Pulsa

Kenapa Pulsa Indosat Berkurang Sendiri? Ini Cara Mengatasinya 

Siapa yang sering marah ketika pulsa Indosat tiba-tiba hilang, apakah kamu salah satunya? Banyak yang bertanya-tanya kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri. 

Padahal kamu baru saja isi pulsa, sebelum mendaftarkan ke paket kuota pulsa sudah tersedot dan hilang. Banyak alasan yang jadi penyebabnya. 

Daripada marah-marah sendiri, kenali apa yang jadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi dengan benar. 

Alasan Kenapa Pulsa Indosat Bisa Tersedot Sendiri

cara registrasi kartu indosat ooredoo

Awalnya kasus pulsa Indosat berkurang tiba-tiba masih sedikit, namun semakin tua usia nomor justru banyak penyakit yang membuat pulsa habis. 

Semua orang tentu akan jengkel ketika pulsa yang dibeli habis hilang entah kemana.

Ada berbagai alasan kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri yang perlu dipahami. 

Berikut ini beberapa alasannya. 

  • Berlangganan SMS Premium 

Jika pada saat pulsa kamu berkurang dan muncul sms dari nomor tidak dikenal berisi informasi berita dan lainnya artinya kamu sedang berlangganan sms premium. 

Tarif sekali kirim sms premium ini biasanya di atas 2.000 rupiah dan akan dikirimkan setiap hari. Mengapa saya mendapatkan sms premium padahal tidak berlangganan? 

Banyak faktor yang membuat sms premium ini aktif. Pertama kamu tidak sengaja mendaftarkan nomor ke salah satu layanan secara tidak sadar. 

Kedua nomor kamu sudah di grab oleh beberapa oknum, sehingga memudahkan mereka memanipulasi akses sms premium ini. 

Biasanya para oknum ini akan memiliki database nomor kemudian menggunakannya untuk mengirimkan sms premium. Pulsa yang habis pun akan otomatis masuk ke kantong mereka. 

  • Berlangganan Newsletter 

Sering browsing dan mengakses banyak website? Lantas kamu sering mendaftarkan diri untuk mendapatkan newsletter melalui email atau sms. 

Usai berlangganan artinya kamu harus siap dengan risiko pulsa terpotong.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu akan hal ini dan mengisi formulir begitu saja. 

Padahal kamu bisa membaca Terms and Condition sebelum mengisi formulir.

Karena mungkin saja ada persetujuan juga akses ke data pribadi yang membahayakan privasi. 

  • Berlangganan RBT 

Pada awal tahun 2000 an, nada dering sambung atau yang dikenal dengan RBT begitu populer. Banyak yang mendaftarkan nomornya untuk memiliki RBT. 

Sayangnya banyak yang tidak sadar juga bahwa RBT ini merupakan layanan berbayar bulanan.

Pulsa akan otomatis terpotong ketika sudah waktunya perpanjang layanan. 

Tidak banyak yang tahu bahwa mereka berlangganan karena hanya orang lain yang tahu ketika menelpon apakah kamu menggunakan RBT. 

Jika merasa pulsa tersedot sebaiknya kamu coba menelpon ke nomor sendiri untuk cek apakah ada layanan RBT yang aktif. 

  • Data Seluler Aktif saat Kuota Habis 

Alasan lain kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri juga bisa disebabkan kuota kamu habis tanpa disadari.

Ketika kuota habis dan data seluler aktif maka akan menggunakan pulsa, akan tetapi Kamu dapat memanfaatnya pulsa safe dari Indosat.

Padahal jika aktivitas internetan kamu cukup kencang seperti streaming pulsa 100 ribu pun akan langsung habis dalam sekejap. 

Sebaiknya kamu cek kapan masa aktif paket kuota secara rutin atau mengingat tanggalnya. Biasanya provider juga akan mengirimkan sms pengingat. 

Segera isi ulang paket kuota supaya tidak habis dan mengurangi pulsa kamu. 

Setelah tahu kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri ini tentunya kamu sedikit banyak tahu bagaimana cara mengatasinya. Supaya tidak salah langkah, ikuti cara mengatasi yang tepat ini. 

Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Tidak sedikit konsumen Indosat yang mengeluhkan mengenai pulsa yang hilang. Kebanyakan melakukan komplain langsung ke Indosat centre. 

Tapi kamu nggak perlu terburu-buru untuk pergi, karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah. Ikuti pilihan caranya berikut:

  • Via Kode UMB

Solusi paling mudah adalah dengan memanfaatkan kode UMB. Tidak perlu menggunakan pulsa kamu bisa langsung akses kodenya kapan saja. 

Caranya tinggal buka saja fitur telepon di hp kemudian ketik kode UMB *726# dan tekan telepon. Setelah itu akan muncul beberapa menu yang bisa dipilih.

Kamu bisa pilih menu STOP dan kirimkan. Maka semua jenis layanan yang sedang berlangganan akan otomatis berhenti. Kamu tidak perlu takut pulsa akan terpotong. 

Masih ada satu lagi kode UMB yang bisa digunakan tapi kali ini langkahnya sedikit panjang. Bisa dicoba jika kode pertama tidak berhasil. 

Tinggal masuk ke menu telepon, masukan kode *123*44# dan tekan telepon.

Balas dengan opsi nomor tiga kemudian pilih menu nomor 1. Maka semua layanan berbayar akan berhenti. 

  • Via SMS 

Cara klasik lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur sms yang biasanya akan langsung memotong pulsa juga. Jadi pastikan bahwa kamu memiliki sisa pulsa. 

Pertama adalah masuk ke menu sms kemudian buat sms baru. Masukan nomor tujuan pengiriman yaitu 726 dan buat teks STOP. Kirimkan smsnya. 

Operator akan langsung mengirimkan sms balasan bahwa kamu sudah berlangganan semua jenis layanan premium. Namun caranya beda lagi jika kamu mendapatkan sms premium. 

Kamu hanya perlu membalas ke nomor yang mengirimkan sms, ketik teks berisi STOP atau UNREG. Maka layanan akan otomatis berhenti. 

Kedua opsi ini sangat membantu untuk mengatasi pulsa yang hilang tiba-tiba.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena cara ini tidak menghentikan paket internet. 

Bagaimana jika kedua cara ini tidak berhasil? Maka kamu baru bisa datang ke gerai Indosat terdekat. Biasanya akan disarankan untuk mengganti kartu SIM. 

Jika masalah pulsa ini terus berlanjut artinya kamu harus mengganti kartu SIM dengan yang baru. Alasannya karena nomor kamu sudah tersebar dan banyak dipergunakan. 

Sudah tidak bingung bukan kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri lengkap dengan cara mengatasinya. Untuk pulsa yang hilang tentu saja tidak ada cara untuk mengembalikannya. 

Kamu harus rela pulsa hilang begitu saja, tapi masih bisa menghentikan layanan atau pulsa yang akan hilang. 

Tips agar Tidak Terjebak Layanan Tersebut

Bermasalah dengan pulsa yang hilang tentu sangat merepotkan. Apalagi ketika kamu ingin telepon tapi pulsa justru habis. 

Supaya tidak rugi, kamu sebaiknya mencegah nomor agar tidak terkena layanan penyedot pulsa apapun. Baik itu sms hingga RBT. 

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya. 

  • Berhati-hati sebelum Subscribe 

Bukan hanya Youtube, kamu harus selalu berhati-hati saat subscribe sesuatu di internet. Mengikuti akun atau menyetujui sesuatu yang bisa saja berakhir menghabiskan pulsa. 

Banyak sekali pengguna yang terkecoh bahkan tidak mengetahui akan hal ini sehingga kamu harus tahu mana yang bagus untuk di subscribe dan tidak. 

Baca baik-baik apakah benar layanan tersebut tidak membebankan biaya kepada para pengikutnya. Jangan sampai ternyata ujung-ujungnya kamu berlangganan sms premium. 

  • Selalu Membaca Terms and Condition 

Setiap hendak subscribe atau menyetujui sebuah akses di internet budayakan untuk membaca terms and condition. Sama seperti kamu hendak menginstal. 

Jarang membaca ini bisa jadi penyebab kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri lho nantinya. Kamu sendiri juga yang akan merasa dirugikan. 

Baik itu terms and condition dalam bahasa Indonesia atau Inggris, baik itu tulisan yang sangat kecil sekalipun harus dibaca dengan cermat. 

Salah menyetujui akses bahkan bukan hanya pulsa kamu yang habis, data pribadi di smartphone bisa saja ikut terambil. 

  • Hati-Hati Mengakses Website 

Mudahnya akses website saat ini membuat banyak orang tidak sadar bahwa pulsa mereka terambil secara tidak sengaja. Kamu tentunya harus lebih berhati-hati. 

Ada website yang aman dan tidak dan ketika kamu membukanya, otomatis data kamu diambil karena malware. 

Penyebaran malware ini juga bisa berdampak pada penggunaan pulsa. Bisa jadi website membuat hp kamu terus menerus mengakses internet. 

Nah pada saat inilah kuota data habis dan justru pulsa yang akan digunakan.

Kamu pun akan mendapat pemberitahuan dari Indosat bahwa pulsa sudah habis. 

  • Membeli Paket Internet Tanpa Perpanjangan Otomatis 

paket inet indosat
Image: indosatooredoo.com


Buat kamu yang sering mengganti jenis paket internet, sebaiknya beli yang tidak menggunakan perpanjangan otomatis. 

Tujuannya supaya paket tidak diperpanjang langsung padahal kamu ingin berganti ke paket yang lebih murah. Kamu bisa membaca jenis paket dengan cermat. 

Cek apakah paket yang tersedia tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tidak diperpanjang langsung. 

  • Membatasi Pembelian Pulsa 

Kehadiran internet membuat banyak orang jarang menggunakan pulsa untuk telepon atau sms kecuali dalam keadaan genting. 

Menghindari masalah penggunaan pulsa yang boros, kamu bisa membatasi pembelian pulsa. Jika tidak ada pulsa, sms premium maupun layanan lain tidak bisa beraksi. 

Kamu hanya perlu membeli pulsa ketika hendak melakukan perpanjangan paket internet atau saat keadaan perlu saja. 

Pembelian pulsa mendadak kini semakin mudah karena sudah tersedia layanan pembelian secara online jadi kamu tidak perlu mencari konter fisik lagi. 

Kenapa pulsa Indosat berkurang sendiri kini kamu sudah tahu alasannya.

Begitu juga cara agar pulsa tidak lagi mudah habis karena layanan yang tidak diperlukan. 

Ikuti tips ini dengan baik supaya aktivitas penggunaan smartphone Sahabat Tedas.id jadi lebih menyenangkan. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button