lacak posisi
Tutorial

Mau Kepo Lokasi Pacar? Ini Cara Melacak Lokasi Lewat WA

Aplikasi WhatsApp kini sudah menjadi aplikasi wajib yang ada di smartphone. Hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk mengirim teks, video, dan audio.

Kelebihan baru yang diberikan oleh aplikasi ini adalah adanya share lokasi oleh pengguna. Jadi jika kamu mau pergi mengunjungi lokasi seseorang bisa dengan mudah dengan fitur ini. Lalu bagaimana kalau ingin kepo lokasi pacar?

Bagi sebagian orang yang mungkin saja ingin tahu lokasi dari kerabat apalagi pacar bisa juga memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Mau tahu bagaimana cara melacak lokasi lewat WA? Caranya mudah kok. 

whatsapp on iphone

Beberapa Pilihan Cara Melacak Lokasi Lewat WA

Fitur WhatsApp selalu diperbaharui oleh developernya hingga saat ini. Beragam fitur mulai bermunculan, dari yang tadinya hanya bisa mengirim pesan via chat, kini bisa untuk telepon hingga video call.

Fitur-fitur yang terus dihadirkan inilah yang mempermudah pekerjaan manusia hingga melakukan kegiatan sehari-hari.

Coba bayangkan jika aplikasi ini tiba-tiba menghilang, pasti banyak yang mengalami masalah komunikasi jarak jauh.

Memang ada aplikasi lainnya yang sejenis, tapi tetap saja masih lebih banyak kelompok masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan WA. Apalagi ditambah dengan adanya fitur untuk bisa mengetahui lokasi orang lain.

Jadi jika kamu lagi kepo dengan lokasi pacar atau gebetan, bisa juga menggunakan fitur ini.

Tapi inget ya, jangan sampai kamu terlalu sering karena bisa-bisa jadi stalker, nggak baik juga kan.

Buat kamu yang cuma sekedar kepo lokasi pacar, bisa ikuti beberapa macam caranya berikut ini.

Memanfaatkan WhatsApp Web

Keunikan tersendiri yang dimiliki oleh WhatsApp adalah bisa diakses dalam bentuk web di laptop atau komputer.

Biasanya orang-orang yang menggunakan WhatsApp bisnis memanfaatkan WhatsApp web supaya mudah dalam bekerja.

Cara untuk masuk ke WhatsApp web sendiri sangat mudah, tinggal buka web browser di laptop atau komputer. Setelah itu masuk ke situs WhatsApp web, maka akan muncul barcode yang nantinya bisa di scan.

Setelah itu, buka smartphone dan aplikasi WA. Barulah klik menu dengan simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas. Setelah muncul menu ketuk WhatsApp web dan akan keluar scanning.

Scan barcode yang terdapat pada layar komputer, maka otomatis akan terbuka laman aplikasi WhatsApp seperti yang ada di smartphone.

Baru setelah itu ikuti cara melacak orang lewat WA berikut ini.

  1. Bukalah pesan terakhir atau chat dari pacar atau orang yang rencananya hendak kamu lacak lokasinya. Supaya mudah, chat tersebut harus baru saja dilakukan atau tidak berlalu terlalu lama. Pastikan juga jika lawan bicara telah membalas sehingga bisa dengan mudah diketahui IP nya.
  2. Jika pesan sudah terbuka dan terjadi percakapan, tekan pada keyboard Ctrl+Alt+Del bersamaan. Sehingga kamu akan terhubung langsung ke Task Manager.cara melacak lokasi lewat wa
  3. Jika task manager sudah muncul tekan Windows+R dan ketik cmd pada kolom yang muncul baru tekan Enter.cara melacak orang lewat wa
  4. Memunculkan command prompt dengan banyak kode. Ketik netstat dan enter.cmd
  5. Setelah itu akan muncul alamat IP dari orang yang baru saja membalas chat di WhatsApp dan catat nomor IPnya.cara melacak lokasi wa
  6. Terakhir, buka website ip-adress.com/ip_tracer/ dan masukan IP yang tadi telah dicatat kemudian tekan enter. Maka lokasi dari orang yang hendak dilacak akan langsung ketahuan.

Memanfaatkan HLR Lookup

Cara melacak lokasi lewat WA lainnya adalah memanfaatkan HLR atau Home Location Register disingkat sebagai HLR Lookup.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa tahu di mana letak provider pelanggan.

Kebanyakan cara ini digunakan untuk melacak keberadaan penipu melalui WA.

Bagi kamu yang bukan cuma ingin tahu lokasi pacar tetapi juga penipu yang sudah mulai sering menghubungi bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Aplikasi HLR harus diunduh terlebih dahulu. Aplikasi ini tidak gratis dan bisa diunduh di Play Store atau langsung ke web HLR.
  2. Jika sudah diunduh, kamu bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut.
  3. Buka nomor hp yang hendak dilacak melalui WA dan masukan ke aplikasi yang tadi telah dijalankan dan ketuk send.
  4. Maka setelah aplikasi memproses akan muncul detail kode area serta layanan provider dari nomor tersebut. Bahkan informasi mengenai negara, wilayah dan kota akan muncul.
  5. Jika ingin membagikan informasi ini, kamu bisa ketuk menu send.

Cara melacak lokasi WA pada aplikasi ini cukup membantu dan prosesnya cenderung sangat mudah. Hanya saja informasi yang diberikan adalah tempat pengguna tersebut mendaftarkannya. Bukan berupa informasi akurat berbentuk peta.

earth

Memanfaatkan Google Earth

Selain cara melacak lokasi lewat WA kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Earth melalui Google Maps. Aplikasi ini cukup dengan menggunakan nomor WhatsApp orang yang hendak dilacak saja.

Untuk proses pelacakannya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi Google Maps dan pilih Google Earth. Pastikan kamu telah terhubung dengan internet untuk memanfaatkan aplikasi ini.
  2. Jika aplikasi sudah dibuka, masuk ke menu option. Pilih Friend List atau Daftar Teman dan Tambah teman jika nomor WhatsApp yang hendak dilacak belum jadi teman.
  3. Lanjutkan dengan menginvite nomor pacar kamu tadi atau kerabat yang ingin dilacak keberadaanya. Orang yang hendak dilacak harus menerima undangan dan menerimanya sehingga masuk ke Daftar Teman.
  4. Setelah itu baru buka kontak target dan di sana kamu bisa melacak keberadaan mereka secara otomatis.

Proses cara melacak lokasi lewat WA ini tergolong sedikit lebih banyak proses. Kamu harus menginvite teman masuk ke daftar teman di Google terlebih dahulu sebelum menjalankan proses selanjutnya.

aplikasi google maps

Memanfaatkan Google Maps

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps.Tapi cara ini harus dilakukan pertama dengan hp yang hendak dibagikan lokasinya.

Jadi jika kamu ingin kepo lokasi pacar, akses harus dimulai dari aplikasi tersebut terlebih dahulu. Kamu bisa dengan diam-diam menggunakan hp untuk mengakses Google Maps.

Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi Google Maps, jangan lupa ini dilakukan pada hp yang hendak dilacak lokasinya nanti.
  2. Klik menu di pojok kiri atas yang ikonnya garis-garis horizontal dan pilih menu lokasi.
  3. Pilih bagikan lokasi dan klik menu mulai, di sana kamu akan diarahkan untuk memilih waktu 1 jam hingga di nonaktifkan. Kamu bisa klik Lainnya.
  4. Masukan nomor atau alamat email milikmu yang hendak menerima lokasi nantinya dalam melacak hp target. Klik kirim.

Dengan begitu otomatis Google Maps akan mengupdate lokasi dari pacar atau hp yang tadi sudah kamu setting secara otomatis.

Baik itu cara melacak lokasi lewat WA atau Google di atas memang mudah dilakukan. Kamu bisa menggunakan cara ini dengan bijak, jangan sampai bertujuan mengganggu orang lain ya.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *