Bagaimana Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi?

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi – Apakah sahabat Tedas.id sering mengalami gagal masuk ke akun Gmail? Masalah ini biasanya terjadi saat proses sign in diminta untuk melakukan verifikasi.

Opsi verifikasi ini dapat dilakukan melalui telepon atau SMS. Jika Anda lupa pada nomor yang terdaftar, cara masuk Gmail tanpa kode verifikasi bisa menjadi solusi.

Cara mengatasi masalah ini cukup mudah dilakukan, baik melalui ponsel atau PC. Anda hanya perlu menginstall atau menambah aplikasi tertentu. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat seperti ulasan di bawah ini.

cara masuk gmail tanpa verifikasi
Image: Google

Apa Saja Aplikasi yang Dibutuhkan?

Fitur 2-Step Verification ini memiliki fungsi untuk melindungi akun Gmail. Anda akan diminta untuk mengirimkan kode verifikasi nomor ponsel dan kata sandi.

Verifikasi kemungkinan akan gagal apabila kehilangan ponsel atau sedang mengakses Gmail dari perangkat lain.

Kegunaan dari 2-step Verification ini yaitu menjaga keamanan akun Gmail dari akses internet yang dilarang.

Selain itu, Anda bisa mengakses sejumlah web dan aplikasi seperti YouTube, Google Drive, Google Docs, dan lain sebagainya. Kini tidak perlu repot berganti akun Google untuk satu aplikasi.

Untuk bisa kembali mengakses Gmail di perangkat lain akan membutuhkan verifikasi. Proses ini akan dikirimkan melalui telepon dan SMS ketika akan login. Namun, ada cara lain untuk yang bisa dilakukan ketika lupa dengan nomor telepon yang digunakan verifikasi.

Anda dapat mengaktifkan add ons dan menginstall aplikasi TunnelBear VPN. Aplikasi ini bertujuan untuk Gmail tanpa kode verifikasi dengan mudah. TunnelBear VPN ini dapat dijalankan melalui Android, iOS, dan PC. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan benar saat mengakses aplikasi ini.

Bagaimana Cara Masuk Gmail Tanpa Menggunakan Kode Verifikasi? 

Cara masuk Gmail tanpa verifikasi ini dilakukan dengan menginstall dan melakukan register akun TunnelBear VPN.

Biarkan koneksinya OFF terlebih dahulu, berikut ini tutorialnya yang bisa Anda coba:

  • Kemudian, Anda perlu membuat sistem Google untuk mengetahui log aktivitas akun dengan IP address yang digunakan modem.
  • Setelah itu, Anda perlu membuka tab baru di Chrome untuk mengakses alamat login yaitu https://accounts.google.com/.
  • Jika sudah berhasil, ketik alamat Gmail dan password yang ingin diakses tanpa kode verifikasi dengan benar. Lalu, tekan tombol enter untuk proses selanjutnya.
  • Langkah selanjutnya, halaman login Anda akan diarahkan ke “Sign In Challenge”. Disini terdapat 3 pilihan untuk proses verifikasi akun. Anda bisa memilih opsi “Minta Bantuan Google untuk Kembali ke Akun Anda”. Lalu, ketik kata sandi Gmail dan tekan tombol “next”.
  • Kemudian, terdapat pertanyaan seperti “Kapan Anda membuat Akun Google Ini”. Anda akan diminta untuk memilih bulan dan tahun saat membuat akun. Setelah itu, Anda dapat memasukkan alamat email recovery atau klik “Coba Pertanyaan yang Lain” jika lupa.

Anda akan diarahkan secara otomatis ke halaman yang terdapat pesan yang menyatakan bahwa Google tidak bisa memverifikasi dan Anda tidak bisa masuk. 

cara masuk gmail tanpa kode verifikasi dengan mudah

Di sana juga akan tertulis saran untuk mencoba lagi nanti atau menggunakan akun recovery sebagai bantuan. Pada halaman ini juga terdapat opsi untuk masuk ke akun baru.

Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan TunnelBear VPN. Lalu, buka tab baru dan salin URL Address Login Google sebelumnya. Nantinya Anda diminta untuk mengisi password pada halaman login tersebut.

Setelah itu barulah akan diminta konfirmasi nomor telepon yang terdaftar pada akun Gmail.

Demikian ulasan mengenai cara masuk Gmail tanpa kode verifikasi yang wajib diketahui. Tahap-tahap di atas harus diikuti dengan benar supaya akun Gmail bisa dibuka kembali.

Dengan begitu, Sahabat Tedas.id tetap bisa mengaksesnya meski tanpa melalui proses 2-step Verification terlebih dahulu.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.