video streaming
Tutorial

5 Hal ini Agar Streaming Lancar tanpa Kendala!

Streaming sudah menjadi hal yang normal bagi kita. Sekarang, orang-orang lebih memilih untuk nonton video online lewat platform seperti YouTube atau Netflix. 

Sayangnya, tidak jarang orang terkena kendala dimana video streaming mereka “ngadat” dan streamingnya terganggu. Hal ini akan mengganggu kesenangan kita dalam streaming dan apabila dibiarkan, kita bisa selalu mengalami kendala ketika kita streaming video apapun.

Kalau kamu mau punya streaming lancar tanpa kendala, kamu bisa mencoba trik di bawah ini:

1. Pilih penyedia internet yang tepat

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalab memilih penyedia internet yang tepat untuk tempat tinggalmu. Meskipun ada banyak penyedia jasa internet di sekelilingmu  bukan berarti mereka memberikan kecepatan internet yang sama. Daripada kamu terburu-buru langsung memilih penyedia jasa internet, akan lebih baik jika kamu melakukan riset terlebih dahulu. 

Melakukan risetnya pun cukup mudah. Kamu bisa mencari testimoni di forum online seperti Kaskus, atau kamu bisa melihat review di sosial media seperti Instagram dan Twitter. Kamu bisa melihat komen di akun penyedia provider tersebut. Meskipun terlihat sepele, hal-hal tersebut bisa menunjukan bagaimana kecepatan internet tersebut.

2. Uji kecepatan internet

Setelah kamu memasang internet, kamu wajib untuk uji kecepatan internet yang sudah terpasang. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa kecepatan yang diberikan sama sesuai yang dijanjikan. Jika kecepatannya tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan, kamu bisa menghubungi customer service dari penyedia internet tersebut.

Kalau kamu melakukan uji kecepatan internet, pastikan bahwa kamu melakukannya secara regular. Para penyedia jasa internet mempunyai kebiasaan untuk memberi kecepatan internet yang cepat pada awalnya saja. Lama-lama, koneksinya bisa semakin lambat. 

Kalau kamu bingung ingin menggunakan penyedia jasa internet yang mana, kamu bisa menggunakan jasa internet yang paling banyak jangkauannya seperti Indihome. IndiHome mempunyai jangkauan yang luas di Indonesia, jadi ada kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan koneksi Indiehome dimanapun kamu berada. 

3. Gunakan software lain

Kalau koneksinya lambat, kamu bisa menggunakan software lain untuk membuat koneksinya lebih cepat. Kamu bisa menggunakan software seperti VPN lalu menghubungkan koneksinya dengan negara dengan kecepatan koneksi tinggi seperti Singapur atau Amerika. Kalau sukses, internetmu akan menjadi lebih cepat.

4. Bersihkan perangkat

Apakah kamu sudah lama tidak membersihkan memori handphonemu? Jika iya, mungkin ini saatnya kamu membersihkan hal-hal yang gampang dilupakan seperti cache. Meskipim cache tidak berbahaya, ketika menumpuk, mereka bisa menghambat koneksi internet dan membuat video streamingmu lebih lambat. Jadi kalau kamu belum membersihkan cache-mu, mungkin ini saatnya untuk membersihkannya. Kamu tidak hanya akan mempercepat koneksi tetapi juga memghemat space di handphonemu.

5. Perhatikan kualitas video yang dimainkan

Apabila semua cara dilakukan dan streaming videonya tetap lambat, kamu bisa melihat kualitas video yang dimainkan. Platform streamimg selalu memberikan opsi untuk merendahkan kualitas video yang dimainkan untuk mereka yang mempunyai koneksi yang lambat. 

Contohnya, di YouTube, kamu bisa mengubah kualitas video dari 720p menjadi 440p atau 240p (yang paling rendah). Tentu saja, kualitas video yanh rendah tidak akan sebagua video dengan kualitas HD. Tetapi, setidaknya videonya akan berjalan dengan lancar dan bisa dimainkan dari awal sampai akhir. Yang penting, videonya bisa dimainkan dengan benar!

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published.