Tutorial

Cara Melihat Rating Customer Gojek dan Grab, Sudah Tahu? 

Tahukah kamu bahwa driver juga bisa melihat rating konsumen? Cara melihat rating customer Gojek juga hanya bisa dilakukan oleh driver saja. 

Jadi bukan hanya driver ojol saja yang akan mendapatkan rating dari konsumen sehingga kamu bisa mengetahui seperti apa kualitas pengalaman mereka. 

Bagaimana cara kamu mengetahui rating yang dimiliki dan apa saja kerugian yang didapatkan jika rating buruk, simak dulu di sini. 

Cara Mengecek Rating Konsumen Gojek dan Grab 

Sejak lama aplikasi Grab atau Gojek muncul driver selalu memiliki rating berupa bintang yang jadi tolak ukur kualitasnya. 

 

Driver yang memiliki bintang 4,5 sampai 5 artinya berani memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. 

Selain itu ada juga informasi berapa kali dalam seminggu jumlah tarikan yang sudah mereka lakukan. Informasi ini sangat membantu konsumen apakah akan menggunakan jasa driver tersebut atau tidak.

Ternyata konsumen pun juga mendapat perlakuan yang sama yaitu mendapatkan bintang. Bintang ini juga akan diberikan oleh driver Gojek atau Grab yang sudah memberikan layanan. 

Nah, untuk cara mendapatkan informasi rating ini kamu bisa mengikuti cara berikut ini. 

  1. Kamu bisa mencoba memesan layanan di aplikasi Gojek atau Grab terlebih dahulu. Bisa itu memesan makanan atau alat transportasi motor atau mobil. 
  2. Setelah itu tunggu driver datang dan dapatkan layanannya.
  3. Sebelum driver pergi kamu bisa meminta mereka memberitahukan berapa rating yang kamu miliki di aplikasi mereka. 
  4. Driver yang baik pastinya akan memberitahu berapa rating yang telah kamu miliki. 

Ya, kamu hanya bisa meminta tolong driver untuk memberitahu rating ketika kamu menggunakan layanannya. 

Pasalnya rating ini akan muncul ketika driver menerima pesanan kamu yaitu dari aplikasi khusus driver. 

Mengapa Rating Konsumen Grab dan Gojek Jelek? 

Mengapa Rating Konsumen Grab dan Gojek Jelek

Kamu pastinya penasaran mengapa rating bisa sangat jelek, misalnya saja 3,5 bintang. Padahal mungkin kamu sudah sering menggunakan layanannya. 

Ada sederet alasan mengapa kamu bisa saja mendapatkan rating yang buruk seperti: 

1. Suka Mengomel 

Kamu mungkin orang yang tidak suka dengan keterlambatan atau sangat ribet soal pesanan makanan. Padahal mungkin driver sedang berusaha untuk mengantar di tengah kemacetan atau hujan. 

Saat inilah kamu mungkin mengomel kepada driver ketika mereka tiba. Hati-hati banyak mengomel juga bisa membuat kamu mendapatkan rating buruk. 

Coba saja perhatikan berbagai konten driver ojek online di internet yang menampilkan konsumen bawel yang sangat mengganggu. 

Buka tidak mungkin jika driver akan memberikanmu bintang satu setelah memberikan layanan. 

2. Tidak Membayar dengan Benar 

Grab dan Gojek memang menyediakan layanan pembayaran tunai untuk memudahkan konsumen yang mungkin saja sedang kehabisan saldo. 

Kamu yang memilih untuk membayar dengan cara ini tentunya harus memberikan uang senilai dengan total yang sudah diberikan di aplikasi. 

Sayangnya masih cukup banyak konsumen yang memberikan pembayaran tidak sesuai atau kurang. 

Beberapa driver mungkin saja akan memakluminya namun bisa saja kamu akan diberikan rating yang buruk karena hal ini. 

3. Membuat Driver Menunggu Lama 

Kamu mungkin sudah memesan layanan pengantaran namun setelah driver datang kamu belum siap. 

Alhasil driver harus menunggu bahkan tidak hanya 5 menit tapi sampai 15 hingga 30 menit. 

Menunggu bisa jadi hal yang menyebalkan bagi driver karena bisa saja mereka mendapat orderan yang lebih baik dengan bayaran tinggi. 

Kamu yang sudah membuat mereka menunggu terlalu lama harus siap saja mendapatkan rating yang buruk.

4. Bersikap Kasar 

Punya kebiasaan mengomel saja sudah tidak disukai apalagi jika kamu bersikap kasar. Misalnya saja kamu yang menutup pintu mobil terlalu kencang seperti sedang marah. 

Tidak sopan ketika memberikan uang seperti dilempar. Bisa juga tidak tahu terimakasih dan marah-marah ketika driver datang terlambat atau kesulitan mencari alamat. 

Bisa saja memang ternyata driver membutuhkan bimbingan kamu untuk menuju alamat dengan tepat karena titip pada peta yang salah. 

Kamu juga bisa sebenarnya bersikap lebih baik meskipun driver datang terlambat tanpa harus marah. Sikap kasar kamu yang seperti ini akan membuat driver memberikan bintang paling rendah. 

Kerugian Konsumen jika Memiliki Rating Jelek

Kerugian Konsumen jika Memiliki Rating Jelek

Jangan meremehkan rating pada akun Grab atau Gojek milik kamu. Pasalnya rating ini akan langsung terlihat di aplikasi driver ketika mereka mendapat tawaran pesanan. 

Seperti yang diketahui, bahwa setiap pesanan yang masuk ke aplikasi driver bisa diterima atau ditolak sesuai dengan kesanggupan dari driver. 

Sama seperti aplikasi Gojek atau Grab yang kamu gunakan bisa untuk cancel order jika tidak jadi menggunakannya. 

Mengingat adanya proses seperti ini maka ada beberapa kerugian yang akan kamu dapatkan jika memiliki rating yang buruk. 

1. Susah Mendapat Driver 

Kamu saat ini sedang berada di perkotaan dan ingin pulang menggunakan Gojek atau Grab. Sayangnya meskipun di area kamu banyak driver tapi susah mendapatkannya. 

Alasannya sebagian besar driver menolak orderan yang masuk dari kamu setelah mereka melihat rating yang buruk. 

Bisa saja mereka tidak ingin menerima pesanan dari orang yang kasar dan suka mengomel. 

Bahkan setelah kamu mencoba berkali-kali untuk memesan tidak ada driver yang akan menerima. 

Kamu jadi kesusahan ketika ingin pulang menggunakan layanan ojek online ini. 

2. Susah Memesan Makanan 

Cuaca sedang hujan dan kamu malas gerak? Kamu bisa saja memesan makanan melalui Grab atau Gojek, namun sayangnya lagi-lagi tidak ada yang mau menerima. 

Apalagi jika kamu memesan dalam jumlah yang banyak sampai ratusan ribu dan sistem pembayarannya adalah tunai. 

Ditambah dengan rating yang buruk, maka driver akan curiga apakah pesanan yang kamu berikan tersebut benar atau hanya ingin mengerjai driver. 

Pasalnya sudah banyak kasus konsumen yang memesan banyak makanan dan susah dicari alamatnya bahkan tidak bertemu dengan Gojek sama sekali. 

Oleh karena itu driver akan merasa lebih aman jika kamu memesan dengan pembayaran langsung melalui saldo di aplikasi. 

3. Akun Terancam Kena Banned 

Akun yang memiliki rating buruk terus menerus bahkan tidak mengalami kenaikkan meskipun sudah sering order akan dicurigai oleh admin aplikasi. 

Bukan tidak mungkin jika akun yang kamu miliki terkena banned, apalagi sering mendapatkan laporan dari driver Gojek bahwa kamu konsumen yang tidak baik. 

Ya, driver tidak hanya bisa memberikan rating namun juga catatan pada setiap pesanan yang didapatkannya. 

Jadi sebaiknya berhati-hati jika kamu ingin terus menggunakan aplikasi Gojek dan juga Grab. Tidak ada salahnya untuk bersikap ramah dengan para driver karena sama sekali tidak merugikan. 

Meskipun mendapatkan rating tinggi tidak memberikan akun kamu mendapat hadian atau potongan biaya dan setidaknya lebih mudah untuk mendapatkan driver. 

Jadi jika kamu sedang membutuhkan layanan dari aplikasi Gojek atau Grab tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. 

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara melihat rating customer Gojek dan juga Grab. Pada pesanan layanan selanjutnya kamu bisa langsung mencobanya. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button