Tutorial

Apakah Grab 24 Jam? Ini Jam Operasionalnya 

Layanan ojek online hadir untuk memudahkan akses transportasi. Grab menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang menjanjikan dan punya banyak layanan. 

Tidak sedikit yang bertanya apakah grab 24 jam atau memiliki jam operasional khusus? Pasalnya ada beberapa pengguna yang mungkin kesulitan untuk mengakses layanannya di jam tertentu. 

Kamu yang merupakan pengguna layanan Grab harus tahu akan hal ini. Supaya tidak salah ketika ingin mengakses layanannya. 

Benarkah Grab Beroperasi 24 Jam? 

Grab memiliki begitu banyak layanan, mulai dari Grab bike, Grab car, Grab food dan masih banyak lagi. Jadi tidak heran jika layanannya selalu dibutuhkan oleh masyarakat. 

Soal jam operasional Grab,  semua layanannya adalah 24 jam. Baik itu mulai dari Grab car sampai dengan Grab bike dan Grab food. 

Jadi kamu bisa menggunakan semua layanannya kapan saja dibutuhkan, bahkan saat tengah malam sekali pun. Hanya saja ketersediaan layanannya ini tergantung dengan mitra Grab yang ada di sekitar. 

Misalnya saja jika daerah kamu tidak terjangkau oleh Grab bike atau Grab car yang tersedia maka kamu tidak bisa mendapatkan aksesnya. 

Biasanya hal ini akan ditandai saat memesan tidak muncul driver di area sekitar. Jadi bisa atau tidaknya kamu mengakses layanan Grab tergantung dengan ketersediaan driver ini. 

Mengenal Tarif Grab untuk Setiap Layanan 

Mengenal Tarif Grab untuk Setiap Layanan 

Mengingat layanannya tersedia selama 24 jam, bukan berarti tarif yang harus kamu bayar sama semua. Pasalnya Grab memberlakukan tarif yang berbeda-beda untuk setiap jam. 

Jadi bukan hanya jarak yang menentukan tarif tetapi juga jam. Tidak heran jika kamu mengecek tarif Grab dengan jarak yang sama pada pukul 2 siang dan 2 malam pasti akan berbeda. 

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam pemberlakuan tarif yaitu sebagai berikut:

  • Tarif Jam Sibuk Pagi 

Waktu pagi yang dimaksudkan oleh Grab adalah pada pukul 5 pagi sampai dengan 9 pagi lagi. Tarifnya adalah meningkat Rp2.500 dari tarif minimum atau tarif di luar jam sibuk. 

Biaya tambahan ini akan berlaku otomatis ketika jam sudah menunjukkan pukul 5 hingga 9 pagi. Biasanya pada waktu ini banyak orang menggunakan Grab untuk berangkat kerja. 

  • Tarif Jam Sibuk Sore 

Ada juga jam sibuk sore yang biasa meningkatkan tarif yaitu pada pukul 4 sore sampai dengan 8 malam. Kamu juga akan dikenakan kenaikan tarif yang sama yaitu Rp2.500.

Kenaikan ini juga bekerja secara otomatis pada aplikasi Grab yang kamu gunakan. Jadi siap-siap saja kamu akan membayar tarif yang meningkat. 

  • Tarif di Luar Jam Sibuk 

Merupakan tarif minimal yang ada di luar kedua jam tadi. Kamu hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk jaraknya pun menyesuaikan. 

Tidak ada tambahan biaya lagi yang harus kamu bayarkan ke Grab jika kamu memilih menggunakan layanannya di jam ini. 

Layanan dari Grab 

Kamu yang belum terbiasa dengan aplikasi Grab mungkin penasaran dengan apa saja jenis layanan yang mereka sediakan. 

Berikut ini beberapa jenis layanan yang sudah disediakan oleh Grab. 

  • Grab Bike 

Layanan ojek motor online yang disediakan oleh Grab di mana kamu bisa memesan ojek motor dengan tujuan ke mana saja selama masih dalam satu kota. 

Kamu tinggal menggunakan aplikasinya untuk mengakses layanan dan jauh dekat lokasi. 

  • Grab Car 

Layanan ojek mobil online yang bisa kamu dapatkan dengan cara pemesanan yang sama seperti Grab Bike. 

Satu mobil bisa mengangkut penumpang dari 4 sampai 5 orang tergantung dengan mobil yang didapatkan. 

  • Grab Express

Layanan pengantaran paket untuk dalam kota. Kamu bisa mendapatkan layanan ini dengan sangat cepat dan mempermudah akses bisnis. 

Banyak yang memanfaatkan layanan Grab ini untuk mempermudah operasional bisnis. Jenis Grab Express juga cukup banyak, bisa kamu cek di aplikasinya. 

  • Grab Food 

Satu lagi layanan yang cukup banyak digunakan yaitu layanan ojek untuk makanan. Kamu bisa langsung memesan melalui merchant yang sudah berafiliasi di aplikasinya. 

Tinggal pilih saja maka ojek motor Grab akan mengantarkannya ke lokasi. 

FAQ Operasional Grab 

FAQ Operasional Grab 

Tidak sedikit juga yang masih memiliki banyak pertanyaan soal Grab. Kamu yang menjadi salah satunya bisa mengecek pertanyaan dan jawabannya berikut ini. 

Kamu yang menggunakan layanan Grab Car akan mendapat beban biaya sesuai yang tertera di aplikasi. Termasuk jika menggunakan Grab Taxi.  Pastikan saja bahwa kamu sudah mendapatkan catatan biaya ini sejak awal pemesanan dan pilih pembayarannya. 
Kamu yang memesan layanan Grab tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan. Semuanya sudah termasuk dalam biaya pemesanan secara keseluruhan.  Jadi kamu hanya akan membayar sesuai dengan totalan yang muncul pada aplikasi. Ikuti saja instruksi pembayarannya. 
Sayangnya kamu masih belum bisa memilih mobil apa yang akan digunakan karena semua sesuai dengan ketersediaan driver yang ada di sekitar lokasi.  Tapi kamu bisa mencoba untuk cancel dan mencari driver lain jika dirasa mobil tersebut kurang cocok. 
Khusus kamu yang menggunakan Grab Car maka akan ada biaya minimum yaitu 10 ribu rupiah. Jika jarak terlalu dekat maka kamu akan tetap mendapatkan biaya minimum ini. 
Biaya tidak akan berubah meskipun kamu terjebak macet di jalan. Kamu hanya akan membayar sesuai yang tertera pada aplikasi.  Sudah tidak bingung lagi bukan soal apakah grab 24 jam? Kamu bisa langsung mengakses layanannya sekarang juga. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button