Mudah, Begini 3 Cara Melihat Kata Sandi Akun Google

Cara Melihat Kata Sandi Akun Google – Apakah Anda pernah mengalami lupa pada kata sandi email sendiri?

Cara melihat kata sandi akun google perlu diketahui agar bisa masuk kembali ke akun email dengan mudah.

Untuk bisa melihat kata sandi email yang lupa yaitu harus pernah login sebelumnya dan menyimpan kata sandi tersebut saat itu.

Fitur browser seperti firefox dan chrome sebenarnya telah menyediakan cara untuk melihat password akun email Anda yang pernah disimpan.

Cara Melihat Kata Sandi Akun Google Dengan Mudah

Cara Melihat Kata Sandi Akun Google Dengan Mudah

Selain melalui aplikasi browser, melihat kata sandi email langsung lewat hp android dari fitur yang disediakan perangkat android juga bisa dicoba. 

Perhatikan beberapa cara yang akan kami bahas sebagai berikut:

  • Melalui Google Chrome

Langkah pertama cara melihat kata sandi akun google tentu Anda harus membuka google chrome dahulu pada android.

Kemudian klik menu Settings pada pojok kanan atas, lalu pilih opsi Sandi. Pada halaman tersebut akan menampilkan banyak akun yang pernah disimpan, pilih akun google. Kemudian klik ikon mata untuk memperlihatkan sandi. 

Sama seperti pada android, untuk melihat sandi melalui google chrome dengan komputer Anda harus masuk google chrome, masuk menu Settings lalu pilih Sandi.  

Setelah itu ketik ‘google’ pada pencarian dan masuk accounts.google.com (username email Anda), klik ikon mata untuk melihat sandi.

Untuk lebih cepat, Anda bisa mencoba cara satu ini. Pertama buka passwords.google.com. Halaman tersebut akan menampilkan daftar-daftar akun yang kata sandinya pernah disimpan. Untuk dapat melihat kata sandi pilih opsi Pratinjau, untuk menghapus sandi pilih opsi Hapus dan Anda bisa menggantinya.

Jika menggunakan frasa pada sinkronisasi kata sandi, maka tidak dapat memakai cara cepat tersebut. Anda perlu melihatnya di pengaturan Chrome.

Jika mencoba melalui accounts.google.com tidak terlihat kata sandi, kemungkinan Anda tidak pernah menyimpan password saat login email di google. 

  • Melalui Mozilla Firefox

cara melihat password google di Melalui Mozilla Firefox

Cara melihat kata sandi akun google juga dapat dilakukan melalui browser mozilla firefox. Langkahnya hampir sama, buka firefox dan klik simbol titik 3 pada pojok kanan atas, pilih opsi Logins and Passwords. 

Lalu masuk bagian accounts.google.com (username email Anda), klik ikon mata untuk melihat kata sandi.

Cara ini mirip dengan cara melihat password pada google chrome. Jika pada accounts.google.com Anda tidak melihat kata sandi, sepertinya Anda tidak pernah menyimpan kata sandi tersebut saat login email. Jika pernah menyimpan kata sandi, kemungkinan kata sandi bisa dilacak saat lupa atau hilang.

Untuk melihat kata sandi melalui firefox juga dapat diakses melalui android maupun komputer.

Langkah-langkahnya juga sama, hanya berbeda pada tata letaknya saja karena tampilan tiap perangkat pasti berbeda-beda. Jika memiliki aplikasi browser lain juga bisa dicoba untuk login email untuk melihat sandi.

Sebaiknya Anda menyimpan kata sandi saat login agar tidak lupa dan tidak hilang. Apalagi jika kata sandi tersebut sulit untuk diingat.

Namun, jangan pernah menyimpan kata sandi email dan mengakses pada perangkat lain selain perangkat pribadi, hal ini demi keamanan data pribadi dan privasi Anda. 

  • Melalui Verifikasi Nomor Handphone

cara melihat kata google

Untuk cara ini harus dipastikan bahwa nomor handphone yang digunakan harus aktif. Jika tidak aktif, maka Anda tidak akan menerima notifikasi melalui nomor handphone tersebut, sehingga tidak dapat melihat atau mengatur ulang kata sandi. Anda bisa menggunakan aplikasi browser apa saja di android.

Langkah awal yaitu membuka akun google di browser. Login dengan alamat email atau nomor handphone, kemudian pilih opsi ‘lupa kata sandi’, kemudian klik selanjutnya. 

Disini akan muncul kolom untuk mengisi kata sandi. Kemudian pilih opsi ‘coba pertanyaan lain’. Setelah itu google akan mengirim notifikasi.

Notifikasi login perlu mengisi nomor handphone yang digunakan pada akun google. Lakukan pengisian nomor handphone aktif dengan benar, lalu pilih ‘kirim sms’.Selanjutnya tinggal ikuti perintah yang diterima, seperti memasukkan kode sebanyak enam digit angka yang dikirim melalui sms. 

Setelah selesai, isi kode pada kolom halaman akun google tadi. Klik selanjutnya, tunggu sampai verifikasi berhasil. Jika berhasil, akun email sudah dapat dibuka kembali. Kata sandi dapat diatur lagi apabila Anda ingin merubahnya. Cara ini dapat dibantu dengan browser opera, mozilla firefox, atau google chrome.

  • Menggunakan Email Pemulihan

Alternatif lain yang digunakan sebagai cara melihat kata sandi akun google adalah mengaturnya menggunakan email lain. Syaratnya Anda harus pernah menambahkan alamat email lain itu pada akun google yang lupa sandi. Email lain tersebut juga harus aktif sehingga dapat diakses sebagai gantinya.

Cara ini bisa dilakukan saat Anda benar-benar lupa dengan kata sandi dan email Anda. Selain itu, nomor handphone yang pernah ditambahkan pada akun google sudah tidak aktif.

Langkah melihat password dengan email pemulihan ini hampir sama dengan cara verifikasi melalui nomor handphone yang aktif.

Saat masuk google, pilih opsi ‘coba pertanyaan lain’ jika disuruh verifikasi nomor handphone. Lalu akan ditampilkan kode verifikasi untuk email cadangan (…@gmail.com) sesuai nama email cadangan. 

Pilih email alternatif tersebut dan klik kirim. Pastikan alamat email tersebut aktif dan ingat kata sandinya.

Setelah itu buka kotak masuk email cadangan tersebut. Lalu bisa memasukkan kode verifikasi. Google akan menampilkan kolom untuk mengisi kata sandi baru. Ubah sandi yang cukup mudah diingat. Setelah selesai, simpan kata sandi tersebut. 

Menjawab Pertanyaan Keamanan Dari Google

cara melihat kata sandi akun google

Cara melihat kata sandi akun google yang terakhir adalah dengan menjawab pertanyaan dari google. Anda akan diarahkan untuk memulihkan email dengan menjawab beberapa pertanyaan yang harus dijawab akurat. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan Di Google Chrome

Biasanya saat masuk untuk memulihkan akun gmail, ada perintah untuk memasukkan tanggal mendaftar email, tanggal lahir, dan data-data lain.

Data yang sudah mendekati akurat akan diproses sehingga Anda dapat masuk. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut. 

Pertama masuk pada halaman gmail. Masukkan kata sandi lama, pilih Berikutnya. Kemudian jika ada opsi memasukkan nomor telepon, pilih ‘saya tidak memiliki ponsel’.

Dengan begitu Anda akan mendapat akses masuk pada menu pemulihan email. Setelah itu pilih opsi ‘coba cara lain’.

Pertanyaan akan disesuaikan ketika Anda mendaftar akun google dahulu, jadi harus mengingat-ingat lagi hingga jawaban akurat.

Pemberian pertanyaan tersebut bervariasi, mulai dari tanggal lahir, hobi, dan sebagainya megenai Anda. Apabila data sesuai, maka akses masuk akan dibuka oleh google.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengatur Ulang Kata Sandi Google

cara melihat kata google

Untuk mengatasi masalah lupa password sebenarnya bisa diselesaikan dengan fitur yang disediakan oleh google sendiri. Jika setelah mengalami masalah lupa sandi Anda ingin mengatur ulang kata sandi sehingga mudah diingat, maka dapat melakukan beberapa cara yang dapat dijadikan solusi alternatif.

Mulai dari verifikasi nomor handphone, menggunakan email pemulihan, dan mereset password saat membuka email. Sebelumnya Anda harus pernah menambahkan alamat email cadangan atau nomor ponsel yang aktif pada akun google. Jika tidak pernah, maka upaya masuk email sulit untuk diproses.

Begitulah cara yang dapat dilakukan apabila Anda ingin melihat kata sandi akun email yang mungkin sudah diubah, lupa atau hilang.

Cara melihat kata sandi akun google tersebut dapat menjadi solusi yang dapat dicoba jika suatu saat akun google Anda mengalami masalah. 

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.