cara daftar zoom
Tutorial

Cara Daftar Zoom Meeting di Laptop dan Hp dengan Mudah 

Mengadakan meeting secara online atau yang lebih dikenal dengan istilah video conference kini menjadi tren yang sangat menguntungkan. Ketika dunia dihantam dengan virus Covid-19, teknologi menjadi perangkat yang sangat membantu. 

Salah satunya adalah aplikasi zoom yang membuat semua kegiatan meeting jadi mudah. Apa itu zoom dan bagaimana cara daftar zoom? Bagi kamu yang masih belum familiar dengan aplikasi yang satu ini bisa cari tahu pengertian dan cara daftarnya di sini. 

Apa Itu Zoom dan Kelebihannya 

Zoom adalah aplikasi yang dibuat oleh oleh Eric Yua seorang miliarder pada tahun 2013 lalu. Aplikasi ini memang sudah lama ada jauh sebelum Covid menyerang, tapi menjadi tren ketika banyak orang harus bersekolah dan bekerja dari rumah. 

Aplikasi ini bisa diakses melalui web di segala perangkat dengan os berbeda-beda. Baik itu Windows, Os Mac sampai Linux dan iOS serta android. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini dan menjadi alasannya lebih banyak digunakan. 

Pertama, aplikasi ini gratis pada 40 menit pertama untuk melakukan video conference. Jadi jika durasinya habis kamu bisa mengulanginya lagi jika ingin mendapatkan gratisan. Kedua, kualitas suara serta gambarnya HD, jadi dengan gambar yang jelas meeting jadi nyaman. 

Kelebihan lainnya juga bisa digunakan untuk melakukan perekamanan meeting dari awal sampai selesai. Jadi jika ada beberapa materi yang terlupakan tinggal memutar ulang sesi video conference. 

Terakhir adalah aplikasi ini bisa digunakan untuk 100 partisipan lebih dengan mendaftar ke akun pro. Keuntungan lain menggunakan akun pro adalah kamu bisa melakukan video conference lebih dari 40 menit tanpa jeda. 

Tak heran bukan dengan segudang keuntungannya tersebut, zoom menjadi aplikasi yang banyak digunakan dalam hampir dua tahun terakhir ini. Lalu bagaimana cara untuk menggunakannya? Simak selanjutnya di bawah ini. 

Cara Daftar Zoom di Laptop atau HP

Jika ingin menggunakan zoom pertama-tama kamu harus mendaftarkan diri. Proses pendaftaran ini tidak lain adalah membuat akun. Kamu perlu membuat akun untuk bisa menggunakan aplikasi zoom. 

Proses pembuatan akun ada dua cara, pertama menggunakan aplikasi langsung di ponsel. Cara kedua bisa dengan langsung akses ke web menggunakan laptop atau komputer. Pastikan jaringan internet stabil untuk bisa melakukan pendaftaran dengan lancar. 

Berikut ini dua cara yang bisa kamu ikuti untuk proses pendaftarannya. 

Cara Membuat Akun Zoom di Hp 

Cara yang pertama ini sangat mudah dilakukan karena kamu bisa mengakses melalui ponsel. Yup, aplikasi zoom juga bisa kamu gunakan di smartphone. Jika kamu sudah membuat akun di hp, tak perlu lagi mendaftar di web lagi. 

Kamu hanya perlu login ke akun setiap kali ingin menggunakan di laptop. Jika menggunakan hp biasanya akan otomatis login, jadi kamu tak perlu login berulang kali. Berikut ini tata cara daftar zoom di hp yang bisa kamu ikuti. 

  1. Untuk terlebih dahulu aplikasi zoom di app store atau play store sesuai dengan jenis ponsel yang kamu gunakan. Aplikasi ini gratis ketika kamu ingin mengunduhnya.

  2. Setelah terbunuh, buka aplikasinya dan tap menu Sign Up untuk membuat akun baru.
    cara daftar zoom di hp
  3. Kemudian kamu akan disuruh mengisi form yang isinya nama depan dan belakang, alamat email. Jangan lupa untuk centang sebagai tanda persetujuan semua peraturan yang dimiliki oleh zoom.

  4. Setelah itu aplikasi zoom akan mengirimkan email konfirmasi. Kamu bisa langsung cek inbox sesuai dengan alamat email yang tadi didaftarkan.

  5. Pada alamat email tersebut kamu bisa klik link atau tautan yang diberikan sebagai tanda konfirmasi. 
  6. Jika sudah kamu bisa membuka aplikasi zoom kembali dan kamu bisa melanjutkan ke pendaftaran lagi.

  7. Pada langkah selanjutnya kamu harus membuat password yang merupakan kombinasi angka serta huruf. Gabungkan huruf besar dan kecil agar lebih aman. Ketik ulang password dan tap continue. 
  8. Langkah terakhir adalah keluar dari aplikasi zoom kemudian mencoba masuk kembali dengan nama email dan password yang tadi telah dibuat. Apabila berhasil maka kamu akan bisa masuk ke zoom. 

 

Cara daftar zoom ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pendaftaran pada aplikasi secara umum. Kamu hanya perlu menyiapkan alamat email yang masih aktif. Setelah kamu memiliki akun maka bisa langsung membuat zoom meeting. 

Cara Membuat Akun Zoom di Laptop

Apabila kamu tidak ingin membuat akun melalui hp karena terlalu kecil dan sulit untuk membaca terms dan condition, alternatif lainya adalah dengan menggunakan laptop. Kamu bisa masuk ke zoom melalui websitenya langsung. 

Akses ke website ini bukan hanya saat mendaftar, tapi setiap kali kamu hendak melakukan zoom meeting juga masuk ke website ini. Jadi tak ada yang perlu diinstal, kamu bisa menggunakan zoom berbekal jaringan internet saja. 

Berikut ini langkah cara daftar zoom jika menggunakan laptop di website. 

  1. Nyalakan laptop dan kamu bisa langsung mengakses website zoom di zoom.us. Kemudian klik menu Sign up.

  2. Setelah itu caranya sama, kamu hanya perlu mengisi kolom alamat email dengan email aktif. kemudian isi nama. 
  3. Jangan lupa lanjutkan dengan mengecek email dan klik tautan yang dikirimkan zoom ke dalam inbox email.
  4. Setelah klik kamu akan diarahkan langsung ke halaman website zoom pada akun yang sudah kamu buat. 
  5. Kemudian buat password dan keluar dari akun. Sekali lagi kamu bisa mencoba login dengan menggunakan alamat email dan password yang tadi telah dimasukkan. 

Caranya sama-sama mudah, hanya saja perangkat yang digunakan berbeda. Setelah membuat akun, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat zoom meeting sendiri. 

Cara Membuat Zoom Meeting Sendiri 

Setelah selesai mengikuti cara daftar zoom baik itu di ponsel atau laptop, selanjutnya adalah pembuatan zoom meeting. Caranya sama saja baik itu kamu melakukannya di laptop atau aplikasi. 

Zoom telah membuat tampilan website dan aplikasinya mirip. Jadi untuk tata letak dan nama menu kamu tak akan kebingungan untuk mencarinya. Bagi kamu yang ingin membuat zoom meeting sendiri, beberapa langkah berikut ini bisa diikuti. 

  1. Masuk ke website atau aplikasi zoom. Pada cara kali ini kamu bisa melihat bagaimana cara mendaftar zoom meeting menggunakan website. 
  2. Kemudian kamu bisa login ke akun zoom menggunakan alamat email dan password yang tadi telah dibuat. 
  3. Setelahnya kamu bisa klik menu new meeting pada halaman awal yang muncul untuk memulai meeting saat itu juga.
    tutorial cara daftar zoom
  4. Tapi jika kamu ingin membuat zoom meeting pada waktu tertentu, kamu bisa pilih menu schedule.

  5. Setelah itu baru kamu mengundang peserta meeting. Caranya adalah pilih menu invite others. Tapi bisa juga dengan cara lain yaitu dengan copy link meeting dan membagikannya melalui chat atau email. 

Saat melakukan meeting, kamu perlu menunggu semua peserta untuk masuk. Kemudian ada juga pilihan lock meeting untuk membuat meeting tidak bisa diikuti lagi oleh orang lain. Hanya orang yang membuat zoom meeting yang dapat mengakhiri sesi meeting. 

Caranya adalah dengan pilih menu end meeting for all. Maka zoom meeting akan otomatis tertutup atau berakhir. 

Cara Join Zoom Meeting di Zoom

Lalu bagaimana jika ternyata kamu akan menjadi peserta dalam zoom meeting? Apa yang harus dilakukan? Caranya tidak sulit karena kamu hanya perlu memasukan Id meeting atau link yang sudah dibagikan penyelenggara melalui chat atau email. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu dilakukan:

  1. Buka aplikasi atau web zoom. Kemudian pada halaman awal kamu bisa pilih join a meeting.

  2. Kemudian isi id meeting yang sudah dibagikan dalam kolom yang sudah tersedia. 
  3. Jangan lupa untuk mengisi nama peserta sebelum masuk ke ruang meeting. 
  4. Terakhir klik join untuk bisa masuk ke ruang meeting. Sebelum klik join, pada layar komputer kamera akan aktif dan kamu bisa mengatur arah kamera dan juga mic. 

Caranya sangat mudah bukan? Kini kamu tinggal mengikuti zoom meeting dalam sesi yang sudah dibuat penyelenggara. 

Cara agar Akun Zoom Lebih Aman

Larisnya aplikasi zoom ini sempat membuat kehebohan karena data pengguna terjadi kebocoran. Tak hanya itu, para pengguna zoom juga sempat merasa diinterupsi ketika menjalankan video conference. 

Pada akhirnya beberapa pengguna beralih menggunakan aplikasi yang lain. Namun tetap ada yang bertahan menggunakan zoom karena kelebihan dari segi layanannya. Bagi kamu yang sudah tahu cara daftar zoom dan tetap ingin menggunakannya ada langkah aman untuk diikuti. 

Tak masalah untuk tetap menggunakan zoom karena, developernya sendiri terus mengembangkan dari segi keamanan. Jadi bagaimana cara kamu agar tetap aman menggunakan zoom? Beberapa tips berikut ini bisa kamu ikuti.

  • Manfaatkan fitur waiting room

Fitur ini tak banyak diketahui oleh para pemula pengguna zoom. Fitur waiting room ini berfungsi untuk meminimalisir penyusupan dalam ruang meeting. Khususnya bagi kamu yang menyelenggarakan video conference yang jumlahnya ratusan orang. 

Ketika peserta menunggu di waiting room, kamu bisa menyeleksi siapa saja peserta yang asli dan penyusup. Dengan begitu semua data rahasia yang ingin diulas dalam rapat tetap terjaga. 

  • Melakukan pengaturan pada screen share

Selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada screen share. Yang fungsinya adalah untuk meminimalisir agar tidak ada layar tak senonoh yang dibagikan. Kamu bisa mengatur pada fitur ini bahwa hanya host saja yang bisa membagikan screen share. 

Jadi para peserta yang mungkin saja memiliki niatan untuk merusak video conference tak bisa membagikan materi selain yang dibahas. Caranya mudah yaitu dengan mengaturnya di advanced settings. 

  • Memberikan pembatasan partisipan

Pada aplikasi zoom kamu juga bisa mengatur apa saja yang bisa dilakukan oleh peserta meeting. Sebaiknya jangan berikan izin seperti mengaktifkan mic, mengubah nama dan izin lainnya yang membuat partisipan dapat mengganggu informasi yang sedang disampaikan. 

terutama soal mic yang akan mengganggu jalannya acara. Mic sebaiknya hanya bisa diaktifkan oleh host sehingga peserta tidak sembarangan untuk menyampaikan pendapat. 

  • Tidak sembarangan membagikan id meeting

Apabila kamu ingin mengadakan meeting yang terbatas dengan informasi penting, sebaiknya hati-hati dalam membagikan id meeting. Kamu bisa menambahkan password bagi peserta yang ingin bergabung jadi lebih aman. 

Nah, cara-cara ini sangat mudah dilakukan jika Sahabat Tedas.id ingin menjaga agar video conference yang diselenggarakan tetap aman. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *