Apa Itu Reboot? Ketahui Perbedaanya Dengan Riset

Anda pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah ‘Reboot’ pada Android. Istilah ini mulai dikenal saat OS Android mulai beroperasi dan bbiasanya seringkali digunakan saat smartphone sedang hang atau berhenti beroperasi secara mendadak.

Maka jika hal ini terjadi, yang banyak orang lakukan adalah melakukan reboot pada smartphone. Namun, tidak semua orang tau apa itu reboot dan apa fungsinya.

Perlu diketahui terlebih dahulu, fungsi Android serupa dengan desktop komputer yang memiliki OS, processor, RAM, dan perangkat lainnya. Hal yang membedakannya hanyalah pada ukuran, jika komputer besar, maka Android adalah versi kecilnya. Oleh karenanya, fungsi sistem Android juga identik dengan yang ada pada komputer. Nah, fungsi reboot pada Android, kurang lebih serupa dengan restart komputer.

Apa Itu Reboot?

reboot
Secara sederhana, reboot adalah mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan depan pada Android dan perangkat sejenis komputer lainnya, kemudian memulai sistem kembali. Jadi, bisa dikatakan juga, jika reboot merupakan suatu tugas umum yang dapat dilakukan oleh semua jenis perangkat jka tidak merespons perintah dengan baik.

Seperti yang sudah disebutkan, reboot dilakukan saat Android tidak merespons perintah dengan benar dan berhenti beroperasi secara mendadak. Kita mengenalnya dengan istilah ‘hang’. Melakukan reboot pada smartphone yang sedang hang memang cukup efektif dilakukan. Bagaimana cara melakukan reboot pada OS Android?

Baca Juga  Database: Manfaat, Fungsi Tipe, dan Jenis-Jenisnya

Cara melakukan reboot pada tiap vendor smartphone Android sangat mudah dan pada umumnya memiliki cara yang sama saja. Anda hanya perlu menekan tombol on-off pada Android sampai muncul pop up pilihan ‘reboot’ atau ‘restart’. Beberapa smartphone memiliki shortcut reboot tersendiri tanpa harus menekan tombol on-off. Lantas, apa yang terjadi saat Android sedang reboot?

Perbedaan Rebort dan Reset

arti reboot

Banyak juga yang salah kaprah mengartikan reboot sama dengan reset. Padahal, keduanya adalah istilah yang berbeda sama sekali. Fungsi dan cara penggunaannya pun berbeda, meski memang terlihat tidak begitu penting membedakan keduanya. Namun, perbedaan ini perlu juga diketahui. Sebab, jika terjadi kesalahan, akan fatal.

Alasan pentingnya mengetahui perbedaan keduanya karena fungsinya tadi yang berbeda, meski kelihatannya seperti sama saja. Apa perbedaannya? Jika tadi disebutkan arti reboot adalah on/off ponsel dan tidak akan menghilangkan data-data atau memoti pada smartphone Anda, maka pengertian reset tidak sesederhana arti reboot. Reset artinya sama dengan menghapus dan mengatur ulang.

Jika pada reboot data-data dan memori tidak ada yang hilang, tidak demikian pada opsi reset. Me-reset perangkat berarti mengembalikannya dalam keadaan yang sama saat pertama kali dibeli. Cara ini betul-betul akan menghapus data dan pengaturan dan melakukan instalasi kembali dari awal. Oleh karenanya, sistem smartphone yang direset akan terlihat seperti baru kembali.

Sebagai contoh, saat Anda akan menjual smartpone milik Anda hanya dengan melakukan reboot pada perangkat dan kemudian menjualnya, tentu itu bukanlah keputusan yang tepat. Sebab, reboot prangkat hanya akan mematikan sistem dan tidak betul-betul mengembalikan software seperti sediakala. Untuk itu, pada kondisi ini, Anda harus melakukan reset.

Cara Kerja Reboot Adalah Sebagai Berikut

cara kerja reboot

Hal yang terjadi saat Android reboot adalah pertama Android menutup semua tugas yang sedang terbuka dan menyimpan data yang diperlukan. Kemudian, Android menghapus semua urutan proses yang tertunda. Setelah semua ini dilakukan, maka resource prosesor dan RAM akan menjadi lega kembali.

Selanjutnya, prosesor memastikan tidak ada proses lagi yang tersedia. Kini mobile mengulang file sistem Android ke RAM. Kemudian prosesor memulai eksekusi dan menginisialisasi UI. Setelah tugasnya telah selesai semua, maka smartphone Anda telah sepenuhnya melakukan reboot.

Baca Juga  Artificial Intelligence: Apa Manfaat dan Dampaknya?

Pada beberapa smartphone, reboot dianggap sebagai pilihan restart. Sebab, memang arti reboot sama dengan restart. Sebutan reboot karena ketika sistem ponsel dinyalakan, mereka akan mengambil initial boot dari perangkat keras urama sistem yang memiliki beberapa data yang tersimpan. Kemudian, file-file tersebut lantas dimuat. Kalau begitu, apakah reboot akan menghapus data-data di smartphone?

Jawabannya jelas tidak sama sekali. Pada saat smartphone dimatikan, ia hanya mati sesaat dan tak lama kemudian akan menyala kembali. Jadi, tidak aka nada memori atau data apapun pada smartphone yang akan terhapus pada saat melakukan reboot. Saat smartphone telah menyala, ia akan menyala seperti sebelumnya dan tidak akan ada perubahan apapun.

Manfaat Reboot pada Smartphone Android

apa itu reboot

Melakukan reboot pada smartphone Android mungkin sepintas biasa saja dan tidak memiliki manfaat apapun, selain menyegarkan smartphone.

Padahal reboot memiliki beberapa manfaat yang tujuannya membuat kenyamanan Anda saat menggunakan smartphone. Nah, manfaat reboot adalah sebagai berikut:

• Melancarkan atau menyegarkan kembali suatu aplikasi atau hardware yang sedang bermasalah secara tiba-tiba saat sedang dijalankan.

• Setelah melakukan reboot, maka sistem akan kembali dalam kondisi normal dan fresh tanpa adanya beban berlebih. Ini akan membuat kinerja smartphone lebih optimal.

• Dapat menjaga kekompakan kinerja bagi seluruh komponen atau hardware pada smartphone. Sehingga, meminimalisir loading yang terlalu lama.

• Reboot dapat menyegarkan aplikasi yang baru saja terpasang pada smartphone maupun yang sebelumnya sudah terpasang pada smartphone.

• Menjaga ‘kesehatan’ pada sistem operasi smartphone agar kinerjanya tetap optimal.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa itu reboot berikut dengan fungsi dan manfaatnya. Lebih dalam juga, menjelaskan mengenai perbedaan antara reboot dengan reset yang kadang salah kaprah dimaknai sebagian pengguna smartphone atau orang yang baru menggunakan smartphone. Namun, keduanya memang sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan sistem Android.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

One thought on “Apa Itu Reboot? Ketahui Perbedaanya Dengan Riset

  • Avatar
    29-07-2020 at 9:13 am
    Permalink

    mau tanya, kalau hp xiaomi ketika mau di charge tiba tiba masuk mode fastboot, apakah data data yang belum di backup akan hilang?
    terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *