situs NoxInfluencer yang bisa digunakan untuk melihat banyak info mengenai Youtube hingga TikTok
  3. Ketika sudah mengakses ke situs tersebut kamu bisa paste link yang tadi dicopy ke kolom yang sudah disediakan. Jangan lupa isikan juga nama channelnya. Tinggal klik Cari. 
  4. Maka kamu akan langsung melihat hasil dari pencarian yang dilakukan situs tersebut. Informasi yang kamu dapatkan bahkan lebih dari jumlah subscribernya. 

Ada beberapa data lain juga yang akan kamu dapatkan seperti jumlah penonton, persentase kenaikan sampai penurunan jumlah penontonya. Jadi kamu bisa menganalisis mengenai channel Youtube tersebut. 

Dengan semua cara melihat subscriber ini kamu nggak bakalan bingung lagi untuk melihat berapa dan siapa saja subscriber pada sebuah channel Youtube. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.