Tutorial

Mau Berjualan Online? Ini Tips Memilih Platform yang Tepat

Platform berjualan online untuk membuka toko online semakin berjamuran.

Masyarakat pun dituntut untuk bisa memilih mana platform yang tepat.

Pasalnya tersedia platform untuk berjualan langsung kepada end user ada juga kepada bisnis lain. 

Penting juga untuk menentukan platform berdasarkan jenis barang yang Anda jual.

Biar kata banyak orang platform bisa digunakan untuk berjualan apapun, Anda tetap ada target konsumen yang dikhususkan. 

Langsung saja simak apa saja tips untuk memilih platform yang tepat.

berjualan online

Teknik berjualan online ada begitu banyak, apalagi jika Anda sudah membuat toko sendiri.

Sayangnya semua teknik ini mungkin saja gagal hanya karena Anda salah memilih platform dengan target audience yang tidak cocok dengan produk. 

Anda tentunya sudah memiliki target konsumen tertentu yang bisa menjadi patokan ketika memilih platform.

Cara Jualan Online dengan Platform 

Namun menentukan platform dari target konsumen saja tidak cukup, masih ada faktor keamanan dan peraturan yang harus dipertimbangkan. 

Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa menemukan mana platform yang sesuai. 

1. Kenali Fitur Apa saja yang Ditawarkan 

Meskipun mirip, fitur yang dimiliki setiap platform berbeda.

Ada yang menawarkan fitur berjualan online lebih mudah dalam memasang iklan, form untuk upload produk, dll.

Anda bisa mempelajari fitur-fitur ini dengan mencoba sebagai konsumen platform tersebut. 

Bisa juga mempelajari dari toko milik teman agar semua fiturnya sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi jika Anda baru pertama kali ingin membuat toko, maka semakin mudah fiturnya lebih baik. 

2. Mudah Tidaknya Platform Diakses 

Selain mengecek fitur berjualan online diatas, Anda juga harus tahu tingkat kemudahan platform tersebut diakses.

Apakah loadingnya lama, sering terjadi kesalahan iklan atau penempatan menu yang sulit diakses. 

Hal inilah yang bisa jadi pertimbangan masyarakat sebagai konsumen untuk menggunakan.

Begitu juga Anda yang nantinya akan berjualan. Semakin rumit tentu platform tersebut tidak memiliki masa depan yang baik. 

Selalu pilih platform dengan tampilan sederhana, menu mudah diakses dan jarang error.

Sudah pasti ada banyak konsumen yang menggunakannya. 

3. Cek Reputasi Berdasarkan Usia dan Penggunanya 

Reputasi platform turut menjadi faktor utama untuk mengecek kualitasnya.

Anda bisa mengetahui reputasi ini berdasarkan review pengguna, baik penjual maupun konsumen. 

Apakah platform sering error atau tidak dan tingkat kepuasan pengguna mengoperasikannya.

Usia toko online juga jangan lupa untuk diperhatikan, karena akan menentukan banyak sedikitnya pengguna. 

Anda yang tentu harus memilih platform dengan jumlah pengguna lebih banyak bukan agar toko yang dibuat banyak yang mengunjungi. 

4. Biaya Penggunaan Platform 

Beberapa platform menerapkan biaya langganan, iklan dan lainnya. Anda harus tahu berapa biaya-biaya yang dibebankan ini.

Hubungannya erat dengan soal modal operasional usaha sehingga kamu tidak merasa dirugikan ketika masih belum banyak konsumen. 

Pada saat mencermati biaya ini, Anda bisa membandingkan antar platform.

Carilah mana yang memberikan biaya paling sesuai dengan budgeting yang sudah dibuat.

Temukan juga penawaran-penawaran menarik dari platform tersebut ketika sudah berlangganan. 

web desty page
Image: desty.page

5. Mencoba Berjualan hingga Muncul Transaksi 

Tidak ada salahnya untuk mencoba masing-masing platform agar Anda tahu bagaimana performanya.

Usai mencari dua atau tiga platform Anda bisa membuat toko dan posting beberapa produk. 

Sabarlah menunggu sampai ada satu transaksi yang masuk. Lama tidaknya respon konsumen sehingga terjadi transaksi antar platform tentu berbeda.

Mana yang cepat bisa jadi indikator platform tersebut berkualitas. 

Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka beberapa toko online pada platform tersebut jika potensi konsumen kedepannya cukup bagus. 

Jika sudah menentukan platform mana yang pas, jangan lupa buat toko Anda sebagus-bagusnya.

Tidak lupa juga untuk membuat link pada bio lebih menarik, khususnya jika Anda menggunakan platform seperti media sosial. 

Link yang menarik untuk dihubungkan ke toko online lainnya termasuk nomor customer service jadi pendukung larisnya usaha.

Anda bisa memanfaatkan Desty.page untuk membuat halaman link ini. 

Anda bisa membuat halaman keren dan sekreatif apapun secara gratis.

Soal promosi toko online, membagikan link kemana saja, termasuk impor dari Linktree tersedia.

Tunggu apalagi, segera buat halaman link toko online Anda untuk berjualan online sekarang juga. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button