VoIP: Pengertian, Kelebihan, Kelemahan dan Cara Kerjanya

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara kerja telepon melalui saluran digital? Berkembangnya teknologi turut mempengaruhi dunia telekomunikasi, salah satunya dengan percakapan jarak jauh dengan media jaringan.

VoIP adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan teknologi tersebut. Pengguna komputer bisa melakukan percakapan antar pengguna lain yang cara kerjanya berbeda dengan telepon kabel.

Apa pengertian VoIP secara lengkap dan bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa mempelajarinya di artikel ini, ayo simak.

Apa Itu VoIP?

Memiliki kepanjangan Voice Over Internet Protocol, VoIP merupakan teknologi yang bisa digunakan untuk melakukan percakapan suara jarak jauh. Media yang digunakan adalah intranet atau internet.

Secara umum, cara kerja VoIP adalah mengubah data suara menjadi kode digital. Kemudian kode tersebut dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data. Tidak ada sirkuit analog seperti yang terjadi pada telepon biasa.

Apabila ditilik dari sejarahnya, teknologi VoIP adalah dasar dari Next Generation Network atau NGN dan jaringan seluler 4G. Munculnya teknologi ini berawal dari Amatir Radio sebagai media untuk relay jarak jauh atau eQSO.

Hubungan telepon dilakukan melalui terminal yaitu PC dan aplikasi. Istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan VoIP adalah IP telepon. Teknologi ini bisa digunakan dengan lalu lintas suara yang bentuknya paket dari jaringan lokal dan global.

fungsi voip

Dasar yang digunakan adalah paket-switch network. Apa itu VoIP sudah sangat jelas teknologi apa yang digunakan.

Dalam prosesnya, ada beberapa protokol penunjang yang digunakan adalah:

Transfer Control Protocol/ Internet Protocol

Disingkat sebagai TCP/ IP yaitu protokol yang digunakan dalam jaringan internet. Standar ini dibutuhkan supaya komputer memiliki proses pengiriman dan penerimaan data. Sehingga bisa dikirim dan diterima dengan benar.

Session Initiation Protocol

Disingkat SIP, yaitu protokol signalling dalam layar aplikasi yang fungsinya adalah membangun, memodifikasi, serta mengakhiri dalam sesi multimedia yang melibatkan satu atau lebih pengguna.

Dalam sesi multimedia, pertukaran data antar pengguna sangat beragam seperti suara, teks dan juga video.

H.323

VoIP merupakan komunikasi dengan sistem lain yang operasinya terdapat dalam jaringan packet switch. Tujuannya supaya komunikasi yang dibutuhkan memiliki standar sistem komunikasi yang cocok satu sama lain.

Salah satu standar yang digunakan dalam VoIP menurut ITU-T yaitu H.323. Standarnya sendiri adalah komponen protokol serta prosedur yang menyediakan komunikasi berbasis multimedia dari paket. Misalnya saja Internet Packet Exchange atau IPX.

Contoh Aplikasi dengan VoIP

Lalu apa saja aplikasi yang memanfaatkan teknologi VoIP dalam prakteknya di dunia? Berikut ini pembahasan aplikasi dengan VoIP adalah:

XIte
Aplikasi ini open source dan mendukung VoIP serta menggunakan teknologi SIP serta Session Initiation Protocol. X-Lite pada versi 3 saat ini sudah memiliki fitur suara serta video. Sangat sederhana tampilannya dan terlebih tidak membutuhkan biaya.

Netmeeting
Aplikasi yang dikembangkan Microsoft dan salah satu yang menggunakan teknologi VoIP adalah video conference. Aplikasi ini memanfaatkan protokol H.23 untuk video serta audio conference.

Diperlukan registrasi yaitu Username dan Password supaya bisa digunakan untuk saling berkomunikasi.

Skype
VoIP banyak digunakan masyarakat dan aplikasi ini berbasis IP, dimana jaringan digunakan melalui internet antar pengguna Skype. Protokol yang digunakan adalah HTTP atau Hypertext Transfer Protocol supaya dapat berkomunikasi.

pengertian voip

Mengintip Kelebihan VoIP

Setiap teknologi yang digunakan selalu memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan VoIP. Ada beberapa keuntungan yang dimiliki oleh VoIP yaitu sebagai berikut ini:

Tak perlu biaya banyak

Melalui VoIP, komunikasi jarak jauh jadi lebih mudah. Memanfaatkan internet, biaya yang dikeluarkan untuk bisa melakukan komunikasi sangat rendah.

Pemanfaatan infrastruktur jaringan

Pada sebuah perusahaan yang sudah memiliki jaringan, akan memudahkan pembangunan jaringan VoIP. Tidak dibutuhkan tambahan biaya bulanan khusus untuk komunikasi suara.

Bandwidth yang lebih kecil

Dulunya telepon membutuhkan bandwidth yang lebih besar agar suara bisa didengar dari jarak jauh. Namun kini tidak lagi, karena teknologi VoIP hanya perlu 8kbps bandwidth untuk melakukan kontak suara.

Bisa digabungkan dengan jaringan telepon lokal

Adanya gateway bentuk jaringan VoIP memudahkan untuk penyambungan ke PABX yang ada di kantor. Komunikasi antar kantor pun bisa dilakukan menggunakan pesawat telepon biasa.

Penggabungan jaringan besar

Ada banyak jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi satu jaringan yang besar. Sebagai contoh adalah VoIP rakyat.

Penggunaan peralatan yang ada

Untuk penyambungan banyak variasi yang bisa didapatkan. Misalnya saja komputer atau PC disambungkan ke telepon biasa. Bisa juga disambungkan ke IP phone handset.

Apabila dilihat dari kelebihannya, ada begitu banyak fungsi VoIP yang tentu sangat menguntungkan banyak pihak. Baik itu perusahaan atau personal.

apa itu voip

Mengenali Kekurangan VOIP

Walaupun terdapat kelebihan, ada juga kekurangan dari VoIP yang harus diperhatikan. Kelemahan ini yang seringkali terjadi jika hendak menggunakannya.

Kualitas suara tidak jernih

Karena menggunakan bandwidth yang kecil, efek yang dirasakan adalah kualitas suara menurun. Dibandingkan dengan PSTN konvensional, namun jika terdapat koneksi internet pita-lebar seperti Telkom Speedy maka kualitas suara pun akan jernih.

Adanya jeda komunikasi

Seringkali terjadi jeda, akibat dari proses perubahan suara dari data sehingga jeda jaringan pun terjadi.

Adanya batasan sambungan

Pemerintah RI memberlakukan pembatasan penggunaan jaringan yang bisa disambungkan ke jaringan milik Telkom.

Adanya konfigurasi khusus

Bagi komputer atau internet menggunakan NAT atau Network Address Translation maka perlu ada konfigurasi khusus dalam pembuatan VoIP agar bisa berjalan.

Peralatan yang relatif mahal

Alat VoIP yang digunakan cukup mahal yaitu alat untuk hubungan VoIP dengan PABX atau IP telephony gateway. Namun jika nantinya alat ini cukup populer maka biayanya akan menurun.

Adanya potensi jaringan terhambat

Ketika VoIP sering digunakan dan banyak maka potensi jaringan data menjadi penuh sangat mungkin terjadi. Perlu adanya pengaturan bandwidth supaya jaringan perusahaan tidak terganggu karena penggunaan VoIP.

Kekacauan sistem penomoran

Apabila penggabungan jaringan tanpa adanya koordinasi yang baik bisa menimbulkan kekacauan dalam sistem penomorannya. Untuk menghindarinya, akan lebih baik untuk koordinasi sebelum melakukan penggabungan.

Cara Kerja VoIP

VoIP adalah teknologi yang bisa mengubah suara analog menjadi paket data digital. Apabila ditinjau dari cara kerjanya, paket digital tersebut diteruskan melalui Hub atau Router atau ADSL Modem.

Kemudian dikirimkan melalui jaringan internet dan diterima dengan media yang sama. Cara lain adalah dengan sambungan telepon dan diteruskan pada phone adapter yang sudah disambungkan ke internet serta diterima telepon tujuan.

Syarat yang dibutuhkan untuk melakukan sistem VoIP adalah dua komputer yang sudah terhubung dengan internet. Selain itu juga memiliki sound card yang sudah dihubungkan dengan mic dan speaker.

Adanya software khusus akan memudahkan proses penyambungan dalam koneksi VoIP. Data seperti file, suara serta gambar pun bisa dikirimkan dengan mudah.

Adanya VoIP telah mengubah besar-besaran jaringan serta peralatan dan media komunikasi yang kini populer di dunia.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *