Komputer

Surel: Sejarah, Pengertian, Jenis, Sampai Cara Membuatnya

Apa itu surel? ya surel adalah layanan yang belakangan ini sangat sering dibutuhkan pada berbagai pekerjaan.

Tak jarang surel juga dijadikan sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan pada suatu lembaga. Sepenting itulah surel bagi kehidupan bersosial dan profesional saat ini.

Sebenarnya apa sih surel itu dan bagaimana cara membuatnya?

Simak penjelasan berikut ini mengenai penjelasan tentang apa itu surel dan cara penggunaannya. 

Pengertian Surel

Bagi Anda yang telah lama berkecimpung di dunia internet, tentu kata surel sudah bukan lagi kata yang asing. Namun, bagi sebagian masyarakat Indonesia yang kurang update masalah teknologi terkait internet, kata surel masih terdengar asing. 

Jangankan mengerti apa artinya, bahkan ada juga yang belum pernah mendengarnya.

Sedangkan kata sering muncul, mulai dari berita lowongan pekerjaan hingga formulir tertentu.

Mengingat pentingnya pada berbagai bidang, maka Anda harus memahami apa itu surel. 

Surel adalah singkatan dari Surat Elektronik. Berbeda dengan surat pada umumnya yang ditulis pada selembar kertas, surel ini dikirimkan melalui dunia maya atau internet. Untuk menggunakan surat ini, Anda harus memiliki alamat surel.

Secara etimologi bahasa, surel atau surat elektronik merupakan hasil terjemahan dari bahasa Inggris email atau elektronik mail.

Hasil penerjemahan ini diserap dan dibakukan menjadi kata surel dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu Surel?

Agar dapat menggunakan layanan surel, Anda harus memiliki alamat apa itu surel terlebih dahulu.

Alamat surel adalah suatu identitas pemilik akun yang pada umumnya berupa susunan username atau nama unik, kemudian disertai dengan penyedia layanan dan domain.

Seluruh pengguna layanan surel di dunia memiliki alamat yang berbeda-beda.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pengiriman surat maupun masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat duplikasi alamat email.

Ibarat sebuah pengiriman surat pada umumnya, alamat surel merupakan alamat lengkap rumah Anda.

Dengan alamat ini, Anda dapat berkirim surat dengan orang lain atau mitra yang telah memiliki surel. Baik pengirim maupun penerima surat harus memiliki alamat surel. 

Kini penyedia layanan surel telah menjamur. Anda dapat memilih penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penyedia layanan surel gratis yang telah mendunia dan mudah digunakan, misalnya gmail dan yahoo mail. 

Mengenal Sejarah Surel

Seorang programmer bernama Raymond Samuel Tomlinson merupakan penemu dari teknologi surel di tahun 1971.

Raymond Samuel Tomlinson yang jebolan MIT saat itu bekerja sebagai kontraktor ARPANET, yang nantinya menjadi pengembang jaringan internet dari Departemen Pertahanan di Amerika Serikat.

Raymond mengerjakan sistem operasi TENEX untuk BBN teknologi, dia berhasil menciptakan sebuah program email untuk keperluan lokal bernama electronic mail atau email singkatnya.

Email pertama yang dikirim oleh Raymond berisikan “QWERTYUIOP” dari komputernya. Dia menggunakan simbol @ untuk memisahkan username dengan nama domain.

Pada tahun 1972, Raymond berhasil memperbaharui ciptaan programnya secara sempurna sehingga program surat-menyurat ini menjadi populer di dunia.

Awalnya program ini hanya bekerja di LAN (Local Area Network) saja, namun kini surel menjadi sebuah program yang digunakan hampir seluruh orang di dunia.

Kelebihan Utama Surel

Dari banyak manfaat dan kelebihan dari surel, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Surel dapat dikirim dari mana saja selama ada internet, baik itu dari laptop/komputer, smartphone hingga tablet.
  • Periode pengiriman sangat cepat, ini tentunya tergantung jasa layanan yang kamu pakai tapi secara umum sebuah email bisa sampai dalam hitungan detik.
  • Efisien, biaya yang dibutuhkan untuk mengirim sebuah email sangat murah
  • Surel dapat menjangkau orang di mana saja di dunia selama ada koneksi internet
  • Tracking, semua surel yang dikirim maupun diterima dapat disimpan dan diurutkan berdasarkan pengirim atau tanggal pengiriman terjadi.

Kekurangan dari Surel

Selain kelebihan, ada beberapa poin kekurangan surel yang perlu kamu ketahui.

  • Perlu ketelitian, ketika salah mencantumkan nama atau typo sedikit saja, surel tidak dapat terkirim
  • Tidak dapat ditarik kembali, surel yang ingin dikirim sebaiknya dibaca ulang agar tidak terjadi kesalahan disaat mengirimkan pesan.
  • Ketika internet di daerah kamu berada lambat sekali, ada kemungkinan tidak bisa terkirim
  • Penipuan atau scam, sayangnya teknologi ini menjadi celah untuk orang jahat melakukan hal seperti pencurian identitas, phising, spam dan penipuan.

Jenis-jenis Surel 

Apabila kita mengesampingkan perusahaan provider email seperti Google, Yahoo, Hotmail dan lainnya, email atau surel terbagi menjadi 3 jenis yaitu POP Mail, Webmail dan Forward Mail.

POP Mail

POP atau Post Office Protocol adalah sebuah protokol yang digunakan ketika menarik email dari server.

Surel yang diterima dari provider internet akan disimpan ke dalam perangkat yang kamu gunakan seperti laptop secara offline, tidak di dalam server penyedia jasa layanan email.

Jadi apabila kamu tidak terhubung dengan internet, kamu bisa akses surel tersebut hanya di perangkat yang kamu tarik emailnya.

Webmail

Secara singkatnya, webmail adalah web based email dimana kita dapat mengakses surel kita kapan saja dan di perangkat mana saja.

Bedanya dengan POP Mail, surel yang kita terima tidak disimpan di perangkat tapi disimpan di sebuah server jasa layanan email seperti Google, Yahoo, Hotmail dan lainnya.

Kita dapat mengakses dari browser dan aplikasi baik itu dari laptop ataupun smartphone kamu.

Namun ada kekurangan yang signifikan dari fasilitas webmail ini, seperti :

  • Kapasitas penyimpanan yang bisa terbatas bergantung dari jasa layanan
  • Tidak bisa diakses apabila tidak ada internet
  • Apabila server error, surel bisa saja hilang

Forward Mail

Sesuai dengan namanya, forward mail merupakan sebuah layanan yang secara otomatis mengirimkan surel ke alamat lain ketika kita mengirimkan ke tipe surel forward mail.

Manfaat utama sistem ini yaitu kita memiliki backup setiap surel yang kita terima di alamat email yang lain.

Cara Membuat Surel Gmail

Gmail merupakan penyedia layanan surel gratis milik Google. Layanan ini sering digunakan karena dinilai lebih mudah digunakan.

Jika Anda ingin membuat surel dengan layanan gmail, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Gmail

Langkah pertama untuk membuat surel dari google, yaitu buka gmail dengan mengetik alamat gmail.com atau cukup ketik kata kunci “gmail” pada kotak pencarian. Tunggulah beberapa saat, Anda akan diarahkan pada laman baru.

  • Buat Akun

Lihatlah pada bagian pojok kanan atas laman ini. Terdapat menu atau tombol “Buat Akun”. Klik tombol tersebut untuk membuat akun baru milik Anda. Kemudian, Anda akan disuguhkan pada laman formulir.

  • Isi Formulir

Isilah formulir tersebut sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya. Formulir ini akan meminta Anda mengisi data pribadi utama, yakni nama depan dan nama belakang.

  • Alamat Surel

Selanjutnya Anda juga akan diminta untuk menuliskan username atau nama unik sebagai alamat email. Anda dapat memilih rekomendasi username dari layanan ini atau membuatnya sendiri. Misalnya nama_anda123@gmail.com.

Nama tersebut secara otomatis akan diproses oleh google. Apabila ditemukan nama pengguna atau alamat surel yang sama, maka Anda tidak boleh menggunakan alamat surel tersebut. Anda harus memilih alamat surel lain yang unik tapi mudah diingat.

  • Isi Password

Setelah berhasil memilih alamat surel, Anda harus memasukkan password atau kata kunci surel Anda, kemudian konfirmasi dengan menuliskannya kembali.

Jagalah kerahasiaan password surel Anda dengan menggunakan password yang mudah diingat tapi sulit ditebak

  • Klik “Berikutnya”

Setelah klik tombol “berikutnya” Anda akan diminta untuk mengisi nomor Hp, email pemulihan (tidak wajib), tanggal lahir, dan jenis kelamin. 

Klik tombol “berikutnya” dan Anda akan diarahkan pada laman berisi kebijakan dan persyaratan dari google.

Bacalah laman tersebut, kemudian tekan “setuju” apabila Anda menyetujuinya. Dengan demikian, surel atau email Anda siap digunakan.

Cara Membuat Surel Yahoo Mail

Yahoo mail merupakan penyedia layanan surel gratis yang dimiliki oleh Yahoo.

Pengguna layanan surel ini juga tak kalah banyak dari gmail. Cara pembuatan surel ini hampir sama dengan gmail. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Yahoo

Pertama, Anda dapat mengunjungi laman beranda Yahoo Mail. Pada bagian atas laman tersebut terdapat tombol “email” yang harus Anda klik.

  • Pilih “Daftar”

Sebagai pengguna baru, Anda dapat menekan tombol “daftar” atau “sign up”. Tunggulah beberapa saat, Anda akan diarahkan pada laman pengisian formulir pendaftaran.

  • Isi Formulir

Untuk mengisi formulir ini caranya sama dengan mengisi pendaftaran pada gmail. Anda harus mengisi data pribadi, membuat alamat surel, dan password. Setelah terisi semua, kemudian klik “Selanjutnya”.

  • Verifikasi Data

Anda akan diminta untuk memverifikasi atau mengecek data yang telah Anda isi pada formulir. Jika Anda telah yakin benar, tekan “Text Me an Account Key”.

  • Tunggu SMS

Anda akan menerima SMS yang berisi pin akun yahoo Anda, lalu masukkan. Karena sifat surel adalah pribadi, maka jangan bagikan pin akun Yahoo mail pada orang lain.

Setelah muncul laman bertuliskan “Selamat” atau “Congratulation”, berarti akun Anda telah berhasil terdaftar pada yahoo mail. Kemudian klik “Mari kita mulai” atau “Let’s get started”, maka surel siap digunakan.

F.A.Q

Surel merupakan singkatan dari surat elektronik yang lebih dikenal sebagai email.
Ada dua bagian dari surel, subjek dan isi pesan.
Alamat surel terdiri dari nama pengguna dan nama domain. Contoh: budi@situsku.com
Fungsi surel yaitu mengirimkan pesan berisi text, file, audio atau video.
Cara membuat akun surel adalah dengan mengunjungi jasa layanan surel seperti Google, Yahoo dan Hotmail lalu membuat akun disana.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Artikel Lainnya

Cek Juga
Close
Back to top button