Cara Backup Data Android Paling Efektif, Mudah, dan Aman

Cara Backup Data – Backup data sejatinya menjadi satu hal yang sangat penting bagi para pengguna android. Melalui teknik ‘penggandaan’ itu, pengguna dapat meminimalisir timbulnya resiko kehilangan files seperti halnya foto, SMS, musik, kontak, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, cukup banyak variasi dari cara backup data yang tersedia. Sehingga pengguna hanya perlu memilah mana yang paling cocok dan mudah.

Umumnya tiap-tiap produsen smartphone sudah melengkapi produknya dengan backup khusus di perangkatnya. Misalnya saja Samsung dengan Kies, Lenovo dan SYNCit, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, jika pengguna masih merasa belum puas dengan layanan bawaan tersebut, maka penggunaan aplikasi pihak ketiga bisa jadi solusi terbaik untuk ditempuh.

Cara Mudah Backup Files di Android

1. Coolmuster Android Backup Manager

Secara umum, Coolmuster Android Backup Manager merupakan perangkat lunak Android dengan fungsi penyimpanan data yang praktis dan mudah untuk digunakan.

Seperti yang sudah diketahui, software ini memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan dari berbagai jenis file mulai dari pesan, daftar kontak, foto, panggilan telepon, video, musik, aplikasi, dokumen, dan ekstraksi lainnya.

Dengan melalui beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat cadangan penyimpanan dari Android ke perangkat PC secara kilat.

Tak hanya pencadangan files saja, Coolmuster Android Backup Manager juga mampu me-restore data backup pada ponsel baru.

backup data

Adapun langkah-langkah pencadangan data menggunakan software Coolmuster Android Backup Manager ialah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasinya terlebih dahulu melalui https://www.coolmuster.com/android-backup-and-restore.html, kemudian install.
  • Jalankan software ini dan tekan opsi modul Android Backup & Restore.
  • Hubungkan perangkat ponsel dengan PC menggunakan Wi-Fi atau kabel USB.
  • Ketika perangkat ponsel berhasil terdeteksi, biasanya akan muncul pilihan Backup and Restore pada layar PC. Pada tahap ini, silakan tekan menu Backup untuk memulai proses pencadangan data.
  • Kemudian, pilih data-data yang hendak dicadangkan berikut lokasi penyimpanannya.
  • Lalu, klik button ‘Back Up’ dan proses penggandaan file pun akan selesai dalam beberapa saat.

2. Google Backup

Sebagai perusahaan raksasa dunia, hampir seluruh lini software yang dibutuhkan manusia telah tersedia dalam layanan Google. Termasuk dengan layanan pencadangan data melalui Google Backup.

Dimana aplikasi ini akan menggandakan pengaturan aplikasi, data aplikasi, dan password-password yang telah diinput melalui suatu perangkat.

Untuk dapat menggunakannya, Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan dan menekan opsi Backup & Reset.

Perlu diketahui, seluruh files yang dicadangkan akan disimpan pada akun Google. Sehingga untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, ada baiknya untuk mempunyai akun Gmail dan melaksanakan sinkronisasi pada ponsel ke akun Gmail.

Baru kemudian, Google Backup akan melakukan tugasnya secara otomatis, yakni melakukan backup atas seluruh data di ponsel pengguna.

Titanium Backup

3. Titanium Backup

Bilamana sebelumnya ponsel Android sudah diroot, maka penggunaan Titanium Backup jadi alternatif lain yang bisa diterapkan.

Bisa dibilang aplikasi Titanium Backup adalah media pencadangan files terbaik di Android saat ini, yang mana Titanium Backup dapat membackup hampir semua hal yang tersimpan di dalam perangkat Android.

Menariknya, pengguna bisa menjadwalkan proses pencadangan data melalui aplikasi ini.

Maksudnya, Titanium Backup bisa melakukan prosedur pencadangan data secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Tentunya, fitur ini akan sangat berguna apabila pengguna malas melakukan backup manual.

Ketika proses pencadangan berlangsung, pengguna bisa tetap menggunakan perangkat android untuk menjalankan aplikasi lain atau bermain game.

Nah, dibawah ini adalah serangkaian cara untuk backup data Android melalui Titanium Backup:

  • Install aplikasi Titanium Backcup melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keramidas.TitaniumBackup
  • Pastikan agar USB Debugging di Android sudah aktif.
  • Jalankan aplikasinya dan berikan izin untuk mengakses root.
  • Lanjutkan dengan membuka menu Backup and Restore. Disini pengguna akan diperlihatkan daftar aplikasi yang terunduh dalam ponsel sekaligus berbagai ikon unik di sampingnya. Ikon smiley mengindikasikan bahwa data-data dari aplikasi terkait sudah dicadangkan, sementara ikon segitiga menunjukkan belum adanya proses backup pada data di aplikasi itu.
  • Tekan button bergambar dokumen menggunakan ceklis di atasnya sampai muncul opsi backup.
  • Tekan menu backup sesuai dengan kehendak Anda. Misalnya saja backup aplikasi dan data, aplikasi sistem, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu, klik backup.

File backup bisa disimpan dalam bentuk .zip sehingga memudahkan penggunanya dalam melakukan restore lewat recovery.

Apabila data Android sebelumnya dicadangkan dengan cara biasa, pengguna bisa melakukan restore langsung dengan aplikasi ini.

Helium

4. Helium – App Sync and Backup

Berbeda dengan kasus sebelumnya, Helium – App Sync and Backup umumnya digunakan pada perangkat yang belum di root.

Akan tetapi jika ingin menggunakan layanan Helium, pengguna disyaratkan untuk menginstall 2 aplikasi sekaligus, yakni pada perangkat PC dan Android. Berikut adalah langkah detailnya:

  • Untuk aplikasi Helium di PC melalui https://www.clockworkmod.com/ dan Android melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koushikdutta.backup
  • Setelah itu, aktifkan USB Debugging. Kemudian hubungkan Android dan PC menggunakan kabel USB.
  • Ubahlah jenis koneksi USB ke PTP.
  • Jika muncul permintaan kode RSA, silakan diterima.
  • Lalu akan muncul popup ceklis berwarna PC dan Android yang menandakan Helium sudah terhubung dan bisa digunakan.
  • Copot sambungan Android dan PC.
  • Lalu buka aplikasi Helium di ponsel Android.
  • Pilih aplikasi mana saja yang hendak dicadangkan. Pada fase ini, Anda dipersilahkan untuk mencadangkan aplikasi beserta datanya maupun hanya datanya saja.
  • Tekan tab Backup dan tentukan di mana lokasi penyimpanan file cadangan akan dilakukan, apakah itu di memori eksternal atau internal.
  • Proses pencadangan akan segera dilangsungkan, tunggu beberapa saat hingga seluruh data selesai di backup.

Super Backup & Restore

5. Super Backup & Restore

Aplikasi dengan layanan backup data ponsel besutan MobileIdea Studio, yaitu Super Backup & Restore menjanjikan hasil yang tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Hanya saja, Super Backup & Restore memiliki keunggulan dalam pengadaan fitur lengkap namun interface yang mudah dan simpel untuk dioperasikan. Berikut ini caranya:

  • Untuk dapat menggunakannya, install aplikasi Super Backup & Restore pada https://play.google.com/store/apps/details?id=com.idea.backup.smscontacts
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut. Biasanya, saat pertama kali dibuka Super Backup & Restore akan menyajikan beberapa menu seperti Google Drive, SMS, dan lain sebagainya.
  • Pilihlah data-data yang akan dicadangkan, misalnya saja SMS, kontak telpon, foto, atau video.
  • Lalu, klik Backup All untuk memulai prosedur pencadangan secara keseluruhan.
  • Jika sudah, tekan OK.

Apps Backup and Restore

6. Apps Backup & Restore

Berasal dari developer touchfield, Apps Backup & Restore masuk dalam jajaran aplikasi pencadangan yang mudah untuk digunakan.

Di mana dalam aplikasinya, touchfield menyuguhkan beragam fitur pencadangan aplikasi untuk ponsel Anda.

Sebelum memulai proses pencadangan, terlebih dahulu Anda harus memastikan penginstalan Apps Backup & Restore berhasil terselesaikan.

Namun jika Anda belum memilikinya, silakan unduh dan install aplikasinya melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.touchfield.appbackuprestore&hl=in&gl=US.

Setelah itu, masuk ke aplikasinya dan tekan setiap aplikasi dalam ponsel yang ingin dicadangkan datanya.

Selanjutnya ceklis kotak yang ada di bagian pojok kanan bawah layar untuk memulai prosedur backup. Dan Apps Backup & Restore pun akan segera melakukan pencadangan secara otomatis.

Demikianlah beberapa cara backup data di perangkat Android paling mudah dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain bantuan dari beberapa aplikasi di atas, masih ada daftar aplikasi lain yang tak kalah menarik untuk dicoba. Sebut saja Easy Backup & Restore, Contact Backup & Restore by Simpler, Backup Your Mobile, dan lain sebagainya.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *