5 Cara Melihat Bit Laptop Windows 7, 8 dan 10

Cara Melihat Bit Laptop – Laptop atau komputer pada umumnya terdiri dari dua jenis bit sistem yaitu 32 bit dan 64 bit.

Maksud dari angka bit ini adalah jumlah data maksimal yang bisa diproses oleh komputer dalam waktu satu menit.

Nah, untuk mengetahui berapa bit perangkat Anda, pelajari cara melihat bit laptop ini.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari mengetahui bit laptop? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bit berkaitan dengan kemampuan CPU memproses data dalam satu menit.

Supaya komputer bisa berjalan dengan maksimal maka software pendukungnya juga harus sesuai.

Tutorial Cara Melihat Bit Laptop

1. Mengecek Bit Melalui System Properties

Sistem bit sebuah komputer perlu diketahui jika Anda ingin menginstal windows pada laptop, supaya sesuai dengan mesin laptop dan bekerja secara maksimal. Anda bisa mengecek sistem ini dengan menggunakan system properties.

System properties adalah layanan di komputer yang bisa memberikan informasi mengenai sistem operasi yang Anda pakai. Informasi ini mulai dari hardware sampai dengan bit processor. 

Tentu saja, disini Anda bisa mengetahui bit windows serta prosesor. Berikut cara untuk melihat bit laptop melalui system properties tersebut.

  • Buka Explorer

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka jendela explorer di komputer Anda. Anda bisa membukanya dengan mengklik icon file atau berkas (pada windows 8), dan bisa juga melalui kombinasi keyboard windows+r.
cara melihat bit laptop windows 10

  • Klik Kanan My Computer dan Pilih Properties
    cara melihat bit laptop windows 7

Setelah itu, Anda bisa klik kanan pada bagian my computer (pada windows 7) atau this pc (pada windows 8 atau 10). Selanjutnya, Anda bisa klik properties, kemudian akan muncul jendela system control panel yang berisi informasi seputar perangkat Anda mengenai hardware dan OS.
cara melihat bit laptop windows 8

Anda bisa melihat berapa bit laptop pada bagian system type. Pada bagian tersebut akan terdapat tulisan x86 atau x64. Jika terdapat tulisan x86 artinya komputer Anda system operasinya 32 bit, dan akan muncul kode x64 untuk sistem 64 bit.

Pada windows 7, system properties bisa Anda buka melalui start menu. Caranya sangat mudah. Buka start menu, selanjutnya klik kanan pada bagian my computer. Pada menu selanjutnya, pilihlah properties, dan jendela system properties akan muncul.

2. Cara Mengecek Bit Melalui System Information

Anda bisa juga melihat bit laptop melalui system information. Ini adalah aplikasi bawaan pada windows sehingga Anda tidak perlu install aplikasi. Aplikasi system information akan memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai perangkat Anda.

Informasi yang tersedia diantaranya seperti tipe serta jenis prosesor, windows yang Anda gunakan versi berapa, dan informasi-informasi lainnya. Cara melihat bit laptop dengan system information, bisa Anda lakukan dengan tahapan yang sangat mudah.

Anda hanya perlu membuka start menu, kemudian pada pencarian silahkan mengetik system information. Jika sudah muncul aplikasinya, buka aplikasi tersebut. Setelah itu, akan muncul jendela system information yang berisi beragam informasi.

Informasi yang tersedia pada jendela ini adalah informasi mengenai brand laptop, jenis OS, model laptop, dan sebagainya. Anda bisa melihat pada bagian system type untuk mengetahui tipe prosesor laptop. 

Pada bagian tersebut akan tertulis x64 based PC atau x86 based PC. Jika terdapat tulisan x64 artinya type prosesor komputer Anda 64 bit, dan jika x86 itu menunjukkan type 32 bit. 

Dalam hal ini, perlu dipahami juga bahwa jendela dari system information memuat informasi mengenai PC lebih lengkap dibandingkan dengan system properties.

3. Cara Mengecek Bit Melalui CMD

Anda juga bisa memeriksa bit pada laptop menggunakan command prompt atau yang biasa disebut dengan CDM. CMD merupakan tools bawaan windows yang sangat powerfull pada windows, termasuk untuk mengetahui spesifikasi komputer.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa melihat bit laptop dengan CMD sendiri adalah sebagai berikut.

Cara Mengecek Bit Melalui CMD

  • Membuka CMD

Anda bisa membuka bit CD laptop cara komputer dengan membuka SMD command prompt. Anda bisa mengaktifkan tools ini dan menemukannya lewat start up. Pada windows 8, menu CMD juga bisa Anda temukan melalui menu search di desktop sebelah kanan.

  • Ketik Systeminfo

Setelah CMD terbuka Anda bisa mengetikkan kata systeminfo dan klik enter. Kemudian akan muncul informasi-informasi mengenai tipe serta bit prosesor laptop. Pada jendela yang ditampilkan Anda juga bisa mengecek bagian system type.

Sama seperti petunjuk dalam cara sebelumnya, disini tulisan x64 berlaku untuk spek 64 bit dan tulisan x86 untuk 32 bit. Pada jendela ini Anda tidak hanya akan diberikan informasi mengenai hardware dan OS laptop saja, namun juga terdapat informasi mengenai lokasi serta waktu.

4. Cara Mengecek Bit Melalui Setting

Anda bisa melakukan pengecekan bit laptop dengan sangat mudah melalui setting, jika menggunakan windows 10. Windows ini memang hadir dengan fitur serta tampilan yang memudahkan pengguna. Berikut ini cara melihat bit laptop windows 10 melalui metode tersebut. 

  • Klik Setting

Langkah pertama, klik pada bagian start menu. Jika sudah, Anda akan menemukan pilihan menu setting dan klik opsi tersebut.
Cara Mengecek Bit Melalui Setting

  • Klik System

Pada langkah selanjutnya, akan muncul jendela yang berisi beragam pilihan mulai dari system, network and internet, account, dan menu pengaturan lainnya. Setelah itu, Anda bisa klik pada bagian system.

  • Klik About

Apabila sudah muncul jendela baru, maka Anda bisa melihat ada sidebar sebelah kiri, dan pilihlah menu about pada bagian paling bawah. Layar perangkat kemudian akan menyajikan informasi-informasi seputar laptop Anda.

Informasi tersebut mulai dari jumlah ram yang digunakan, versi dari windows, serta tipe prosesor. Anda bisa mengetahui tipe prosesor dengan melihat judul system type. 

Bit laptop tentu termasuk dalam daftar informasi tersebut. Informasi yang hadir kurang lebih sama, pada bagian tersebut komputer Anda akan menyajikan tulisan x 64 based processor yang berarti PC Anda menggunakan 64 bit.

Bisa juga tulisan yang muncul adalah x86 based processor yang artinya tipe prosesor perangkat Anda adalah 32 bit. Cara melihat bit laptop melalui setting ini tentu sangat mudah untuk Anda coba praktekkan di laptop.

5. Cara Mengecek Bit Melalui File Explorer

Keunggulan windows 10 yang sangat mencolok dibandingkan dengan windows-windows pendahulunya adalah tampilan windows yang semakin memudahkan pengguna. Terutama menu-menu yang hadir dalam start menu.

Start menu ini biasanya berupa lambang windows yang terdapat di bagian bawah, pojok kiri layar. Melalui ini Anda juga bisa melihat bit laptop dengan cara sebagai berikut.

  • Klik Kanan Pada File Explorer

Anda bisa mengetahui bit laptop dengan sangat praktis pada windows ini. Setelah Anda mengklik pada bagian start menu, carilah menu file explorer, yang biasanya terletak di atas menu settings.
Cara Mengecek Bit Melalui File Explorer

Klik kanan pada bagian menu tersebut, kemudian akan muncul berbagai macam opsi pilihan. Klik pada bagian more, dan selanjutnya Anda bisa memilih menu properties. Setelah itu akan muncul jendela system.

  • Cari Spesifikasi Bit Laptop di Jendela Sistem Informasi

Anda akan melihat tulisan windows 10 berwarna biru dan cukup besar muncul dalam jendela ini. Selanjutnya Anda bisa melihat pada bagian system type, yang memuat informasi mengenai tipe prosesor laptop Anda.

Pada bagian ini Anda akan melihat tulisan 64-bit operating system, x64-based processor untuk prosesor tipe 64 bit, dan tulisan 32-bit untuk prosesor pada tipe 32 bit. Ini berbeda dengan windows versi sebelumnya yang menyajikan informasi 32 bit dengan kode angka 86.

Apabila pada menu system type muncul tulisan semacam ini 32-bit operating system, x64-based processor, artinya windows yang Anda install pada laptop Anda adalah 32 bit. Sementara itu, system prosesor laptop yang asli adalah 64 bit.

Cara-cara tersebut bisa digunakan untuk mengetahui bit pada laptop, sehingga Anda bisa menginstall OS windows sesuai dengan kapasitas prosesor supaya kinerjanya lebih maksimal.

Biasanya tidak hanya install windows. Ada juga aplikasi yang untuk penginstalannya harus menyesuaikan bit.

Apabila aplikasi yang berjalan tidak sesuai dengan bit laptop, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa maksimal. Bahkan bisa jadi aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan karena spesifikasinya tidak sesuai.

Hal ini sering terjadi pada aplikasi yang membedakan master program untuk 32 dan 64 bit.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *