VPS: Pengertian, Konsep, Cara Kerja dan Fungsinya

VPS – Dalam pengertian singkat virtualisasi dapat diartikan sebagai sebuah teknologi yang mensimulasikan teknologi yang nyata, virtualisasi memiliki arti jika di sebuah sistem kalian akan membuat sistem lagi jadi tidak perlu repot-repot membeli perangkat yang sama jika membutuhkan fungsi yang sama.

Prinsip dari virtualisasi memungkinkan kalian dapat membagi hardware kedalam beberapa sistem operasi. Dengan adanya virtualisasi dapat disimpulkan menambah efisiensi karena lebih hemat biaya dari segi listrik.

Sebab menggunakan satu hardware yang sama dengan fungsi berbeda juga tidak diperlukan ruang untuk menjalankan virtualisasi mungkin kurang lebih hanya memerlukan 30 GB per virtual, jika hardisk kalian 1 terabyte coba hitung berapa virtualisasi yang dapat kalian buat.

Apa Itu VPS?

vps adalah
VPS adalah pilihan yang tepat dan lebih aman serta stabil dibandingkan dengan shared hosting. Dimana ketiak kita menggunakan VPS, kita sama sekali tidak memakai ruang server yang dedicated. Namun keunggulan menggunakan Shared Hosting adalah biaya yang jauh lebih murah dibandingkan kita harus membeli atau menyewa seluruh ruangan server.

Biasanya VPS hosting akan disewa oleh pemilik situs yang website sudah memiliki jumlah traffic yang tinggi bahkan terkadang bisa melebihi batas pemakaian yang disarankan oleh paket shared hosting.

Biasanya seperti website perusahaan, website sekolah atau website kampus yang membutuhkan untuk menyewa VPS karena tentu saja shared hosting saja tidak cukup untuk menampung beban akses website mereka dimana setiap harinya tentu saja akan ada orang yang mengakses setiap saat.

Tidak dapat dipungkiri jika semua sistem yang berjalan memiliki kelemahan seperti virtualisasi ini menggunakan sistem terpusat yang menyebabkan satu server yang berisi banyak virtual, jika satu memiliki kendala akan mengganggu virtual yang lain, penyebab yang terjadi dapat menimbulkan data yang hilang tetapi dapat diantisipasi dengan fitur backup.

Baca Juga  18 Aplikasi Pemutar Video Terbaik dan Kelebihannya

Masih menyangkut sistem terpusat ini menjadi celah kerentanan yang sangat bahaya, karena di sisi penyerang dengan menyerang satu server maka si penyerang akan mendapatkan semua data yang terkait pada server virtual, beda halnya jika kalian memasang server secara berbeda maka penyerang akan kesulitan mencari celah karena penyerang harus memasuki satu persatu server yang kalian miliki.

Dalam spesifikasi hardware harus membutuhkan yang sangat optimal dan membutuhkan biaya lebih tetapi dianggap sepadan dengan fasilitas yang akan kalian capai nantinya, ini juga dapat digunakan untuk meminimalisir setiap anomali yang akan terjadi.

Rekomendasi untuk penggunaan virtual dapat menggunakan aplikasi hypervisor tetapi jika kalian masih bingung dalam hal pemakaian kami sarankan Virtualbox dan Vmware menjadi nominasi yang dipakai oleh banyak user.

Konsep VPS

apa itu vps
Untuk mengenal lebih dalam tentang VPS kalian bisa memahami konsepnya, semisal tiap virtual server yang sudah selesai kalian buat akan melayani sistem operasi dan software secara mandiri dengan konfigurasi yang tepat tentunya.

Komponen dari VPS memiliki process, user, files dan menyediakan full root access juga dapat fitur jaringan sendiri seperti alamat ip virtual, port number virtual, tables ip virtual, filtering serta routing rules yang dapat kalian jalankan secara individu.

Baca Juga  15 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop Paling Recomended

Dapat kita analogikan kalian membeli apartemen yang besar, apartemen yang besar ini dapat kalian simpulkan sebagai server fisik, lalu setiap kamar yang kalian huni dapat diberikan fasilitas sesuai keinginan penyewa, dalam hal ini VPS akan memberi resource yang nantinya akan selalu siap jika pengguna ingin menggunakannya.

Seperti halnya apartemen harus terdapat kebijakan agar para penyewa tertib memakai apartemen dan meminimalisir ancaman seperti pencurian dan hal-hal yang tidak diinginkan, di dalam VPS prinsip kerjanya sama halnya dengan apartemen tersebut harus mematuhi kebijakan yang tercantum karena ini termasuk dalam hal keamanan jaringan yaitu, confidentiality, availability dan integrity.

Bagaimana Cara Kerja VPS?

Cara Kerja VPS
Server merupakan komputer atau tempat web hosting akan menyimpan file dan database yang diperlukan untuk keperluan website anda. Kapanpun visitor akan mengakses website anda, browser akan mengirimkan request atau permintaan kepada server anda.

Selanjutnya server akan mentransfer file yang dibutuhkan oleh komputer anda lewat internet. Kegunaan dari VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang hampir sama seperti server fisik. Walaupun dalam kenyataanya server tersebut masih terbagi lagi antara beberapa user.

Dengan menggunakan teknologi virtualisasi, hosting atau provider akan menginstal layer virtual di atas sistem operasi dari server. layer inilah yang berguna untuk membagi server ke partisi dan memungkinkan setiap user untuk menginstall software dan sistem operasi milik mereka.

Baca Juga  10 Aplikasi Perekam Layar Untuk HP dan PC Terbaik

Oleh sebab itu Virtual Private Server atau VPS bersifat virtual dan juga private karena anda mempunyai kendali yang penuh. Server ini juga terpisah dari server user lainnya yang ada pada level OS. Bahkan teknologi yang digunakan oleh VPS ini juga mirip seperti proses pembuatan partisi yang ada pada harddisk komputer saat kita akan menjalankannya.

Dengan memilih menggunakan VPS berarti anda sudah membuat website dengan platform yang jauh lebih aman dan juga dengan jaminan memori, CPU Core, disk space yang tidak mengharuskan anda untuk berbagi dengan user lainnya. Dengan menggunakan VPS, anda akan memiliki akses root level yang sama seperti anda menyewa dedicated server namun anda hanya perlu mengeluarkan uang yang lebih murah dibandingkan menyewa dedicated server.

Perbedaan VPS Dengan Web Hosting Lainnya

perbedaan vps dengan web hosting
Masing-masing dari tipe web hosting memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam jenis kustomisasi di server. Setiap web hosting berbeda-beda, hal ini tergantung pada performa, harga dan juga ketersedian layanan yang dimiliki.

Contoh kasus pada ketersediaan layanan adalah uptime. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan perbandingan VPS hosting dengan hosting yang lain.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan pilihan terbaik untuk pemilik situs dengan jumlah traffic website yang masih belum begitu tinggi. Hosting jenis ini adalah titik awal bagi sebagian besar blogger dan juga pemilik website bisnis sederhana.

Dengan menggunakan shared hosting berarti anda juga harus berbagi server fisik dengan sesama pengguna lainnya. Tidak akan ada resource dedicated yang akan dialokasikan untuk anda , hal ini karena situs anda dijalankan pada sistem operasi yang sama seperti yang dimiliki oleh klien atau pengguna lainnya.

Dengan menggunakan Shared hosting berarti computing power dan juga memori yang dipakai oleh situs anda juga dipengaruhi oleh kebutuhan dari pengguna layanan lainnya. Contohnya jika tiba-tiba jumlah traffic website lainnya mengalami peningkatan maka bisa berdampak pada proses loading website anda yang akan menjadi lama.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting berarti memungkinkan untuk adna dalam menggunakan sekumpulan server dan bukan cuma satu yang berjalan pada cloud. masing-masing dari server yang ada pada cluster penyimpanan salinan dari website anda.

Saat salah satu server sangat sibuk, cluster lainnya akan secara otomatis mengalihkan traffic pada server yang tidak begitu sibuk. Oleh sebab itu tidak akan ada masalah lagi terkait downtime apabila anda menggunakan cloud hosting, hal ini karena selalu ada server lainnya yang akan meneruskan permintaan dari visitor website anda tersebut.

Cloud hosting dan juga VPS hosting mempunyai keunggulan masing-masing. Namun yang unik adalah sebagian besar perusahaan hosting ada juga yang menawarkan VPS untuk dijalankan pada infrastruktur cloud.

Baca Juga  Pengertian Web Browser, Fungsi dan 4 Contohnya

3. WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah layanan yang ditawarkan secara khusus oleh para pemilik website yang menggunakan platform WordPress. Hosting jenis ini akan menyediakan berbagai fitur terkait WordPress yang sayangnya hanya bisa dipakai ketika anda memiliki situs yang menggunakan platform WordPress.

Walaupun memang dapat membuat situs berbasis WordPress pada VPS, namun anda tidak akan mendapatkan akses pada custom built server yang sudah anda konfigurasikan dengan WordPress sebelumnya.

Jika anda menginginkan VPS untuk mengelola situs berbasis WordPress, maka anda tetap bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan situs bisnis anda yang sedang dikelola.

4. Dedicated Hosting

Jika kita menyewa Dedicated hosting, maka anda juga akan menyewa semua server fisik untuk menyimpan seluruh data dari website anda.

Apabila traffic website anda sangat tinggi, sangat disarankan untuk memilih Dedicated Hosting karena server dari Dedicated Hosting ini sangat cepat, fleksibel dan juga bisa dimodifikasi sepenuhnya di bawah kontrol kita. Namun harga dari layanan Dedicated Server ini sangat tinggi. Oleh sebab itu Dedicated Server tidak bisa disamaratakan.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan dan Kekurangan VPS
JIka anda benar-benar membutuhkan VPS untuk website, VPS adalah pilihan yang terbaik. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari VPS yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli VPS.

1. Kelebihan VPS

* Lebih cepat dan handal dibandingkan dengan shared hosting.

* Memiliki jaminan resource server misalnya seperti processing power dan juga memori. Dengan begitu fluktuasi pada resource yang disediakan akan berkurang bahkan tidak ada.

* Masalah dari website luar selain website anda tidak akan mempengaruhi situs atau kinerja website anda. Jadi jika ada situs lain yang mengalami traffic yang membludak, situs anda akan tetap aman karena anda menggunakan VPS bukan Shared Hosting.

* Anda akan mendapatkan akses root ke server VPS yang anda sewa.

* Privasi akan lebih terjaga seperti file dan juga database yang tersimpan. User server lain tidak akan bisa mengakses atau membuka semua file yang anda miliki.

* Layanan yang sangat mudah untuk discale. Seiring dengan bertambahnya website anda, anda bisa dengan mudah melakukan upgrade pada resource server seperti ingin meng upgrade disk space, CPU, Ram, bandwidth dan kebutuhan Resource lainnya).

Baca Juga  Mari Mengenal Malware, Waspadai Hal-hal Ini!

2. Kekurangan VPS

* Lebih mahal dibandingkan shared hosting.

* Mengharuskan anda memiliki pemahaman teknis yang lebih dalam supaya bisa mengelola server yang anda sewa tersebut.

* Pengaturan server yang salah bisa beresiko tinggi kepada keamanan data website anda.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Kapan Harus Menggunakan VPS?
Biasanya VPS adalah pilihan terakhir apabila website anda sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan jika kebutuhan website anda sudah melampaui batas dari kebutuhan resource shared hosting.

JIka paket termahal yang ditawarkan shared hosting juga tidak bisa lagi menampung kebutuhan website anda, maka sudah saatnya anda untuk beralih menggunakan paket VPS hosting. VPS bisa menyediakan dua hal terbaik untuk website anda yaitu shared hosting dna juga dedicated hosting.

Baca Juga  Cache: Fungsi, Jenis dan Cara Menghapus Cache

Namun ada juga kasus-kasus tertentu yang mewajibkan kita untuk menggunakan VPS sejak awal. Misalnya saja ketika kita akan membuat website toko online atau eCommerce yang pastinya anda ingin mengatur supaya metode pembayaran dapat lebih nyaman, aman dan cepat. Hal ini bisa anda dapatkan saat anda menggunakan VPS.

Bahkan apabila anda ingin menyimpan berbagai data sensitif atau harus melakukan pembayaran secara online. VPS dapat mengurangi resiko kebocoran data keamanan dan juga bisa mengidentifikasi si pencuri.

Kapan Kita Harus Mengupgrade VPS?

Kapan Kita Harus Mengupgrade VPS?
Jika traffic atau kebutuhan website anda mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu. Tentu saja anda juga harus melakukan upgrade resource atau sumber daya dari VPS. Waktu yang tepat untuk mengupgrade VPS adalah ketika traffic atau kebutuhan website anda sudah semakin tinggi.

Dengan melakukan upgrade VPS atau resource VPS tentu saja website anda akan tetap aman dan nyaman untuk diakses oleh orang lain. Adanya upgrade VPS tersebut juga bertujuan untuk menghasilkan dan meningkatkan performa yang jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *