cara melacak hp hilang dengan email
The concept of losing your phone. The smartphone lies on the sand, on the beach. In the background, blurred removing footsteps of a man. Inscription Find your phone and a Wi-Fi signal.
Tutorial

Cara Melacak HP Hilang dengan Email dan 5 Aplikasi

Cara Melacak HP Hilang dengan Email – Pencurian smartphone kini semakin meningkat, mengingat smartphone bukan sekedar elektronik dengan harga murah. Ada yang harganya dua jutaan hingga puluhan juta. 

Kehilangan ponsel sama saja kehilangan begitu banyak data penting. Bukan hanya soal foto atau kenang-kenangan yang tersimpan. Tetapi di smartphone ada begitu banyak data penting, termasuk password e-banking yang mungkin saja tersimpan. 

Untungnya smartphone kini bisa dilacak dengan mudah melalui berbagai macam cara salah satunya adalah email.

Tentunya setiap pengguna smartphone sudah dilengkapi dengan email bukan? Yuk cari tahu caranya. 

Cara Melacak HP Hilang dengan Email yang Sama 

Cara Melacak HP Hilang dengan Email yang Sama 

Berbekal dengan alamat email saja kamu sudah bisa melacak hp dengan mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai merk hp. Baik itu kamu menggunakan smartphone Xiaomi, Oppo, Samsung, atau Vivo. 

Bagi kamu yang belum memiliki alamat email sebaiknya buat terlebih dahulu. Caranya mudah kok, hanya dengan membuat akun Google saja, maka Gmail akan langsung aktif.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Instagram ke Facebook

Apabila kamu sudah memiliki akun email, maka cara melacak hp hilang dengan email yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk atau login email sesuai dengan email yang aktif di hp yang hilang. Kamu bisa login melalui laptop atau smartphone lain.
    cara melacak hp hilang dengan email dirumah
  • Kemudian pilih menu Gmail yang memberikan tampilan versi full dari web.
  • Ketika sudah berhasil maka cari ikon dengan 9 titik di bagian pojok kanan atas layar. Lalu klik atau ketuk menu tersebut.
  • Pilih menu Akun Google atau Google Account dan scroll hingga ke arah bawah hingga menemukan menu Temukan Ponsel Anda.
  • Pilih nama ponsel yang hilang dan ketuk, baru masukan kata sandi email sesuai dengan hp yang hilang. Klik menu Temukan.
  • Apabila Google Map muncul maka klik Tutup. Pilih jenis hp yang hendak dilacak kemudian klik Refresh untuk melakukan update posisi terbaru ponsel.

melacak handphone dengan email

Dengan begitu keberadaan dari hp yang hilang akan segera ditemukan. Selain itu syarat yang dibutuhkan adalah hp yang hilang harus masih login dengan email. Sehingga memudahkan pelacakan ponsel melalui email. 

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah proses pencarian harus segera dilakukan jika hp sudah muncul lokasi. Karena langkah ini cukup memakan banyak daya. Akan lebih efisien jika kamu melakukan pelacakan menggunakan laptop. 

Cara Melacak Hp Hilang dengan Google Maps

Cara Melacak Hp Hilang dengan Google Maps

Walaupun kamu melakukan pelacakan dengan Google Map, tapi email masih berperan penting di sini. Intinya adalah email menjadi penghubung kedua perangkat untuk melakukan pelacakan. 

Melacak handphone dengan email adalah teknologi terbaru yang memudahkan pemilik ponsel memonitori hp yang hilang. Dengan begitu semua data akan aman dan kembali. 

Jika ingin menggunakan Google maps untuk pelacakan, maka kamu juga harus memiliki akun Google dan Gmail.

Jika sudah, berikut ini langkah lanjutan yang bisa kamu dilakukan dengan mudah dengan langkah ini:

  • Masuk ke aplikasi Google maps, jika tidak punya unduh aplikasinya terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya di ponsel lain atau laptop.
  • Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu Pengaturan atau Settingan lalu klik menu Bagi Lokasi dan Mulai yang terdapat di bagian pojok kiri atas.
  • Pilih waktu untuk melacak selama 1 jam, bisa juga memilih hingga dinonaktifkan. Waktu pelacakan hp ini wajib untuk ditentukan.
  • Selanjutnya klik menu Pilih Orang dan masukkan alamat email dan nomor hp dari perangkat yang ingin dilacak.
  • Klik menu Bagikan dan klik Aktifkan.

Langkah ini akan membuat proses pelacakan selama 24 jam atau hingga kamu mematikan perangkat untuk melacak. 

Cara Melacak Handphone Hilang dengan Akun Khusus

Cara Melacak Handphone Hilang dengan Akun Khusus

Image: findmymobile.samsung.com

Bagi ponsel keluaran pabrik tertentu, ada aplikasi tambahan yang sudah disematkan untuk mencari ponsel hilang. Beberapa merk hp ini adalah Samsung dan Xiaomi. Setiap pengguna hp tersebut tinggal membuat akun pada aplikasi yang sudah disediakan pabrikan. 

Berikut ini cara masing-masing untuk mencari ponsel hilang menggunakan aplikasi dari setiap ponsel. 

  • Samsung

Khusus untuk Samsung, setelah selesai membuat akun ponsel apabila hp hilang cukup mengunjungi aplikasi findmymobile.samsung.com. Melalui web inilah kamu bisa langsung masuk dan sign in menggunakan akun atau ID sesuai dengan hp yang hilang. 

Jika muncul legal information, maka langkah selanjutnya adalah klik Agree. Pada tahapan selanjutnya, Samsung Find My Mobile akan memperlihatkan lokasi terakhir hp kamu. Selain itu terdapat juga informasi mengenai jaringan yang terhubung serta sisa baterai. 

  • Xiaomi 

Khusus ponsel Xiaomi kamu bisa masuk melalui Mi Clouds di browser komputer. Kemudian cukup sign in saja melalui Mi Cloud atau i.mi.com. Kemudian sign in menggunakan akun sesuai dengan yang digunakan pada ponsel yang hilang. 

Maka selalu ingat akun Mi dan password yang kamu gunakan. Kemudian masuk ke menu Find My Device dan hapus data ketika Hp sudah ditemukan. Masukkan Hp ke dalam Lost Mode. 

  • iCloud

Selain kedua merek ponsel di atas, kamu pemilik Iphone juga bisa mencari jika ponsel tiba-tiba hilang. Cara untuk bisa mencari adalah dengan masuk menggunakan Apple ID melalui icloud.com

Selanjutnya kamu bisa masuk Skip Two Factor Authentication dan pilih kembali menu Find My iPhone. Jika lokasi sudah terlihat maka aktifkan Lost Mode sehingga data yang tersimpan di dalam ponsel terhapus serta alarm jarak jauh akan berbunyi.

5 Cara Melacak Ponsel Hilang Melalui Aplikasi

Cara Melacak Ponsel Hilang Melalui Aplikasi

Image: play.google.com

 

Selain cara melacak hp hilang dengan email kini banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi pelacak ini tersedia gratis di Play Store dan App Store, jadi kamu bisa tinggal mengunduh dan memanfaatkannya. 

Berikut ini beberapa ulasan mengenai aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pelacakan. 

  • Find My Device

Aplikasi ini merupakan solusi yang paling bisa kamu manfaatkan karena selain melacak, ponsel juga bisa dikunci dari jarak jauh sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh si pencuri. 

Melalui aplikasi ini juga, ada begitu banyak data privasi yang akhirnya bisa dilindungi. Sehingga data penting bisa terselamatkan agar tidak tercuri. Untuk bisa mengecek keberadaan ponsel, kamu hanya perlu membuat akun di ponsel. 

Kemudian untuk melakukan pelacakan bisa melalui web di laptop atau smartphone lainnya. Cukup klik menu Locate Your Phone maka aplikasi bisa digunakan dengan mudah. 

  • CrookCatcher

Aplikasi ini bukan hanya sekedar mencari lokasi ponsel yang dicuri. Namun melalui kamera smartphone, foto detail dari pencuri juga akan terlihat. Foto nantinya akan langsung dikirim ke email yang kamu gunakan. 

Cara menggunakannya sama yaitu dengan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu ke ponsel. Jangan lupa untuk membuat akun, jika sewaktu-waktu ponsel hilang tercuri maka bisa langsung melacaknya melalui laptop atau ponsel yang lainnya. 

  • Where’s My Droid

Aplikasi canggih ini memanfaatkan aplikasi GPS yang sudah tersematkan di ponsel. Cukup dengan menginstal aplikasi ini di ponsel kemudian mengaktifkan akun. Jika suatu saat ponsel hilang kamu bisa melacaknya dengan memanfaatkan ponsel yang lainnya. 

Selain itu adanya fitur GPS ini juga membantu untuk memberikan notifikasi ketika ponsel hilang dicuri saat baterai lowbat. Terdapat juga notifikasi tambahan apabila pencuri mengganti SIM Card. 

  • Prey Anti Theft

Pada aplikasi berikutnya fitur yang dimiliki mirip dengan CrookCatcher. Wajah dari pencuri ponsel akan terlihat ketika ia berusaha membuka hp. Jadi selain melacak ponsel dengan akurat, wajah pencuri juga akan terlihat. 

Kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan ponsel yang baru saja hilang dengan cepat. 

  • Cerberus Anti Theft

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk melacak ponsel yang baru saja hilang. Adanya fitur tracking membuat ponsel bisa mendapatkan smartphone dengan mudah. 

Ketika ponsel hilang, kamu bisa menyalakan alarm dari jarak jauh dengan nada dering yang sangat kencang. Bahkan walaupun ponsel diatur dalam mode silent. 

Baik itu melacak handphone dengan email atau aplikasi semuanya akan membantu kamu menemukan ponsel yang telah hilang. Semua cara ini tentu lebih mudah dibandingkan harus memanfaatkan nomor IMEI yang terdapat di ponsel. 

Melalui nomor IMEI ini ponsel bisa langsung dilacak keberadaannya oleh operator seluler tetapi harus ada surat keterangan hilang dari pihak berwajib. Cara ini memang sedikit ribet karena harus ada proses mendapatkan surat sebagai bukti. 

Nah, cara melacak hp hilang dengan email atau cara yang mana paling mudah digunakan bisa kamu pilih sendiri ya, selamat mencoba Sahabat Tedas.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *