cara masuk bios laptop hp
Tutorial

Mudah Saja, Begini Panduan Cara Masuk Bios Laptop HP

Saat menyalakan laptop, termasuk laptop HP, dan Anda menekan tombol ESC Anda kembali ke sebuah pengaturan yang disebut Bios.

Dalam hal ini, Anda perlu mengenal apa itu bios, fungsi atau kegunaannya, cara kerjanya, dan cara masuk bios laptop HP tersebut. Berikut ulasannya.

Pengertian Bios

BIOS adalah singkatan dari “Basic Input Output System” yang merupakan software yang ditulis dalam bahasa assembly.

BIOS bertugas untuk mengatur beberapa fungsi dari perangkat keras (hardware) pada komputer atau laptop.

BIOS tersebut terletak pada sebuah chip memory atau ROM sebagai baterai CMOS (Complimentari Metal Oxide Semiconductor) dalam mainboard atau motherboard.

pengertian bios

Baterai CMOS ini dapat menjaga konfigurasi seperti settingan tanggal dan lainnya tidak berubah meskipun laptop telah dimatikan.

Sistem operasi komputer berbeda dengan sistem BIOS. Perbedaannya yaitu sistem operasi terletak dalam hardisk komputer atau laptop.

Sedangkan sistem BIOS terletak pada chip memory flash pada bagian CMOS (Complimentari Metal Oxide Semiconductor).

Komponen Bios

Dalam sistem BIOS tersebut, terdapat beberapa komponen di dalamnya. Komponen tersebut dapat membantu menjalankan fungsi BIOS untuk menjaga kinerja perangkat.

Berikut adalah komponen-komponen yang terdapat dalam sistem BIOS.

  • Program Bios

Komponen utama yaitu program BIOS itu sendiri. Program ini dapat mengubah pengaturan perangkat komputer atau laptop.

Pengaturan dalam kinerja komputer seperti hardisk, manajemen daya, disk driver, dan pengaturan lainnya bisa diubah sesuai keinginan.

  • Driver

Komponen selanjutnya adalah driver. Fungsi dari driver ini yaitu untuk membantu kinerja hardware komputer atau laptop.

Misalnya pada bagian processor, VGA, input device, dan bagian lain dalam sistem operasi dasar.

  • Program Bootstraper

Komponen terakhir yaitu program bootstraper. Program tersebut berfungsi dalam proses booting laptop atau komputer.

Jadi, komponen inilah yang biasa Anda lihat saat pertama menyalakan laptop Anda setelah melakukan booting.

Jenis-Jenis Bios

Setelah mengetahui beberapa komponen penyusun sistem BIOS, kini Anda perlu mengetahui jenis-jenis BIOS komputer atau laptop. Berikut adalah jenis-jenis tersebut.

  • Award Software, yang meluncurkan Award BIOS, Award Medallion BIOS, dan Award Modular BIOS
  • American Megatrends Incorporated (AMI), yang meluncurkan AMI BIOS dan AMI WinBIOS.
  • Phoenix Technologies, yang meluncurkan Phoenix BIOS dan Phoenix-Award BIOS.
  • Microids Research
  • Para OEM (Original Equipment Manufacturer), yang meluncurkan Dell Computer, Compaq, IBM atau lenovo, dan beberapa OEM lainnya.

kerja di laptop

Kegunaan Bios

Fungsi pertama dari BIOS adalah mengenali semua hardware komputer termasuk cara interaksi dari setiap perangkat keras tersebut.

Misalnya hubungan antara memori dan drive pada sistem operasi komputer. Dengan begitu, akan dapat diketahui kinerja hardware secara detail.

Yang kedua yakni untuk proses Power On Self Test. Hal ini untuk menguji semua perangkat pada komputer.

Dengan mengujinya, Anda dapat memahami spesifikasi pada tiap perangkat tersebut dan bisa memasangnya dengan yang cocok berdasarkan sistem operasi laptop.

Kegunaan berikutnya adalah untuk mengatur konfigurasi dasar laptop, misalnya settingan waktu dan tanggal, media penyimpanan, dan proses booting.

Selain itu, ini juga membantu mengeksekusi MBR (Master Boot Record) pada sektor pertama hardisk untuk menjalankan sistem operasi.

Cara Kerja BIOS

Tahap awal dalam menjalankan sistem BIOS adalah tahap inisialisasi. Pada tahap ini Anda bisa melihat spesifikasi perangkat komputer dengan lengkap.

Spesifikasi perangkat tersebut antara lain jenis dan jumlah memori yang digunakan, informasi VGA, dan kapasitas hardisk yang digunakan.

BIOS juga bisa mengecek kinerja perangkat lain komputer. Caranya yaitu dengan pengetesan.

Sistem BIOS akan melakukan pengetesan pada RAM, hardisk, VGA, dan beberapa perangkat lain yang terpasang.  Kemudian, BIOS akan menampilkan informasi-informasi itu dari Graphics Card.

Setelah proses pengecekan dan pengetesan selesai, tahap berikutnya adalah pencarian lokasi booting.

Sistem BIOS akan mencari lokasi booting device pada komputer sekaligus untuk masuk dalam sistem operasi komputer atau laptop tersebut.

mengenal bios

Cara Setting BIOS

Masalah laptop lemot akibat virus atau hal lain menyebabkan laptop harus diinstal ulang. Sebelum itu, Anda perlu melakukan setting BIOS laptop dahulu sebelum melakukan setting perangkat lainnya.

Anda bisa masuk sistem BIOS dan mengatur settingan hardisk pertama dengan FD, CD, atau DVD.

Dalam hal ini, terdapat banyak macam settingan BIOS. Untuk melakukan setting BIOS, maka Anda perlu menggunakan menu-menu yang ada di dalamnya.

Berikut adalah beberapa menu dalam sistem BIOS beserta kegunaannya yang bisa Anda pahami.

  • Main Menu

Pada main menu ini, Anda bisa melakukan setting bahasa yang digunakan, waktu dan tanggal, dan settingan lain yang berkaitan dengan tampilan pada komputer secara permanen atau tidak akan berubah.

  • Power Menu

Selanjutnya adalah power menu. Menu ini bisa berfungsi untuk memanajemen tombol power yang meliputi opsi Resume on modem Ring, Resume on Time, Standby Time Out, dan Soff-off by power Button.

  • Advanced Menu

Pada advanced menu terdapat beberapa sub menu lagi untuk mensetting BIOS. Beberapa sub menu tersebut antara lain reset configuration data, installed OS, large disk access mode, dan keyboard feature.

  • Security Menu

Sesuai dengan namanya, menu ini berguna untuk menjaga keamanan dalam pengaturan sistem BIOS. Pada menu ini terdapat fungsi user password, set user password, supervisor password, set supervisor password, dan password on boot.

  • Boot Menu

Boot menu juga terdiri dari beberapa sub menu. Terdapat menu untuk Summary screen, quick boot mode, screen logo display, hardisk pre-delay, dan lain sebagainya. Pada menu ini Anda bisa mengkonfigurasikan boot  yang ada pada laptop.

  • Exit Menu

Menu ini digunakan setelah Anda selesai melakukan setting BIOS laptop. Exit menu tersebut berfungsi untuk keluar dari sistem BIOS dan menyimpan data settingan BIOS yang telah dilakukan.

koding

Cara Masuk Sistem Bios Pada Laptop HP

Untuk masuk pada sistem BIOS ini tergantung pada menu BIOS yang digunakan. Dalam hal ini, terdapat beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk masuk sistem BIOS tersebut.

Alur penyetingan BIOS harus sesuai aturan agar tidak gagal dalam memasuki sistem ini.

Tidak seperti tipe laptop lainnya, saat menekan tombol F2 untuk memasuki sistem BIOS pada laptop HP tidak akan berjalan.

Padahal kondisi laptop Anda baik-baik saja dan tidak sedang error atau bermasalah. Lalu, bagaimana cara untuk masuk sistem BIOS pada laptop merk HP tersebut?

Bagi pengguna laptop merk HP, sepertinya Anda perlu memahami dan mempelajari beberapa macam langkah di bawah ini untuk bisa masuk sistem BIOS.

Dengan memahami langkahnya, maka Anda akan lebih mudah saat melakukan instalasi sistem operasi pada laptop tersebut.

  • Melalui Tombol ESC

Untuk cara pertama yaitu menggunakan tombol ESC. Pertama, lakukan restart atau nyalakan laptop HP Anda. Kemudian, tekan tombol ESC pada keyboard dengan cepat  berulang kali.

Jika sudah akan muncul opsi menu boot dan masuk BIOS. Pilih opsi masuk BIOS.

Mengapa harus menekan tombol ESC dengan cepat? Hal itu karena pada windows 8 ke atas menggunakan fitur fast startup.

Fitur ini memungkinkan proses booting pada laptop berjalan sangat cepat yaitu hanya dalam hitungan detik saja.

  • Melalui Tombol F9

Teknik kedua untuk masuk bios pada laptop HP yaitu melalui tombol F9. Untuk langkahnya, pertama restart komputer atau nyalakan komputer Anda.

Setelah itu, segera tekan tombol F9 pada keyboard dan tahan tombol F9 tersebut sebelum Anda menekan tombol Power. Lalu, pada menu boot pilih opsi masuk BIOS.

  • Melalui Tombol F10

Cara terakhir adalah melalui tombol F10. Untuk langkahnya, pertama restart laptop Anda. Jika laptop mati, tekan tombol power dan segera tekan tombol F10 pada keyboard berulang-ulang sampai berhasil masuk sistem BIOS.

Agar tidak gagal masuk sistem BIOS karena fitur fast startup pada windows 8 dan 10, ada tipsnya. Caranya yaitu menekan dan menahan tombol F10 pada keyboard terlebih dulu, baru kemudian menekan tombol Power. Dengan trik ini, Anda akan berhasil masuk ke sistem bios laptop.

Bagaimana, apakah panduan cara masuk bios laptop HP tersebut bisa Anda pahami dengan baik? Ulasan tentang sistem BIOS dan hal-hal terkait di dalamnya di atas dapat Anda pahami dan pelajari lagi agar dapat mengetahui sistem BIOS laptop HP secara rinci.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *