SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Artikel terakhir diperbaharui 30-03-2021 oleh Aldy Amrillah

SMTP Adalah – Penggunaan email saat ini sangatlah penting karena dinilai lebih formal dan dirasa lebih mudah serta praktis.

Email digunakan untuk keperluan mengirim pesan, dokumen gambar atau video untuk jarak dekat maupun jauh. Dengan menggunakan email anda dapat menjangkau jarak jauh seperti luar negeri sekalipun.

Jika anda pengguna layanan email Gmail, ada beberapa manfaat yang wajib anda ketahui. Salah satunya adalah SMTP Gmail.

SMTP adalah salah satu pengaturan yang berguna untuk mengakses surat elektronik yang harus dibantu dengan jaringan internet.

SMTP ditemukan pada tahun 1982 dan berkembang pesat. Awalnya, nama SMTP adalah STN 10, lalu diperbaharui pada tahun 2008 dengan berbagai opsi seperti HTTP hingga Protocol TCP.

Dengan itu dapat disimpulkan bahwa SMTP sangat dibutuhkan karena digunakan untuk mengirim pesan elektronik atau email.

Pengertian Dari SMTP, POP3, dan IMAP

Untuk memahami pembahasan mengenai Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) lebih dalam, anda harus memahami pengertian dari POP3, IMAP, dan SMTP itu sendiri.

  1. Pengertian SMTP

Sebelum membahas SMTP, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai protokol pada email.

Saat komputer melakukan kegiatan komunikasi dengan komputer lainnya, perlu adanya aturan atau instruksi yang harus diikuti oleh setiap komputer yang dinamakan dengan protokol.

SMTP adalah singkatan dariSimple Mail Transfer Protocol. SMTP adalah media untuk mengirimkan dan menerima pesan email menjadi lebih mudah dan cepat.

Simple Mail Transfer Protocol atau yang disingkat SMTP ini digunakan oleh pengguna untuk mengirim email dengan memanfaatkan jaringan internet ke penerima pesan.

SMTP adalah protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokasi email ke server sebelum pada akhirnya dikirimkan ke server email penerima.

Proses SMTP ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent atau MTA yang berada di dalam server email anda.

Port SMTP Default

Port 25 – Port tanpa dienkripsi

Port 426 – Port SSL/TLS (SMTPS)

  1. Pengertian POP3

POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol 3) adalah versi terbaru dari protokol standar untuk menerima pesan elektronik atau email.

POP3 adalah server dimana nantinya email akan dikirimkan dari server ke email lokal yang berfungsi untuk komunikasi dengan email server dan mengunduh seluruh email ke email lokal tanpa menyimpan salinannya di server.

Email lokal seperti Outlook, Windows Mail, Mac Mail, dan lain-lainnya. namun anda bisa memilih untuk tetap menyimpan salinan email yang diunduh pada server atau tidak.

Jika anda mengakses email di dua perangkat yang berbeda, akan lebih baik untuk menyimpan backup agar menjadi antisipasi jika perangkat kedua tidak mengunduh email sementara di perangkat pertama email sudah dihapus.

POP3 merupakan protokol komunikasi satu arah dimana data diambil dari server dan dikirim ke email lokal yang ada di perangkat komputer.

Dengan menggunakan POP3, anda bisa membuka kembali email yang sudah diunduh melalui aplikasi local mail di komputer tanpa menggunakan sambungan internet.

Port POP3 Default

Port 110 – Port tanpa dienkripsi

Port 995 – Port SSL/TLS

  1. Pengertian IMAP

IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol yang sama dengan POP3, IMAP digunakan untuk mengirim email ke lokal mail namu ada perbedaan pada cara kerjanya.

Berbeda dengan POP3, IMAP merupakan protokol komunikasi dua arah dengan tujuan perubahan yang dibuat pada lokal mail yang dikirimkan ke server.

Namun, pada dasarnya isi email akan tetap ada di server. Protokol IMAP lebih direkomendasikan untuk pengguna email Gmail.

Isi email akan disimpan di server, jika anda mengecek email, email lokal akan menghubungi server untuk menampilkan isi email sehingga pesan email tetap ada di server alias tidak didownload ke email lokal.

 Fungsi Dari SMTP

smtp adalah

Setelah anda memahami pengertian dari SMTP seperti yang sudah dijelaskan di atas, selanjutnya artikel ini akan membahas mengenai fungsi SMTP Gmail.

Mungkin anda sudah sedikit memahami fungsi SMTP dengan melihat pengertian dari SMTP itu sendiri bahwa SMTP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim email lebih mudah dan cepat.

SMTP adalah media yang sangat berperan penting untuk mengirim pesan elektronik atau email. Pengguna akan bisa mengirim pesan apabila sudah menggunakan alamat IP pada TCP melalui port 25.

Di dalamnya akan terdapat mesin antar host seperti User Agent, MUA, atau Mail Transfer Agent (MTA).

Lalu, pesan email akan diterima oleh IMAP atau POP3. Setelah itu  jika anda menggunakan POP3, pesan akan diunduh dan disimpan melalui data server di SMTP secara otomatis.

SMTP adalah protokol yang menggunakan TCP dengan Port 10 sehingga pesan akan diunduh seutuhnya dan tidak ada selektif terhadap pesan yang masuk.

Apabila pesan sudah masuk dan terunduh, user atau pengguna bisa memutus koneksi internet dan memindahkan semua pesan yang sudah diunduh ke perangkat komputer.

Ada fungsi SMTP lainnya yang harus anda ketahui diantaranya:

  • SMTP adalah protokol standar yang bisa membantu proses pengiriman email menjadi lebih mudah dan cepat
  • Kerahasian pribadi user atau pengguna akan lebih terjaga
  • Ada banyak vendor yang telah menyediakan layanan email bagi pengguna
  • Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Mempermudah pengguna dalam sistem komunikasi apalagi bagi pengguna yang berada di lokasi sangat jauh atau berbeda negeri.

 Cara Mengaktifkan SMTP Gmail

Setelah membahas pengertian dan fungsi dari SMTP di atas, untuk anda yang ingin mengaktifkan SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol Gmail, langkah-langkahnya sangat mudah dan cepat.

Pastinya anda harus memiliki akun google dan akses untuk menuju cPanel yang ada di hosting anda. Langkah-langkah mengaktifkan SMTP Gmail bisa anda ikuti dengan cara di bawah ini:

  1. Aktifkan Fitur Less Secure Apps

Agar bisa mengaktifkan SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol Gmail secara tepat, anda harus memulai akses Less Secure Apps.

Setelah itu Google akan secara otomatis memblokir perangkat yang sudah tidak sesuai standar keamanan di masa ini. Maka anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Less Secure Apps di akun gmail milik anda.

  1. Log In Akun Gmail dan Atur Setting

Cara selanjutnya untuk mengaktifkan SMTP adalah dengan masuk ke akun Gmail anda. Lalu pilih menu setting untuk pengaturan.

Setelah itu anda pilih menu “Tap Forwarding IMAP/POP” yang sudah tersedia. Lalu anda bisa memilih format “Enable IMAP”.

Selanjutnya anda bisa masuk ke tahap PHPmailer untuk melihat script PHP mail yang ada dan nantinya akan digunakan.

  1. Akses Repository PHPmailer

Cara terakhir untuk mengaktifkan SMTP adalah mengakses repository PHPmailer pada bagian Github. Lalu download script yang tersedia pada menu “Download Zip or Clone”.

Di situ nantinya anda sudah bisa menyimpan pesan secara langsung ke komputer anda. Sekarang anda sudah bisa mengakses semua fungsi yang ada di dalamnya.

Catatannya, anda harus menggunakan fitur-fitur tersebut dengan cara yang baik dan benar.

Dengan mengaktifkan SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol akan memberikan kemudahan bagi anda untuk bisa langsung mengirim surat elektronik atau email ke alamat tujuan dimanapun dan kapanpun.

Anda bisa lebih menghemat tenaga dan budget dengan proses pengiriman surat elektronik atau email yang lebih cepat.

Dengan informasi di atas mengenai protokol pada email seperti SMTP, POP3, IMAP, serta cara mengaktifkan SMTP pada Gmail anda, diharapkan dapat memberikan informasi dan penjelasan yang bisa anda pahami.

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.