Repeater : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Repeater – Ketika membicarakan soal jaringan komputer yaitu internet, ada banyak sekali perangkat yang digunakan. Bagi orang awam yang tidak mempelajarinya secara spesifik pasti akan mendengar istilah asing.

Memang benar ketika memasang sebuah jaringan komputer di perkantoran pasti membutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya. Karena jaringan bisa dibilang cukup rumit untuk dipasang sendiri. Namun setidaknya mengerti sedikit soal jaringan tentunya menambah pengetahuan.

Salah satu bagian yang membangun jaringan yaitu repeater seringkali digunakan. Repeater adalah alat penguat sinyal, bagaimana cara kerja, jenis dan pengertiannya secara lengkap akan diulas di sini.

Apa Itu Repeater?

Apa Itu Repeater

Apabila dilihat dari katanya, repeater berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah pengulangan. Kata tersebut memang benar adanya untuk menggambarkan sebagaimana fungsi dari repeater.

Repeater adalah sebuah alat yang fungsi utamanya adalah mengulang atau juga meneruskan sinyal pada area di sekitar tempat pemasangannya. Sehingga jaringan bisa didapatkan oleh semua perangkat komputer.

Tidak selamanya sinyal internet bisa disebarkan secara luas melalui router. Oleh karena itu dibutuhkan tambahan alat yang fungsi utamanya untuk menyebarkan sinyal WiFi lebih luas lagi. Sehingga jarak keterjangkauannya maksimal.

Pemasangannya sendiri biasanya pada titik-titik tertentu sehingga sinyal akan diperbaharui sekaligus kekuatannya dikembalikan seperti semula. Sinyal tidak internet tidak selamanya kuat karena biasanya sering terjadi pelemahan dan perubahan bentuk.

Baca Juga  Search Engine : Pengertian, Fungsi dan Macam-Macamnya

Apa itu repeater sudah jelas bahwa alat ini untuk menyebarkan jaringan internet. Tapi ternyata tak hanya ada repeater untuk WiFi saja loh, ada juga repeater pada kabel. Ketika menggunakan jaringan internet menggunakan kabel, masalahnya juga sama yaitu sinyal yang dikirim bisa saja melemah.

Masalahnya bisa terjadi karena kabel bermasalah,. oleh karena itu untuk jarak kabel beberapa meter perlu dipasangi repeater. Sehingga ketika terdapat lokasi unit komputer yang agak jauh, jaringan yang didapatkan tetap stabil.

Kini sudah jelas bukan pengertian repeater itu apa. Kini ketahui lebih jauh mengenai macam-macam fungsi dan jenisnya.

Macam-Macam Fungsi dari Repeater

Fungsi dari Repeater

Pada penjelasan pengertian repeater sekilas sudah dibahas apa saja fungsinya secara umum. Supaya lebih memahami lagi apa saja fungsinya, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Perluasan Jaringan WiFi

Jaringan internet kini memang sangat dibutuhkan, namun keterbatasan jarak sinyal seringkali menjadi masalah. Contohnya saja sinyal yang digunakan dalam sebuah gedung bertingkat seperti hotel.

Ada banyak lantai dan tak mungkin semua terjangkau hanya dengan router. Oleh karena itu biasanya akan dipasang router pada setiap lantai dengan jarak tertentu sehingga jaringan WiFi bisa diperluas.

2. Akses sinyal WiFi yang sama kuatnya dari server utama

Jarak yang jauh menentukan tinggi rendahnya sinyal yang ditangkap. Tentu saja semakin jauh sinyal akan semakin lemah. Koneksi pun menjadi lambat dan sangat mengganggu pekerjaan.

Supaya sinyal WiFi yang didapatkan di setiap unit komputer sama, maka router pun digunakan. Fungsinya sebagai penstabil sinyal pun sangat menguntungkan.

Baca Juga  7 Cara Menggunakan Bootstrap Buat Kamu Para Pemula

3. Minim penggunaan kabel jaringan

Khusus untuk repeater WiFi, para penggunanya tidak perlu berurusan lagi dengan banyak kabel yang harus disembunyikan. Belum lagi perawatan kabel jaringan tidaklah murah dan mudah.

Ketika kabel rusak di salah satu bagian perlu menelusuri satu per satu untuk mengetahui letak kerusakannya. Namun dengan repeater WiFI, hanya repeater saja yang dicek apabila terjadi kerusakan.

Inilah tiga fungsi repeater yang sangat menguntungkan. Sehingga pada sebuah kantor atau gedung bertingkat tak perlu terlalu banyak memasang router. Cukup memanfaatkan repeater untuk memperluas jaringan.

Jenis-Jenis Repeater yang Banyak Digunakan

Jenis-Jenis Repeater

Termasih repeater WiFi, ada beberapa jenis repeater yang hingga saat ini banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan. Berikut ini jenis-jenisnya.

1. Repeater Radio

Jenis yang pertama ini berfungsi untuk memperkuat sinyal radio dan jaringan WiFi termasuk di dalamnya. Bentuknya memiliki antena satu yang memiliki dua fungsi yaitu menerima dan mentransmisikan.

2. Repeater Telepon

Sesuai dengan namanya, jenis repeater telepon adalah untuk memperkuat sinyal telepon. Biasanya sinyal telepon akan melemah karena jarak yang terlalu jauh. Kebanyakan telepon jarak jauh akan menggunakan repeater ini.

3. Repeater Optical

Kabel fiber optic yang biasanya digunakan untuk internet seperti Indihome biasanya juga memanfaatkan repeater jenis untuk memperluas jaringan internet dengan kabel tersebut.

Mengenali Cara Kerja Repeater

Cara Kerja Repeater

Repeater adalah alat yang sangat penting dalam menyebarluaskan jaringan yang terbatas. Oleh karena itu mengamati cara kerjanya memudahkan kita mengetahui apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Cara kerjanya sendiri sangat simpel, yaitu repeater akan menerima sinyal dari sumbernya atau transmitter. Kemudian dengan merubah frekuensi, repeater akan mengeluarkan sinyal dari jaringan yang telah ditangkap.

Sehingga ketika sinyal yang dipancarkan keluar dari repeater akan sama kuatnya dengan sinyal yang masuk. Ada dua sistem yang berfungsi di sini yaitu repeater analog dan digital.

Repeater analog akan mengirim sinyal jaringan dengan bentuk data analog. Sistem ini membutuhkan banyak daya untuk bekerja sesuai dengan besaran jaringan yang dikirim.

Baca Juga  VPS: Pengertian, Konsep, Cara Kerja dan Fungsinya

Repeater digital akan mengeluarkan sinyal bentuk digital. Sistem ini tidak memakan banyak daya listrik dengan bentuk binary. Disamping cara kerjanya, ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan karena mempengaruhi kinerja nantinya.

Repeater akan berfungsi dengan baik apabila diletakkan pada tempat yang tinggi. Selain itu repeater juga memiliki jarak fisik dari perangkat jaringan utama, jadi harus diketahui betul mana titik yang tepat untuk pemasangan.

Perangkat keras yang satu ini memiliki lebih banyak keunggulan. Jadi pemasangannya harus benar supaya fungsinya dapat bekerja sesuai kebutuhan ya Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *