Cara Ganti Password WiFi First Media Biar Gak Kebobolan

Cara Ganti Password WiFi First Media – First Media adalah salah satu provider layanan internet yang cukup populer di Indonesia.

Bukan hanya internet tetapi juga tersedia layanan TV kabel. Salah satu anak perusahaan Lippo Grup ini menghadirkan koneksi internet stabil dan banyak dipilih. 

Jika kamu adalah salah satunya yang menggunakan layanan internet dari First Media tapi merasakan jaringan WiFi yang lemot pasti ada sebuah kesalahan. Bisa jadi internet kamu kebobolan atau dicuri oleh orang lain. 

Internet yang lemot ini bisa disebabkan orang lain tahu password wifi yang kamu miliki. Kamu perlu tahu bagaimana cara ganti password wifi First Media sejak awal agar tidak ada lagi pencurian. Kamu pun bisa berselancar menggunakan internet lebih cepat. 

wifi router

Cara Mengganti Password First Media dengan Mudah 

Pada saat pemasangan internet First Media, kamu pasti akan diminta untuk membuat password WiFi. Kamu mungkin sudah menggunakan password yang sulit dan tidak diketahui banyak orang. 

Tapi pencurian modern ini semakin canggih, jadi walaupun kamu sudah membuat password yang rumit para hacker bisa dengan mudah mengakses wifi milikmu.

Banyak yang lupa menanyakan bagaimana cara ganti password wifi First Media kepada teknisi saat pemasangan pertama kali. 

Nah, pada saat internet lemot tanpa sebab yang harusnya kencang dan kamu ingin mengganti password jadi bingung karena tidak tahu caranya.

Perlu diingat juga bahwa tujuan dari mengganti password ini bukan hanya untuk menjaga pencurian jaringan saja. 

keamanan password

Keamanan data pribadi pun bisa tercuri karena jaringan wifi kamu sudah kena hack. Apalagi jika kamu sering menggunakan laptop untuk melakukan transaksi e-banking. Sangat mudah bagi penyusup untuk mendapatkan data pribadi seperti nomor KTP hingga password rekening kamu. 

Bisa bahaya kan kalau ternyata nomor rekening kamu dan password kamu diketahui orang lain. Jadi nggak ada salahnya untuk melakukan proteksi dengan rutin mengganti password wifi.

Buat kamu yang sering lupa, sebaiknya catat password baru ya. 

Cara mengganti password wifi First Media tidaklah sulit, langkah ini bisa digunakan untuk semua jenis router. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. 

buka browser di laptop

Langkah 1. Membuka Browser

Baca Juga  Waspada, Ini 4 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi

Pertama kali yang harus dilakukan adalah menyalakan komputer atau laptop dan pastikan sudah tersambung dengan wifi First Media. Kemudian bukalah web browser yang biasa kamu gunakan. Bisa Google Chrome, Opera atau Mozilla Firefox tidak ada masalah, pilih salah satu saja. 

Langkah 2. Masukan IP Address

Tahapan selanjutnya adalah dengan memasukkan IP Address pada URL web browser yang tadi sudah kamu buka. Kamu hanya perlu mengetik IP 192.168.0.1. Ketik IP tersebut dan tekan enter maka akan langsung diarahkan ke halaman router yang kamu gunakan. 

Langkah 3. Masuk ke Halaman Router

Pada tahapan ini kamu akan dilihat halaman dari router yang digunakan. Biasanya sih berbeda-beda tampilannya tergantung merk. Tapi walaupun berbeda tetap memiliki menu-menu yang sama hanya peletakannya saja yang berbeda. 

Pada halaman ini kamu akan dilihat dua kotak berbeda yaitu User Name dan Password yang harus diisi. Kamu bisa mengisi keduanya sesuai dengan nama dan password wifi yang digunakan sekarang. Jika tidak berhasil, gunakan User Name ‘’Admin’’.

settings

Langkah 4. Masuk ke Pengaturan

Pada halaman selanjutnya kamu akan diarahkan pada home dari halaman router. Di sini ada banyak sekali menu dan pilihlah menu Setup. Kemudian pilih menu Wireless setting yang terdapat pada kolom sebelah kanan. 

Langkah 5. Mengubah Password

Maka akan muncul halaman dengan banyak sekali pilihan menu. Untuk mengganti password ada beberapa yang harus diganti. Pertama pada kolom Wireless Network Setting isilah dengan nama yang baru. 

Ada dua kolom Wireless Network Setting dan sebaiknya isi dengan nama yang berbeda. Apabila kamu menggunakan wifi 809 yang terdiri dari 2 channel berbeda.

Kemudian pada kolom Network Key kamu bisa mengisi dengan password yang baru. Terakhir adalah pilih menu save setting. Password akan otomatis berubah dan kamu sudah bisa menggunakan yang baru. 

Setelah password wifi diganti, maka mereka yang terbiasa membobol internet di rumah kamu sudah tidak bisa mengakses lagi. Supaya aman, kamu bisa ganti password First Media setiap satu bulan sekali. 

cara mengganti password wifi first media

Kelebihan yang Dihadirkan First Media

Sebagai provider jaringan internet, mengapa banyak orang memilih First Media? Apalagi untuk perkantoran, biasanya disediakan paket-paket khusus sesuai dengan apa saja yang dibutuhkan. Bukan hanya kantor, karena adanya tambahan TV kabel, layanan ini juga banyak dipilih untuk rumah-rumah. 

Ada beberapa kelebihan First Media yang perlu kamu ketahui:

  1. Koneksi yang cepat serta stabil
Baca Juga  Bagaimana Cara Membuat Halaman Di Word? Simak Berikut Ini

Kecepatan koneksi internet tentu menjadi prioritas. First Media menyediakan kecepatan sampai 300 mbps sehingga kamu bisa menggunakan sepuasnya. Selain itu jaringan internet cepat dan stabil tidak akan terpengaruh cuaca serta gelombang microwave. 

  1. Tambahan TV kabel yang aman untuk anak-anak

Khusus untuk tv kabel, First media menambahkan fitur parental lock sehingga bagi orang tua akan lebih aman untuk mengatur jenis tayangan apa saja yang bisa ditonton. Khususnya untuk acara keluarga yang aman. 

  1. Banyak pilihan paket murah

Paket tentu saja jadi pertimbangan utama. First Media banyak disukai karena pilihan paketnya lebih murah. Dari harga 100 ribu rupiah per bulannya siapa saja bisa menggunakan wifi di rumah. Jika ingin memiliki tv kabel cukup menambah biaya mulai dari 25 ribu rupiah saja. Murah kan. 

Cara Menghubungi Call Center First Media

Seringkali, permasalahan internet lemot bukan hanya karena kebobolan tapi juga bisa terjadi masalah pada provider. Contohnya saja karena cuaca buruk terjadi kabel putus yang mungkin jauh dari area kamu. Maka internet tentu saja akan terputus dan kamu perlu info lebih lanjut kapan internet bisa pulih kembali. 

Supaya kamu mendapatkan informasi yang jelas, bisa langsung menghubungi ke bagian call center First Media. Call center yang tersedia bisa dihubungi melalui aplikasi atau masuk ke situs resminya. Cara paling praktis adalah menghubungi melalui aplikasi yaitu sebagai berikut :

  1. Unduh dan instal aplikasi First Media terlebih dahulu di Play Store. Biasanya kamu akan disuruh untuk mengunduh pada saat instalasi pertama. 
  2. Masuk ke akun melalui aplikasi dengan mengisi ID pelanggan dan password yang sudah kamu buat. 
  3. Kemudian kamu akan masuk ke halaman dashboard dan pilih menu troubleshooting yang tersedia. 
  4. Maka akan muncul beberapa pilihan menu untuk aduan yaitu tv kabel atau internet. Kamu bisa pilih salah satunya sesuai dengan kendala yang ingin diadukan. 
  5. Setelah memilih salah satunya maka kamu bisa klik refresh, maka otomatis internet atau tv kabel akan di refresh dari pusat. 
  6. Apabila internet sudah lancar, maka proses bisa selesai. Tapi jika belum maka pilih NO. 
  7. Maka akan muncul pilihan menu yang isinya adalah berbagai macam kendala atau masalah yang sering dialami. Kamu bisa memilih salah satu menunya. 
  8. Kemudian kamu akan mendapatkan tiket dari First Media untuk dijadwalkan pengecekan oleh teknisi yang datang langsung ke rumah. 
  9. Jangan lupa setelah dilihat jadwal ini pastikan selalu ada orang di rumah pada hari tersebut agar pengecekan bisa dilakukan dengan cepat. 

Apabila melakukan aplikasi kamu masih merasa kesulitan, kamu bisa masuk ke website resmi First Media. Melalui web resminya kamu akan mendapatkan banyak FAQ yang menjawab pertanyaan masalah. Jika masih belum bisa juga, segera hubungi customer service First Media sesuai dengan area kota.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *