wifi selain indihome
Komputer

Rekomendasi, 11 Jaringan Wifi Selain Indihome dan Harganya

Artikel terakhir diperbaharui 11-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Memasang wifi di rumah merupakan pilihan yang tepat karena Anda sekeluarga bisa menggunakan internet 24 jam penuh dan dapat mengaksesnya dengan cepat.

Mungkin Anda penguna internet ingin menggunakan jenis provider wifi selain Indihome untuk dipasang di rumah.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi pilihan provider wifi, diantaranya:

Rekomendasi 11 Jaringan Wifi Selain Indihome dan Harganya

1. First Media

Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah tahu tentang provider wifi bernama First Media.Provider yang satu ini juga sudah banyak penggunanya karena dirasa murah. Selain itu, First Media juga merupakan provider atau layanan internet pertama di Indonesia jadi sudah banyak penggunanya. 

Awalnya First Media merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan untuk TV kabel tetapi lambat laun juga menyediakan internet. Untuk harga yang ditawarkan oleh pihak perusahaan adalah mulai dari 333 ribuan tiap bulan dan sudah termasuk biaya untuk pemasangan di rumah. 

jaringan wifi terbaik

Image: first media

Pada saat pertama kali First Media memasang harga 200 ribu untuk pemasangan jaringan wifi di rumah. Adapun fasilitas yang didapat jika Anda menggunakan jasa dari First Media adalah bisa menikmati kecepatan internet dari jaringan wifinya hingga 15 Mbps. Selain itu ada layanan IPTV hingga 199 chanel.

Fasilitas lain yang diberikan pihak perusahaan First Media adalah penggunanya bisa memanfaatkan program bernama Prime Video dan juga Apple TV. Anda bisa menikmati berbagai tontonan seru dan menghibur lewat kedua program tersebut. First Media kini juga sudah menggunakan fiber optic jaringan.

2. My Republic

Internet selain Indihome yang bisa Anda gunakan adalah Myrepublic. Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing mendengar nama provider yang satu ini. Kendati demikian, Myrepublic bisa menjadi alternatif wifi selain Indihome. Anda bisa menggunakan layanan dari provider asal negara Singapura ini.

My Republic sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2015 dan walaupun masih terdengar asing. Provider ini memiliki kelebihan dengan menawarkan kecepatan akses internet hingga 30 Mbps. Ternyata ada harga yang agak mahal supaya bisa menikmati akses internet secepat itu.

Pihak Myrepublic menawarkan harga 329 ribu tiap bulannya belum dilengkapi layanan tanpa TV. Jika Anda ingin menikmati layanan lain lengkap dengan TV kabel dikenakan biaya yang lebih mahal sekitar 425 ribu per bulannya. Belum lagi biaya pemasangan yang mencapai 500 ribu dan ppn 10 persen.

Namun ternyata harga mahal dibayar dengan beberapa kelebihan yang disediakan oleh pihak My Republic. Kelebihan tersebut seperti penggunanya bisa menikmati layanan IPTV yang telah tersedia dan internet khusus untuk gamers. Anda juga bisa menikmati layanan untuk streaming video.

3. Biznet

Sudah tidak asing lagi bukan dengan layanan wifi yang satu ini? Biznet merupakan salah satu provider yang bergerak di bidang pelayanan internet untuk sebuah perusahaan. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin memasangnya di rumah. Istilah untuk layanan internet ini Biznet Home.

Adapun harga yang ditawarkan oleh pihak perusahaan cukup bervariasi. Anda bisa memilih paket per bulan dengan harga mulai dari 325 ribu rupiah. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang untuk membayar biaya sewa perangkat dan pemasangan internet di rumah.

Biaya sewa perangkat yang harus Anda bayar sebesar 900 ribu sedangkan untuk pemasangannya mencapai 750 per bulan. Adapun kecepatan akses internet untuk Biznet tidak tanggung-tanggung karena mencapai 75 mbps. Harga mahal ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas yang disediakan pihak Biznet di antaranya sudah menggunakan jaringan berupa fiber optic, jadi layanan ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kelebihan yang lain adalah layanan IPTVnya sudah dapat menggunakan teknologi canggih berupa TV on demand. 

jaringan wifi selain indihome

Image: MNCplay.id

4. MNC Play

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang media dan juga terbesar di Indonesia bernama MNC Group ini juga menyediakan layanan internet dengan harga cukup terjangkau. Biaya 290 ribu adalah harga yang ditawarkan pihak perusahaan jika Anda ingin menggunakan jasa layanan dari MNC Media. 

MNC Play merupakan salah satu alternatif wifi selain Indihome dengan harga yang cukup murah. Adapun kelebihan yang disediakan oleh pihak perusahaan di antaranya adalah bisa menikmati layanan dari MNC Now dan IPTV. Selain itu harganya yang murah tentu sebanding dengan kecepatan akses internetnya.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan dari perusahaan ini, maka akses internetnya hanya sebesar 10 mbps. Adapun biaya lain yang harus Anda bayarkan adalah untuk pemasangan pertama kalinya, yaitu sebesar 200 ribu. Biaya ini juga belum termasuk tambahan pajak PPN 10 persen.

Jika Anda ingin menggunakan layanan dari MNC Play caranya cukup mudah. Anda bisa langsung melakukan pendaftaran secara online di website resmi MNC Play, lalu dilanjutkan dengan mengisi beberapa data yang diminta. Setelah itu pihak MNC Play akan langsung menghubungi Anda.

5. CBN Fiber 15 Mbps

Anda ingin menikmati layanan wifi unlimited lain di rumah? Cobalah untuk menggunakan layanan yang disediakan pihak CBN Fiber. Pihak perusahaan yang satu ini sudah menyediakan layanan yang internetnya bisa diakses hingga 15 Mbps. Biaya yang Anda bayarkan adalah 299 ribu untuk per bulan.

CBN Fiber juga sebenarnya menyediakan layanan lain dimana pengunjungnya bisa menikmati akses internet dengan kecepatan mencapai 1 gbps, tentu harganya lebih mahal. Anda bisa memilih paket mana saja sesuai dengan isi kantong. Anda juga bisa membaca paket yang disediakan lewat websitenya.

Adapun kelebihan jika Anda menggunakan layanan dari CBN Fiber adalah jaringannya sudah menggunakan fiber optik dan juga dilengkapi dengan TV kabel untuk 44 channel. Kelebihan ini sebanding dengan harga yang ditawarkan pihak CBN Fiber untuk tiap paketnya.

Jika Anda ingin berlangganan di CBN Fiber caranya cukup mudah langsung saja buka website resminya di cbn.id dan langsung pilih menu daftar. Jika Anda masih bingung layanan yang disediakan silahkan pilih menu Check Coverage. Buatlah akun dan tunggulah beberapa saat sampai dihubungi oleh pihak CBN.

6. Indosat GIG 20 Mbps

Menggunakan layanan dari pihak Indosat juga dapat dijadikan sebagai alternatif internet selain indihome.

Biaya yang ditawarkan oleh pihak perusahaan adalah 280 ribu rupiah untuk setiap bulannya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akses internet dengan kecepatan mencapai 20 mbps.

Anda juga bisa membeli paketan internet untuk ponsel, baik harian hingga bulanan dengan harga yang cukup terjangkau. Indosat adalah pilihan layanan internet untuk rumah yang murah. Dengan menggunakan layanan internet dari Indosat, maka pekerjaan Anda akan berjalan dengan lancar.

Manfaat lain apabila Anda menggunakan layanan dari GIG Indosat adalah bisa menikmati streaming melalui iFlix. Anda juga bisa menggunakan perangkat dari Google Chromecast. Indosat GIGI bisa digunakan untuk semua jenis perangkat seperti ponsel, tablet, notebook, komputer dan laptop.

Cara agar Anda bisa berlangganan di GIG Indosat adalah langsung kunjungi website resminya. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi data atau formulir yang sudah disediakan. Langkah berikutnya adalah memilih paket layanan internet sesuai kebutuhan. Tunggu sampai dihubungi CS Indosat.

7. Icon + PLN

Jaringan wifi selain Indihome yang juga bisa menjadi alternatif pilihan Anda adalah paket dari Icon + PLN. Pihak perusahaan listrik negara menyediakan layanan internet ini guna membantu Anda untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Anda bisa mendapatkan paket wifi untuk rumah yang murah di PLN.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa di rumah sudah memakai aliran listrik dengan tegangan minimal 450 V baru bisa menggunakan paket wifi yang telah disediakan pihak PLN. Anda bisa memilih paket jenis Icon + PLN jika ingin menggunakan wifi di rumah. 

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari 90 hingga 300 ribuan. Anda bisa memilih paket wifi sesuai dengan kebutuhan. Lalu bagaimana caranya jika ingin berlangganan? Anda tinggal mengunjungi situs resmi dari PLN dan carilah paket wifi yang diinginkan. 

Metode untuk pembayarannya bisa Anda lakukan sama ketika ingin membayar tagihan listrik. Setelah itu pihak PLN akan langsung menghubungi Anda dan kemudian wifinya akan langsung dipasang di rumah. Ada beberapa paket juga yang disediakan oleh pihak PLN dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

8. Paket Groovy

Wifi selain Indihome berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah paket dari Groovy. Mungkin sebagian orang sudah kenal dan banyak yang menggunakan paket wifi murah ini. 

Harga yang bisa Anda bayarkan jika ingin berlangganan adalah 249 ribu rupiah untuk tiap bulannya dan sudah dilengkapi fasilitas khusus.

Adapun fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah layanan internet serta TV kabel dengan 45 channel menarik.

Selain itu, perusahaan yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1996 ini juga ternyata belum bisa digunakan untuk semua wilayah, melainkan hanya pada daerah Jabodetabek dan Bandung saja. 

Ada biaya tambahan jika Anda ingin memasang TV Kabel, yaitu sekitar 40 ribuan untuk tiap bulannya. Jika Anda tinggal di wilayah yang bisa mengakses Groovy dan ingin berlangganan bukalah website resminya. Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu lalu memilih paket yang telah tersedia.

Paket-paket yang disediakan oleh pihak Groovy di antaranya adalah mulai dari level 1 hingga 3 dengan harga berbeda-beda.

Harganya mulai dari  269 hingga 469 ribu. Untuk kecepatan internetnya juga tidak sama mulai dari 5 GB hingga 20 GB tiap harinya. Anda bisa memilih yang mana saja sesuai kebutuhan.
internet selain indihome

9. Paket Fiber XL Home

Provider yang sudah terkenal di tengah masyarakat ini juga menyediakan layanan internet berupa wifi untuk rumah.

Jika Anda masih ragu dengan layanan yang lain cobalah untuk berlangganan di XL Home saja. Adapun sistem yang digunakan jika ingin berlangganan adalah bundling prabayar.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari sistem berlangganan di XL home ini adalah bisa mengakses internet kapan dan dimana saja tanpa batas.

Jika Anda tertarik dan ingin berlangganan harus rela mengeluarkan biaya lebih mulai dari paket termurah Rp 349.000 / bulan hingga Rp 999.990 perbulan dengan paket ULTIMATE UP To 1 gbps. Walaupun mahal, kualitas XL Home tidak diragukan lagi.

Keunggulan lain yang disediakan oleh XL Home adalah Anda bisa menggunakan kode voucher ketika ingin berlangganan. Adapun kode voucher tersebut bisa Anda dapatkan langsung dari provider XL. Jaringan wifi selain indihome ini juga telah menyediakan beberapa paket pilihan internet untuk rumah.

Paket-paket tersebut di antaranya Ultimate dengan harga 999 dan dilengkapi fasilitas berupa UP to 1 GBPS dan TV entertainment box. Paket kedua adalah family dengan harga 349 dan fasilitas berupa up to 100 mbps dan tv entertainment box. Terakhir super users seharga 499 ribu rupiah.

10. Hinet

Anda juga bisa menggunakan wifi selain indihome dengan layanan yang disediakan oleh pihak Hinet. Hinet menyediakan wifi dalam bentuk mini atau yang biasanya dikenal dengan istilah Mifi. Ada paketan internet yang bisa Anda pilih untuk keperluan sehari-hari di rumah. 

Beberapa paketan internet yang disediakan oleh pihak Hinet di antaranya adalah paket Ntaps, JOSS, dan WOW. Untuk harganya mulai dari 55 hingga 110 ribu rupiah tiap bulannya. Sedangkan untuk kekuatan internetnya juga berbeda-beda mulai dari  128 kbps hingga 512 kbps. 

Sedangkan untuk berlangganan paket-paket yang disediakan Hinet bisa melalui aplikasinya langsung khusus untuk Ntaps. Anda bisa melakukan pembayaran lewat Tokopedia, hinet center dan lain sebagainya. Anda juga bisa melakukan pengisian ulang paket internet lewat aplikasi Hinet langsung.

Jika Anda masih kebingungan bagaimana cara menjadi pelanggan di Hinet bisa langsung mengunjungi website resminya. Anda akan diarahkan mulai dari menjadi pelanggan, membayar paket internet dan mengisi ulang. 

11. Smartfren

Terakhir wifi selain indihome adalah menjadi pelanggan di provider smartfren yang juga menyediakan layanan berupa paket mifi di rumah.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah langsung mengunjungi galeri smartfren di kota masing-masing. Anda bisa membeli mifi yang telah disediakan oleh pihak smartfren.

Harga mifinya cukup terjangkau mulai dari 150 hingga 300 ribuan. Selain itu ,Anda juga harus membeli paketan internet dan bisa langsung lewat galeri smartfren.

Adapun paket yang disediakan di antaranya mulai dari harian, mingguan hingga bulanan. Harganya mulai dari 5 hingga 150 ribu rupiah. 

Anda bisa memilih paketan smartfren sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengisi ulang paketan bisa langsung datang ke galerinya. 

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *