surel adalah
Komputer

Mengenal Pengertian Surel dan Cara Membuatnya

Apa itu surel? ya surel adalah layanan yang belakangan ini sangat sering dibutuhkan pada berbagai pekerjaan.

Tak jarang surel juga dijadikan sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan pada suatu lembaga. Sepenting itulah surel bagi kehidupan bersosial dan profesional saat ini.

Sebenarnya apa sih surel itu dan bagaimana cara membuatnya?

Simak penjelasan berikut ini mengenai penjelasan tentang apa itu surel dan cara penggunaannya. 

Pengertian Surel

Bagi Anda yang telah lama berkecimpung di dunia internet, tentu kata surel sudah bukan lagi kata yang asing. Namun, bagi sebagian masyarakat Indonesia yang kurang update masalah teknologi terkait internet, kata surel masih terdengar asing. 

Jangankan mengerti apa artinya, bahkan ada juga yang belum pernah mendengarnya.

Sedangkan kata sering muncul, mulai dari berita lowongan pekerjaan hingga formulir tertentu. Mengingat pentingnya pada berbagai bidang, maka Anda harus memahami apa itu surel. 

Surel adalah singkatan dari Surat Elektronik. Berbeda dengan surat pada umumnya yang ditulis pada selembar kertas, surel ini dikirimkan melalui dunia maya atau internet. Untuk menggunakan surat ini, Anda harus memiliki alamat surel.

Secara etimologi bahasa, surel atau surat elektronik merupakan hasil terjemahan dari bahasa Inggris email atau elektronik mail.

Hasil penerjemahan ini diserap dan dibakukan menjadi kata surel dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu Surel?

Agar dapat menggunakan layanan surel, Anda harus memiliki alamat apa itu surel terlebih dahulu.

Alamat surel adalah suatu identitas pemilik akun yang pada umumnya berupa susunan username atau nama unik, kemudian disertai dengan penyedia layanan dan domain.

Seluruh pengguna layanan surel di dunia memiliki alamat yang berbeda-beda.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pengiriman surat maupun masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat duplikasi alamat email.

Ibarat sebuah pengiriman surat pada umumnya, alamat surel merupakan alamat lengkap rumah Anda.

Dengan alamat ini, Anda dapat berkirim surat dengan orang lain atau mitra yang telah memiliki surel. Baik pengirim maupun penerima surat harus memiliki alamat surel. 

Kini penyedia layanan surel telah menjamur. Anda dapat memilih penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penyedia layanan surel gratis yang telah mendunia dan mudah digunakan, misalnya gmail dan yahoo mail. 

Cara Membuat Surel Gmail

Gmail merupakan penyedia layanan surel gratis milik Google. Layanan ini sering digunakan karena dinilai lebih mudah digunakan.

Jika Anda ingin membuat surel dengan layanan gmail, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Gmail

Langkah pertama untuk membuat surel dari google, yaitu buka gmail dengan mengetik alamat gmail.com atau cukup ketik kata kunci “gmail” pada kotak pencarian. Tunggulah beberapa saat, Anda akan diarahkan pada laman baru.

  • Buat Akun

Lihatlah pada bagian pojok kanan atas laman ini. Terdapat menu atau tombol “Buat Akun”. Klik tombol tersebut untuk membuat akun baru milik Anda. Kemudian, Anda akan disuguhkan pada laman formulir.

  • Isi Formulir

Isilah formulir tersebut sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya. Formulir ini akan meminta Anda mengisi data pribadi utama, yakni nama depan dan nama belakang.

  • Alamat Surel

Selanjutnya Anda juga akan diminta untuk menuliskan username atau nama unik sebagai alamat email. Anda dapat memilih rekomendasi username dari layanan ini atau membuatnya sendiri. Misalnya nama_anda123@gmail.com.

Nama tersebut secara otomatis akan diproses oleh google. Apabila ditemukan nama pengguna atau alamat surel yang sama, maka Anda tidak boleh menggunakan alamat surel tersebut. Anda harus memilih alamat surel lain yang unik tapi mudah diingat.

  • Isi Password

Setelah berhasil memilih alamat surel, Anda harus memasukkan password atau kata kunci surel Anda, kemudian konfirmasi dengan menuliskannya kembali. Jagalah kerahasiaan password surel Anda dengan menggunakan password yang mudah diingat tapi sulit ditebak

  • Klik “Berikutnya”

Setelah klik tombol “berikutnya” Anda akan diminta untuk mengisi nomor Hp, email pemulihan (tidak wajib), tanggal lahir, dan jenis kelamin. 

Klik tombol “berikutnya” dan Anda akan diarahkan pada laman berisi kebijakan dan persyaratan dari google.

Bacalah laman tersebut, kemudian tekan “setuju” apabila Anda menyetujuinya. Dengan demikian, surel atau email Anda siap digunakan.

Cara Membuat Surel Yahoo Mail

Yahoo mail merupakan penyedia layanan surel gratis yang dimiliki oleh Yahoo.

Pengguna layanan surel ini juga tak kalah banyak dari gmail. Cara pembuatan surel ini hampir sama dengan gmail. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Yahoo

Pertama, Anda dapat mengunjungi laman beranda Yahoo Mail. Pada bagian atas laman tersebut terdapat tombol “email” yang harus Anda klik.

  • Pilih “Daftar”

Sebagai pengguna baru, Anda dapat menekan tombol “daftar” atau “sign up”. Tunggulah beberapa saat, Anda akan diarahkan pada laman pengisian formulir pendaftaran.

  • Isi Formulir

Untuk mengisi formulir ini caranya sama dengan mengisi pendaftaran pada gmail. Anda harus mengisi data pribadi, membuat alamat surel, dan password. Setelah terisi semua, kemudian klik “Selanjutnya”.

  • Verifikasi Data

Anda akan diminta untuk memverifikasi atau mengecek data yang telah Anda isi pada formulir. Jika Anda telah yakin benar, tekan “Text Me an Account Key”.

  • Tunggu SMS

Anda akan menerima SMS yang berisi pin akun yahoo Anda, lalu masukkan. Karena sifat surel adalah pribadi, maka jangan bagikan pin akun Yahoo mail pada orang lain.

Setelah muncul laman bertuliskan “Selamat” atau “Congratulation”, berarti akun Anda telah berhasil terdaftar pada yahoo mail. Kemudian klik “Mari kita mulai” atau “Let’s get started”, maka surel siap digunakan.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.