Ukuran Foto Instagram: Fitur, dan Tips Bagi Penggunanya

Ukuran Foto Instagram – Platform paling laris saat ini selain facebook adalah instagram. Instagram menjadi banyak peminat karena menyediakan fitur yang beragam bagi penggunanya, termasuk ukuran foto instagram dan video untuk feed beranda yang variatif.

Pengguna Instagram dapat ditemui dari segala kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Hal ini tidak mengherankan karena instagram memiliki tampilan menarik.

Foto dan video yang diunggah pun sudah ada patokan ukuran dan rasio yang tepat, sehingga akan tampak lebih rapi. Nah, bila Anda adalah pengguna baru di Instagram, berikut ulasan mengenai ukuran tersebut.

Sekilas Mengenal Instagram Dan Fiturnya

ukuran instagramInstagram mulai dikenal pada tahun 2014. Mulanya, fitur yang disediakan instagram tidak sebanyak sekarang. Pada dasarnya, instagram memiliki keunggulan sebagai platform mengunggah foto dan video untuk dibagikan pada para followersnya.

Ukuran instagram sebagai jejaring sosial seiring bertambahnya waktu telah mengalami perubahan. Tidak hanya untuk berbagi cerita dan motivasi, kini instagram memiliki lebih banyak manfaat. Mulai dari membagikan konten edukasi hingga bisnis.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Banyak juga yang memanfaatkan instagram sebagai salah satu pendukung marketing dari kalangan penggelut bisnis. Untuk para pengguna instagram yang memanfaatkannya sebagai platform bisnis pun telah disediakan fitur Instagram bisnis dan sponsor.

Jangkauan instagram dapat dibilang sangat luas. Maka dari itu, mudah sekali mendapat perhatian dari publik jika ingin mempromosikan produk, tempat, makanan, hingga jasa melalui instagram. Dengan kemampuannya tersebut, instagram memiliki daya tarik tinggi untuk semakin digunakan.

Tak hanya untuk feed beranda, instagram menyediakan snapgram untuk mengunggah cerita secara mudah. Snapgram juga dapat dinikmati oleh pengguna lain. Maka dari itu, video dan foto yang diunggah harus jelas dan menarik.

Mengenal Fitur di Instagram

ukuran video instagram
Instagram dengan segala kelebihannya memberikan banyak manfaat. Hal ini karena fitur yang diberikan sangat mendukung penggunanya. Fitur yang menjadi ciri khas aplikasi instagram adalah feed beranda dan instastory.

Baik user privat, profesional, maupun publik tidak ada salahnya selalu memperhatikan resolusi foto yang ditampilkan agar terlihat indah dan tidak pecah. Terlebih lagi, jika menginginkan jangkauan tampilan feed yang lebih luas, mengenal ukuran foto instagram sangat perlu.

Ukuran gambar instagram terus mengalami pembaharuan dari sejak diluncurkan pertama kali hingga saat ini. Pada fitur feed beranda, pengguna bisa mengunggah foto dan video momen yang ingin diabadikan bersama instagram.

Begitu pula pada fitur instastory, pengguna bisa mengunggah momen yang sedang dilewatinya saat itu. Pada fitur ini, unggahan cerita dapat hilang setelah 24 jam. Namun, pada fitur instastory pengguna dapat menampilkan cerita sebagai feed sorotan atau highlights.

Kedua fitur ini sangat mendukung untuk membagikan foto dan video dalam beragam jenis. Foto tersebut bisa langsung diberi efek sehingga tampak lebih mengesankan.

Namun demikian, tentu akan lebih menarik bila ukuran video instagram dan foto telah disesuaikan dulu sebelum diupload. Hal ini bertujuan agar foto Anda nantinya tidak terpotong saat sudah diupload.

Di samping keduanya, Instagram juga menyediakan fitur informatif untuk penggunanya. Mulai dari informasi jangkauan dan pola interaksi dari akun publik.

Termasuk juga laporan kunjungan profil dalam satu pekan. Hal ini tentu sangat mendukung bagi mereka yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi untuk membidik target berbisnis.

Tak hanya beranda sebagai postingan yang dapat menembus jangkauan luas dengan mode sponsor, instastory pun juga demikian. Instastory juga menyediakan fitur dialog untuk jaring pertemanan dalam Instagram yaitu berupa poling, tagar, pertanyaan dan dm saya.

Fitur yang disajikan akan lebih menarik bila didukung dengan tampilan gambar yang mengesankan. Untuk ukuran Instagram sendiri, gambar menarik adalah modal utama agar bisa eksis.

Berapakah Ukuran Foto Instagram Untuk Profil?

Ukuran Foto Instagram Untuk Profil
Instagram semakin kesini kian memiliki banyak pengguna karena banyak penawaran menarik yang diberikannya. Penggunanya tak hanya selebriti yang kerap disapa selebgram, namun juga orang awam yang ingin melihat dan berbagi dunia melalui media sosial.

Sebagai media sosial yang berbasis foto, instagram menganjurkan penggunanya untuk memasang foto profil sebagai bentuk identitas pengguna. Meskipun dapat dikosongi, akan terasa ada yang kurang bila tampilan foto profil hanya putih abu-abu.

Agar semakin terlihat hidup, perlu ditambahi foto kece untuk ditampilkan dalam fitur profil pengguna. Dari sini, pengguna perlu memperhatikan berapa ukurannya yang tepat agar bisa memilih foto yang pas sebagai pengisi tampilan profil pengguna.

Sebetulnya, ukuran foto  instagram yang optimal untuk dijadikan foto profil adalah 110×110 pixel. Meski demikian, Anda dapat menggunakan ukuran foto instagram hingga 180×180 pixel. Instagram akan menyesuaikan foto dan tampilan idealnya secara otomatis.

Ukuran Media yang Pas Untuk Feed Instagram

Ukuran Media yang Pas Untuk Feed Instagram

Feed instagram dapat diisi foto dan video oleh penggunanya. Dalam hal ini, tentu Anda sangat ingin membagikan momen terbaik dengan foto dan video terbaik pula. Pada dasarnya ukuran video instagram maupun fotonya sangat beragam.

Secara umum, instagram mampu mendukung foto dan video yang memiliki lebar antara 320 hingga 1080 pixel. Ukuran gambarnya sendiri seiring berjalannya waktu mengalami pembaharuan.

Pada saat pertama peluncuran, instagram hanya mendukung foto dengan rasio 1:1. Namun demikian, seiring perkembangan teknologi, kemampuan resolusi gadget juga semakin tinggi. Instagram kemudian berinovasi agar foto dan video yang ditampilkan bisa semakin fleksibel.

Untuk saat ini, pengguna sangat disarankan mengunggah foto dengan ukuran 1080 x 1080 pixel. Untuk gadget resolusi tinggi, ukuran tersebut sangat nyaman dipandang. Namun, bila gadget Anda resolusinya masih rendah, foto akan secara otomatis turun ukurannya menjadi 600 x 600 pixel.

Ukuran 1080 x 1080 pixel disarankan bagi Anda yang masih suka memposting gambar dengan ukuran persegi. Untuk ukuran landscape atau panjang, rasio foto yang paling direkomendasikan adalah 1.91:1.

Sebagaimana disebutkan, memang awalnya di Instagram Anda hanya bisa membagikan foto dengan ukuran 1:1. Namun kini, Anda sudah bisa membagikan gambar di feednya dengan pilihan format portrait dan landscape.

Untuk ukuran potrait, foto instagram yang paling optimal adalah rasio 4:5 atau 8:10. Resolusi optimalnya adalah 1080 x 1350 pixel yang akan ditampilkan dengan resolusi 480 x 600 pixel bila resolusi gadget rendah.

Memperhatikan beberapa hal diatas sangat penting bagi Anda agar feed bisa tertata lebih rapi dan menarik. Pasalnya, jika tidak sesuai dengan kualitas resolusi, foto akan terlihat buram akibat pecah. Ini yang perlu dihindari mengingat feed instagram akan mencerminkan profil Anda.

Ukuran Yang Pas Untuk Story Instagram

Ukuran Yang Pas Untuk Story Instagram

Perlu diingat bhawa saat ini instagram mengembangkan fitur storynya tak hanya untuk mengunggah cerita secara singkat dan sementara. Dengan adanya tambahan fitur sorotan atau highlights, pengguna dapat menampilkan cerita yang sempat diabadikan agar tidak hilang setelah lebih dari 24 jam.

Jika ingin menyorotnya, maka Anda perlu memperhatikan berapa ukuran foto yang tepat pula untuk diuanggah dalam fitur ini. Hal ini mengingat foto tersebut setelah disematkan bisa dilihat lagi oleh para pengguna lain yang mengunjungi profil Anda.

Rasio ideal yang digunakan di Instagram story adalah 16:9. Namun, Instagram dapat secara otomatis memangkas foto untuk menyesuaikan ukuran foto yang Anda posting di fitur ini.

Baca Juga  15 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop Paling Recomended

Oleh karena itu, instagram juga memberikan kebebasan agar pengguna tidak perlu terpatok dengan ukuran tersebut. Dalam hal ini Anda dapat mengunggah foto dengan ratio 1.91:1 untuk dibagikan di instastory.

Saat ini, fitur tersebut juga telah dilengkapi berbagai bentuk stiker untuk menambah tampilan foto agar lebih mengesankan. Ada banyak sekali varian yang bisa digunakan. Selain itu, pengguna dapat menggunakan filter untuk menambah kesan instagramable di postingan pada fitur tersebut.

Filter ini dapat digunakan untuk menambah warna bila pengguna ingin tampilan yang lebih estetik dan hidup. Dalam hal ini Instagram memang sangat mendukung penggunanya untuk terus berkreasi dengan mudah.

Tips Menarik Untuk Pengguna Instagram Bisnis

Tips Menarik Untuk Pengguna Instagram Bisnis
Banyak sekali pengguna yang telah memanfaatkan instagram sebagai sarana mengembangkan bisnis. Jika Anda salah satunya, maka pastikan bahwa feed yang ditampilkan terkesan menarik. Pastikan juga ukurannya sesuai dengan ketentuan gambar instagram yang disampaikan di atas.

Dalam hal ini, jika Anda memilih foto dengan rasio 1:1, maka rasio minimum yang dibutuhkan adalah 600×600 pixel. Jika menginginkan orientasi potrait dengan rasio 4:5, maka sebaiknya menggunakan foto dengan ukuran minimum 600 x 750 pixel.

Dengan menggunakan tips tersebut, maka gambar tidak akan pecah. Bagi para pengguna Instagram bisnis, ini sangat penting karena gambar yang pecah membuatnya tidak menarik lagi dan foto produk atau layanan Anda pun menjadi kurang profesional.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *