Komputer

Tutorial: Cara Mengunduh dan Memasang Whatsapp Windows 7

Whatsapp Windows 7 – Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. 

Selain untuk berkirim pesan teks, aplikasi ini juga bisa saling bertukar pesan suara, bertukar berkas hingga video call.

Apalagi di masa pandemi ini, pemakaian Whatsapp atau WA menjadi sangat krusial. 

Aplikasi ini sudah sangat membantu dalam pelajaran dan juga dalam pekerjaan.

Whatsapp bukan hanya bisa dibuka pada perangkat mobile. Aplikasi ini juga bisa dibuka melalui PC dengan akses Whatsapp web

Ini berarti, untuk masuk Whatsapp harus buka melalui situs atau website.

Namun sekarang Whatsapp dalam bentuk aplikasi pun bisa dibuka pada PC dengan sistem operasi Windows 8 ke atas.

Tapi bagaimana jika PC Anda masih menggunakan Windows 7?

Kelebihan Aplikasi Whatsapp Dibandingkan dengan Membuka dari Web

Kelebihan Aplikasi Whatsapp

Sebelum mempelajari cara memasang aplikasi Whatsapp Window 7, Anda harus tahu terlebih dahulu kelebihan dari aplikasi Whatsapp untuk PC dibandingkan dengan akses melalui situs. 

Saat Anda akan membuka Whatsapp melalui situs atau web maka Anda harus scan QR code yang terdapat di layar PC menggunakan ponsel.

Resikonya, ketika menutup WA di situs Anda akan langsung logout dari WA tersebut.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Jika ingin login maka harus scan QR code lagi. Cukup melelahkan bukan?

Oleh karena itu, kehadiran aplikasi WA untuk PC sangat membantu. Dengan menggunakan aplikasi Anda tidak perlu scan kode QR berkali-kali. 

Ini akan sangat membantu Anda ketika sedang bekerja menggunakan PC dan tidak mau repot-repot membuka ponsel Anda hanya untuk melihat pesan WA.

Cara Unduh dan Pasang Aplikasi Whatsapp Windows 7 32 Bit

Untuk memasang aplikasi Whatsapp Windows 7 Anda harus mendapatkan file master instalasi dari situs resmi Whatsapp dibagian download atau unduh.

Di bagian itu akan ada pilihan jenis Windows yang akan Anda gunakan, berikut ini adalah langkahnyaa:

Anda mungkin tidak akan menemukan pilihan Whatsapp Windows 7 32 bit. Oleh karena itu, pilih saja master instalasi untuk Windows 8 karena master ini ternyata bisa digunakan pada Windows 7.

Dalam pemilihan pengunduhan sebenarnya ada dua pilihan untuk Windows 8. Satu untuk versi 64 bit untuk RAM PC diatas 4GB dan satu lagi untuk versi 32 bit untuk RAM PC di bawah 4 GB. 

Intinya adalah, sesuaikan pemilihan master instalasi ini dengan RAM pada PC Anda. Jika salah memilih maka aplikasi tidak akan bisa digunakan bagaimana pun caranya.

Setelah pemilihan master instalasi Whatsapp Windows 7 selesai lanjutkan untuk melakukan instalasi aplikasi. Setelah itu Anda akan tetap diminta untuk melakukan pemindaian QR code

Bedanya pemindaian QR code aplikasi dan situs adalah pemindaian dilakukan hanya satu sekali.

Jika Anda menutup aplikasi maka tidak perlu melakukan pemindaian lagi. Cukup buka aplikasi dan WA sudah bisa digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada Windows 7

buat stickers whatsapp

Apabila proses instalasi aplikasi Whatsapp pada PC sudah selesai maka akan muncul ikon WA pada layar desktop Anda. Jika ikon WA tidak muncul di layar, cari Whatsapp melalui menu Start

Setelah aplikasi di temukan, buka aplikasi untuk melakukan pemindaian kode QR untuk mengaktifkan WA sesuai dengan nomor yang Anda gunakan.

Buka juga aplikasi WA yang ada pada ponsel Anda untuk melakukan pemindaian menggunakan kamera WA. Pastikan kode Whatsapp Windows 7 di layar tertangkap kamera ponsel Anda dengan baik supaya berhasil. 

Anda bisa mendekatkan kamera ponsel supaya kode tertangkap dengan baik dan sempurna. Setelah proses pemindaian selesai maka aplikasi akan langsung terbuka memunculkan deretan percakapan.

Dengan adanya aplikasi Whatsapp untuk PC semakin memudahkan para pengguna aplikasi ini. Anda akan lebih cepat untuk menjawab setiap pesan yang dikirimkan karena pengetikan pesan menggunakan keyboard

Pengiriman berkas juga lebih cepat karena tidak perlu transfer data dulu dari PC ke ponsel Anda. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai tanpa harus melakukan proses panjang yang bisa dipangkas.

Sayangnya, Whatsapp Windows 7 memiliki kekurangan yaitu belum bisa melakukan panggilan telepon maupun panggilan video. Jadi, jika ingin melakukan kedua kegiatan tersebut Anda tetap harus menggunakan ponsel.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button