prosesor terbaik
Komputer

10 Prosesor Terbaik Komputer: Spesifikasi dan Keunggulannya

Artikel terakhir diperbaharui 16-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Prosesor Terbaik Komputer – Salah satu komponen yang penting bagi komputer adalah prosesor.

Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, walaupun untuk ukuran prosesor sendiri terbilang kecil bahkan lebih kecil dibandingkan komponen komputer lainnya. 

Jika tidak ada prosesor, komputer tidak dapat bekerja maksimal, walaupun berukuran kecil namun fungsi prosesor sangat penting.

Maka dari itu Bagi Anda yang akan membeli laptop atau komputer, sebelum membelinya hal yang pertama dipertimbangkan adalah melihat prosesor yang digunakannya. 

Tidak hanya melihat dari harga dan warnanya saja, namun juga spesifikasi dari prosesornya. Anda harus mengetahui spesifikasi prosesor komputer PC terbaik bagaimana yang anda butuhkan.

10 Prosesor Terbaik Komputer 

Untuk membantu Anda mengetahui prosesor komputer PC terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut prosesor terbaik komputer PC dari intel dan AMD yang harus anda ketahui:

prosesor terbaik komputer

Image: versus.com

 

Processor AMD A10-5800K

Prosesor ini mempunyai spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan yang lain. Dalam pengoperasiannya spesifikasi prosesor ini baik untuk penggunaan sistem komputer agar lebih tahan lama.

Processor AMD A10-5800K merupakan sebuah chips yang didalamnya terdapat prosesor 4 inti 3.8GHz dan GPU HD 7760D  dengan jumlah core m384 unit. Chip ini mempunyai default clock yang luar biasa.   

Bagi Anda pecinta permainan game, prosesor ini mendukung performa gaming pada komputer, sehingga Anda dapat menggunakan komputer dengan prosesor ini.

Suhu prosesor pada saat idle ataupun saat load masih dalam batas aman dan normal, sehingga CPU tidak akan kepanasan terutama jika Anda tidak menggunakan fan heatsink yang bagus.

Jumlah inti bisa didorong hingga 12, dan juga ada garansi 3 tahun. Dengan garansi selama tiga tahun ini Anda akan tenang dalam menggunakan prosesor ini jika terjadi kerusakan.

Dengan menggunakan prosesor terbaik ini merupakan pilihan yang tepat dan juga efisien karena untuk harga sendiri sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Processor AMD FX-9590

Prosesor ini merupakan prosesor dengan kinerja yang tinggi, yang bisa melakukan clock sebesar 5,0 Gh z (turbo) dan pada kondisi normalnya 4.7 GHz. prosesor ini mampu menjaga suhunya dengan baik.

Setelah pemakaian perangkat yang cukup lama, suhu prosesor akan tetap dingin sehingga tidak akan membuat cepat rusak.

Dengan memiliki core sejumlah 8 core dengan 8 thread, dan kedelapan core ini dapat berkinerja dengan kecepatan 4.7 sampai 5.0 Ghz pada saat turbo.

Kecepatannya yang tinggi ini berimbang dengan harus mengonsumsi daya yang tinggi juga sekitar 220 watt dan juga prosesor ini tidak dilengkapi dengan pengolah grafis intergarasi.

Processor Intel Core i3-6100

Urutan prosesor terbaik selanjutnya adalah Processor Intel Core i3-6100 yang merupakan golongan dari intel dimana prosesornya terkenal akan kualitasnya yang sangat bagus, sehingga kualitasnya sangat dipercaya di mata para konsumen. 

Dengan menggunakan prosesor ini Anda dapat memenuhi kebutuhan untuk mengoptimalkan kinerja komputer, selain itu juga kamu dapat merasakan sensasi yang berbeda dengan performanya dari prosesor ini.

Dilihat dari segi harga prosesor dari kalangan generasi core yang berkualitas ini termasuk bisa dijangkau oleh semua golongan untuk mendapatkannya. 

Mengenai performanya prosesor ini mempunyai kecepatan 3.7 Ghz dan cache sebesar 3 MB. Dengan begitu perosesor inte l jenis ini bisa mendukung kinerja komputer dengan baik dan juga harga yang bersahabat.

Dari generasi core, Intel Core i3-6100 adalah merupakan prosesor komputer yang bisa dibilang harganya cukup bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Dengan kecepatan 3.7 Ghz untuk performa dari intel core i3-6100 ini sendiri sudah cukup layak Intel core i3 adalah Prosesor terbaik berdasarkan harga yang bersahabat.

prosesor terbaik laptop

Image: versus.com

Processor AMD Sempron 3850

Saat ini AMD dikenal dengan produsen prosesor yang pasarannya menembak kalangan dari menengah keatas. Sebelumnya AMD juga telah mengeluarkan beberapa prosesor terbaik dengan harga yang cukup tinggi yang dibekali dengan teknologi mantle.

Namun kini ba gi Anda yang mempunyai budget yang terbatas, AMD telah mengeluarkan prosesor terbaik yaitu sempron 3850 dengan harga yang cukup terjangkau.

Sistem pada chip dalam paket PGA (Pin Gird Array) yang dapat di upgrade ini adalah Prosesor sempron 3850 merupakan platform yang dapat dikombinasikan dengan konsumsi energi terendah. 

Prosesor ini mengusung teknologi quad-core (1,3 GHz) dengan mengonsumsi listrik atau TDP 25 watt, dengan menampilkan tampilan grafis HD 82890.

Dengan dukungan DirectX 11.2 dan windows untuk kelas mainstream platform AMD AM1 menghasilkan komputasi yang seimbang.

Processor komputer PC AMD sempron 3850 ini merupakan prosesor terbaik dengan harganya yang dapat terjangkau oleh semua kalangan.

Processor Intel Pentium G3258

Urutan prosesor terbaik selanjutnya adalah pentium G3258 merupakan prosesor yang cukup tangguh untuk bisa digunakan bermain game. Prosesor ini berada di kisaran harga dibawah satu juta rupiah. Prosesor ini dibuat oleh arsitektur Haswell yang juga sama dengan core i5 dan i7.

Prosesor ini merupakan sebuah  prosesor dual-core pentium yang berbasis arsitektur Haswell, hanya saja prosesor ini mempunyai kelebihan khusus dibandingkan dengan prosesor Pentium lainnya yaitu kemampuan untuk overclock.

Prosesor Pentium G3258 ini merupakan unlocked multiplier dan semua parameter tuning lainnya yang sama seperti prosesor Haswell K-series kelas atas.

Jadi dengan bebas Anda dapat melakukan tuning pada:

  • CPU ratio
  • CPU Cache Ratio
  • IGP Ratio
  • DRAM Multiplier
  • BCLK Strap (BCLK Ratio)

Prosesor Haswell dual-core pentium mempunyai performa yang baik untuk digunakan pada kehidupan sehari-hari, tentunya dengan prosesor pentium G3258 yang sudah di overclock dapat memberikan performa yang jauh lebih tinggi lagi.

Prosesor Pentium G3258 mempunyai dua inti yang dapat berjalan pada kecepatan 3.2 Ghz dan memiliki cache 3MB. Prosesor ini bisa dibuka dan di overclock sampai dengan 4.8 GHz dengan menggunakan pendingin kustom.

Processor Intel Pentium G3258 ini dapat mengalahkan setiap prosesor dengan kisaran harga yang sama, bahkan juga hampi sebanding dengan fx 6300, namun hanya kurang hyperthreading.

Dengan menggunakan prosesor terbaik ini tidak akan terjadi bottleneck dengan beberapa kartu grafis high end terbaik seperti GTX 970.

Kemampuan overclock gaming dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan dibanding dengan prosesor intel lainnya.merupakan salah satu keunggulan dari Processor komputer PC Intel Pentium G3258 ini. 

Processor Intel Core i7-6700K

Socket:LGA1151
Spesifikasi : 4C/8T, 8MB cache, boxed, 4GHz

Intel mempunyai model baru yaitu Processor Intel Core i7-6700K yang akan cocok jika dipasangkan dengan motherboard yang berbasiskan chipset Z170. Prosesor ini merupakan sebuah pilihan yang paling kencang dan juga bertenaga pada platform.

Akhiran huruf K pada Processor Intel Core i7-6700K ini menandakan kalau performa prosesor ini dengan fabrikasi 14 nm dapat dinaikkan dan diturunkan dengan bebas, hanya dengan merubah multiplier. 

Anda bisa menggunakan motherboard dengan chipset intel Z170 untuk menjadi syarat mutlak dapat melakukannya.

Sehingga tidak heran kalau prosesor terbaik Intel Core i7-6700K ini menjadi incaran dari kalangan enthusiast seperti para gamer dan juga overlocker.

Prosesor ini cukup menarik karena mampu mengerahkan performa yang tidak kalah bertenaga dengan penggunaannya lebih hemat dan juga hadir nya sejumlah faktor serta teknologi yang lainnya.

Mempunyai performa yang cepat dan dapat overclock speed dengan kecepatan berlipat ganda, merupakan salah satu  kelebihan dari prosesor komputer PC Intel Core i7-6700K ini. 

Sedangkan untuk kelemahannya adalah terletak pada harga yang cukup mahal, sehingga tidak semua orang dapat menikmatinya. 

Processor Intel Core i5-4690K

Urutan prosesor terbaik selanjutnya adalah Prosesor Intel Core i5-4690K yang termasuk dalam generasi core yang lebih berkualitas dari generasi sebelumnya. 

Dilihat dari segi harganya prosesor intel ini lebih mahal dari prosesor intel sebelumnya, dengan itu terbukti bahwa prosesor komputer generasi core mempunyai tingkatan harga yang bervariasi yang sesuai dengan kualitas spesifikasinya.

Berdasarkan spesifikasinya, Processor Intel Core i5-4690K ini termasuk pada prosesor kelas menengah dengan pilihan overclock speed yang sama dengan prosesor intel core i7. 

Untuk pemakaiannya di komputer bisa Anda andalkan dan mampu merespon dengan cepat dan juga anti lag.

Image: pricebook.co.id

Processor AMD FX-8320E

AMD telah merilis varian FX-8320E125 watt yang harganya masih cukup terjangkau untuk semua kalangan dan dapat memenuhi standar untuk kebutuhan para gamers.

AMD menyematkan huruf E pada ujungnya ini sebagai penanda bahwa prosesor jenis ini lebih bersahabat dengan listrik dan juga lebih efisien.

Bila seri sebelumnya FX-8320 TDP bisa mencapai 125 Watt, maka pada prosesor terbaik ini dengan tambahan huruf E TDP prosesor ini turun menjadi 95 watt.

Namun dengan TDP yang rendah, ada konsekuensinya dimana turbo clock  FX-8320E menjadi lebih rendah daripada FX-8320.

Perbandingan selisihnya tidak terlalu besar, hanya berkisar 3,2 GHz dan 3,5 GHz, namun untuk selebihnya dari kedua prosesor FX-8320  dan FX-8320E bisa dibilang lebih banyak mempunyai kemiripan dalam kemampuannya.  

Dengan harganya yang ramah di kantong dan juga mempunyai performa yang bagus, prosesor ini cocok bagi Anda yang ingin bekerja dengan kreatif baik di kelas entry atau medium.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggabungkan prosesor FX-8320E ini dengan motherboard MSI 970 gaming, yang akan membawa suasana game menjadi jauh lebih menyenangkan dan menarik dengan audio boosternya.

Apalagi jika Anda menyukai game yang membutuhkan detail suara seperti pada game balapan. Selain itu juga motherboard yang bagus yang mendominasi warna hitam cukup ramah di kantong.

Processor Intel Core i7-5820K

Urutan prosesor terbaik selanjutnya masih dari generasi core, namun produk ini termasuk pada produk yang paling berkualitas, yaitu Processor Intel Core i7-5820K dengan spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan produk generasi core lainnya.

Dengan Processor Intel Core i7-5820K performa komputer akan semakin mumpuni, oleh karena itu tidak heran jika prosesor intel ini mampu mendukung performa untuk gaming yang optimal, sehingga Anda dapat bermain game dengan sepuasnya.

Sensasi bermain game yang mengasyikan akan dapat Anda rasakan melalui komputer yang dilengkapi dengan prosesor yang berkualitas ini.

prosesor terbaik untuk komputer

Image: medcom.id

Processor AMD A10-7870K

AMD fokus telah mengembangkan platform APU (Accelerated Processing Unit) dengan menawarkan CPU dan GPU dalam satu kesatuan sehingga penggunanya tidak memerlukan lagi graphic card tambahan untuk suatu sistem komputer bertenaga.

Anda bisa mengkombinasikan prosesor ini dengan beberapa graphics card Rx200 series agar mendapatkan peningkatan performa yang maksimal. 

Processor AMD A10-7870K ini hadir untuk menggantikan posisi dari A10-7850K dengan kecepatan 4,1 GHz yang meningkat dari A10-7850K dengan kecepatan 3,7 GHz.

Untuk memorinya didukung dengan DDR3 hingga kecepatan 2133 MHz, spesifikasi prosesor ini sama dengan A10-7850K, selain dengan hal yang disebutkan diatas.

Pada prosesor terbaik ini AMD telah membekalinya dengan dua heatpipe tembaga di dalamnya, dengan pendingin ini akan mengurangi masalah throttling pada APU tapi belum bisa menghilangkannya 100%.

Prosesor ini didukung dengan teknologi dual-graphics seperti pada AMD pada umumnya, dimana pengguna dapat mengkombinasikannya dengan beberapa graphics car Rx200 series agar mendapatkan performa yang maksimal.

Bagi Anda yang membutuhkan PC dengan performa yang cepat khususnya untuk kebutuhan gaming, dapat menggunakan prosesor ini, namun Anda dapat mendapatkannya dengan harga yang tergolong mahal untuk sebuah CPU AMD. 

Prosesor ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantu Anda memainkan game kesayangan khususnya game online. Apalagi jika Anda mempunyai memori dengan kecepatan yang tinggi, Anda akan mendapatkan performa game yang sangat baik.

Dengan melihat performa game yang meningkat hal ini sejalan dengan misi AMD yang ingin menciptakan system PC game yang sederhana dan murah.Anda akan mendapatkan frame per detik yang lebih baik dan stabil. 

Namun untuk dapat memainkannya Anda harus tetap mengorbankan sedikit detail untuk memainkannya dengan nyaman. 

Jika Anda ingin membuat PC untuk game tanpa menggunakan graphic card discrete, prosesor A10-7870K merupakan sebuah pilihan yang tepat yang bisa Anda gunakan. 

Itu dia beberapa jenis prosesor terbaik komputer untuk dapat menunjang performa dari komputer atau laptop Anda. Saat Anda membeli komputer sebaiknya usahakan untuk dapat memilih salah satu produk diatas agar Anda dapat memperoleh produk yang berkualitas.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *