Software: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Software Adalah – Setiap hari kami berinteraksi dengan software yang membantu kami melaksanakan tugas dan meningkatkan efisiensi kami. Dari Microsoft Windows yang menyambut kami ketika kami menyalakan komputer hingga browser yang kami gunakan untuk menjelajahi web, dan aplikasi di ponsel cerdas kami yang memandu kami tentang berapa banyak kalori yang kami bakar hari ini!

Software Adalah Perangkat Lunak

software

Menurut definisi, software adalah program komputer yang menyediakan instruksi dan data untuk menjalankan perintah pengguna. Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari mesin yang tidak dapat Anda lihat, tetapi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer seperti halnya mouse, monitor, hard drive, dan keyboard membantu Anda menggunakan komputer.

Saat ini ada banyak teknologi dan software canggih yang tersedia bagi kita yang menentukan cara kita menjalani kehidupan kita dan mengakomodasi kebutuhan kita yang terus berubah. Segudang software perbedaannya bisa sangat besar bagi siapa pun.

Baca Juga  Cache: Fungsi, Jenis dan Cara Menghapus Cache

Terutama jika Anda tidak memahami berbagai jenis software adalah yang tersedia dan penggunanya cukup baik. Beberapa contoh umum software termasuk Microsoft Word, Photoshop, Adobe Reader, Google Chrome, Gmail, PowerPoint, VLC, dan banyak program komputer serupa lainnya yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita duduk untuk mendaftar semua contoh software, daftar itu tidak akan pernah berakhir, tetapi yang lebih penting dari itu adalah memahami bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Jenis software ini dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua kategori.

2 Jenis Software Komputer

pengertian software
Dua jenis utama dari software komputer adalah:

• Aplikasi software

• Software Sistem

Sementara itu, dua jenis software komputer lainnya adalah:

• Software Pemrograman

• Software Pengemudi

Seringkali pemrograman dan software driver dianggap sebagai jenis software sistem. Namun dalam artikel ini, kami akan menjelaskan masing-masing kepada Anda secara terpisah. Jadi, lanjutkan membaca untuk pembahasan terperinci tentang jenis software, penggunaannya, dan contoh-contohnya.

Contoh Software Aplikasi

Contoh Software Aplikasi

Sebagai pengguna teknologi, Software Aplikasi atau ‘Aplikasi’ adalah yang paling sering Anda gunakan. Jenis software komputer ini adalah program pengguna akhir yang produktif yang membantu Anda melakukan tugas. Berikut adalah beberapa contoh software aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan pekerjaan tertentu:

– MS Excel

Ini adalah software spreadsheet yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan dan menganalisis data.

– Photoshop

Ini adalah software aplikasi pengeditan foto oleh Adobe. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan, katalog, dan berbagi gambar secara visual.

– Skype

Ini adalah aplikasi komunikasi online yang dapat Anda gunakan untuk obrolan video, panggilan suara, dan pesan instan.

Aplikasi software juga disebut sebagai software bisa penting maupun tidak, karena mereka diinstal dan dioperasikan pada komputer berdasarkan kebutuhan pengguna. Ada banyak software aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tugas yang berbeda.

Jumlah aplikasi tersebut terus meningkat dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pengguna yang berkembang. Anda dapat mengategorikan software jenis ini ke dalam grup yang berbeda, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut:

Baca Juga  Apa Itu Reboot? Ketahui Perbedaanya Dengan Riset

Aplikasi software juga disebut sebagai software tidak penting. Mereka diinstal dan dioperasikan pada komputer berdasarkan kebutuhan pengguna. Ada banyak software aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tugas yang berbeda.

Jumlah aplikasi tersebut terus meningkat dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pengguna yang berkembang. Anda dapat mengategorikan software jenis ini ke dalam grup yang berbeda, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut:

Apa Itu Software Sistem? dan Apa Contohnya

apa itu software

Software Sistem membantu pengguna, perangkat keras dan software aplikasi untuk berinteraksi dan fungsi software bersama. Jenis software komputer ini memungkinkan lingkungan atau platform untuk software dan aplikasi lain berfungsi. Inilah sebabnya mengapa software sistem sangat penting dalam mengelola seluruh sistem komputer.

Ketika Anda pertama kali menyalakan komputer, itu adalah software sistem yang awalnya dimuat ke dalam memori. Tidak seperti software aplikasi, software sistem tidak digunakan oleh pengguna akhir seperti Anda.

Ini hanya berjalan di latar belakang perangkat Anda, pada tingkat paling dasar ketika Anda menggunakan software aplikasi lain. Inilah sebabnya mengapa software sistem juga disebut “software tingkat rendah”.

– Software Driver

Software driver sering diklasifikasikan sebagai jenis software sistem. Mereka mengoperasikan dan mengontrol perangkat dan periferal yang terhubung ke komputer. Driver penting karena memungkinkan perangkat untuk melakukan tugas yang ditentukan.

Mereka melakukan ini dengan menerjemahkan perintah Sistem Operasi untuk Perangkat Keras atau perangkat, menetapkan tugas. Karena itu, setiap perangkat yang terhubung ke komputer Anda memerlukan setidaknya satu driver perangkat berfungsi.

Karena ada ribuan jenis perangkat, driver membuat software sistem Anda bekerja lebih mudah dengan memungkinkannya berkomunikasi melalui bahasa standar. Beberapa contoh software driver yang mungkin Anda kenal adalah:

• Driver Printer

• Driver Mouse

• Kartu jaringan

Biasanya, sistem operasi dilengkapi dengan driver untuk mouse, keyboard, dan printer secara default. Mereka sering tidak memerlukan instalasi pihak ketiga. Tetapi untuk beberapa perangkat canggih, Anda mungkin perlu menginstal driver secara eksternal.

Contoh Software Tambahan Yang Mungkin Anda Kenal

macam macam software

Sekarang kita telah membahas jenis software utama dan sekarang Anda pasti bertanya-tanya tentang software yang paling sering Anda gunakan. Misalnya, aplikasi software media sosial yang trendi seperti Snapchat dan Instagram atau aplikasi pengeditan foto seperti PhotoShop dan Snapseed.

Anda harus memikirkan kategori apa yang termasuk dalam kategori itu. Dapatkah mereka hanya diklasifikasikan sebagai kategori luas dari software Aplikasi atau apakah ada cara yang lebih baik untuk menggambarkannya? Jawabannya ya, selain jenis utama software komputer ada berbagai kategori software.

1. Freeware

Software freeware adalah semua software yang tersedia untuk digunakan secara gratis. Mereka dapat diunduh dan diinstal melalui internet tanpa biaya. Beberapa contoh freeware yang terkenal adalah:

• Google Chrome

• Skype

• Instagram

• Snapchat

2. Shareware

Shareware, di sisi lain, adalah aplikasi software yang merupakan program berbayar, tetapi disediakan secara gratis untuk jangka waktu terbatas yang dikenal sebagai ‘masa percobaan’. Anda dapat menggunakan software ini tanpa biaya selama periode uji coba, tetapi Anda akan diminta untuk membelinya untuk digunakan setelah uji coba berakhir.

• Adobe PhotoShop

• Adobe Illustrator

• Aplikasi Netflix

• Matlab

• McAfee Antivirus

Baca Juga  Database: Manfaat, Fungsi Tipe, dan Jenis-Jenisnya

3. Software Open Source

Ini adalah jenis software yang memiliki kode sumber terbuka yang tersedia untuk digunakan untuk semua pengguna. Itu dapat dimodifikasi dan dibagikan dengan siapa pun untuk tujuan apa pun. Contoh umum software open source yang digunakan oleh pemrogram adalah:

LibreOffice

• PHP

• Program Manipulasi Gambar GNU (GIMP)

3. Software Sumber Tertutup

Ini adalah jenis software yang tidak gratis untuk programmer. Untuk software ini, kode sumber adalah properti intelektual penerbit software. Ini juga disebut ‘software berpemilik’ karena hanya penulis asli yang dapat menyalin, memodifikasi, dan berbagi software tersebut.

5. Software Utilitas

Software utilitas dianggap sebagai subkelompok software Sistem. Mereka mengelola kinerja perangkat keras dan software aplikasi Anda yang diinstal pada komputer Anda, untuk memastikan mereka bekerja secara optimal. Beberapa fitur software utilitas meliputi:

• Software antivirus dan keamanan

• Kompresor file

• Pembersih disk

• Software defragmentasi disk

• Software pencadangan data

Sebagai kesimpulan, ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan berbagai jenis dan pengertian software komputer. Software adalah dapat dikategorikan berdasarkan fungsi yang mereka lakukan seperti software aplikasi, software Sistem, Software Pemrograman, dan software Driver.

Mereka juga dapat diklasifikasikan berdasarkan fitur yang berbeda seperti sifat kode sumber, aksesibilitas, dan biaya penggunaan, semoga saja informasi ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Tedas yah.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *