ubah password gmail
Tutorial

Panduan Cara Ganti Password Gmail Secara Mudah

Artikel terakhir diperbaharui 07-09-2021 oleh Aldy Amrillah

Password merupakan hal penting yang harus dijaga dan tidak boleh dilupakan saat menggunakan sebuah aplikasi, termasuk Gmail.

Melakukan proteksi dengan cara ganti password Gmail secara rutin disini juga dapat menghindarkan Anda dari risiko buruk seperti pembobolan dan lain sebagainya.

Meski merasa bahwa akun aman-aman saja, Anda perlu mengganti password secara rutin agar keamanan akun tidak dibobol oleh orang lain.

Gmail menjadi salah satu aplikasi yang memerlukan tingkat keamanan tinggi bagi semua penggunanya.

Berikut cara ganti sandi Gmail yang bisa Anda lakukan.

password gmail

Cara Mudah Ganti Password Gmail

Dalam melakukan pergantian password, anda bisa melakukannya dengan mudah. Biasanya Gmail akan mengirimkan pemberitahuan pergantian password melalui akun Anda.

Jika sudah menerima pesan tersebut, sebaiknya Anda segera mengganti passwordnya dengan cara berikut.

1. Masuk pada Akun Gmail Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk ubah sandi Google Mail adalah dengan masuk ke akun. Cara login ini seperti biasa, yakni dengan memasukkan username atau alamat Gmail yang sedang Anda gunakan. Jangan lupa untuk memasukkan password Gmail Anda.

cara ganti password gmail

Anda bisa login di komputer, laptop, maupun smartphone. Pastikan untuk memiliki aplikasi Gmail agar lebih mudah dalam mengganti password akunnya. Untuk Anda yang mungkin belum memiliki akun Gmail, maka bisa membuatnya dengan mudah.

Anda hanya perlu menekan tombol Sign Up, lalu mendaftar dengan menggunakan nomor ponsel saja. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut saja.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP

2. Membuka Bagian Pengaturan Gmail

Jika sudah bisa masuk ke akun Gmail milik Anda, klik bagian Setting atau Pengaturan Gmail. Setelah itu akan muncul beberapa jenis pengaturan yang bisa digunakan untuk mengubah bagian-bagian penting di Gmail.

cara ganti sandi gmail

Letak Pengaturan pada Gmail ini di bagian pojok kanan atas dengan simbol sebuah roda bergigi. Setelah menekan simbol tersebut, Anda akan diarahkan pada pilihan baru yang terdapat menu Setting di urutan keempat.

3. Pilih Bagian Account and Import

Untuk ubah sandi Google Mail, Anda perlu ke bagian Account and Import. Dalam pengaturan ini, Anda akan diminta untuk mengikuti instruksi penggantian password akun. Anda cukup mengikuti instruksi yang sudah disediakan.

cara mengganti password gmail

4. Ganti Password

Setelah muncul tampilan pada Account and Import, Anda akan diarahkan pada laman penggantian password. Anda bisa memilih pilihan ‘change password’ untuk menggantinya.

ubah sandi google

Menawarkan keamanan tingkat tinggi, Gmail memiliki sistem yang otomatis bekerja untuk mendeteksi apakah Anda pemilik akun yang sebenarnya atau bukan. Pendeteksian ini dilakukan sebelum mengganti password.

Baca Juga: Bagaimana Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi?

Sistem yang dibuat oleh Gmail dalam mengidentifikasi ini adalah dengan mengajukan beberapa dialog kepada Anda. Pertama, sistem akan menyapa Anda dengan ‘Hi’ lalu meminta melakukan verifikasi password lama. Masukkan password lama dan klik ‘Next’.

ganti password gmail

5. Buat Password Baru

Cara mengganti password Gmail selanjutnya setelah terdeteksi sebagai pemilik akun aslinya, Anda hanya perlu memasukkan password baru. Anda akan diminta mengisi password baru pada kolom yang sudah disediakan.

Menariknya, Gmail akan mendeteksi dan secara otomatis mengukur tingkat kesulitan dan keamanan password yang Anda buat. Umumnya, tingkat ini dikategorikan dalam tiga level yakni lemah, sedang, dan kuat.

Kekuatan dari password Gmail ini tergantung dengan rangkaian kata yang Anda masukkan. Sederhananya, Anda bisa memasukkan password yang terdiri dari angka dan huruf agar tingkat kekuatannya cukup kuat. Jika perlu, tambahkan simbol agar lebih kuat.

bagaimana cara ganti password google

Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Cara mengganti password Gmail di atas hanya bisa diterapkan jika masih ingat dengan sandi lamanya. Lalu bagaimana jika Anda lupa dengan password Gmail? Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini.

  • Masuk ke laman resmi akun Gmail Anda.

ganti sandi gmail

  • Setelah masuk ke laman resmi, Anda bisa memilih akun profile dan mengklik bagian manage your Google Account.

bagaimana cara mengganti password gmail

  • Jika sudah muncul pilihan menunya, Anda hanya perlu memilih bagian Personal Info.
  • Di bagian Personal Info ini, Anda bisa memilih opsi Password

cara ubah sandi google

  • Jika sudah muncul pilihan menunya, Anda bisa memilih opsi Lupa Sandi.
  • Anda akan diberikan pilihan pemulihan yang diinginkan.

cara mengubah sandi google

  • Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan mendapatkan kode verifikasi lewat SMS yang bisa digunakan untuk membuat password baru. Anda perlu memasukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang sudah tersedia.
  • Jika sudah Anda hanya perlu mengganti password dengan yang baru.

cara mengubah sandi gmail

  • Ubahlah kata sandi anda dengan susunan yang lebih mudah diingat. Setelah itu pilih opsi Simpan Sandi untuk memvalidasinya.
  • Simpan dan catat kata sandi baru anda di memo agar tidak lupa lagi di lain waktu.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Gmail

Tips Membuat Password Baru

Setelah mengetahui cara ganti password Gmail yang mudah dan cepat, Anda perlu mengetahui password baru seperti apa yang bisa digunakan. Sebagai komponen penting dalam Gmail yang tidak boleh terlupakan, Anda harus membuat susunan password yang mudah diingat.

Bagaimana cara membuat password yang kuat namun mudah diingat? Untuk membuatnya, Anda bisa mengkombinasikan antara angka, huruf, dan simbol menjadi satu kesatuan yang tepat. Anda bisa menggunakan kata dan angka yang mudah diingat.

mengubah password gmail

Berikut tips lengkapnya:

  • Membuat password yang mudah diingat namun memiliki susunan yang panjang dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Gunakan kata yang terlihat unik namun berkesan untuk Anda.
  • Jangan hanya menggunakan kata saja, kombinasikan dengan angka disertai huruf kecil dan huruf balok.
  • Sebaiknya jangan gunakan kata ataupun angka yang masuk dalam salah satu informasi pribadi Anda. Hal ini dikarenakan orang lain akan mudah menebak password Gmail Anda jika bersangkutan dengan informasi pribadi.
  • Jika Anda memiliki akun Gmail lebih dari satu, jangan menggunakan password yang sama untuk menghindari pembobolan. Akun Gmail yang memiliki password sama biasanya lebih mudah terdeteksi dan dibobol oleh orang lain.
  • Saat akan meresmikan password baru Anda, jangan lupa untuk mengeceknya kembali dan mencatatnya di memo agar tidak lupa. Untuk mengeceknya kembali, Anda bisa menekan icon mata untuk memperlihatkan kata sandi yang sudah dibentuk.

Pentingnya Mengganti Password Secara Rutin

Tahukah Anda mengapa perlu secara rutin ubah sandi Google pribadi? Selain untuk menghindari pembobolan, mengganti password secara rutin juga menjaga email Anda agar tetap ‘sehat’. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini, dunia digital juga menjadi lebih ‘menyeramkan’.

mengubah password google

Faktanya aktivitas kriminal tidak hanya terjadi di kehidupan nyata saja, namun sudah mulai merambah pada dunia digital. Proteksi terhadap akun Gmail dan akun sosial media milik Anda perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan menghindarkannya dari kriminalitas di dunia digital.

Cara ganti sandi Gmail seperti di atas bisa Anda terapkan hanya dalam waktu lima menit saja. Tentunya Anda membutuhkan jaringan internet yang stabil untuk melancarkan pergantiannya. Anda tidak boleh menganggap hal ini sepele dan remeh.

Penggantian password secara rutin ini juga dilakukan untuk membatasi akses Logger Keystroke. Logger Keystroke merupakan seperangkat teknologi yang mengawasi dan merekam penekanan setiap tombol. Umumnya, para pencuri akun menggunakan teknologi semacam ini.

Pergantian password secara rutin dapat menghindarkan Anda dari hal-hal buruk ini. Hacker yang biasanya ‘usil’ mungkin bisa mencoba meretas akun Gmail pribadi anda. Biasanya para hacker melakukan hal semacam ini untuk bersenang-senang.

Sebenarnya mudah sekali bukan cara mengganti password pada akun Gmail ini. Bahkan saat Anda sudah melupakan sandinya pun masih bisa melakukan penggantian asalkan identitas bisa diverifikasi. Namun akan lebih baik jika Anda tetap mengingat password yang sedang digunakan agar lebih mudah.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *