Bagaimana Cara Daftar GrabFood? Ini Panduannya

Cara Daftar GrabFood – Pemesanan makanan secara online melalui layanan antar, sekarang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Salah satu penyedia layanan antar makanan adalah GrabFood.

Banyak restoran yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan keuntungan melalui GrabFood. Cara daftar GrabFood pun cukup mudah.

Banyak restoran yang mendaftar ke GrabFood karena pengguna GrabFood semakin banyak. Artinya, kesempatan untuk memperoleh cakupan pelanggan yang lebih luas juga sangat memungkinkan.

Berikut ini panduan untuk cara daftar GrabFood online yang bisa diterapkan.

Panduan Cara Daftar GrabFood

Anda mempunyai restoran dan ingin menjadi mitra GrabFood? Cara pendaftarannya sangat mudah karena bisa dilakukan di situs GrabFood.

Dengan mendaftarkan restoran Anda, maka tempat tersebut akan masuk dalam list aplikasi Grab.

Berikut ini langkah-langkah mendaftarkan restoran di Grab.

  • Masuk Ke Situs Grab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs Grab, di www.grab.com/id/merchant/food melalui browser. Cara daftar GrabFood online sangat mudah dan praktis.

cara daftar grabfood online

  • Isi Formulir

Setelah masuk dalam laman Grab, Anda bisa mengisi formulir pendaftaran. Pada formulir daftarkan restoran, Anda akan diminta untuk mengisi identitas, seperti nama restoran Anda, nama pemilik, alamat, kota, kontak yaitu nomor handphone dan email, serta catatan.

  • Autentikasi Captcha dan Daftar

Jika Anda sudah mengisi semua formulir dengan baik dan benar, Anda bisa klik daftar. Sebelum klik daftar, jangan lupa untuk mencentang captcha sebagai autentifikasi.

daftar grabfood

  • Cek Email

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa email yang tadi telah Anda daftarkan. Anda akan mendapatkan email supaya bisa melanjutkan pendaftaran GrabFood berupa link. Link tersebut berupa Registrasi Restoran di GrabFood.

cara mendaftar grab food

  • Laman help.grab.com

Jika Anda sudah klik link tersebut, kemudian akan diarahkan ke laman yang lain, yakni laman help.grab.com.

daftar grabfood online

Pada laman tersebut Anda bisa scroll ke bagian paling bawah, hingga bagian menu formulir dan klik bagian tersebut.

  • Isi Formulir dan Jadwal Restoran

Langkah yang harus dilengkapi untuk cara mendaftar GrabFood yang selanjutnya adalah mengisi formulir tersebut.

Sebaiknya Anda mengisi bagian ini dengan hati-hati dan memperhatikan setiap detail data yang harus diisi.

Jika semua sudah terisi Anda bisa menekan tanda panah di bagian bawah dan dilanjutkan dengan pengisian jadwal restoran.

Anda harus memberikan informasi mengenai jadwal restoran Anda, buka hari apa saja dan dari jam berapa hingga pukul berapa.

  • Isi Menu Restoran

Tahapan selanjutnya dari adalah mengisi menu makanan dan minuman. Anda bisa memasukkan menu restoran Anda, dan Anda hanya perlu mengklik tanda panah (+) untuk menambah menu yang akan diinput.

  • Pemeriksaan oleh Tim GrabFood

Jika Anda sudah menyelesaikan input menu, maka Anda bisa klik “selesai”, dan proses pendaftaran akan selesai. Anda hanya perlu menunggu tim dari GrabFood memeriksa data-data yang telah dikirimkan.

Jika data tersebut diterima Anda, akan menerima pemberitahuan lewat sms atau email.

Pemberitahuan tersebut berisi penjelasan bahwa lokasi restoran Anda telah aktif. Artinya restoran Anda telah terdaftar di aplikasi grab.

Cara Mencari Lokasi Restoran

Supaya Grab bisa dengan mudah mengakses lokasi restoran yang sudah didaftarkan, silahkan Anda menambahkan dan mencari lokasi restoran di maps.

Caranya mencari lokasi restoran tidaklah terlalu sulit. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps ataupun browser. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Menggunakan Browser

Mencari lokasi restoran Anda menggunakan browser tidak terlalu sulit. Anda bisa masuk ke laman laman Google Maps di www.google.com/maps. Kemudian Anda bisa mencari restoran Anda dengan mengetikkan nama.

bagaimana cara daftar grabfood

Jika restoran belum terdaftar di Google Maps, Anda bisa mencari dengan cara mengetikkan nama jalan restoran Anda dan mencarinya.

Jika Anda sudah menemukannya, Anda bisa klik kanan pada titik tersebut, dan klik What’s Here atau Ada Apa Disini.

bagaimana cara daftar grabfood online

Selanjutnya akan muncul titik koordinat, simpanlah titik koordinat tersebut. Titik tersebut bisa Anda gunakan ketika mendaftarkan diri ke Grab sebagai lokasi restoran.

  • Menggunakan Aplikasi

Tidak hanya melalui browser, Anda juga bisa mencari lokasi restoran menggunakan aplikasi Google Maps. Caranya sangat mudah. Pertama silahkan buka aplikasi Maps, dan ketikkan nama restoran Anda.

bagaimana cara mendaftar grabfood

Jika Anda menggunakan handphone dan kebetulan sedang ada di restoran, Anda hanya perlu klik my location atau lokasi saya.

Namun, jangan lupa aktifkan GPS Anda. Apabila lokasi sudah ditemukan geser dan tahan pada pin yang berwarna merah, hingga muncul tulisan dropped pin.

cara daftar di grabfood

Kemudian, klik informasi selengkapnya jika pin sudah terpasang. Anda bisa menggeser aman ke arah atas, dan akan menemukan titik koordinat.

Simpan titik koordinat tersebut untuk mengisi lokasi restoran, sebagai syarat dalam cara daftar GrabFood.

Cara Foto Produk Makanan dan Minuman untuk Aplikasi

Pada proses mendaftar di GrabFood, Anda sebagai pemilik restoran harus memasukkan foto produk makanan dan minuman di restoran.

Hal ini perlu dilakukan untuk menarik minat pembeli, serta supaya pembeli semakin yakin dengan restoran Anda.

Berikut ini cara untuk memfoto produk makanan dan minuman untuk ditampilkan di aplikasi supaya lebih menarik.

  • Siapkan Foto

Ada beberapa foto yang harus Anda siapkan untuk aplikasi GrabFood. Foto makanan, foto minuman, serta foto daftar menu.

Anda juga harus menyiapkan foto untuk logo restoran dan banner restoran di aplikasi.

Foto makanan yang akan Anda gunakan usahakan berbentuk landscape. Tidak hanya itu, foto untuk makanan ini minimal berukuran 540 x 300 pixel.

  • Ambil Foto yang Menarik dan Bebas Plagiasi

Usahakan foto yang Anda ambil sebagus dan semenarik mungkin, sebab pelanggan tidak bisa melihat langsung makanannya dan hanya akan melihatnya dari foto.

Anda bisa juga menggunakan kamera HP untuk memfotonya, namun pastikan foto diambil dengan angle yang bagus.

Foto yang menarik akan semakin mudah juga untuk menarik pelanggan supaya mau membeli makanan dan minuman dari restoran Anda.

Foto yang Anda unggah ke laman Grab juga harus bebas dari plagiasi, yang artinya foto tersebut tidak boleh diambil dari Google.

Foto yang digunakan harus foto asli produk yang memang dijual di restoran Anda. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pelanggan tentang produk yang dibelinya.

Jadi, foto asli juga menjadi salah satu syarat dalam cara mendaftar GrabFood ini.

daftar grabfood restoran

Panduan Pajak Restoran

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum mendaftar di GrabFood adalah panduan mengenai pajak restoran. Ini penting karena berkaitan dengan harga yang akan Anda tetapkan di aplikasi.

Berikut panduan tentang pajak restoran di GrabFood tersebut.

  • Harga Tidak Berpajak

Harga ini merupakan harga makanan apa adanya. Jadi ini adalah harga asli yang belum dikenai pajak, baik dikurangi atau ditambahkan pajak.

  • Harga Inclusive

Harga inclusive adalah harga yang sudah terkena pajak. Potongan pajak di GrabFood sebesar 10 persen.

Jadi ketika pembeli membeli makanan tersebut, harganya sudah termasuk dengan pajak. Sebesar 90 persen diterima restoran, 10 persen diterima oleh perusahaan grab.

  • Harga Exclusive

Harga ini adalah harga yang belum termasuk dengan pajak. Jadi, harga makanan tersebut akan ditambahkan dengan pajak yang berlaku di restoran.

  • Service Fee

Service fee atau biaya service yang akan ditentukan oleh restoran. Harga yang dibeli oleh pelanggan termasuk dengan biaya service yang sudah ditentukan. Jadi pelanggan juga akan dikenakan biaya saat membeli makanan.

Persyaratan Daftar GrabFood

Saat mendaftar di GrabFood, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi baik berupa dokumen, foto, dan sebagainya.

Hal ini dilakukan supaya restoran Anda masuk ke dalam list aplikasi GrabFood.

Berikut daftar persyaratan lainnya.

  • Restoran Harus Mempunyai Profil.

Profil ini dimulai dari nama restoran, alamat restoran, kontak restoran. Kontak ini seperti nomor telepon restoran serta alamat email.

  • Foto KTP dan Foto Selfie Memegang KTP

Selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan foto KTP pemilik restoran tersebut. Jika sudah diunggah, Anda juga akan diminta berfoto dengan memegang KTP tersebut untuk membuktikan bahwa kartu identitas tersebut asli.

  • Foto NPWP

Tidak hanya foto KTP, Anda juga harus menyiapkan foto NPWP asli. Apabila Anda tidak memiliki NPWP, maka pendaftaran ini tidak bisa untuk dilanjutkan.

daftar di grabfood

  • Foto Daftar Menu

Foto daftar menu juga sangat penting. Setiap toko yang mendaftar di GrabFood harus memiliki foto daftar menu. Pastikan Anda memfoto daftar menu restoran  dengan baik dan benar, serta jangan terlalu kecil ukuran pixelnya.

  • Foto Makanan

Foto makanan atau minuman ini yang nantinya akan ditampilkan di aplikasi begitu pembeli membukanya. Pasanglah foto semenarik mungkin, serta pastikan foto harus bebas dari plagiasi.

  • Foto Restoran Tampak Depan dan Tampak Belakang

Foto restoran tampak depan dan belakang ini digunakan untuk menyakinkan Grab bahwa Anda benar-benar memiliki restoran.

Data-data yang dikirimkan ini nantinya akan dicek oleh pihak Grab, seperti penjelasan tentang cara mendaftar GrabFood yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Foto Buku Rekening

Anda juga harus mengupload buku rekening tabungan, atau foto nomer di m-banking. Pastikan nama dan nomer rekening terlihat jelas dan tidak blur.

Keuntungan Daftar GrabFood

Ada berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai pihak restoran jika Anda bekerja sama degan GrabFood.

Keuntungan yang pertama adalah Anda bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas, karena pengguna aplikasi ini cukup banyak.

Jika Anda bisa menjangkau pelanggan yang lebih banyak, artinya omset yang akan di dapatkan juga berkali-kali lipat.

Keuntungan berikutnya yang akan Anda peroleh jika terdaftar di GrabFood adalah tidak perlu repot mengantar makanan.

Pelanggan akan menyukai restoran Anda karena pemesanan di restoran tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan mudah, sebab foto restoran dan harga menunya terdapat di aplikasi.

Biasanya, saat seseorang akan mengunjungi sebuah restoran, mereka akan mencari informasi mengenai harga dan menu makanan. Jika restoran Anda terdaftar di GrabFood, pelanggan bisa mengeceknya dengan mudah.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *