Tutorial

Cara Ganti No Rekening di Akulaku, Prosesnya Sangat Mudah dan Cepat

Akulaku menyediakan fitur untuk mengganti nomor rekening kepada penggunanya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir apabila mengalami perubahan rekening. Untuk lebih jelas terkait cara ganti no rekening di Akulaku, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Apa Fungsi Nomor Rekening di Akulaku?

Beberapa platform yang berkaitan dengan keuangan hampir selalu membutuhkan nomor rekening sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran akun. Lalu, sebenarnya apa fungsi dari rekening tersebut? Pada platform pinjaman online, tentu saja rekening memiliki peran cukup penting.

Pasalnya, pengajuan pinjaman terutama uang tunai nantinya akan dikirimkan ke rekening tersebut. Sebenarnya bagi pengguna yang belum memiliki rekening masih bisa mengajukan pinjaman dengan metode lain. Akan tetapi, hal tersebut tentu lebih rumit dan mungkin membutuhkan proses lebih panjang.

Alasan Mengganti Nomor Rekening Akulaku

Penggantian nomor rekening di Akulaku tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan nasabah ingin menggantinya. Salah satu alasan tersebut adalah karena rekening bank sebelumnya terblokir atau tidak bisa lagi digunakan.

Selain itu, buku rekening atau ATM yang hilang juga sering menyebabkan seseorang memilih mengganti rekening dibandingkan harus membuatnya lagi. Apabila kejadian tersebut dialami, pengguna sebaiknya segera mengganti nomor rekening agar tidak disalahgunakan.

Apakah Bisa Menggunakan Rekening Orang Lain?

Di bagian sebelumnya telah dijelaskan fungsi utama dari rekening di Akulaku. Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah apakah bisa menggunakan rekening milik orang lain untuk mendaftar akun. Biasanya ini terjadi karena terdapat alasan tertentu seperti belum memiliki rekening.

Terkait dengan pertanyaan di atas, dapat dipastikan bahwa jawabannya adalah tidak bisa. Hal tersebut berkaitan erat dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Akulaku di bagian penggunaan nomor rekening. Pengguna diharuskan menggunakan rekening atas nama sendiri.

Apabila nama pemilik rekening berbeda dengan identitas yang digunakan untuk pendaftaran, maka rekening tersebut akan ditolak. Sebenarnya langkah ini diberlakukan dengan tujuan keamanan agar tidak ada penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, apabila pengguna masih belum memiliki rekening, akan lebih baik untuk segera membuatnya sendiri daripada menggunakan rekening orang lain. Lagipula, saat ini proses pembuatan rekening tidak membutuhkan waktu lama, yakni hanya beberapa jam saja.

Ketentuan Sebelum Mengganti Nomor Rekening

Ketentuan Sebelum Mengganti Nomor Rekening

Dari berapa penjelasan sebelumnya, bisa dikatakan bahwa pengguna masih bisa mengganti nomor rekening apabila terdapat alasan tertentu. Akan tetapi, nasabah juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Akulaku.

  • Menggunakan Nomor Rekening Atas Nama Sendiri

Poin berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, yakni pengguna tidak boleh menggunakan nomor rekening orang lain. Jadi, penggantian rekening tetap bisa dilakukan walaupun berbeda bank, namun atas nama tetap sama dengan pemilik akun Akulaku.

  • Rekening yang Bisa Digunakan

Pihak Akulaku mengizinkan penggunanya untuk memakai beberapa rekening seperti CIMB Niaga, BNI, Mandiri, BRI, dan BCA. Sementara itu, selain bank tersebut kemungkinan proses tidak akan bisa dilakukan kecuali jika terdapat kebijakan terbaru dari Akulaku.

  • Nomor Rekening Masih Aktif

Selanjutnya, pastikan nomor rekening pengganti masih aktif. Selain itu, usahakan juga rekening tersebut juga tidak mengalami masalah seperti terkena suspend dari pihak bank atau hal negatif lainnya. Pasalnya, jika ini terjadi, maka penggantian kemungkinan akan ditolak.

  • Proses Membutuhkan Waktu

Perlu diketahui bahwa meskipun penggantian rekening dapat dilakukan, namun proses tersebut tidak bisa berlangsung instan. Setidaknya nasabah harus menunggu sekitar 1 atau 2 minggu layaknya melakukan verifikasi ulang akun. Jadi, sebelum mengganti pastikan tidak ada aktivitas yang akan dilakukan.

  • Tidak Bisa Menggunakan Bank Sama

Pengguna tidak bisa mengganti nomor rekening dengan bank sama. Artinya, apabila sebelumnya menggunakan rekening bank BCA, maka nomor penggantinya harus dari bank selain BCA. Meski begitu, peraturan ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak Akulaku.

  • Dilakukan Sebelum Mengajukan Kredit Pinjaman

Ketentuan terakhir yang harus diperhatikan adalah penggantian rekening ini sebaiknya dilakukan sebelum nasabah mengajukan kredit pinjaman. Pasalnya, proses penggantian akan memakan waktu cukup lama dan ditakutkan akan terjadi masalah jika di waktu tersebut mengajukan pinjaman.

Cara Mengganti Nomor Rekening di Akulaku

Di bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara mengganti no rekening di Akulaku. Pastikan untuk mengikuti langkah demi langkah agar tidak terjadi masalah atau kendala di prosesnya.

  • Download aplikasi Akulaku terbaru
  • Buka aplikasi Akulaku
  • Login menggunakan akun yang dimiliki
  • Pastikan koneksi internet lancar
  • Pilih menu Kredit
  • Pilih KTA Asetku
  • Klik menu Rekening Penerima
  • Klik Tambah Rekening
  • Pilih bank yang akan ditambah
  • Pilih bank sesuai ketersediaan
  • Masukkan nomor rekening bank yang baru
  • Klik Tambah Rekening Bank
  • Klik menu Rekening Penerima
  • Ganti rekening sesuai kebutuhan

Setelah melakukan langkah di atas, maka pengguna bisa mengganti nomor rekening sesuai yang sudah ditambahkan. Dengan begitu, nomor rekening yang lama tetap bisa digunakan dengan membuka menu di atas lalu menggantinya.

Cara Melihat No Rekening di Akulaku

Cara Melihat No Rekening di Akulaku

Selain mengganti rekening, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk diketahui, yakni bagaimana cara melihat nomor rekening di Akulaku. Dengan begitu, pengguna bisa tahu bank apa yang sedang digunakan saat ini.

  • Login ke Akun Akulaku

Pertama-tama, silakan buka aplikasi Akulaku dan login menggunakan akun yang dimiliki. Pastikan untuk memasukkan email dan kata sandi dengan benar. Apabila login berhasil dilakukan, maka pengguna akan diarahkan ke tampilan utama aplikasi.

  • Memilih Menu Profil

Di tampilan utama akan terlihat beberapa menu yang bisa dipilih. Silakan klik menu Profil yang terletak di bagian kiri. Setelah itu, akan muncul halaman profil yang berisi beberapa data pribadi, salah satunya adalah rekening bank.

  • Pilih Rekening Bank

Pada halaman profil, silakan pilih menu Rekening Bank untuk melihat nomor rekening yang digunakan atau tertaut dengan akun Akulaku. Jika perlu, pengguna bisa mencatat di aplikasi catatan agar tidak bolak-balik membuka aplikasi hanya untuk melihat rekening yang digunakan.

  • Memverifikasi Identitas

Untuk tujuan keamanan nasabahnya, Akulaku memberlakukan sistem verifikasi identitas sebelum mengakses fitur-fitur tertentu. Oleh karena itu, biasanya pengguna akan diminta verifikasi identitas terlebih dahulu sebelum bisa melihat nomor rekening.

Verifikasi dilakukan dengan cara memasukkan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar akun. Selanjutnya, kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone tersebut. Silakan lihat kode tersebut dan masukkan ke kolom yang tersedia.

  • Tidak Membagikan Rekening ke Orang Lain

Demi keamanan, jangan pernah sekalipun memberitahukan nomor rekening yang digunakan di Akulaku ke orang lain. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya penyalahgunaan nomor rekening. Selain itu, keamanan informasi pribadi juga harus dijaga agar tidak dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab.

Jadi, sebenarnya cara ganti no rekening di Akulaku tidak begitu sulit dilakukan asalkan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila sudah mengikuti ketentuan namun penggantian tetap tidak bisa dilakukan, silakan hubungi call center di jam kerja untuk mendapatkan bantuan.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button