Hanya 5 Menit, Ini Cara Backup Chat WA Dengan Mudah

Cara Backup Chat WA – Whatsapp adalah salah satu media sosial yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Ini dikarenakan media sosial ini sangat efektif untuk digunakan. Selain itu, fitur yang ada pada aplikasi whatsapp sangatlah beraneka ragam.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara backup data whatsapp. Ini ditujukan agar semua data baik itu file, gambar, video, serta voice note yang ada di dalam whatsapp tetap upgrade dan tidak akan hilang. Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan dan langkah untuk membackup data pada whatsapp.

Aplikasi Whatsapp Windows 7

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Cara Backup Chat WA

Sebelum mengetahui cara backup chat wa, Anda harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan di dalamnya. Inilah hal yang dibutuhkan dan harus Anda persiapkan

Akun Google Aktif

Cara backup data whatsapp memang membutuhkan beberapa poin untuk berhasil melakukannya. Kebutuhan poin yang pertama adalah google aktif.

Maksud dari google aktif ini adalah google yang masih aktif dan terhubung dengan telepon yang Anda gunakan. Ini sangat wajib diperhatikan karena jika menggunakan nomor telepon yang sudah mati maka bisa saja di waktu yang akan datang akan menyebabkan masalah.

Layanan Google Play

Layanan google play juga sangat diperlukan dalam proses backup data . Cara backup chat wa ini membutuhkan layanan google play dikarenakan fungsinya sangat besar.

Ini berfungsi sebagai proses pembaruan pada aplikasi google atau yang lainnya. Ini kaitannya besar karena pada dasarnya back up merupakan proses pembaruan dan pengembalian data sebelumnya.

Ruang Penyimpanan

Cara backup data whatsapp juga memerlukan ruang penyimpanan yang cukup. Karena, restorasi data ini sangat membutuhkan ruang penyimpanan yang lumayan.

Untuk itu, sebagai pemilik smartphone Anda bisa mengira-ngira seberapa besar ruang penyimpanan yang Anda butuhkan. Ini harus benar-benar dipastikan adanya ruang penyimpanan yang cukup untuk proses backup.

Karena jika tidak, proses backup akan terhenti dan tidak bisa merestorasi semua data yang dibutuhkan di dalam whatsapp itu sendiri.

Akses Internet

Akses internet juga harus diperhatikan mengingat proses backup tidak bisa dilakukan secara offline. Jadi, pastikan akses internet smartphone Anda kuat dan cepat.

Cara backup chat wa memang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, ini sebenarnya juga tergantung pada seberapa data yang ingin Anda backup pada smartphone.

donlot whatsapp mod

Cara Backup Chat WA

Cara backup data whatsapp memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Akan tetapi, Anda perlu melakukan langkah di bawah ini untuk mendapatkan backup-an yang sempurna.

Membuka Aplikasi Whatsapp

Cara backup chat wa yang pertama tentunya dengan membuka aplikasi whatsapp itu sendiri. Biasanya dalam proses backup untuk pembukaan aplikasi akan sedikit lemot dari biasanya.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini diperuntukkan untuk pengguna whatsapp di android. Namun, sepertinya cara ini juga bisa diterapkan untuk melakukan back up di Iphone.

Untuk langkah pertamanya Anda harus membuka whatsapp lalu menekan tombol menu-settings-chats and calls – chat backup. Tekan tombol secara berurutan mulai dari menu hingga chat backup. Lakukan dengan hati-hati agar tidak salah menekan tombol. Untuk melakukan cara ini tidak membutuhkan waktu yang lama mungkin tidak sampai menghabiskan 5 menit.

cara backup chat wa dengan mudah

Menghubungkan Akun Whatsapp dengan Google Drive

Jangan lupa untuk menghubungkan akun whatsapp dengan google drive pada smartphone Anda. Untuk caranya, Anda bisa tap dengan menekan back Up To Google Drive. Pastikan google drive yang Anda masukkan sudah menggunakan email pribadi Anda sendiri. Ini hanya untuk memastikan bahwa semua data rahasia tetap menjadi milik Anda.

Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahwa google drive pribadi Anda mempunyai banyak ruang yang cukup. Ini hanya untuk memastikan saja bahwa semua data bisa terbackup dengan baik tanpa adanya kendali. Dan diharapkan, jika proses selesai semua data bisa dibuka dengan baik, lancar, dan sesuai dengan data awalnya.
cara dangkan chat wa

Menentukan Interval Back

Cara backup chat wa yang berikutnya adalah dengan menentukan interval back. Apa maksud dari langkah ini? Anda bisa menginginkan dan memilih interval pem backup an dari whatsapp Anda. Mungkin bisa harian, mingguan, hingga bulanan. Interval ini akan muncul pada pop up yang jelas dan mudah Anda pilih.
cara mencadangkan chat wa

Jika Anda sudah memilih, maka tentu back up whatsapp akan otomatis mengingatkan Anda dalam interval waktu tetapan. Bisa harian, mingguan, hingga bulanan seperti yang dipilih pada langkah yang sebelumnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Backup WA

Setelah mengetahui cara backup chat wa dan sudah berhasil melakukannya, kini Anda harus memahami proses dari backup itu sendiri.

Tahukah Anda jika proses backup ini memerlukan waktu yang lumayan dan menyesuaikan dengan data yang sedang di backup? Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika proses berlangsung jangan sampai Anda melakukan cancel pada proses ini.

Ketika Anda melakukan cancel maka proses backup akan terhenti. Hal yang dikhawatirkan adalah ketika data hanya masuk setengah dan mungkin saja akan terjadi keeroran pada proses backup selanjutnya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara backup chat WA yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukan tahap demi tahap langkah yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu, Anda juga harus memahami keperluan yang dibutuhkan untuk back up data.

Cara Backup Data Whatsapp memang tidak sulit. Akan tetapi, Anda harus benar-benar memperhatikan langkah demi langkah dalam proses back up. Utamanya, pada saat pemilihan google drive yang diinginkan.

Jangan sampai salah memilih gdrive diluar email pribadi Anda. Ini ditujukan agar pesan-pesan rahasia Anda tetap menjadi milik Anda pribadi.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *