Tutorial

Praktis! Ini Panduan Cara Bayar Shopee Paylater Lewat Indomaret & Alfamart

Sebagai pemula yang baru menggunakan shopee paylater terkadang mengalami kebingungan ketika melakukanpembayaran tagihan. Padahal Anda bisa memilih cara bayar shopee paylater lewat indomaret atau cara bayar shopee paylater lewat alfamart yang mudah ditemukan. Panduannya ada di bawah ini.

Cara Melihat Tagihan Shopee Paylater

Sebelum membahas mengenai metode pembayaran tagihan shopee paylater, tidak ada salahnya Anda juga tahu cara melihat tagihan di aplikasi shopee. Fitur mengecek tagihan ini berguna untuk mengecek riwayat dan status tagihan Anda.

Caranya pun mudah, pertama Anda tinggal klik di menu “saya”, kemudian pilih “tagihan saya” di Spaylater. Berikutnya, akan muncul tampilan berisi informasi jumlah kredit tersedia, nominal tagihan beserta tanggal jatuh tempo, serta status daftar tagihan Anda.

Jika Anda ingin menampilkan daftar tagihan belum lunas, maka tinggal klik di bagian “belum lunas”, begitupun sebaliknya.  Jika Anda klik pada bagian tagihan per bulan sesuai keinginan, maka bisa tampil rincian tagihan.

Pilihan Metode Pembayaran Shopee Paylater

Bagi Anda pengguna pinjaman shopee paylater, terdapat banyak pilihan cara bayar cicilan. Mulai dari membayar dengan saldo Shopeepay, ATM, transfer Bank, Indomaret dan Alfamart. Bagi Anda yang bingung caranya bayar, simak ulasan di bawah.

Bayar Tagihan Melalui Shopeepay

Bayar Tagihan Melalui Shopeepay
Image by: shopee.co.id

Banyaknya pilihan metode bayar yang tersedia memudahkan penggunannya melunasi cicilan. Salah satu cara bayar praktis adalah melalui shopeepay. E-wallet dari shopee ini membuat proses pembayaran mudah, serta tidak perlu keluar rumah.

Caranya mudah, Anda tinggal membuka aplikasi Shopee dan menemukan menu “shopee paylater”. Selanjutnya pada tampilan “total tagihan” pilih bayar sekarang. Berikutnya pada pilihan metode bayar klik dengan Shopeepay lalu konfirmasi dan inputkan pin Anda.

Selain membayar melalui shopeepay, tagihan shopee paylater juga bisa Anda lunasi dengan dompet digital lainnya seperti Dana, OVO dan juga Gopay. 

Bayar Shopee Paylater di Alfamart

image: chichanyc.com

Berikutnya, membayar cicilan shopee paylater juga bisa Anda lakukan melalui Alfamart. Metode pembayaran ini bisa jadi opsi tepat bagi Anda yang tidak memiliki saldo digital. Membayar tagihan lewat Alfamart ini bisa menggunakan uang cash, hanya saja ada biaya administrasinya.

Namun, tenang saja biaya administrasinya rendah kisaran Rp.5000 ke bawah. Cara membayar tagihan shopee paylater di alfamart yaitu pertama pastikan Anda telah memilih metode pembayaran sesuai di aplikasi shopee.

Jika Anda sudah memilih kode pembayaran dengan Alfamart, jangan lupa klik konfirmasi untuk menampillkan kode pembayaran. Berikutnya Anda tinggal menunjukan kode pembayaran ke kasir dan membayarnya.

Tidak hanya itu saja, saat berada di Alfamart Anda juga bisa melakukan top up saldo shopeepay. Minimal pengisian saldo yang bisa Anda lakukan di Alfamart yaitu sebesar Rp. 10.000. Sedangkan maksimal pengisan saldo bagi pengguna yang belum upgrade shopeepay plus yaitu Rp. 2000.0000.

Dulu mengisi saldo shopeepay di Alfamart tidak dibebankan biaya administrasi. Hanya saja per 1 Mei 2023 lalu, top up shopeepay dibebankan biaya administrasi sebesar Rp. 2000.

Bayar Shopee Paylater di Indomaret

Selain bisa mendatangi alfamart untuk membayar tagihan shopee paylater, Anda juga bisa mengunjungi indomaret terdekat. Cara bayar tagihan shopee paylater di indomaret ini menawarkan banyak keunggulan. 

Keunggulannya adalah Anda tidak dibebankan biaya administrasi. Membayar tagihan melalui indomaret ini terdapat 2 cara yang bisa Anda pilih. Pertama melalui kasir, dan kedua melalui i-saku. Membayar melalui kasir Anda perlu mengetahui kode virtual pembayarannya terlebih dahulu.

Kode tersebut bisa Anda peroleh melalui aplikasi shopee dibagian metode pembayaran dengan indomaret. Cek kembali setelah Anda melakukan konfirmasi dan catat kode dengan benar. Kode pembayaran tersebut memiliki masa berlaku selama 24 jam saja.

Jadi, pastikan Anda segera mendatangi kasir indomaret dan melakukan pembayaran sebelum kadaluwarsa. Berikutnya melakukan pembayaran shopee paylater dengan i-saku indomaret ini bisa Anda lakukan saat tidak mempunyai uang cash.

Hanya saja setiap transaksinya Anda dibebankan biaya penanganan sebesar Rp.2500. Caranya mudah Anda tinggal mengganti metode pembayaran dengan i-saku. Berikutnya buka aplikasi i-saku Anda dan pilih shopee pada pilihan belanja online. 

Inputkan kode pembayaran dan konfirmasi tagihan yang muncul. Setelah mengeceknya dan sesuai masukan pin untuk membayarnya. 

Bayar Shopee Paylater dengan M-Banking

Bayar Shopee Paylater dengan M-Banking

Selain beberapa cara bayar di atas, Anda juga dapat membayar cicilan shopee paylater dengan M-Banking. Pembayaran tagihan shopee paylater ini mendukung pembayaran via M-Banking mulai dari BRI, BNI, Mandiri dan BCA. Cara ini cukup praktis dan bisa dilakukan secara online dimana saja.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin membayar tagihan melalui M-Banking adalah membuka menu tagihan terlebih dahulu untuk memperoleh kode virtual account shopee paylater. Pilih metode pembayaran sesuai dengan M-Banking yang Anda miliki.

Selanjutnya Anda tinggal membuka aplikasi M-Banking. Missal Anda menggunakan aplikasi BRI, maka klik Brimo dan login terlebih dahulu. Selanjutnya pilih bagian Briva untuk melakukan pembayaran. Berikutnya Anda tinggal menginputkan nomor virtual account pembayaran.

Cek dan baca ulang tagihan yang muncul pada layar. Setelah sesuai, untuk melakukan pembayaran klik bayar dan tulis pin akun M-Banking Brimo Anda. Maka pembayaran telah berhasil dan saldo Anda otomatis terpotong.

Bayar Shopee Paylater melalui ATM

Tidak semua orang memiliki akun pembayaran digitial, baik shopepay maupun M-Banking. Namun, tenang saja pembayaran shopee paylater ini juga bisa dilakukan melalui ATM. Dengan catatan saldo Anda memenuhi untuk melakukan pembayaran.

Metode pembayaran melalui ATM ini cukup mudah, caranya kurang lebih sama dengan mentransfer uang. Pertama Anda perlu mengunjungi gerai ATM terdekat sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Berikutnya masukkan ATM pada mesin dan inputkan pin Anda untuk mengakses menunya. Berikutnya pada tampilan layar pilih bagian laiinnya dan pilih transfer. Ini bisa Anda sesuaikan dengan kartu yang dimiliki.

Misalnya, menggunakan kartu ATM BNI maka pilih transfer ke BNI. Berikutnya masukkan nomor virtual account yang sebelumnya Anda peroleh dari akun shopee dibagian tagihan saya. Setelah nomor virtual account terinput, pilih OK. 

Pada layar akan menampilkan kembali detail tagihan, jika Anda sudah yakin tekan sudah benar. Dengan begitu proses pembayaran tagihan shopee payalter telah sukses. Sebagai informasi tagihan shopee paylater juga bisa Anda bayarkan lewat ATM BRI, BCA dan Mandiri.

Untuk memastikan apakah transaksi sudah berhasil selain melihat dari saldo yang terpotong, Anda juga bisa cek detail pembayaran di bagian tagihan shopee paylater. Jika Anda tidak tahu caranya, pada informasi di atas sudah dijelaskan cara mengecek riwayat transaksi.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan Shopee, mulai dari cara bayar shopee paylater lewat indomaret hingga cara bayar shoppee paylater lewat alfamart. Dengan ini, harusnya Anda tidak sampai telat bayar dan terkena denda yang bisa membuat tagihan bertambah. Jadi, pastikan bayar tagihan tepat waktu.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button