Vlog: Pengertian dan Cara Membuatnya Bagi Pemula

Vlog – Sekarang jamannya internet, banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone atau laptop mereka. Alasannya untuk bekerja, belajar bahkan mencari hiburan. Ada begitu banyak informasi yang bisa didapatkan.

Bukan hanya itu saja, internet juga bisa menjadi sumber pendapatan jika tahu bagaimana cara memanfaatkannya. Salah satunya adalah dengan membuat vlog, kamu pasti sudah tak asing dengan istilah ini kan?

Vlog adalah sebuah konten dalam bentuk video. Apa itu Vlog secara lengkap, apa saja jenisnya dan bagaimana vlog bisa mendatangkan uang? Bagi kamu pemula yang ingin menjajaki dunia baru serba teknologi harus baca ini.

Apa Itu Vlog?

Apa Itu Vlog

Istilah vlog adalah dari singkatan video log atau video blog. Jika biasanya konten dari blog atau website adalah tulisan, kini perlahan sudah bertambah bahkan beralih dengan konten video.

Jadi semua aktivitas yang terdapat dalam sebuah blog sudah dalam bentuk dokumentasi video. Hanya saja syarat yang harus dipenuhi adalah durasi kurang lebih 20 menit.

Baca Juga  Cara Kompres Video Mudah dan Kualitas Gambar Tidak Berkurang

Arti vlog lainnya juga adalah web television, jadi sebuah televisi namun dalam websitecmd. Semua pengertian tersebut benar adanya karena isi dari vlog sendiri sangat beragam sama seperti acara televisi.

Setidaknya ada tiga komponen penting dalam vlog yaitu durasi yang kurang dari 20 menit. Keduai adalah memiliki tujuan yang jelas, karena konten jelas akan lebih menarik perhatian audien.

Hal penting ketiga adalah pembagian vlog melalui online. Bisa di upload di Dailymotion, Youtube, Facebook dan masih banyak lagi. Tapi jangan samakan juga vlog dengan video yang biasa.

Perbedaan Vlog dan Video Biasa

Perbedaan Vlog dan Video Biasa

Walaupun proses perekamannya sama yaitu bisa sekali langsung jadi atau harus berkali-kali atau multiple take. Sedangkan perbedaan antara vlog dan video biasa adalah sebagai berikut ini:

1. Durasi

Vlog sudah jelas bahwa batasan waktunya adalah 20 menit, sedangkan video biasa bisa lebih panjang.

2. Konten

Video biasa bisa berisi kegiatan yang lebih luas bisa sebuah dokumentasi atau hal yang ingin diabadikan. Sedangkan vlog masuk dalam kategori video hanya dengan memiliki tujuan yang jelas.

3. Alat Perekam

Apabila dilihat dari alat untuk merekamnya, video biasanya menggunakan alat yang banyak dan mahal. Contohnya saja dengan tambahan lampu dan dioperasikan oleh profesional.

Vlog bisa dilakukan oleh siapa saja karena alat yang digunakan lebih simpel yaitu smartphone dan kapan saja bisa dilakukan.

Baca Juga  Cara Merekam Suara di Laptop & Aplikasi Perekam Audio

4. Editing

Masuk ke proses editing, yang digunakan untuk vlog sangat sederhana bahkan aplikasi di smartphone saja bisa dimanfaatkan. Sedangkan video harus menggunakan software khusus, karena menuntut hasil yang lebih sempurna.

5. Sharing

Proses pembagian vlog semua melalui sosial media atau semua media online lainnya. Sedangkan untuk video tidak selalu dibagikan online. Bisa melalui DVD, Flashdisk dan perangkat lainnya.

Jadi jangan samakan vlog dengan video karena keduanya sangat berbeda. Ada beberapa batasan yang membedakannya sesuai dengan kelima faktor di atas.

Jenis-Jenis Vlog

Jenis-Jenis Vlog

Vlog dibuat karena terdapat konten yang ingin dijadikan informasi, baik itu hiburan, berita atau masih banyak lainnya. Oleh karena konten dalam vlog sendiri bisa jadikan pembagian jenis-jenisnya. Berikut ini jenis vlog  mengenai gaya hidup

Vlog How to, mengulas cara membuat apapun.

Vlog mengenai traveling.

Vlog mengenai kehidupan sehari-hari biasanya dilakukan artis.

Vlog mengenai diskusi, curhat, atau opini.

Vlog mengenai hobi.

Vlog mengenai unboxing.

Semakin unik dan menarik konten vlog dari beberapa jenis tersebut tentu akan menarik lebih banyak perhatian. Bahkan tidak memungkiri jika akan semakin banyak jenis vlog yang bermunculan di masa mendatang.

Bagaimana Vlog Bisa Menghasilkan Uang?

Bagaimana Vlog Bisa Menghasilkan Uang

Pasti dari kamu banyak yang masih penasaran, bagaimana seorang Youtuber, Vlogger bisa mendapatkan uang dari konten yang mereka buat? Darimana sumber uang datang?

Ada beberapa sumber yang bisa didapatkan, asalkan platform yang digunakan tepat. Misalnya saja Youtube, yang ikut dalam mempopulerkan konten para vlogger. Nah jika popularitasnya meningkat, ada beberapa sumber pendapatannya yaitu:

Iklan di video menjadi sumber pendapatan bahkan ketika subscriber masih belum terlalu banyak. Semakin meningkat tentu penghasilan dari iklan juga naik.

Melakukan review produk, endorse dan menjadi brand ambassador. Biasanya review produk ini akan menyesuaikan dengan jenis konten dan tingginya subscribe.

Mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing. Sumber pendapatan seorang vlogger memang sangat beragam, tapi jika ingin sukses pertama-tama harus memperhatikan isi konten dan pengemasannya. Semakin banyak yang menonton konten yang kamu buat tentunya memuaskan.

Langkah Mudah Pemula Membuat Vlog Keren

Langkah Mudah Pemula Membuat Vlog Keren

Mengingat ada banyak sumber pendapatan dari menjadi seorang vlogger, kini banyak sekali orang yang juga ikutan membuatnya. Vlog adalah konten yang mudah dibuat, tetapi untuk menjadi terkenal itulah yang perlu banyak usaha.

Bagi para pemula harus tahu betul apa yang disukai, sehingga ketika membuat vlog tidak pernah ada kata bosan. Kamu harus dengan senang hati membuat vlog yang menarik. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk membuat vlog sebagai berikut ini:

1. Siapkan Ide Menarik

Karena saat ini sudah ada begitu banyak konten vlog, kamu harus merencanakan sesuatu yang benar-benar berbeda. Ide ini bisa datang dari mana saja, misalnya saja kamu mengulik sesuatu mengenai hobi yang saat ini kamu sukai.

Setelah menemukan ide, kamu harus bisa membuatnya menjadi lebih menarik. Misalnya saja kamu memiliki ide mengenai traveling, karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu untuk keluar kota setiap minggunya.

Dari ide traveling kamu bisa memberikan sesuatu yang berbeda, misalnya pergi ke tempat kuliner yang ekstrim. Bisa juga pergi mendatangi tempat wisata yang tidak ada di Google Map.

Ide ini harus di breakdown secara detail bahkan sampai pada nama channel yang kamu buat harus menarik. Nama channel sebaiknya mudah diingat dan dicari.

2. Mempersiapkan Alat

Vlog tidak dibuat dengan alat mahal dan terlalu canggih seperti kamera DSLR. Karena semua prosesnya bisa dilakukan dengan alat sederhana seperti smartphone.

Supaya prosesnya bisa lebih mudah, lengkapi juga smartphone kamu dengan tripod, stabilizer dan juga mic yang murah. Tidak perlu menggunakan alat mahal jika subscriber vlog kamu belum terlalu banyak.

3. Mengedit Vlog

Untuk editingnya jika ingin bagus sebaiknya gunakan laptop. Saat ini sudah banyak software gratisan dengan efek yang cukup menarik untuk digunakan. Kamu bisa mengedit tentang pencahayaan, warna gambar dan juga pastikan suara hingga efek suaranya menarik.

Bagi kamu yang mengedit dengan laptop bisa memanfaatkan aplikasi seperti Movie Maker yang tidak sulit digunakan. Sedangkan jika ingin mengedit dengan smartphone, bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Intro Maker.

Baca Juga  Berbagai Cara Kompres File Word dengan Offline dan Online

4. Mempromosikan Video

Layaknya sebuah web atau blog, supaya pengunjung yang menyukai konten kamu banyak, pastikan untuk melakukan promosi. Kamu bisa share vlog melalui sosial media melalui akun milikmu.

Melalui share inilah, vlog milikmu nantinya bisa menyebar dengan lebih luas. Bahkan jika kontennya menarik dan bermanfaat akan masuk ke banyak suggestion.

5. Menentukan target

Apa tujuan kamu membuat blog? Apakah untuk menyalurkan hobi saja dan memberikan informasi bermanfaat? Atau ingin mengejar keuntungan? Kamu harus membuat target yang menentukan kinerja, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari keuntungan.

Buat konsep yang jelas, rutin upload vlog dan dilakukan promosi secara berulang. Dengan begitu kamu bisa mencapai target dan selalu melakukan evaluasi dari vlog lainnya yang sudah pernah dibuat.

Supaya konten kamu laku, maka harus rutin untuk melakukan riset pasar. Kamu juga harus selalu kreatif dalam membuat vlog agar konten banyak dicari.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *