10 Aplikasi Perekam Layar Untuk HP dan PC Terbaik

Aplikasi Perekam Layar – Apakah Anda seorang Youtuber Gaming atau seorang yang suka memvideokan sesuatu di layar gadget Anda ? Tentu ada aplikasi khusus untuk itu semua.

Jika Anda tertarik untuk membuat video tutorial atau menjadi seorang youtuber gaming, tentunya Anda memerlukan aplikasi perekam layar untuk merekam itu semua. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak aplikasi seperti itu.

Akan tetapi Anda harus cermat dan teliti dalam memilih aplikasi yang akan Anda gunakan agar Anda dapat menghasilkan kualitas video terbaik. Terdapat 2 jenis aplikasi perekam layar yaitu untuk Handphone dan PC atau laptop.

Tentu saja terdapat 2 jenis perangkat yang berbeda. Dalam hal ini perangkat yang digunakan adalah Hp dan PC. Keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi software maupun hardware. Sistem operasi yang digunakan pun berbeda.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Untuk HP dan PC Terbaik

aplikasi perekam layar pc
Image: play.google.com

Nah, karena kebanyakan Anda lebih familiar dan kenal dalam mengoperasikan hp dan juga hp lebih mudah dioperasikan dan menjadi kebutuhan sehari-hari, maka dalam artikel kali ini pertama kali akan membahas cara merekam layar hp.

1. DU Screen Recorder

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya tentu saja, aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh para pemula untuk merekam video dalam hp. Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan bagi pemula dan pastinya aplikasi ini gratis.

Aplikasi perekam layar hp yang satu ini juga memiliki berbagai fitur yang bisa mempercantik video Anda. Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar, yaitu hanya sebesar 11 mb. Selain itu terdapat fitur editing dan live streaming dalam aplikasi ini.

Selain fitur editing dan live streaming, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur lain seperti, pause/resume, facecam ( menggunakan kamera depan), lalu ada tap tracking, external sound recorder, Built-in GIF maker, shake to stop, image editor dan video.

Beberapa kelebihan pada aplikasi ini telah disebutkan diatas dan ditambah beberapa lagi yaitu, mudah digunakan, tersedia dalam berbagai bahasa, kualitas video yang dihasilkan beresolusi tinggi, bebas akses, tidak ada iklan.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah terdapat watermark pada hasil video rekaman Anda. Jika Anda ingin menghilangkan watermark pada video Anda, Anda harus berlangganan premium di DU Screen Recorder.

2. Mobizen

Aplikasi ini mungkin juga sangat familiar di telinga Anda atau bahkan Anda sering menggunakannya sebagai aplikasi perekam layar hp andalan Anda. Aplikasi ini merupakan opsi terbaik bagi Anda yang menginginkan hasil yang maksimal.

Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaan dari Google sebagai aplikasi terbaik tahun 2016. Jadi Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas yang dihasilkan dari aplikasi ini untuk merekam video Anda.

Aplikasi ini sangat mendukung Anda dalam merekam video Full HD 1080p dengan bitrate 12Mbps dan 60 fps dan membuat video Anda semakin menarik untuk dilihat. Aplikasi ini berjalan untuk sistem android minimal versi kitkat 4.4.

Dengan kualitas yang dihasilkan tentu saja aplikasi ini mempunyai ukuran yang besar yaitu 20.9 Mb. Akan tetapi ukuran aplikasi tersebut sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. Akan tetapi dibalik semua kelebihan tersebut, terdapat kekurangan pada aplikasi ini.

Kekurangan pada aplikasi ini hanya menyisakan watermark pada video jika Anda tidak mengaktifkan mode tertentu. Tentunya watermark pada video akan sangat mengganggu, maka dari itu Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini harus teliti.

Baca Juga  Cara Registrasi Kartu Indosat dan Cara Aktifasinya

3. AZ Recorder

Apakah Anda belum pernah mendengar aplikasi perekam layar hp yang satu ini ? Atau Anda pernah mendengarnya akan tetapi Anda belum pernah menggunakannya ? Jika Anda belum pernah mencobanya maka Anda harus mencobanya.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang hampir sama dengan 2 aplikasi diatas. Akan tetapi ukuran aplikasi ini lebih ringan dibandingkan Mobizen yaitu hanya sebesar 17.4 Mb, akan tetapi tidak mengurangi kualitas video yang dihasilkan.

Mungkin dengan ukuran aplikasi sebesar itu akan sangat memakan RAM Anda saat dioperasikan. Akan tetapi beda halnya jika Anda mempunyai RAM yang besar dan mendukung untuk mengedit-edit video.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, apalagi jika Anda seorang pemula. User interface sangat ramah bagi pengguna dan juga aplikasi ini dapat bekerja di berbagai jenis smartphone apapun.

Dan kelebihan lainnya adalah, aplikasi ini tidak menyisakan watermark di video Anda. Tentunya jika ada watermark dalam video Anda itu akan sangat mengganggu dan dapat merusak video yang Anda telah buat.

Dibalik semua kemudahan dan kelebihan yang diberikan oleh aplikasi ini, terdapat kelemahan yang mungkin bisa membuat jengkel penggunanya yaitu terkadang terjadi glitch pada kondisi tertentu.

Tentunya hal tersebut bisa membuat jengkel dan juga dapat membuat kesal pengguna, akan tetapi itu semua kembali kepada Anda yang menggunakan aplikasi ini.

Dan satu hal lagi yang perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai video walkthrough game. Aplikasi ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin merekam video game seperti itu.

4. Rec-Screen Recording

Apakah Anda pernah mendengar aplikasi perekam layar hp yang satu ini ? aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa menjadi andalan bagi Anda yang ingin mengedit video rekaman layar.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan hasil video rekaman Anda. Anda dapat mengcustom fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini mengizinkan Anda sebagai pengguna untuk memilih antara merekam video dengan suara atau tanpa suara. Jika Anda lebih menginginkan video tanpa suara dan ingin menambahkan music background, Anda bisa melakukannya disini.

Tentu ukuran yang sangat kecil untuk aplikasi perekam layar hp yang mempunyai banyak fitur yang bisa di custom sesuai minat Anda. Selain itu durasi video yang bisa Anda rekam juga cukup lama yaitu 1 jam.

Jika biasanya Anda harus menekan tombol berhenti pada layar untuk menghentikan rekaman video, dalam aplikasi ini Anda hanya perlu menggoyangkan hp Anda untuk menghentikan rekaman video Anda.

Akan tetapi seperti yang Anda ketahui bahwa setiap kelebihan pasti terdapat kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah bug pada beberapa kondisi. Hal ini tentu akan membuat ketidaknyamanan bagi Anda.

5. Game Screen Recorder

cara merekam layar laptop
Image: Play.google.com

Jika Anda seorang gamers yang ingin merekam skill bermain game Anda lalu menguploadnya ke media social, Anda harus menggunakan aplikasi ini untuk memaksimalkan performa Anda.

Aplikasi perekam layar hp ini memang dikhususkan bagi para gamers yang ingin menjadi seorang youtuber gaming. Anda bisa merekam kemampuan bermain game Anda lalu menguploadnya ke media sosial atau youtube.

Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar yaitu hanya 4.9 Mb. Ukuran yang kecil untuk menghasilkan kualitas yang tinggi bagi rekaman video game Anda. Anda bisa merekam game seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile disini.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur pendeteksi game otomatis selain itu dalam aplikasi ini terdapat editor untuk pembukaan video. Sangat menarik bukan ? Jika Anda ingin menjadi youtuber gaming professional tidak ada salahnya jika Anda mencoba ini.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Nah sekarang artikel ini masih membahas tentang aplikasi untuk merekam layar. Jika tadi telah dibahas perekam layar untuk hp, kini artikel ini akan membahas tentang aplikasi perekam layar pc serta cara merekam layar laptop.

Seperti yang Anda tahu bahwa beberapa orang akan lebih puas jika mengedit video atau merekam video dalam laptop. Karena hasil yang dihasilkan jauh lebih baik dan juga lebih banyak pilihan dibandingkan di hp.

Oleh karena itu, jika Anda ingin merekam video lalu mengedit video, disarankan untuk mengeditnya di laptop. Karena fitur aplikasi dalam laptop lebih kompleks dan juga lebih lengkap dibandingkan di layar hp.

6. Open Software Broadcaster (OBS Studio)

Apakah Anda pernah mendengar atau memakai aplikasi perekam layar pc untuk merekam video ? Mungkin bagi Anda yang sudah mengetahui tentang aplikasi ini akan merekomendasikan kepada teman-temannya.

Software ini merupakan aplikasi terbaik untuk merekam video tanpa watermark. Tentu saja hasil video yang dihasilkan tanpa watermark akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan watermark.

Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform yang memungkinkan penggunanya untuk merekam video atau membroadcast video ke berbagai situs online (Live Streaming).

OBS Studio ini bisa dipasang pada perangkat OSX, Linux/GNU dan Windows. Jadi bagi Anda yang memakai OS selain Windows tidak perlu khawatir. Karena software ini mendukung di perangkat selain Windows.

Anda bisa merekam dengan kualitas video HD dan Anda dapat menyimpannya dalam format MP4 maupun FLV. Dengan fitur tersebut Anda bisa bebas memilih antara kedua format itu.

Untuk menggunakan aplikasi ini diperlukan beberapa spesifikasi laptop/pc seperti : OS : Windows, Linux, Mac lalu CPU Intel i5 2000-series or AMD FX series Dual core processor.

Selain itu minimal GPU yang digunakan adalah Graphics card with DirectX 10 lalu minimal RAM adalah 4GB dan memori kosong minima 2GB. Dibalik semua kelebihan terdapat kekurangan yang dimiliki oleh software ini.

Kekurangannya adalah bagi pemula yang baru memakai aplikasi ini mungkin agak sulit untuk menggunakannya karena user interface kurang friendly bagi pemula. Tapi jika Anda belajar secara serius pasti akan bisa.

7. Action!

Anda pernah mendengar aplikasi perekam layar pc yang satu ini ? Jika sudah pasti Anda terkesan dengan kualitas yang diberikan dan juga user interface yang digunakan.

Software ini sangat friendly bagi pemula. Pengoperasian yang mudah juga menjadikan aplikasi ini banyak direkomendasikan banyak orang. Akan tetapi walau begitu kualitas video yang dihasilkan juga tidak kalah bagus.

Aplikasi ini dapat melakukan real-time streaming pada platform-platform online lainnya. Selain itu sebelum melakukan perekaman Anda juga dapat memilih resolusi yang akan digunakan, dan hebatnya Anda bisa memilih resolusi sampai 1080p HD.

Selain merekam layar, aplikasi ini juga menyediakan fitur screenshot, jadi memungkinkan pengguna men share tutorial dalam rekaman layar. Dan juga aplikasi ini dapat menyimpan video dalam format MP4 dan AVI.

Dengan format seperti itu, Anda dapat menyunting video di Adobe Premiere, menyenangkan bukan ? Nah sekarang langsung saja ke informasi tentang spesifikasi pc/laptop yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Operating System (OS) yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah, Windows Vista ,Windows 7, Windows 8,Windows 8.1, Windows 10 (32-bit atau 64-bit). Sedangkan untuk RAM minimal 1 GB dan free disk space adalah 1 GB.

Dan minimal CPU yang digunakan adalah Intel Core 2 Duo 2.0 GHz processor atau equivalent dan GPU yang digunakan minimal adalah Graphics card with DirectX 9.0c. spesifikasi yang standar untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga  Cara Mengganti Sandi Instagram Lengkap Dengan Gambar

8. WM Capture

cara merekam layar hp
Image: Play.google.com

Mungkin salah satu aplikasi perekam layar pc yang satu ini terdengar asing di telinga Anda. Tapi jangan salah, aplikasi ini juga memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi dengan fungsi yang serupa.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah schedule time recording. Apa itu schedule time recording ? Itu adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjadwal kapan akan merekam layar.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk menekan tombol start untuk memulai rekaman Anda. Dengan fitur ini semua rekaman Anda akan terekam secara otomatis dan pastinya hasilnya maksimal.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menyimpan video dalam format, MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya. Nah pasti diantara Anda ada yang bertanya spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini.

Untuk spesifikasi yang dibutuhkan itu standar, yaitu untuk OS Windows Vista ,Windows 7, Windows 8,Windows 8.1, Windows 10 (32-bit atau 64-bit). Sedangkan untuk RAM 512 MB/ 1GB(Recommended agar lebih lancar).

Sedangkan untuk CPU minimal adalah Intel atau AMD Dual Processor dan GPU yang digunakan minimal adalah Graphics Card with DirectX 9.0c. Pastinya Anda memenuhi spesifikasi itu karena rata-rata spesifikasi pc sekarang lebih dari itu.

9. XSplit Gamecaster

Jika Anda bercita-cita menjadi seorang youtuber gaming professional, sepertinya Anda bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi perekam layar pc yang satu ini.

Software ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merekam kemampuan bermain game Anda. Karena memang aplikasi ini didesain khusus untuk merekam game dalam layar dan juga membagikannya di platform media sosial seperti YouTube.

Keunggulan dari aplikasi ini ada di bagian fitur live streamingnya. Aplikasi ini akan mensupport penuh saat Anda sedang melakukan live streaming dengan kualitas yang sangat bagus dan lancar.

Selain fitur live streaming yang diunggulkan disini, aplikasi inipun menawarkan fitur yang lain yaitu Anda dapat menyunting video secara langsung dalam aplikasi yang sama, jadi Anda tidak perlu pindah ke aplikasi lain untuk mengeditnya.

Spesifikasi PC/Laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah OS Windows 7 SP3, Windows 8, Windows 10 (32 bit or 64 bit). RAM yang diperlukan adalah minimal 4GB/ 8GB (Direkomendasikan).

Selain itu GPU minimal yang diperlukan adalah Nvidia GeForce or AMD Radeon graphics card with DirectX 10.1 dan untuk minimal CPU yang digunakan adalah Intel i5 4th Generation Core processor atau equivalent.

10. DX Story

Dan untuk rekomendasi terakhir tentang aplikasi perekam layar pc adalah DX Story. Mungkin sebagian besar dari Anda belum pernah mendengar tentang aplikasi ini, akan tetapi aplikasi ini mempunyai kelebihan yang tidak kalah dibanding pesaingnya.

Dibanding pesaingnya yang lain, ukuran software ini sangatlah ringan dan friendly bagi semua jenis laptop. Akan tetapi walaupun ringan, hasil video yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan para pesaingnya.

Software ini mampu menyesuaikan kualitas perekaman dengan laptop/PC yang digunakan. Semakin tinggi spesifikasi laptop/PC yang kamu gunakan maka semakin tinggi hasil kualitas video yang dihasilkan.

Dan juga aplikasi ini dapat merekam audio terpisah antara suara game dan suara mic. Tentu saja ini dapat memberikan kesan yang baik untuk video Anda. Spesifikasi laptop/PC yang dibutuhkan juga standar.

Yaitu OS Windows Vista ,Windows 7, Windows 8,Windows 8.1, Windows 10 (32-bit atau 64-bit). Sedangkan untuk RAM minimal 2 GB. Menarik bukan ?

Nah itu dia rekomendasi aplikasi perekam layar untuk HP dan PC Terbaik yang bisa Anda gunakan. Semua tergantung kepada pilihan dan selera Anda ingin memakai yang mana. Semoga bermanfaat ya Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *