cara download file di Google Drive
Tutorial

Mudah! Ini Cara Download File di Google Drive

Cara Download File di Google Drive – Cloud storage kini marak digunakan untuk perusahaan maupun pekerja freelance. Sebab menyediakan ruang penyimpanan yang praktis dan bisa digunakan untuk ruang penyimpanan maupun bekerja di manapun.

Google Drive salah satu cloud storage yang banyak diminati. Apa alasannya dan bagaimana cara menggunakan serta cara download file di Google Drive?

Yuk simak ulasan dan tutoral download-nya.

Mengapa Menggunakan Google Drive?

Ada begitu banyak jenis cloud storage yang ada sekarang ini, tapi Google Drive tetap menjadi favorit.

Apa saja alasan mengapa banyak orang lebih memilih Google Drive?

1. Memiliki penyimpanan gratis

Bagi pengguna gratis, Google Drive memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Ruang ini cukup besar untuk digunakan sebagai ruang penyimpanan data yang jenisnya ringan.

Cukup bisa digunakan untuk menyimpan file desain, video,  hingga foto. Berbeda dengan cloud storage lain yang hanya memiliki penyimpanan gratis sebesar 2 GB hingga 7 GB saja.

2. Terintegrasi dengan layanan lainnya

Google memiliki banyak sekali layanan sehingga menjadikannya sebagai perusahaan teknologi terbesar. Ada beberapa layanan dari Google seperti Google Docs, Google Photos, Google Music hingga Google Form.

Uniknya Google Drive terintegrasi dengan layanan Google tersebut yang memudahkan penggunanya untuk menggunakan semua layanan tersebut.

3. Penyimpanan berbagai format file

Berbagai jenis file baik itu dari MS Word, PDF, Google Docs, Spreadsheet, hingga video yang formatnya MP4 bisa disimpan di sini. Asalkan memiliki ruang yang cukup, Google Drive bisa digunakan untuk menyimpan apa saja.

4. Mudah mengunduh dan membagikan file

Kamu ingin mengunduh atau membagikan file? Semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Cara download file di Google Drive sangat mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak aplikasi tambahan.

Jika ingin membuat orang lain mendapatkan file, kamu tidak perlu mengirimkan melalui email. Google Drive memiliki fitur untuk membagikan file dan menentukan bagaimana orang lain melihat file tersebut.

Apakah mereka bisa menjadi editor atau hanya dapat dilihat saja. Dengan kelebihan ini Google Drive menjadi platform yang membuat pekerjaan tim jadi lebih mudah.

5. Sistem keamanan terbaik

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cloud storage adalah keamanan. Untungnya Google sudah menerapkan sistem keamanan terbaik, yaitu dengan sistem enkripsi SSL dan protokol keamanan paling bagus.

Dengan begitu, Google mampu memberikan tingkat keamanan paling baik bagi semua penggunanya.

Ada dua cara download file dari Google Drive yang bisa dilakukan, yaitu melalui laptop atau android. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

bagaimana cara download file di Google Drive

Cara Download File di Google Drive Mudah dengan Laptop

Untuk bisa mengunduh file atau folder di Google Drive melalui laptop dan android, kamu harus memastikan adanya sambungan internet.

Google Drive bisa digunakan offline atau tanpa sambungan internet, namun hanya digunakan untuk menyimpan data.

Ketika online data akan kembali tersimpan, tetapi berbeda jika kamu hendak menggunakan Google Drive untuk mengunduh file atau bahkan data dalam folder.

Karena sistem bekerja secara online, maka sambungan internet dibutuhkan.

Cara download file di Google Drive yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun Google Drive yang kamu miliki. Caranya ketik Google Drive pada Google Search. Pilih Google Drive dan masuk ke dalam akun.

Jika kamu sudah masuk ke akun Google, maka otomatis ketika klik Google Drive kamu akan diarahkan ke halaman muka akunmu.

cara download folder di google drive

2. Tapi jika kamu belum masuk ke akun Google, maka kamu akan diminta untuk login. Caranya adalah dengan memasukan nama email dan password. Baru akan langsung diarahkan ke halaman utama Google Drive.

3. Setelah itu carilah file yang hendak diunduh. Kamu bisa mencari file pada halaman penyimpanan Google Drive atau pada menu share file.

Namun khusus untuk share file, pastikan kamu mendapatkan file yang bisa diunduh. Karena tidak semua file bisa diunduh, beberapa di antaranya hanya bisa dibaca. Pengaturan share file ini tergantung dari orang yang membagikan file.

cara download file dari google drive

4. Apabila sudah menemukan file, kamu bisa klik kanan pada mouse di file tersebut dan akan keluar beberapa pilihan menu.

5. Pada menu pop up yang muncul, pilih menu download dan file akan terunduh otomatis. Lama tidaknya unduhan tergantung dengan koneksi internet dan besar kecilnya file.

Jika file tersebut tidak bisa di download, maka menu download tidak akan berfungsi. Kamu harus meminta agar pemilik file membagikannya kepadamu agar bisa diunduh.

Cara download  folder di Google Drive pun kurang lebih sama. Pastikan kamu terkoneksi dengan internet sebelum mulai mengunduh.

Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke dalam akun Google Drive milikmu dengan cara yang sama seperti di atas.

download file di google drive

2. Setelah itu carilah folder yang ingin diunduh. Klik kanan pada folder tersebut hingga muncul menu pilihan.

3. Ketik menu download pada menu yang terlihat.

4. Tunggu hingga file dalam folder sudah terunduh semua.

Baik itu cara download file di Google Drive dan mengunduh folder, kamu bisa mengikuti langkah di atas baik menggunakan laptop atau komputer.

Cara ini juga sama ketika kamu hendak mengunduh file yang didapatkan dari link lainnya. Asalkan tersambung dengan internet serta file atau folder tersebut dibagikan agar bisa diunduh siapa saja.

Namun perlu diperhatikan juga karena ada beberapa jenis file yang bisa saja membawa virus. Misalnya kamu hendak mengunduh aplikasi atau software bahkan film dari Google Drive.

Biasanya akan muncul peringatan bahwa Google Drive tidak bisa memindai virus. Jika kamu yakin untuk mengunduhnya, klik Tetap Unduh.

Cara Download File di Google Drive dengan Android

Selain melalui laptop atau komputer, kamu juga bisa mengunduh file atau folder melalui smartphone android.

Supaya mudah, kamu bisa menginstal aplikasi Google Drive yang biasanya satu paket dengan Gmail, Google Photo dan lain sebagainya yang merupakan produk dari Google.

Ada juga android yang memang sudah memiliki aplikasi bawaan semua layanan Google. Jika sudah memilikinya, kamu bisa masuk ke aplikasi tersebut.

Jangan lupa bahwa android juga harus terhubung dengan internet agar proses pengunduhan lancar.

Berikut ini cara download file di Google Drive melalui ponsel yang bisa kamu ikuti.

1. Buka aplikasi Google Drive, jika kamu belum masuk ke akun maka masuklah dengan mengisi nama email dan password. Maka kamu akan masuk ke halaman muka Google Drive di android.

download folder di google drive

2. Carilah file yang ingin diunduh, kamu bisa mencarinya di Drive saya atau Share Drive. Setelah ketemu, klik ikon titik tiga yang terdapat di pojok kanan bawah file.

download file dari google drive

3. Maka akan muncul menu pilihan, sama ketika ingin mengunduh di laptop. Pilih menu Download dan file akan otomatis terdownload.

4. Lama tidaknya file unduhan tergantung besar kecil dari file dan kecepatan koneksi internet.

Apabila kamu hendak mengunduh file film, bisa saja proses download berjalan lebih lama. Sedangkan cara download folder Google Drive di android juga tidak jauh berbeda.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Buka aplikasi Google Drive kemudian carilah folder yang hendak diunduh.

2. Klik ikon titik tiga yang terdapat di pojok kanan bahwa folder.

3. Pilih menu download dan proses pengunduhan akan berjalan.

Pastikan bahwa memori pada ponsel android yang kamu miliki masih cukup untuk penyimpanan file atau folder. Jika tidak maka pengunduhan akan berhenti di tengah jalan.

Berbeda dengan laptop, jika kamu ingin mengunduh file di android yang berasal dari penyimpanan Google Drive pihak ketiga maka prosesnya dilakukan melalui web browser.

Misalnya saja kamu hendak mengunduh musik yang berasal dari suatu web. Maka kamu hanya perlu membuka web browser, masuk ke dalam situs tersebut.

Carilah tombol menu pengunduhan yang akan membuka file preview dari Google Drive. Setelah itu kamu tinggal klik unduh yang muncul pada pojok kanan atas.

Bagaimana Cara Download File dari Google Drive Tapi Sudah Limit?

Semua cara di atas akan berhasil selama tidak ada limit pengunduhan yang didapatkan pada akun milikmu atau akun dari sumber file.

Google memberikan limit pengunduhan agar tidak terjadi kerusakan pada lalu lintas server. Apalagi saat ini ada begitu banyak akun gratis yang lebih sering digunakan.

Oleh karena itu Google memberikan limit pengunduhan setiap harinya. Jika kamu sudah mencapai limit tersebut, maka cara paling mudah adalah dengan menunggu limit terbuka setelah 24 jam.

Namun jika file tersebut sangat urgent dan sangat dibutuhkan pada saat itu juga, kamu bisa mengandalkan aplikasi atau situs dari pihak ketiga.

Situs untuk mengunduh file ini sangat banyak, kamu hanya tinggal memasukan URL dari file atau folder tersebut saja.

Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah klop.me. Situs ini gratis dan bisa digunakan untuk mengunduh file dari Google Drive ketika limit sudah muncul.

Berikut ini langkah-langkah menggunakannya.

1. Bukalah file dari Google Drive yang hendak diunduh. Jika menggunakan laptop manfaatkan web browser. Tapi jika kamu mengunduhnya melalui aplikasi, gunakan aplikasi.

bagaimana cara download folder di google drive

2. Kemudian kamu bisa klik file tersebut untuk mengcopy link. Caranya klik kanan pada file tersebut dengan mouse. Maka akan muncul menu pilihan dan klik Copy URL.

bagaimana cara download file dari google drive

3. Buka situs klop.me dan kamu bisa klik menu login.

4. Paste link yang muncul pada halaman klop.me dan klik Get Acces. File akan langsung terdownload.

Menggunakan situs atau aplikasi pihak ketiga ini seringkali membuat kamu harus mengizinkan situs tersebut mengakses akun Google Drive.

Jadi berhati-hatilah untuk memberikan akses, karena file tersebut tersimpan di dalam akun.

Apalagi jika di dalam akun Google Drive terdapat data yang penting, jadi selalu berhati-hatilah untuk menjaga keamanan. Karena sekali memberikan akses ke dalam akun, mereka bisa mengelola akun.

Cara lebih baik memang sebaiknya adalah menunggu limit habis, tapi kamu harus sabar menunggunya.

Semua langkah di atas sangat mudah dan juga cepat dilakukan. Kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana untuk mengunduh file penting atau folder yang isinya data penting pekerjaan.

Untuk memudahkan, kamu hanya perlu login sekali yaitu pada akun Google saja.

Dengan begitu kamu otomatis akan masuk ke layanan lain seperti Google Drive, Youtube, Gmail. Tak perlu lagi login dua kali untuk menggunakan layanan Google.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *