usb device not recognized
Komputer

USB Device Not Recognized? Begini Cara Mengatasinya

USB Device Not Recognized – USB atau Universal Serial Bus adalah salah satu hardware yang berbentuk kecil namun mampu menyimpan data yang jumlahnya begitu banyak.

Tergantung kapasitasnya, USB sangat berfungsi untuk memindahkan dan membawa data ke manapun dibutuhkan.

Tapi ada kalanya masalah muncul ketika sedang digunakan. Misalnya  muncul tulisan USB device not recognized pada laptop.

Kendala ini bukan sesuatu yang menyulitkan karena ada cara mengatasinya. Kamu mungkin akan panik ketika berencana presentasi penting dan muncul masalah ini.

Supaya tidak  panik lagi dan kamu bisa mengatasinya dengan mudah, ikuti cara-caranya di sini.

Cara Mudah Mengatasi USB Device Not Recognized

Kenapa USB tidak terbaca ketika disambungkan ke PC atau laptop? Masalah ini bisa saja terjadi pada Windows 10, 8 hingga XP.

Alasanya tentu berbagai macam, bisa jadi karena kesalahan teknis dari laptop atau USB yang kamu gunakan. Karena tidak terbaca, maka tidak ada akses untuk mendapatkan data.

Bisa juga karena masalah virus yang sudah masuk ke dalam laptop atau data yang dibawa oleh USB. Baik itu karena virus atau masalah lainnya, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini.

bagaimana cara mengatasi usb device not recognized

1. Restart PC atau komputer

Cara pertama yang paling mudah dan tidak memakan banyak waktu adalah restart komputer atau laptop. Kamu mungkin harus menunggu sejenak, tapi langkah ini cukup jitu untuk mengembalikan performa komputer.

Apalagi jika sebelumnya komputer tersebut digunakan dalam waktu yang lama, mungkin saja ada beberapa software yang membuat kinerjanya jadi lemot.

Sehingga ketika USB dimasukkan, datanya tidak bisa terbaca. Namun jika performa komputer kembali normal, maka USB akan terbaca kembali.

Pasti sudah tahu bukan cara untuk restart komputer? Kamu tinggal masuk ke start Windows, klik menu Power dan pilih Restart.

Tidak lama komputer akan mati dan menyala lagi dalam kondisi yang sudah baik kembali. USB juga biasanya otomatis akan tersambung.

2. Mencabut dan memasang USB kembali

Apabila ternyata USB masih belum terbaca, kamu bisa mengikuti cara yang kedua ini. USB harus dicabut terlebih dahulu kemudian tunggu selama beberapa saat.

Karena USB tidak tersambung, kamu bisa langsung mencabutnya tanpa proses eject. Alasannya adalah komputer akan merefresh program yang dimilikinya sehingga berjalan dengan lebih ringan.

Saat memasang kembali, benahi posisi USB dengan port USB di komputer karena bisa saja posisinya miring. Ikuti posisi port saat menyambungkannya.

bagaimana cara mengatasi usb not recognized

3. Mencobanya memasang ke perangkat lain

Masih juga tidak terbaca, kamu bisa mengikuti cara mengatasi USB device not recognized dengan mencobanya ke komputer lainnya.

Jika ada laptop atau PC lain, cobalah untuk memasangkan USB pada perangkat tersebut dan tes apakah tersambung.

Ketika USB tersambung dan berjalan normal, artinya ada yang salah pada perangkat komputer sebelumnya.

Bisa karena masalah software atau hardware. Kamu bisa mencoba membersihkan port USB pada laptop yang tidak bisa tersambung terlebih dahulu.

Mungkin saja terdapat kotoran yang menyumbat di dalam port sehingga USB tidak tersambung. Pada saat membersihkan, sebaiknya hati-hati agar tidak ada komponen yang rusak.

Pastikan kamu tidak membersihkannya dengan kain lembab apalagi basah.

bagaimana mengatasi usb not recognized

4. Memperbaiki port USB di laptop

Port USB bisa jadi masalahnya, apalagi ketika USB dicoba pada perangkat lain dan ternyata bisa tersambung. Selain kotor, biasanya port USB terkena karat sehingga membuatnya rusak.

Satu-satunya cara untuk mengatasi bisa dengan membersihkan atau mengganti port dengan yang baru. Jika kamu menggunakan laptop, maka port USB bisa diganti dengan mudah.

Tapi kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk mengatasinya. Jadi pastikan port USB ini diganti dengan yang baru jika setelah dibersihkan masih tidak bisa menyambungkan USB.

Tapi jangan buru-buru juga mengganti karena pada sebuah komputer, port USB tidak hanya berisi satu atau dua saja.

Biasanya terdapat tiga atau lebih port USB yang bisa kamu coba. Nah disinilah kamu bisa mengecek kondisi port sehingga bisa mengetahui mana saja yang rusak.

Karena bisa saja satu port USB saja yang rusak, sedangkan port lain berfungsi dengan baik. Kerusakan port USB ini bisa disebabkan kamu terlalu sering menggunakan hanya pada bagian tersebut saja.

Sedangkan port lain jarang digunakan. Jadi supaya port tidak cepat rusak, kamu bisa bergantian menggunakannya.

bagaimana cara mengatasi usb tidak terbaca

5. Mencoba dengan USB lainnya

Jika ternyata yang rusak adalah USB, biasanya kemanapun USB tersebut digunakan tetap akan muncul USB device not recognized.

Fungsi dari mencoba dengan USB lain adalah memastikan kondisi pada laptop serta USB. Sehingga tahu dari manakah sumber kerusakannya.

Apabila ternyata USB lain bisa digunakan, artinya ada masalah pada USB yang kamu gunakan sebelumnya .

Solusi satu-satunya adalah dengan mengembalikan data yang tersimpan di USB dan mentransfernya pada perangkat lain. Barulah kamu bisa menggunakan datanya.

6. Mencabut kabel power supply

Cara mengatasi USB device not recognized berikutnya adalah dengan mencabut kabel power supply yang menancap pada PC. Apa fungsinya?

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengistirahatkan motherboard. Bisa saja motherboard yang kamu gunakan tidak pernah berhenti bekerja.

Atau mungkin juga karena sudah terlalu tua sehingga kinerjanya melambat. Maka dibutuhkan istirahat sejenak dengan cara mencabut kabel power supply.

Tapi cara ini hanya bisa dilakukan bagi kamu yang menggunakan perangkat PC. Sedangkan kamu yang menggunakan laptop, harus menggunakan cara yang lain.

bagaimana mengatasi usb device not recognized

7. Memeriksa kondisi USB

Bukan hanya port USB saja yang kemungkinan rusak. USB yang kamu gunakan mungkin juga rusak. Masalah ini bisa muncul karena perangkat keras atau software di dalamnya, apabila sebelumnya USB terkena virus.

Bisa saja data yang kamu transfer ke dalam USB mengandung virus sehingga muncul USB device not recognized ketika diakses pada laptop lainnya.

Cara untuk mengatasinya hanya dengan scanning antivirus atau melakukan format.

8. Memperbarui device driver

Apabila ketujuh langkah di atas masih saja tidak bisa mengatasi masalah USB device not recognized, maka kamu harus mengutak-atik device driver sebelum akhirnya diperbaharui.

Karena jika tidak di update, maka perangkat USB yang dimasukkan tidak akan bisa dioperasikan dengan baik.

Cara upgrade device driver pun mudah, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Klik Start pada komputer dan ketik pada bagian search devmgmt.msc.

cara mengatasi usb device not recognized

  • Apabila sudah masuk pada tab yang keluar, kamu bisa klik menu Device Manager dan klik menu Universal Bus.

mengatasi usb device not recognized

  • Cari pilihan menu Unknown Device kemudian klik Update Driver.

Otomatis update akan berjalan dan jika sudah selesai kamu bisa menyambungkan USB kembali. Jada pada saat update, USB tidak perlu disambungkan terlebih dahulu ya.

Biasanya USB akan langsung ter-detect jika kamu melakukannya dengan benar.

9. Mematikan power management

Jika ternyata kamu mencoba port USB pada laptop normal, maka cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mematikan power management.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi USB device not recognized yang umum terjadi.

Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk Start pada Windows kemudian ketik Device Manager pada kolom search.

usb tidak terbaca

  • Jika sudah keluar tab klik menu Universal Serial Bus Controllers dan pilih menu USB Root Hub.

mengatasi usb tidak terbaca

  • Pada tab yang muncul baru, kamu bisa pilih Power Management dan hilangkan tanda pada bagian checklist yang terdapat di Allow computer to turn off this device to save power.

cara mengatasi usb tidak terbaca

  • Pada langkah terakhir kamu bisa klik OK yang muncul.

Pengaturan sudah selesai, kini kamu bisa menyambungkan USB kembali untuk mengecek apakah permasalahannya sudah benar-benar hilang.

10. Scanning hardware change

Melakukan scan pada hardware yang mengalami perubahan sangat penting untuk mengetahui apakah terdapat perubahan yang muncul tanpa kamu sadari atau lupakan.

Selain itu, langkah ini juga akan merefresh kinerja laptop, sama seperti restart. Karena bisa saja terjadi perubahan otomatis yang terlupakan pada bagian port USB di laptop atau komputer.

Untuk scanning sendiri caranya mudah, yaitu sebagai berikut ini:

  • Tekan Windows + R pada keyboard bersamaan.

usb not recognized

  • Setelah muncul tab baru, ketik menu devmgmt.msc dan tekan OK.

mengatasi usb not recognized

  • Klik menu action pada tab yang muncul dan klik Scan for hardware change.

Proses scanning akan memakan waktu beberapa saat dan kamu tinggal menunggu saja.

Scanning juga akan menginformasikan apakah terjadi perubahan, jika tidak maka kamu bisa memasang USB kembali.

11. Uninstall Hidden Device

Sering menggunakan banyak USB? Biasanya terinstal USB pada komputer yang sudah tidak digunakan kembali.

USB yang sudah tidak digunakan kembali dan jumlahnya banyak disebut dengan Hidden Device.

Ketika jumlah Hidden Device sudah terlalu banyak, bisa jadi sumber masalah crash pada komputer atau laptop. Sehingga komputer akan error dan muncul USB device not recognized.

Kamu harus menghilangkan Hidden Device terlebih dahulu dengan beberapa cara berikut ini.

  • Masuk ke menu Device Manager dan klik menu View.

cara mengatasi usb not recognized

  • Maka akan muncul beberapa menu dan pilih Show hidden device dan otomatis semua yang tersimpan akan muncul.

bagaimana mengatasi usb device not recognized

  • Jika sudah terlihat, tinggal klik kanan pada USB yang ter-hidden dan klik Uninstall.

Lakukan satu per satu hingga semua hidden device hilang atau setidaknya berkurang.

12. Mengubah USB selective suspend settings

Bisa juga masalah disebabkan karena terdapat kesalahan pengaturan USB pada laptop. Kamu bisa mengubahnya dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Control Panel kemudian klik Power Options.
  • Klik menu Change plan Settings dan klik Change Advanced power settings.
  • Pada pengaturan USB klik dan pengaturan suspend selektif USB bisa dibuka.
  • Pada bagian pengaturan atau setting klik Disabled untuk menonaktfikan power buttons serta plugges setting.

13. Uninstall USB Device

Jika kamu ingin mengikuti cara ini, maka semua device USB akan hilang dan harus menginstalnya kembali agar bisa digunakan untuk memasang USB.

Untuk uninstall USB device caranya paling mudah yaitu sebagai berikut:

  • Klik Start dan pilih menu Device Manager.

bagaimana mengatasi usb tidak terbaca

  • Selanjutnya klik menu Action dan pilih Uninstall Device.

Cukup dengan langkah ini kamu bisa menghilangkan USB device, tapi harus segera instal yang baru lagi ya. Supaya USB bisa digunakan kembali dan kamu bisa melakukan transfer data dengan mudah.

Dari semua cara untuk mengatasi masalah USB device not recognized, kamu bisa mencobanya satu per satu hingga USB bisa digunakan kembali. Caranya tidak sulit, hanya perlu ketelitian dan kesabaran.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *