Cara Kloning WA Agar Bisa Menggunakan 2 Akun

Cara Kloning WA – Aplikasi whatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan dengan menggunakan nomor ponsel sebagai identitas penggunanya. 

Selain digunakan sebagai media komunikasi percakapan pribadi, whatsapp juga bisa digunakan sebagai media komunikasi bisnis seperti online shop dan lainnya.

Banyak orang yang memiliki akun whatsapp dengan menggunakan nomor yang berbeda, namun tentu saja hal ini akan membuat repot jika harus memakai dua akun whatsapp dengan dua perangkat yang berbeda.

kloning wa

Untuk bisa menggunakan dua akun whatsapp atau lebih dalam satu perangkat Anda dapat melakukan kloning whatsapp.

Hal ini akan dapat bermanfaat jika Anda mempunyai dua akun whatsapp yang sama-sama aktif namun hanya mempunyai satu handphone.

Cara Kloning WA 

Dengan memiliki dua akun whatsapp, akan membuat Anda bisa memisahkan mana akun untuk pekerjaan dan akun whatsapp pribadi.

Berikut cara kloning whatsapp yang bisa Anda lakukan, diantaranya: 

Menggunakan Fitur Dual Apps

Smartphone model terbaru saat ini rata-rata sudah mempunyai fitur dual apps yang memungkinkan untuk dapat melakukan clone app tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. 

Jika Anda mempunyai handphone dengan fitur dual apps ini maka Anda bisa mengkloning whatsapp dengan mudah. 

Cara untuk kloning whatsapp dengan dual apps sangat mudah, berikut caranya:

  • Masuk ke menu settings kemudian pilih dual apps  
  • Cari dan centang aplikasi whatsapp 
  • Turn on Google Services.

Pada tampilan homescreen akan ada icon aplikasi whatsapp kloningan setelah Anda berhasil mengaktifkan dual apps whatsapp.

Dengan menggunakan akun kedua, Anda bisa membuka aplikasi whatsapp kloningan dan login. 

Menggunakan Aplikasi Parallel Space

cara kloning wa dengan aplikasi
Image: play.google.com

Jika handphone Anda tidak mempunyai dual apps, maka masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk membuat kloning whatsapp yaitu deng menggunakan aplikasi parallel space.

 Tidak hanya bisa dipakai untuk whatsapp saja, parallel space ini bisa digunakan untuk kloningan aplikasi chatting yang lainnya. 

Anda bisa mendownloadnya di playstore, dan setelah selesai download dan install Anda bisa langsung membuka aplikasinya. Anda akan menemukan aplikasi apa saja yang bisa di clone yang terdapat pada halaman utama. 

Agar dapat membuat whatsapp clone Anda bisa tandai icon yang ada di bagian atas, lalu pilih Add to Parallel Space, 

Setelah itu Anda membuat icon/shortcut whatsapp clone di homescreen agar lebih mudah untuk dibuka. Caranya dengan menekan dan menahan icon whatsapp clone di parallel space, setelah itu tarik ke menu create shortcut.

Anda dapat keluar dari aplikasi parallel space, dan bisa menemukan aplikasi whatsapp baru di homescreen berupa aplikasi kloning whatsapp. Anda dapat langsung membukanya dan login dengan akun kedua.

Menggunakan Aplikasi Franz

Image: jalantikus

Franz adalah messenger client yang memungkinkan untuk dapat membuka banyak akun whatsapp dalam satu aplikasi secara bersamaan.

Aplikasi ini akan bermanfaat bagi Anda yang mempunyai beberapa akun whatsapp aktif agar lebih mudah memakainya.

Untuk bisa membuka banyak akun sekaligus dalam satu aplikasi Anda bisa menggunakan aplikasi franz, sehingga tidak perlu repot untuk membukanya satu-satu karena semua akun  akan di kloning dalam satu aplikasi client yang sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Namun saat ini aplikasi franz ini hanya bisa digunakan di PC atau laptop Anda saja, untuk bisa digunakan di handphone aplikasinya belum tersedia.

Menggunakan Browser Google Chrome

cara menghilangkan iklan di google chrome

Cara kloning whatsapp selanjutnya adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Cara ini dapat Anda pakai jika tidak ingin menginstall aplikasi clone tambahan. Anda hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, browser google chrome, dan smartphone.

Buka browser google chrome lalu buat profil baru, berikut caranya:

  • Settings kemudian pilih manage other people klik Add person. 
  • Setelah itu buat nama profil akun whatsapp , kemudian tandai pada create a desktop shortcut for this user.
  • Kembali ke desktop dan temukan shortcut chrome bernama akun whatsApp – 1
  • Buka lalu masuk ke halaman whatsapp web 
  • Login seperti biasa.

Selanjutnya Anda bisa membuat profil baru untuk akun kedua, ketiga, dan seterusnya. Anda tidak perlu menghapus cookies dan history di browsernya.agar tidak perlu login berulang-ulang.

Dengan menggunakan cara ini Anda bisa membuka banyak akun whatsapp di PC tanpa menggunakan aplikasi, namun disini terdapat kelemahan yaitu setiap akun yang dibuka harus aktif juga di smartphone.

Menggunakan Emulator Memu

MEmu Launcher2
Image: play.google.com

Emulator Memu merupakan salah satu cara favorit yang bisa Anda gunakan untuk membuat kloning whatsapp.

Anda bisa membuka whatsapp di laptop atau PC tanpa menggunakan hp, dan juga scan barcode dengan menggunakan emulator ini. 

Tidak seperti menggunakan whatsapp web yang harus login dengan scan barcode, dengan menggunakan emulator ini meskipun akun whatsapp Anda tidak aktif di handphone Anda masih bisa membukanya.

Anda bisa menggunakan emulator lain yang disukai, akan tetapi yang penting adalah emulator tersebut sudah support multi-instance. Dengan menggunakan MEmu akan sangat mudah untuk digunakan dan juga stabil. 

Anda bisa menginstall aplikasi ini di playstore. Setelah emulatornya berhasil diinstall, Anda dapat langsung saja membuka multi-instance manager, kemudian buat virtual android sebanyak akun yang ingin di kloning, tidak lupa untuk buat shortcut-nya di desktop.

Setelah membuat shortcut Anda bisa membukanya satu per satu kemudian  install app whatsapp dan bisa login dengan akun Anda.

Itu dia cara kloning whatsapp di handphone dan juga laptop yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Sahabat Tedas.id, selamat mencoba

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *