Ukuran Video Youtube Terbaik dan Format yang Diperhatikan

Ukuran Video Youtube – Siapa sih yang nggak kenal Youtube, anak SD aja sekarang sudah sering dilihat tontonan di Youtube. Salah satu platform yang menyediakan berbagai jenis video dari banyak akun menjadi wadah yang sangat bermanfaat dari konten hiburan hingga pendidikan.

Tidak sedikit juga pembuatan konten yang memanfaatkan Youtube sebagai ladang usaha. Apakah kamu juga tertarik untuk menjadi Youtuber? Masih banyak konten yang bisa diulik dan disajikan. Tapi supaya konten kamu laris dan mendapat banyak subscriber ada banyak aspek yang harus diperhatikan.

Contohnya saja ukuran video Youtube, format dan juga pengambilan gambar menarik. Jangan lupa juga isi konten harus bermanfaat dan dicari banyak orang. Buat kamu yang masih bingung soal ukuran dan format yang sebaiknya digunakan, yuk cari tahu yang benar di sini.

Format, Resolusi dan Ukuran Video Youtube yang Tepat

resolusi video youtube

Mau memiliki konten berkualitas di Youtube? Kamu harus mulai dengan mengupload video yang memiliki resolusi, ukuran dan format yang tepat. Salah mengupload berakibat fatal karena video nantinya tidak bisa diupload karena tak support.

Oleh karena itu mulai dari ukuran hingga resolusi harus dipilih yang tepat. Jika kamu memiliki tujuan supaya video enak untuk dinikmati penonton maka harus menyesuaikan ukuran dan resolusi yang tepat.

Yuk cari tahu apa saja ukuran, resolusi dan format video yang tepat untuk upload di Youtube.

1. Ukuran Video Youtube

Ukuran mempengaruhi kualitas video yang akan diupload. Semakin besar tentu akan lebih baik karena penonton akan dilihat video lebih jernih dan jelas. Youtube memiliki ukuran video landscape yang kini lebih banyak orang memanfaatkan.

Tapi jika kamu tak ingin mengupload video dengan ukuran lanskap, Youtube juga menyediakan ukuran dalam mode potrait. Sebagai info, Youtube saat ini menggunakan rasio 16:9 untuk jenis video lanskap. Jika kamu ingin mengunggah pastikan beberapa ukuran berikut ini:

240 px: 426×240 (16:9)

360 px: 640×360 (16:9)

480 px: 854×480 (16:9)

720 px: 1280×720 (16:9)

1080 px: 1920×1080 (16:9)

1440 px (2k): 2560×1440 (16:9)

2160 px (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Perlu diperhatikan juga bahwa jika kamu menggunakan ukuran selain dari daftar di atas maka tampilannya tidak pas pada player Youtube. Otomatis ketika diputar maka ukurannya tidak bisa lanskap penuh atau sedikit terpotong.

Ukuran video Youtube ini juga akan disesuaikan dengan Youtube Thumbnail atau cover video Youtube yang tampil sebelum orang lain klik video yang kamu miliki.

Baca Juga  Cara Mengubah JPG ke PDF Tanpa Ribet

Oleh karena itu penting sekali untuk memperhatikan ukuran ini sebelum mengupload.
Ada banyak cara untuk menyesuaikan ukuran ini menggunakan aplikasi di PC, laptop atau smartphone. Kamu bisa memperbesar atau memperkecil ukuran video sesuai standar yang dibutuhkan.

Soal thumbnail atau sampul pada video Youtube, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu seperti berikut ini :

Memiliki resolusi 1280X720 dengan ukuran 640 pixel.
Format gambar harus berbentuk JPG, PNG dan GIF atau BMP.
Memiliki ukuran sampel yang tidak lebih dari 2 MB
Aspek rasio yang digunakan sama seperti video Youtube yaitu 16:9.

Untuk membuat thumbnail ini kamu bisa menggunakan software gratisan. Contoh software yang bisa digunakan seperti Adobe Spark Post. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan supaya thumbnail yang kamu buat jadi lebih menarik.

Pertama kecerahan gambar juga harus diperhatikan, judul harus diletakkan pada sampul. Kemudian gunakan font yang sama dan bisa juga menggunakan foto pribadi jika kamu membuat konten yang mirip Youtuber seperti lainnya.

2. Resolusi Video Youtube

Selain ukuran kamu juga harus memperhatikan soal resolusinya. Resolusi ini menjamin soal kualitas video yang diunggah. Apakah kualitasnya bisa membuat gambar nyaman untuk dilihat.

Video dengan resolusi tinggi maka akan semakin baik, tapi kamu harus mengambil gambar dengan resolusi tinggi juga sebelum masuk ke video editing. Khusus untuk video yang diupload di Youtube, ada beberapa standar yang bisa diikuti sebagai berikut :

Format video yang direkomendasikan adalah MP4

Audio Codec yang sesuai adalah AAC-LC (Channels: Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)

Video Codec yang disarankan adalah H264

Frame Rates disesuaikan dengan video aslinya dan tidak patah-patah ketika diputar.

Jika kamu mengikuti standar ini maka kualitas video yang didapatkan akan tinggi. Alat perekam video juga sebaiknya dipilih yang mampu menghasilkan file dengan resolusi tinggi seperti kualitas video 4K.

3. Format Video Youtube

Ada banyak pilihan format video namun kamu tidak bisa sembarangan untuk mengunggah video dengan format asal-asalan. Ada beberapa jenis format yang direkomendasikan supaya bisa diupload ke Youtube yaitu :

MOV
MPEG4
AVI
MP4
MPEGS
3GP
FLV
WebM

Semua format di atas ini cukup baik digunakan, tetapi ada beberapa format yag lebih direkomendasikan yaitu sebagai berikut :

Video memiliki format MP4 atau Mpeg4

Audio Codec yang dimiliki adalah AAC-LC (Channels: Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)

Video Codec yang digunakan adalah H264

Frame Rates harus disesuaikan dengan video aslinya agar video tidak patah-patah setelah diupload.

Selalu perhatikan format video ini sama seperti ketika memperhatikan ukuran serat resolusinya. Jangan mengupload video yang belum diatur dalam ketiga hal ini jika kamu tak ingin hasilnya mengecewakan.

Software Untuk Mengubah Format Video

software Ukuran Video Youtube
Image: avs-video-editor.id.softonic.com

Untuk mengubah format ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam software atau aplikasi di komputer dan smartphone. Beberapa software yang direkomendasikan adalah:

1. AVS Video Editor

Aplikasi yang pertama ini cukup ringan digunakan pada PC atau laptop. Banyak Youtuber pemula yang menggunakan AVG video editor untuk mengedit video dengan resolusi Full HD. Ditambah lagi kamu bisa menyesuaikan ukuran video Youtube sesuai kebutuhan.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki 480 efek lebih yang bisa membuat video lebih menarik.

2. Sony Vegas

Software editing yang sering digunakan dalam dunia broadcasting. kelengkapan efek dan plugin yang dimiliki software ini sangat lengkap. Kamu juga bisa berkreasi menggunakan software ini secara leluasa.

Soal ukuran, format dan resolusi semuanya tersedia, kamu tinggal memilih mana yang ingin digunakan sesuai kualitas video aslinya. Kemudian kelebihan dari Sony Vegas adalah adanya stabilizer yang membuat gambar bisa lebih mulus.

Baca Juga  Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Gampang Ditiru

3. Corel Video Editor

Selain software desain, Corel juga memiliki software video editor yang tak kalah bagus kualitasnya dengan software lainnya. Ada beberapa hal yang menarik dari software ini yaitu efek menarik dan juga memiliki fitur menghilangkan noise.

Selain ukuran, format dan resolusi yang bisa kamu pilih, software ini juga menyediakan musik library yang bisa dipilih secara gratis. Sehingga video yang kamu ciptakan bisa lebih menarik.

Inilah ukuran video Youtube, format dan rasionya hingga software editing yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan ukuran tersebut.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.