cara ganti sandi wifi
Tutorial

Ini Dia 5 Cara Ganti Password Wifi Lewat HP

Cara Ganti Password Wifi – WiFi adalah perangkat yang digunakan untuk membuat gadget Anda dapat terhubung ke internet tanpa kabel.

Biasanya untuk menggunakan WIFI diperlukan password atau kata sandi.

Password adalah sistem keamanan yang dibuat agar jaringan WIFI tidak digunakan secara leluasa oleh orang lain.

Dengan password, WIFI menjadi lebih private, aman dan tidak bisa digunakan oleh orang lain selain oleh pemilik.

Cara Kerja WiFi

WiFi yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi komunikasi tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat.

WiFi biasanya digunakan untuk penggunaan layanan internet perangkat banyak dengan kecepatan yang stabil.

WiFi menggunakan jaringan area lokal atau disebut juga LAN (Local Area Network) dengan kecepatan yang tinggi.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi di Komputer OS Windows 10

Biasanya WiFi banyak digunakan di rumah atau di kantor sebagai alat penghubung banyak perangkat ke dalam jaringan komunikasi.

WiFi menggunakan password sebagai jalur keamanan untuk mengakses jaringan. Agar password WiFi tetap terjaga keamanannya maka perlu dilakukan pergantian password secara berkala.

Cara mengganti password WiFi dapat dilakukan melalui perangkat elektronik salah satunya adalah handphone atau telepon genggam.

cara mengganti password wifi lewat hp

Cara Mengganti Password WiFi Berdasarkan Tipe WiFi

Pengguna WiFi membayar biaya pemakaian yang dibebankan kepada pengguna setiap bulannya.

Hal tersebut membuat pengguna WiFi perlu waspada terhadap pencurian kata sandi, karena beresiko orang lain dapat mengakses jaringan WiFi tanpa sepengetahuan pemilik.

Penggantian password atau kata sandi perlu dilakukan sekurang-kurangnya sebulan sekali. Hal itu untuk  menghindari pengguna ilegal mengakses jaringan WiFi Anda.

Berikut ini cara ganti sandi WiFi yang dapat Anda lakukan pada perangkat WiFi Anda.

1. Cara Mengganti Password WiFi TP LINK

Anda dapat menggunakan perangkat komputer atau handphone untuk mengganti password dari WiFi TP LINK.

a. Pertama Anda perlu menyambungkan perangkat Anda dengan WiFi tersebut, pastikan Anda memiliki aplikasi browser pada perangkat yang Anda gunakan.

b. Kedua, buka aplikasi browser dan pastikan Anda menggunakan “situs desktop” apabila menggunakan browser dari perangkat handphone Anda.

Masukkan IP pada kolom URL seperti berikut 168.1.1 atau bisa juga menggunakan IP 192.168.1.254, setelah itu tekan enter.

c. Selanjutnya Anda akan dialihkan pada halaman yang berisi kolom username dan password. Anda perlu mengisi username dan password sesuai dengan bawaan dari modem.

Anda bisa melihat username dan password pada bagian bawah modem.

d. Langkah keempat, setelah berhasil login maka Anda perlu memilih interface setup yang tersedia. Kemudian pilih menu wireless.

Akan muncul kolom dengan tulisan SSID yang dapat Anda isi untuk mengubah nama WIFI sesuai dengan keinginan Anda.

e. Lalu kolom bertuliskan Pre-Shared Key yang dapat Anda isi dengan kata sandi baru yang Anda inginkan. Setelah mengisi kedua kolom tersebut Anda dapat klik tombol save change or apply change.

Password WiFi Anda sudah berhasil dirubah beserta dengan nama WiFi sesuai dengan keinginan Anda.

cara mengganti password wifi

2. Cara Ganti Sandi WiFi ZTE

Sebelum mengganti kata sandi WiFi ZTE, pastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan seperti laptop atau handphone telah terhubung ke jaringan WIFI.

Anda bisa menggunakan handphone jenis Apple maupun android untuk mengganti kata sandi WiFi Anda.

Yuk simak langkah-langkah berikut:

a. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi browser melalui perangkat yang Anda gunakan.

Apabila Anda menggunakan handphone sebaiknya pastikan pengaturan pada browser menggunakan “situs desktop” sehingga tampilan yang dihasilkan lebih luas dan lebar.

b. Pada kolom URL Anda dapat mengisinya dengan IP dari perangkat WiFi yang Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan IP 168.1.1 lalu tekan enter dan tunggu beberapa saat. Tampilan halaman yang Anda tuju akan muncul.

c. Anda perlu mengisi kolom yang disediakan untuk dapat login ke dalam pengaturan WiFi tersebut. Masukkan username bawaan yaitu “user” dan password dengan “user”. Anda juga bisa menggunakan username “username” dengan memasukkan password “admin”.

d. Jika kedua username dan password bawaan tidak dapat digunakan, Anda bisa menggunakan username dan password yang tertera pada bagian bawah perangkat WiFi.

Biasanya akan tertulis dengan jelas pada perangkat ZTE. Setelah Anda berhasil login maka Anda perlu mengatur settingan dengan benar.

e. Pilih menu Network kemudian pilih menu WLAN lalu berlanjut ke menu security. Anda bisa mengubah kata sandi pada kolom WPA Passphrase. Setelah mengganti kata sandi WiFi  Anda bisa tekan tombol submit.

cara ganti password wifi lewat hp

3. Cara Mengganti Password WiFi Huawei

Huawei adalah salah satu tipe perangkat WiFi yang digunakan oleh provider Indihome.

Untuk dapat mengetahui cara ganti password WiFi Huawei adalah sebagai berikut:

a. Pertama Anda perlu menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan WiFi Huawei tersebut. Anda bisa menggunakan handphone yang lebih praktis dan dapat dilakukan kapan saja Anda inginkan.

Untuk melakukan penggantian ini Anda bisa menggunakan smartphone yang menggunakan sistem operasi android maupun iOS.

b. Setelah itu Anda perlu membuka aplikasi browser pada handphone Anda. Jika sudah masuk ke dalam browser Anda perlu melakukan pengaturan tampilan pada browser.

Gunakan pengaturan “situs desktop” pada aplikasi browser Anda sehingga tampilan dapat berubah menjadi seperti browser pada laptop.

c. Pada bagian kolom URL perlu diisi IP dari perangkat Huawei sehingga Anda akan langsung dialihkan pada pengaturan WiFi Huawei.

IP untuk perangkat Huawei adalah 168.1.1 atau bisa juga menggunakan 192.168.1.254. Kemudian tekan enter untuk melanjutkan pencarian.

d. Anda akan disuguhkan tampilan halaman yang berisi dua kolom yaitu username dan password yang perlu Anda isi.

Anda dapat mengisi kolom tersebut dengan username dan password bawaan yaitu username “root” dengan menggunakan password “admin”.

e. Ketika berhasil login, pastikan untuk memilih WLAN kemudian WLAN Basic Configuration. Anda akan dialihkan pada halaman selanjutnya.

Ganti SSID name dengan nama WiFi yang Anda inginkan. Lalu WPA PreShareKey untuk mengubah kata sandi WiFi Anda. Tekan submit untuk menyimpan perubahan.

cara ganti password wifi

4. Cara Merubah Password WiFi First Media

Cara ganti sandi WiFi First Media sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan perangkat handphone yang memiliki mobilitas tinggi.

Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah dalam mengganti kata sandi WiFi Anda setiap kali.

Berikut adalah cara-caranya.

a. Pertama, jika Anda menggunakan perangkat handphone pastikan pengaturan pada browser adalah “situs desktop” yang dapat Anda pilih pada menu pengaturan.

Hal tersebut membuat tampilan browser pada layar handphone Anda lebih luas seperti menatap layar pada perangkat komputer.

b. Kemudian masukkan IP 168.0.1 pada browser yang sedang Anda gunakan, tekan enter untuk masuk ke dalam halaman utama.

Kemudian isi kolom username dan password seperti yang tertulis pada perangkat Anda atau username dan password bawaan agar dapat login.

c. Setelah berhasil login Anda bisa mulai perubahan dengan memilih Setup kemudian pilih Wireless Setting.

Pada kolom yang ditampilkan akan muncul Network Key yang dapat Anda rubah sesuai dengan kata sandi yang Anda inginkan.

d. Anda juga dapat merubah nama WiFi Anda menggunakan pilihan Wireless Network Name pada kolom yang tersedia. Lalu pilih tombol save setting untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

cara mengganti sandi wifi

5. Cara Ganti Password WiFi MNC Play

MNC Group juga memiliki layanan jaringan WiFi yaitu MNC Play. Anda bisa melakukan perubahan kata sandi pada perangkat WiFi MNC Play melalui handphone Anda dengan mudah.

Caranya juga cukup sederhana dan dapat Anda lakukan kapan saja Anda inginkan.

Mengganti password WiFi sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali atau satu kali dalam seminggu sehingga keamanan jaringan terjaga.

Agar tidak ada orang asing yang dapat mengakses jaringan WiFi Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Untuk dapat mengganti kata sandi dari WiFi MNC Play maka Anda perlu masuk ke dalam aplikasi browser pada handphone Anda.

Berikut adalah caranya.

a. Pastikan untuk mengganti pengaturan situs desktop pada browser yang Anda jalankan melalui handphone agar tampilan lebih maksimal.

b. Masukkan IP 168.100.1 pada kolom URL yang tersedia di browser Anda. Setelah dialihkan pada halaman login Anda bisa memasukkan username “root” dan password “admin” untuk login.

Jika berhasil maka Anda bisa melihat tampilan pengaturan yang tersedia.

c. Pilih WLAN kemudian pilih WLAN Basic Configuration untuk menampilkan pengaturan lanjutan.

Anda bisa mengganti kata sandi pada kolom yang berisi WPA PreShareKey dan juga nama WIFI Anda pada kolom SSID Name yang tersedia.

d. Setelah melakukan perubahan yang sesuai dengan keinginan Anda, maka tekan tombol save agar perubahan Anda tersimpan. Anda bisa melakukan perubahan kata sandi sebanyak yang Anda mau untuk melindungi WiFi Anda.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *