cara crop foto di photoshop
Tutorial

Cara Crop Foto di Photoshop dengan Berbagai Bentuk

Cara Crop Foto di Photoshop – Cropping adalah suatu hal yang sangat umum dilakukan dalam dunia editing. Baik itu editing gambar hingga video.

Cara crop gambar sendiri adalah dengan memanfaatkan software editing, dan yang paling umum digunakan adalah Photoshop.

Bagi kamu pengguna software ini, pasti sudah tahu dan sangat mengenal cara crop foto di Photoshop.

Ada berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk cropping tergantung bentuk yang diinginkan. Cara untuk melakukannya pun tidaklah sulit.

Cara Crop Foto di Photoshop dengan Bentuk Persegi

Sekali jepretan kamera belum tentu menghasilkan foto yang presisi. Gambar yang dihasilkan mungkin menarik, tetapi perlu dilakukan beberapa editing agar lebih sempurna.

Cropping yang merupakan kegiatan menyeleksi dan memotong bisa jadi pilihan terbaiknya. Foto nantinya bisa lebih jelas dan menghilangkan bagian yang tidak diperlukan.

Cara crop yang pertama adalah dengan menggunakan tools crop pada Photoshop. Tools ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan gambar dengan bentuk persegi.

Crop Tools adalah alat yang paling sering digunakan dan merupakan hal paling dasar untuk pemula yang harus dipelajari.

Dalam tools crop sebenarnya ada tiga pilihan lain yaitu Perspective crop, Slice Tools serta Slice Select Tool. Tapi untuk membuat gambar atau foto persegi, cukup dengan menggunakan Crop Tool.

Untuk memulainya kamu bisa mempersiapkan gambar yang ingin dipotong, kemudian ikuti cara crop foto di Photoshop berikut ini.

1. cara crop foto di photoshop

1. Import gambar atau foto ke dalam Photoshop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah impor gambar ke dalam Photoshop. Kamu bisa membuka software Photoshop terlebih dahulu kemudian klik File yang ada di menu pojok atas. Klik Open dan pilih file gambar yang ada di komputer.

Klik gambar tersebut dan foto akan masuk ke Photoshop. Langkah pertama selesai dan bisa masuk ke langkah selanjutnya.

2. cara crop foto di photoshop

2. Memilih tool

Khusus untuk membuat gambar menjadi persegi, maka jenis tool yang digunakan adalah Crop Tool. Kamu bisa menemukan tool ini pada bagian menu di sebelah kiri layar.

Bentuknya persegi dan jika di klik akan muncul beberapa menu crop. Pilih crop tool yang berada paling atas untuk memotong menjadi persegi.

3. cara crop foto di photoshop

3. Fungsi menu Ribbon Bar di Crop Tool

Setelah klik menu Crop Tool, maka kamu akan melihat perubahan menu pada Ribbon Bar di bagian atas gambar. Menu ini memiliki fungsi untuk penyesuaian cropping pada gambar.

Pada bagian ini ada beberapa penjelasan mengenai masing-masing fungsinya sebagai berikut.

  1. Merupakan menu Dropdown Preset yang digunakan mengatur ukuran crop dengan tepat. Kamu bisa menggunakan rasio atau resolution sebagai pengaturnya.
  2. Menu untuk mengatur lebar dan tinggi bentuk crop. Nilai yang digunakan adalah cm, inci dan pixel di mana kamu bisa memilihnya.
  3. Menu ini adalah untuk mengatur banyak sedikitnya pixel dalam ukuran inci atau sm. Kamu bisa memilihnya dalam kolom DPI ini.
  4. Merupakan menu reset untuk mengembalikan ukuran seperti semula.
  5. Menu Overlay yang gunanya mengatur ketapatan ukuran dengan presisi seperti di tengah atau condong ke kanan. Merupakan menu untuk menghapus area yang tidak masuk dalam crop.

Dalam menu-menu ini kamu bisa mengatur crop secara manual atau otomatis. Sehingga cara crop foto di Photoshop juga jadi lebih mudah.

4. cara crop foto di photoshop

4. Mengatur ukuran gambar yang hendak di crop

Selanjutnya adalah mengatur ukuran crop, kamu bisa mengisi pada kolom tinggi dan lebar pada menu di atasnya. Tinggal ketik pada menu nomor dua seperti yang sudah dijelaskan di atas.

5. cara crop foto di photoshop

Maka kamu akan melihat area crop pada gambar secara langsung, jika dirasa kurang pas bisa mengatur Overlay. Jika semuanya sudah dipastikan tinggal klik tanda centang untuk masuk ke proses pemotongan gambar.

Cara Crop di Photoshop dengan Custom

Selain memotong gambar dengan bentuk presisi seperti yang sudah disebutkan di atas, ada juga cara crop foto di Photoshop custom yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan bentuk lain.

Langkah ini cukup menarik karena ada begitu banyak bentuk yang telah disediakan. Jadi cropping bukan sekedar memotong gambar untuk bentuk seperti persegi atau persegi panjang saja, tetapi juga bentuk lainnya.

Pada kesempatan kali ini, tool yang digunakan adalah Custom Shape.

Berikut ini langkah-langkah cara crop di Photoshop dengan custom yang bisa kamu ikuti:

6. cara crop foto di photoshop

1. Import gambar dan pilih tool

Langkah pertama selalu dimulai dengan import foto ke Photoshop. Kemudian jika sudah selesai kamu bisa memilih tool yang digunakan.

Dalam hal ini cari Rectangle tool kemudian klik kiri pada mouse dan pilih custom shape tool.

7. cara crop foto di photoshop

Pada menu ini sebenarnya kamu bisa melihat ada banyak pilihan bentuk untuk digunakan. Jadi pilihlah bentuk yang sesuai.

8. cara crop foto di photoshop

2. Cara mengaplikasikan tool

Untuk bisa menggunakan tool ini kamu harus memilih menu Path terlebih dahulu yang ada pada bagian menu bar di atas. Klik Path dan kamu bisa mengaplikasikan tool pada gambar.

9. cara crop foto di photoshop

Buatlah bentuk pada foto atau gambar sesuai dengan shape yang diinginkan dan telah dipilih sebelumnya.

10. cara crop foto di photoshop

3. Memotong gambar

Sampai langkah ini kamu tinggal menghilangkan area yang tidak digunakan saja. Caranya klik Pen tool pada bagian menu di sebelah kiri, kemudian pilih menu Delete Anchor Point tool.

11. cara crop foto di photoshop

Baru setelah itu kamu bisa klik kanan pada gambar yang tadi sudah dicrop bentuk custom. Kemudian akan muncul menu dan pilih Make Selection hingga muncul pop up menu. Otomatis gambar akan terpotong.

Inilah cara crop foto di Photoshop untuk bentuk custom. Ada begitu banyak pilihan bentuk yang bisa kamu dapatkan pada menu di Properties setelah klik menu rectangle tool. Kamu tinggal pilih saja mana menu yang tepat.

Cara Crop Gambar di Photoshop sesuai Objek

Cara yang selanjutnya adalah dengan memotong bagian background sehingga hanya objek saja yang akan terlihat.

Tujuan cropping ini adalah untuk memperoleh gambar objek sehingga bisa digabungkan pada foto atau gambar lainnya.

Untuk cara ini ada langkah otomatisnya, kamu bisa menggunakan tool Quick selection yang akan cropping bagian objek secara cepat. Jadi kamu tidak perlu memilih objek dengan manual yang biasanya hasilnya tidak rapi.

Berikut ini cara crop gambar di Photoshop untuk menampilkan objek saja.

12. cara crop foto di photoshop

1. Buka Photoshop dan import foto

Langkah pertama diawali dengan membuka Photoshop kemudian impor foto yang ingin dicrop. Kamu bisa masuk ke bagian File dan pilih Open.

Pilihlah foto yang ingin dipotong sebagian objek di komputer. Tunggu sampai gambar muncul di Photoshop.

13. cara crop foto di photoshop

2. Menggunakan tool

Setelah gambar muncul, kamu bisa mulai dengan klik menu Quick Selection tool yang ada di bagian sebelah kiri. Menu ini memiliki ikon gambar pen dengan bentuk croping custom.

Otomatis kursor bisa digunakan untuk menyeleksi gambar atau objek.

14. cara crop foto di photoshop

3. Memilih objek

Setelah kursor berubah menjadi selection, kamu bisa klik pada Objek. Maka akan muncul garis titik yang merupakan seleksi. Kamu bisa menghilangkan gambar pada bagian dalam garis atau luar tergantung kebutuhan.

Apabila gambar memiliki pola yang cukup rumit maka selection akan terjadi pada bagian yang terkecil. Kamu bisa membuat sampai seluruh area objek tercover dengan selection.

15. cara crop foto di photoshop

4. Memotong gambar

Cara crop foto di Photoshop dengan tool ini dimulai menggunakan klik icon Add to Selection yang terdapat pada bagian properties atas. Pastikan bahwa sebelum kamu klik, objek sudah diarahkan pada yang ingin diseleksi.

Jika sudah, kamu bisa menekan CTRL+SHIFT+I untuk memulai proses pemotongan. Kemudian untuk mendapatkan gambar objek kamu bisa membuat halaman baru dengan menekan CTRL+N. Maka akan muncul sheet baru dan tinggal tekan CTRL+V.

Otomatis gambar objek yang tadi telah diseleksi akan muncul pada halaman baru tersebut. Dari sini kamu bisa melakukan editing ulang dengan mengganti background atau langsung menyimpannya.

Soal editing gambar atau foto, Adobe Photoshop adalah software yang paling familiar dan lebih banyak digunakan. Untuk tool cropping sendiri ada banyak yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan.

Sebenarnya selain Photoshop ada juga software lainnya yang bisa digunakan, bahkan sebagian besar adalah aplikasi berbasis online.

Jika kamu ingin menggunakan software atau aplikasi lain bisa menggunakan PhotoScape, Corel Draw, Pixlr, FlauntR, dan lainnya.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *