Tutorial Cara Membuat Akun Microsoft Cukup dengan Email

Cara Buat Akun Microsoft – Perusahaan besutan Bill Gates yaitu Microsoft yang mulai didirikan 1975, menjadi perusahaan teknologi yang menguasai pasar. Banyak sekali produk-produk yang dibuat salah satunya Microsoft Windows.

Sistem operasi Windows buatan Microsoft ini memiliki begitu banyak kelemahan sehingga banyak digunakan bersaing dengan Apple.

Tampilannya user friendly dan jadi produk terpercaya yang sudah digunakan ratusan juta orang di dunia.

Microsoft memberikan satu fitur terbarunya di mana pengguna harus login ke akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan berbagai layanan yang diberikan. Tanpa login kamu tidak bisa menggunakannya.

Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana cara membuat akun Microsoft terlebih dahulu.

Caranya gampang dan gratis, cukup dengan email saja. Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis email seperti Gmail, Yahoo mail dan lainnya.

Cara Buat Akun Microsoft dengan Mudah Memanfaatkan Alamat Email

Email adalah layanan yang sangat membantu untuk membuat akun ke sosial media hingga akun Microsoft. Beberapa layanan yang bisa kamu dapatkan jika membuat akun Microsoft seperti Groove, Xbox, OneDrive, dan masih banyak lagi.

Cara buat akun Microsoft pun sangat mudah dengan menggunakan email. Jenis email yang lebih disarankan adalah email dari Microsoft yang biasanya berakhirnya @hotmail.com, @outlook.com atau @outlook.co.id.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika kamu hanya memiliki email Google atau Yahoo. Semua jenis email hampir bisa digunakan dalam pembuatan akun Microsoft. Hanya saja jika kamu menggunakan email Microsoft maka langkah-langkahnya berbeda.

Seperti apa cara membuat akun Microsoft ini? Yuk cermati langkah-langkahnya di sini.

Cara Membuat dengan Email Microsoft

Cara pertama yang akan dijelaskan adalah memanfaatkan email Microsoft dengan membuat yang baru. Maksudnya adalah kamu bisa membuat email sekaligus akun yang baru bersamaan.

  • Pilihan menunya terdapat pada halaman mukaweb Microsoft. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:
  • Masuk ke web Microsoft melalui web browser.
    daftar akun microsoft
  • Untuk membuat akun kamu bisa klik menu login yang terdapat di bagian pojok atas.
    cara daftar akun microsoft
  • Maka akan muncul menu masuk dan kamu bisa memilih buatlah akun! yang ada di bagian bawah menu email.
    daftar akun email microsoft

Setelah itu kamu bisa memilih menu kedua yaitu Dapatkan alamat email baru, tujuannya untuk membuat email Microsoft terlebih dahulu.

  • Pada halaman selanjutnya isilah nama email dan pilih alamat dari yang tersedia.
  • Klik next atau berikutnya untuk masuk ke proses pengisian data lainnya. Jangan lupa untuk membuat kata sandi yang nantinya digunakan untuk masuk ke akun Microsoft.
  • Selanjutnya adalah mengisi nama depan dan belakang kemudian nomor hp yang aktif dan masih digunakan.
  • Jika semua data sudah lengkap, tinggal mengetik kode verifikasi yang muncul dan akun Microsoft akan jadi.

Selesai, akun Microsoft telah selesai dibuat dan kamu bisa mencoba untuk login menggunakan nama email dan password yang tadi telah dibuat. Caranya adalah masuk ke web Microsoft kemudian pilih login dan ketik alamat email.

Membuat Akun dengan Gmail atau Yahoo Mail

Cara daftar akun Microsoft alternatif lainnya adalah dengan menggunakan alamat email dari layanan lain.

Jika langkah di atas artinya kamu membuat email sekaligus akun Microsoft, di sini kamu bisa menggunakan alamat email yang sudah dimiliki sebelumnya.

Karena kamu sudah memiliki alamat email maka tidak perlu mengisi data lagi seperti cara di atas.

Semua data nantinya akan diambil dari profil email yang telah dimiliki. Caranya pun lebih simpel yaitu sebagai berikut ini:

  • Masuk ke web browser dan buka web Microsoft.
  • daftar akun microsoft
  • Setelah itu pilih menu login untuk membuat akun.
  • cara daftar akun microsoft
  • Baru klik Buatlah akun! untuk membuat akun baru. Sampai langkah ini caranya masih sama dengan di atas.
  • Pada halaman berikutnya yang muncul kamu tinggal mengisi alamat email saja. Baik itu Gmail atau yahoo Mail sesuai dengan yang dimiliki.
  • Tinggal klik menu Berikutnya atau Next.
    daftar akun microsoft
  • Setelah itu buat kata sandi untuk akun Microsoft dan simpan kata sandi di web browser agar tidak lupa.
  • Ketik nama depan dan belakang pada kolom yang tersedia untuk pembuatan profil. Jangan lupa ketik tombol next atau berikutnya.
  • Isi juga halaman pertanyaan negara, tempat tanggal lahir dan nomor telepon.
  • Jika sudah mengisi nomor telepon maka akan muncul proses verifikasi dan klik.
  • Kode verifikasi akan dikirim ke nomor hp kamu dan ketik kode pada web browser untuk mengaktifkan akun Microsoft.

Kini akun Microsoft kamu sudah aktif dan bisa digunakan untuk menikmati semua layanan yang tersedia. Apabila dicermati dari perbedaan di atas hanya terdapat dalam pembuatan nama email saja.

Apabila kamu tidak nyaman karena harus mengingat nama email yang baru, sebaiknya pergunakan alamat email lama saja asalkan masih aktif. Pastikan agar kode verifikasi terkirim dan jika gagal cobalah kirim ulang ke hp atau alamat email.

Semua cara membuat akun Microsoft ini tergolong mudah, karena kamu hanya tinggal memilih cara mana yang ingin digunakan. Demi kenyamanan pengguna, Microsoft memberikan beberapa pilihan cara login.

Selain menggunakan email yang tadi telah dibuat untuk akun, kamu juga bisa masuk melalui Windows Hello (khusus smartphone). Fitur ini memudahkan kamu untuk masuk dengan pemindaian sidik jari, scan wajah atau pin.

Keamanan yang kedua adalah kamu bisa login dengan akun GitHub. Caranya, akun Microsoft harus ditautkan terlebih dahulu ke akun GitHub. Biasanya cara ini dilakukan untuk akun pribadi saja bukan akun lembaga seperti sekolah atau perusahaan.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *