Tutorial

Penasaran Berapa Bunga Shopee Paylater? Ini Nominalnya

Pengguna shopee yang baru mencoba pembayaran dengan shopee payleter harus tahu. Bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan ada biaya pelayanan, denda keterlambatan dan bunga. Berapa bunga shopee payleter? Simak informasi lengkapnya di bawah.

Keunggulan Shopee Paylater

Sebelum membahas mengenai besarnya bunga shopee payleter, Anda perlu tahu beberapa alasan orang suka menggunakan metode ini sebab memiliki banyak keunggulan. Apa saja keungulan yang ditawarkan shopee payleter? Cek ulasan berikut.

Proses Pendaftaran Mudah 

Keunggulan Shopee Paylater
Image: shopee.co.id/

Sadar atau tidak, semakin kesini mengajukan pinjaman semakin mudah. Hal tersebut juga termasuk dalam mengajukan pendaftaran shopee payleter. Mendaftar shopee payleter ini mudah sekali, asalkan Anda memiliki KTP.

Proes pendaftarannya selain mudah juga cepat, dibandingkan dengan metode pinjaman yang lain. Bahkan sebagai pengguna awal saja, Anda sudah bisa mendapatkan limit sebesar Rp. 750.000.

Tidak Membutuhkan Jaminan

Selain prosesnya mudah dan perlu modal KTP saja, untuk bisa mendapatkan limit besar Anda tidak membutuhkan jaminan apapun. Jika Anda ingin memperoleh limit yang besar, maka pastikan jumlah transaksi banyak dan tidak telat melakukan pembayaran.

Bunganya Rendah

Apakah shopee paylater ada bunga? Seperti pinjaman pada umumnya, memilih metode pembayaran paylater ini Anda juga dibebankan bunga. Namun, tenang saja dibandingkan pinjaman lainnya bunga shopee payleter ini terbilang rendah, yaitu hanya 2.59 % saja.

Artinya, jika pinjaman Anda sebesar Rp. 100.000, maka bunga yang perlu dibayar adalah Rp. 2.950.  Tergolong ringan bukan?

Biaya Penanganan Rendah

Tidak hanya memiliki bunga rendah, shopee payleter juga terkenal dengan biaya penanganan yang rendah. Besarnya biaya penanganan yang dibebankan saat membayar dengan shopee payleter ini sebesar 1 %.

Jadi, jika Anda melakukan pembelian barang seharga Rp. 50.000, maka biaya penanganan yang harus ditanggung adalah sebesar Rp. 500.

Perhitungan Denda Tidak Perhari

Banyak yang mengira bahwa besarnya denda jika telat bayar shopee paylater ini besar. Padahal denda keterlambatan sebesar 5% tersebut, dihitung per bulan bukan per hari. Jadi jika dihitung denda Shopepay later yang harus Anda tanggung jika telat bayar ini masih terjangkau.

Meski begitu jangan sampai Anda terlena dan terus menerus telat membayar. Hal tersebut karena besarnya denda ini akan diakumulasikan setiap bulannya. Semakin lama cicilan yang Anda pilih, maka tanggungan bunga yang perlu dibayar semakin banyak.

Terdapat Banyak Promo

Hal yang menggiurkan dari shopee payleter adalah banyaknya promo menarik. Sebagai pengguna shopee payleter, tentu Anda menyadari jika beberapa promo khusus ditujukan bagi pengguna yang memilih metode pembayaran ini.

Bahkan promo yang ditawarkan pun fantastis bisa berupa cashback sampai dengan Rp. 1 juta. Siapa yang tidak tergiur dengan penawaran menarik ini?

Pilihan Cicillan Beragam

Selain beberapa benefit di atas, pengguna shopee payleter juga dimudahkan dengan beragam pilihan cicilan. 

Hal ini membuat pengguna lebih leluasa dalam memilih batas periode cicilan sesuai dengan kondisi keuangannya .Shopee payleter menyediakan jangka waktu cicilan, mulai dari 1 , 3,  6 dan 12 bulan. 

Selain itu sebagai pengguna, Anda juga diberikan keleluasaan dalam memilih batas jatuh tempo. Anda bisa memilih 2 pilihan yang disediakan, tanggal 5 atau tanggal 11 setiap bulannya.

Cara Menggunakan Shopee Paylater

Cara Menggunakan Shopee Paylater

Tertarik untuk mencoba shopee paylater setelah membaca keunggulan di atas? Tenang saja cara menggunakannya pun mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Penuhi Syarat dan Ketentuannya

Pertama, agar bisa menggunakan shopee paylater adalah harus memenuhi syarat dan ketentuan pihak shopee. Syaratnya tidak terlalu sulit, pertama pastikan akun shopee Anda minimal berusia 3 bulan, aktif dan terverifikasi, sering melakukan transaksi dan menggunakan aplikasi versi terbaru.

Mengaktifkan Shopee Paylater

Setelah membaca syarat dan ketentuan penggunaan shopee paylater, dan Anda merasa telah sesuai. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan shopee paylater di akun Anda. Caranya yaitu Anda tinggal klik di menu “saya”, kemudian pilih bagian “Spaylater” dan “aktifkan sekarang”.

Saat menekan bagian “aktifkan sekarang” pada layar akan muncul instruksi berupa masukkan kode OTP.  Cek ponsel Anda dan masukan kode OTP dengan benar. Setelah berhasil memasukkan kode OTP, selanjutnya Anda diarahkan kebagian “upload foto KTP”.

Pastikan saat Anda mengupload KTP posisinya jelas dan tidak keluar dari bingkai seperti tampilan. Berikutnya, Anda tinggal memilih tombol centang dan melakukan konfirmasi terkait nama, NIK, serta tanggal lahir.

Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Setelah selesai pihak shopee akan melakukan pemeriksaan data, jika berhasil maka akan muncul pop up notifikasi aktiviasi. Perlu Anda ketahui, proses pemeriksaan dan aktiviasi berlangsung selama 48 jam.

Melakukan Pembelian dengan Shopee Paylater

Apabila aktivasi shopee paylater Anda telah disetujui, maka bisa melakukan pembelian dengan metode pembayaran ini. Cara melakukan pembayaran dengan metode ini hampir sama dengan melakukan pembelian pada umumnya.

Pertama, Anda tinggal mencari terlebih dahulu barang yang ingin di check out. Berikutnya setelah barang akan di checkout, pada menu pilihan metode pembayaran pilih dengan “shopee paylater”. Berikutnya Anda tinggal cek kembali alamat dan jumlah pesanan.

Selanjutnya, pilih konfirmasi dan buat pesanan untuk mendapatkan bang yang Anda beli. Terakhir, masukan pin shopee paylater Anda, maka pemesanan telah selesai.

Contoh Perhitungan Bunga Shopee Paylater

Pengguna shopee harus paham syarat dan kebijakannya termasuk bunga cicilan shopee paylater. Kebijakan terkait shopee paylater bunga sebesar 2.95% ini berlaku sejak 28 April 2020 lalu. Besarnya suku bunga tersebut berlaku bagi tenor cicilan mulai dari 2 bulan hingga 12 bulan.

Agar Anda bisa mempertimbangkan belanja dengan shopee paylater, maka perlu paham perhitungan suku bunganya. Sebagai contoh jika Anda melakukan pembelian produk dengan nominal sebesar Rp.500.000 maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut.

Bunga shopee paylater per bulan = Rp.500.000 x 2.95% =  Rp. 14.750 per bulan.

Jika Anda mengambil tenor 1 bulan maka jumlah yang perlu dibayarkan plus bunga adalah sebesar Rp. 514.750.  Lain lagi jika Anda memilih jangka waktu pelunasan selama 2 bulan maka jumlah tagihan per bulannya menjadi (Rp. 500.000:2) + Rp. 14.750 = Rp. 264.750.

Jika Anda mengambil jangka cicilan selama 12 bulan maka nominal yang perlu Anda bayarkan setiap bulannya adalah (Rp.500.000 : 12) + Rp. 14.750 = Rp.  56.416. Jika diakumulasikan pinjaman sebesar Rp. 500.00 jika dibayar per bulan Rp.56.416 totalnya menjadi Rp. 677.000

Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah tenor yang yang Anda ambil, maka tanggungan bunganya juga semakin sedikit. Hal yang terpenting adalah pastikan Anda melakukan pinjaman dan memilih tenor pembayaran sesuai dengan kadar kesanggupan masing-masing.

Jadi, sekarang sudah tidak penasaran lagi bukan berapa bunga shopee paylater? Tentunya setelah membaca penjelasan di atas, sebelum memutuskan mengambil cicilan berapa bulan dan besarnya pinjaman bisa melakukan perhitungan simulasi secara mandiri.

Oya, untuk Anda yang ingin tahu bagaimanakah cara menaikkan limit Shopepay later dengan mudah maka tutorial selengkapnya bisa kamu baca di sini ya & semoga bermanfaat

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button