Ternyata Begini Cara Agar WiFi Tidak Lemot di Hp

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Masalah koneksi internet lambat memang sangat mengganggu aktivitas. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti cuaca atau provider mengalami gangguan. Cara agar WiFi tidak lemot di hp bisa diatasi dengan prosedur tertentu yang mudah dan efektif untuk dicoba.              

Pengguna dapat menggunakan fitur bawaan atau menginstall aplikasi tambahan untuk memperkuat sinyal. Anda bahkan tidak perlu melakukan restart modem untuk membuatnya normal kembali. Berikut ini pembahasan mengenai cara mudah untuk mempercepat koneksi WiFi yang lemot.

Cara Agar WiFi Tidak Lemot Di HP Melalui Pengaturan IP

Cara mengatasi jaringan WiFi lemot di hp dapat dilakukan dengan mengecek pengaturan IP. Anda disarankan untuk mengubah setting pada sambungan WiFi yang tersedia. Tentunya, pengguna perlu memperhatikan prosedur yang tepat ketika memperbaikinya. 

Langkah pertama, cobalah cek koneksi jaringan WIFi dan pastikan sudah tersambung. Setelah mengklik ikon tanda seru, bukalah Pengaturan IP kemudian ubah ke opsi Statik. Lalu, Anda dapat mengubah 2 atau 3 angka terakhir setelah titik pada pilihan Alamat IP. 

Angka tersebut bisa diubah sesuai dengan keinginan, misalnya  2 angka terakhir pada alamat IP 192.168.34.60 dapat diganti menjadi 59, 61, 62 atau 63. Pengguna dapat menyesuaikannya untuk memperoleh jaringan WiFi yang lebih cepat dan maksimal. 

Meningkatkan Kecepatan WiFi di Android 

Bagi pengguna Android, WiFi lemot masih menjadi masalah yang cukup mengganggu. Ada beberapa metode sederhana untuk mengatasinya yaitu melalui fitur bawaan dari hp. Anda dapat menambah kecepatan WiFi dengan mengatur ulang WLAN di menu Settings. 

Caranya, buka Setelan atau Settings kemudian pilih menu About Phone. Ketuk sebanyak 3 kali untuk membuka Penyimpanan Internal dan pilih WLAN Information yang berisi status dan konfigurasi. Setelah itu, klik WLAN Status yang dilanjutkan dengan menekan tombol Refresh Stats. 

Refresh Stats ini berfungsi untuk merefresh atau mencari jaringan baru, sehingga dapat memaksimalkan kecepatan WiFi di hp. Perlu diingat bahwa tidak semua ponsel bisa menerapkan cara tersebut. Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan hp yang digunakan. 

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kode rahasia untuk mengatasi masalah tersebut. Pengguna Vivo, Oppo, Realme, dan beberapa merk hp lainnya dapat mengakses kode *#*#4636*#*#. Pada Samsung Galaxy, kode yang digunakan yaitu *#0011#, kemudian pilih menu WiFi. 

cara mengatasi jaringan wifi lemot di hp

Mengatasi WiFi Lambat dengan Opsi Pengembang 

Mengubah setting pada Opsi Pengembang ternyata cukup efektif untuk memperbaiki masalah WiFi lemot. Pengguna perlu membuka menu Setelan kemudian pilih About Phone. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup ketuk tujuh kali pada opsi Versi Android atau Versi MIUI. 

Jika sudah selesai, kembali ke menu Setelan Awal lalu klik Opsi Pengembang. Anda bisa memilih menu Setelan Tambahan untuk mengaktifkan fitur tersebut dengan menggeser tombol toggle di sebelahnya. Terakhir, pilih Hidupkan ekstensi jangkauan WiFi atau Hidupkan logging verbose WiFi.

Setelah mengatur Opsi Pengembang tersebut, Anda akan merasakan perbedaan pada kecepatan WiFi secara maksimal. Metode diatas biasanya cukup ampuh diterapkan pada hp Xiaomi. Pengguna hp merk lain pun dapat menyesuaikan pengaturan tersebut. 

Memeriksa Posisi Antena Router WiFi

Posisi antena router yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab lemotnya WiFi di hp. Sinyal biasanya lebih sulit ditangkap atau disalurkan ke device yang tersambung jika antena router agak miring ke kiri atau kanan. Pastikan posisinya dalam keadaan tegak untuk menambah kecepatan WiFi. 

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi kabel tidak putus atau sobek. Selain membahayakan, kabel yang bermasalah tersebut bisa mempengaruhi kekuatan sinyal internet. Coba pula mengatur frekuensi channel router setelah posisinya diperbaiki sebagai solusi lain. 

Pengguna dapat mengecek buku panduan untuk mengatur channel router. Lalu, ubahlah frekuensinya pada 1,6, serta 11 karena diketahui minim terjadi gangguan. Channel ini termasuk aman dan bebas dari jangkauan jaringan milik orang lain. 

Demikian ulasan tentang cara agar WiFi tidak lemot di hp yang dapat diterapkan dengan mudah karena tergolong sederhana namun efektif, semoga bermanfaat sahabat Tedas.id.

Metode-metode tersebut bisa dicoba untuk meningkatkan kembali kecepatan internet WiFi Anda. Namun, Anda perlu menyesuaikan dengan tipe ponsel karena tidak semua cara tersebut bisa berhasil untuk semua tipe.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.