Cara Dark Mode Instagram Di iOs dan Android

Cara Dark Mode Instagram – Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa instagram adalah salah satu sosial media terbaik dan paling banyak memiliki pengguna aktif sekarang.

Dulunya aplikasi instagram ini hanya bisa digunakan untuk membagikan foto saja, namun sekarang instagram sudah memiliki banyak sekali update atau penambahan fitur baru yang bisa semakin memanjakan para penggunanya.

Memang semenjak diakuisisi oleh Facebook, instagram seakan sudah kaya dengan fitur-fitur bermanfaat yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Salah satu fitur yang paling terbaru dan cukup disukai oleh para pengguna instagram saat ini adalah adanya fitur dark mode instagram.

Setidaknya pengguna instagram yang menggunakan perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 13 dan juga minimal android 10 lah yang bisa menggunakan fitur dark mode instagram ini.

Cara Dark Mode Instagram Dengan Mudah

cara dark mode instagram di android

Berada di bawah naungan dari facebook membuat popularitas dari Instagram semakin hari semakin meningkat. Bahkan saat ini instagram sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Hal ini wajar saja sebab Instagram sendiri sudah menghadirkan berbagai macam fitur yang semakin menarik dan semakin lengkap. Dan puncaknya adalah di tahun 2019 lalu dimana Instagram secara resmi sudah merilis fitur dark mode atau mode gelap untuk aplikasi instagram di Android atau perangkat iOS.

Baca Juga: Cara Ganti Sandi Instagram

Dengan adanya dark mode atau mode gelap ini tentu saja memungkinkan untuk setiap pengguna bisa merasa lebih nyaman saat sedang melihat timeline di Instagram.

Tentu saja dengan hadirnya fitur ini bisa bermanfaat untuk smartphone yang memiliki teknologi Amoled dan Oled yang bisa semakin menghemat daya baterai kita.

Hal ini karena tampilan dari aplikasinya akan didominasi dengan warna hitam yang pekat dan bisa berdampak pada pemakaian baterai kita.

1. Cara Dark Mode Instagram Di iOS

iOS adalah salah satu sistem operasi berbasis ponsel yang dikhususkan untuk pengguna produk Apple seperti iPhone dan juga iPad. Lalu bagaimana sih cara dark mode instagram di iOS ini? Untuk anda yang penasaran, berikut dibawah ini adalah beberapa caranya.

  • Pertama anda buka dulu kunci iPhone atau iPad anda.
  • Selanjutnya anda masuk ke pengaturan atau settingan dari iPhone.
  • Berikutnya anda buka dulu menu Display & Brightness atau jika dalam bahasa Indonesia berarti Tampilan dan Kecerahan.
  • Selanjutnya setelah itu anda baru bisa mengaktifkan dark mode di instagram melalui halaman Display & Brightness untuk bisa mengaktifkan dark mode instagram.
  • Jika mode gelap atau dark mode sudah aktif, maka secara otomatis tampilan latar belakang dari aplikasi pengaturan akan langsung berubah menjadi berwarna hitam atau gelap.
  • Setelah anda sudah mengaktifkan dark mode di iPhone, secara bersamaan latar belakang dari aplikasi Instagram juga akan ikut berubah menjadi warna hitam.

Untuk bisa menggunakan fitur dark mode instagram ini anda harus memastikan jika versi iOS yang anda gunakan adalah iOS 13. hal ini karena baru versi iOS 13 lah yang bisa mendukung adanya fitur Dark Mode yang dapat diimplementasikan terhadap berbagai macam aplikasi bawaan dari iOS dan juga aplikasi pihak ketiga seperti Instagram dan sebagianya.

Tidak hanya itu saja, namun pastikan juga jika aplikasi Instagram yang anda miliki juga merupakan aplikasi instagram versi terbaru. Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi App Store, jika ternyata terdapat tulisan Update, maka anda harus mengupdate terlebih dahulu.

2. Cara Dark Mode Instagram Di Android

Selain iOS, untuk perangkat android juga bisa menerapkan dark mode atau mode gelap dari Instagram kok. Jadi untuk anda yang sudah penasaran bagaimana cara dark mode Instagram di android. Berikut adalah cara dark mode Instagram di android.

  • Pertama anda buka dulu kunci dan aktifkan smartphone android yang anda miliki.
  • Selanjutnya anda buka menu pengaturan atau menu settings di aplikasi anda.
  • Selanjutnya anda scroll ke bawah sampai menemukan menu pengaturan Display & Brightness atau tampilan dan kecerahan jika dalam bahasa Indonesia
  • Jika sudah menemukan, anda tap dan aktifkan saja fitur dark mode atau mode gelap tersebut.
  • Setelah anda mengaktifkan dark mode di smartphone android anda, maka secara otomatis tampilan dari halaman pengaturan atau halaman Settings akan langsung berubah warna menjadi hitam dan gelap.
  • Jika sudah begitu tentu saja aplikasi instagram dan aplikasi lainnya juga akan memiliki latar belakang yang berwarna hitam gelap.

Sama seperti yang terjadi di iOS, Untuk bisa menggunakan fitur dark mode instagram ini anda harus memastikan jika versi android yang anda gunakan adalah minimal android 10.

Hal ini karena baru versi android 10 lah yang bisa mendukung adanya fitur Dark Mode yang dapat diimplementasikan terhadap berbagai macam aplikasi bawaan dari smartphone anda dan juga aplikasi pihak ketiga seperti Instagram dan sebagianya.

Cara Dark Mode Instagram Di Android

Tidak hanya itu saja, namun pastikan juga jika aplikasi Instagram yang anda miliki juga merupakan aplikasi instagram versi terbaru. Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi Playstore, jika ternyata terdapat tulisan Update, maka anda harus mengupdate terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara dark mode instagram dengan mudah, semoga bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id selemat mencoba. 

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *