cara cek kuota 3
Tutorial

Mudah, Ini 3 Cara Cek Kuota 3 dan Fitur Menariknya

Artikel terakhir diperbaharui 14-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Cek Kuota 3 – Kartu perdana 3 (Tri) cukup banyak digemari dan digunakan. Hal tersebut tentunya karena penawaran paket internet yang terjangkau dari pada kartu perdana lain.

Nah, disini, para pengguna kartu 3 (Tri) perlu mengetahui cara cek kuota 3 agar selalu mengetahui penggunaan kuota internet setiap harinya.

3 Cara Cek Kuota 3 Di Ponsel 

Sebagai alat untuk menjelajah dunia maya, Tri (3) banyak menyediakan berbagai penawaran menarik.

Selain itu, 3 juga menyediakan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengecek kuota internet dan cek pulsa. Berikut beberapa cara cek kuota tri maupun cara cek pulsa tri yang bisa dicoba.

  • Melihat Kuota Internet Melalui Menu USSD

Cara yang paling sering digunakan untuk melihat kuota internet kartu perdana Tri yaitu menggunakan menu USSD pada telepon, sama seperti saat melakukan cek pulsa. Dengan melewati beberapa langkah Anda dapat mengetahui sisa kuota paket internet, sehingga tidak perlu takut habis secara mendadak.

Menu USSD ini bisa disebut juga menu dial phone. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi dan website. Cara melihat kuota paket internet melalui dial phone dinilai lebih mudah karena tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan dari 3. 

3 Cara Cek Kuota 3 Di Ponsel 

Baca Juga: 3 Cara Cek Kuota Axis Dan Masa Aktifnya Dengan Mudah

Langkah pertamanya yaitu membuka fitur panggilan pada handphone Anda. Kemudian ketik *111# dan melakukan panggilan. Setelah itu, akan muncul opsi dalam pengecekan data Tri. 

Untuk menuju menu kuota internet, ketik opsi 4 dan kirim. Perlu dipahami bahwa disana ada banyak pilihan opsi nomor sesuai layanan informasi yang ingin dipilih. Untuk melihat kuota data ketik 1 dan kirim. Setelah itu, pilih jenis kuota paket internet yang Anda daftarkan sebelumnya. 

Selanjutnya, pilih poin menu yang tersedia dan sesuaikan dengan paket internet yang sedang digunakan. Setelah selesai, tunggu konfirmasi dari pihak provider melalui sms untuk memberikan informasi.

  • Cara Cek Kuota 3 Melalui SMS

Cara mudah cek kuota 3 selanjutnya yaitu melalui layanan sms. Langkahnya sangat mudah karena Anda hanya perlu mengirim SMS seperti biasa. Namun, perbedaannya yaitu terdapat format SMS yang harus dikirim ke pihak 3 sehingga Anda perlu mengetikkan sebuah pesan ke nomor yang ditentukan.

Pertama, buka fitur SMS pada ponsel Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengetik format sms untuk mengecek kuota internet. Format sms tersebut adalah ketikkan ‘info(spasi)data’. Kemudian kirimkan sms tersebut ke nomor 234. Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi sisa kuota internet.

Untuk melihat kuota internet melalui SMS tidak sulit. Anda juga tidak akan dipungut biaya meskipun untuk melihat informasi paket internet pengguna perlu mengirim SMS ke nomor tertentu. Pengecekannya juga mudah dan tidak perlu banyak langkah, tidak seperti menggunakan aplikasi yang tahapnya sedikit rumit.

Pengecekan paket internet melalui sms tidak hanya untuk paket internet reguler saja. Paket internet seperti Tri Nonstop 4G juga dapat dicek melalui layanan sms. 

Hal ini akan memudahkan Anda karena dapat dengan mudah diakses dari ponsel android. Jangan terlambat mengecek agar tidak sampai kehabisan kuota.

  • Cara Cek Kuota 3 Melalui Aplikasi Bima+

Untuk lebih mudah melihat kuota paket internet perdana Tri, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus bernama Bima+. Aplikasi ini dapat digunakan untuk cek kuota tri secara mudah. Untuk menggunakannya, Anda perlu mendownload dan menginstalnya pada smartphone android maupun iOS.

Untuk langkahnya, buka aplikasi Bima+ dan masukkan nomor telepon Tri Anda dan klik Lanjutkan. Kemudian Anda akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasi. 

Pada halaman Bima+ masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik Lanjutkan. Dari situ layar akan menampilkan informasi kuota internet dan masa aktif kartu. 

Setelahnya segala informasi pada menu aplikasi mengenai paket internet dan kartu prabayar Tri (3) dapat dilihat. BimaTri adalah aplikasi luncuran dari Smartfren yang multifungsi. 

Aplikasi ini sangat berguna dalam menyediakan informasi terkait layanan kartu perdana. Misalnya pengecekan kuota 3, pengecekan pulsa, informasi promo dan penawaran menarik, bahkan sering ada kejutan hadiah bagi pelanggan setia Tri.

Fitur Menarik Bima+

cek kuota 3

Bima+ merupakan aplikasi wajib dan resmi bagi pengguna setia kartu perdana Tri. Aplikasi tersebut banyak menyediakan fasilitas dan fitur yang memanjakan penggunanya.

Lalu, apa saja fitur dalam aplikasi ini? Ini beberapa fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan.

  • Fitur &Co

Dalam aplikasi ini terdapat fitur & Co. Fitur ini dimanfaatkan bagi siapapun yang ingin mempromosikan produk kreatifnya. Produk seperti aksesoris, fashion, makanan, hobi dapat ditemukan pada menu &Co di aplikasi Bima+ ini yang dapat dijadikan sebagai wadah kreatif untuk mengenalkan produk anak bangsa. 

  • Fitur Call and Chat Disini

Selain & Co, ada juga fitur Call and Chat dalam aplikasi ini. Fitur tersebut dapat dijadikan sarana komunikasi secara teks dan suara kepada sesama pengguna Tri. Fitur pada Bima+ satu ini akan dijamin keamanannya oleh pihak Tri demi menjaga keamanan dan privasi pelanggan. 

  • Fitur Hiburan

Fitur hiburan seperti games, musik dan film juga terdapat di dalamnya. Fitur tersebut dapat berasal dari karya anak bangsa maupun tersedia secara otomatis pada aplikasi. Untuk menggunakan fitur ini, pelanggan akan dikenakan pulsa sebagai tarif akses games, music, dan film. 

Cara Melihat Kuota Internet Melalui Website Bima+

Cara Melihat Kuota Internet Melalui Website Bima+

Image” bima.tri.co.id

Selain mengakses lewat aplikasi, Bima+ juga dapat diakses langsung melalui website yang dijadikan solusi untuk cara cek kuota 3. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi browser tertentu untuk membukanya

Aplikasi yang dimaksud diantaranya seperti mozilla, opera, dan chrome. Sedangkan website yang diakses tersebut tidak lain adalah website resmi dari My Tri. 

Untuk membukanya, Anda tinggal membuka website my Tri (tri.co.id) pada web browser apapun di ponsel atau komputer. Kemudian, lakukan login menggunakan nomor telepon Tri Anda. Anda akan langsung bisa mengetahui sisa kuota paket internet yang dimiliki melalui menu yang disediakan. 

Baca Juga: Cara Cek Kuota M3

Sebelum itu, My Tri akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS pada nomor telepon Anda. Kemudian, masukkan kode verifikasi tersebut dengan benar pada kolom di halaman login website tersebut dan klik Lanjutkan. Informasi yang Anda butuhkan kemudian akan bisa diakses

Untuk pengguna kartu 3, yang perlu diperhatikan adalah harus selalu melakukan pengecekan kuota dan pulsa secara berkala. Dengan begitu, Anda akan mengetahui dan mengingat berapa sisa kuota paket internet dan pulsa serta pada batas tanggal berapa sisa paket internet akan berakhir, sebelum kehabisan

Beberapa cara cek kuota 3 yang sudah dijelaskan di atas pun dapat dicoba. Anda bisa memilih opsi yang menurut Anda paling efisien.

Ada juga beberapa cara untuk klaim kuota Tri, buat kamu yang penasaran.

Jangan sampai telat melakukan pengisian pulsa atau perpanjangan paket internet sebelum batas waktunya habis. Dengan pengecekan rutin, tentu hal ini tidak akan terjadi.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.