Mengenal Pengertian Power Supply dan Jenisnya

Power supply atau catu daya adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang berfungsi memberikan daya pada sistem komputer. Biasanya, power supply berbentuk persegi dan ditemukan pada casing. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Power Supply

Pengertian power supply bisa dipahami sebagai salah satu perangkat keras yang fungsinya adalah memberikan daya pada sistem komputer. Sebagai komponen yang berperan untuk memberi daya, power supply membutuhkan energi listrik sebagai sumber pengisi dayanya.

Sumber energi yang diperoleh power supply inilah yang kemudian dirubah menjadi energi untuk menggerakkan perangkat elektronik. Adapun sistem kerja komponen ini adalah dengan mengubah daya 120V menjadi daya-daya yang dibutuhkan masing-masing komponen.

Fungsi Power Supply

Apa fungsi power supply? Jika diartikan, istilah power supply berarti penyuplai daya atau pemberi daya. Fungsi komponen ini adalah memberi daya kepada seluruh hardware yang bekerja dalam komputer. Melalui casing komputer, daya AC dirubah menjadi DC, dan diteruskan ke seluruh komponen.

Nah, untuk menghubungkan power supply dengan sumber listrik, komponen dalam power supply yang bernama port male jenis IEC berperan dalam tahap ini. Sementara itu, sisi yang lain berperan sebagai kipas untuk keluar masuk udara.

apa itu power supply

Jenis-Jenis Power Supply

Tak lengkap jika hanya mengenal pengertiannya saja. Jenis power supply dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai klasifikasinya.

Secara umumnya power supply terbagi menjadi enam jenis. Pertama adalah DC Power supply yang merupakan jenis power supply yang memanfaatkan tegangan arus DC. Tegangan arus DC inilah yang paling dominan dalam kinerja power supply jenis ini.

Jenis kedua adalah AC power supply. Ini adalah jenis power supply yang memanfaatkan tegangan arus AC. Tegangan arus AC inilah yang paling dominan dalam kinerja power supply jenis ini.

Ketiga, ada Switch-mode power supply. Ini merupakan jenis power supply yang menggunakan mode arus AC kemudian baru berganti arus DC.

Untuk jenis keempat, kelima dan keenam ada programmable power supply, uninterruptible power supply dan high voltage power supply. Ketiga jenis power supply ini memiliki karakteristiknya masing-masing.

Nah, jika berbicara mengenai jenisnya secara rinci, maka power supply bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal sebagai berikut.

computers

  • Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, power supply dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu power supply AT dan power supply ATX. Apa ciri-ciri dan perbedaan antara kedua jenis tersebut?

Power supply AT adalah jenis power supply yang terkenal pada era 1997an. Pada masa itu, sebagian besar komputer menggunakan power supply jenis ini. Power supply AT memiliki 8-12 terminal output yang terdapat dalam motherboard komputer.

Selain itu, power supply AT pada umumnya memiliki daya tidak lebih dari 250 watt. Power supply jenis ini menggunakan sistem manual untuk menyalakan dan mematikannya. Karena termasuk jenis konvensional, power supply AT sudah jarang ditemui pada masa kini.

Power supply AT digantikan dengan pembaruan catu daya yang lebih canggih, yakni power supply ATX. Jenis power supply ini merupakan yang terbaru dan pengoperasiannya sudah menggunakan teknologi perangkat lunak (software).

Jenis ATX memiliki 20-24 terminal yang terhubung dengan motherboard komputer. Power supply modern ini memiliki daya yang lebih besar daripada power supply AT. Nah, untuk menghidupkan dan mematikan perangkat, Anda cukup menekan tombol power dan shut down pada komputer.

  • Berdasarkan Rancangannya,

Catu daya dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan rancangannya, yaitu power supply internal dan power supply eksternal. Kedua jenis ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Power supply internal adalah jenis power supply yang langsung terintegrasi dengan motherboard. Jenis power supply ini meliputi amplifier, DVD player, televisi, dan sebagainya. Disebut internal karena motherboard dengan catu daya ini menyatu dalam casing komputer.

Sementara itu, kondisi berlaku sebaliknya terhadap power supply eksternal. Jenis power supply ini antara motherboard dengan perangkat elektroniknya terpisah. Catu daya seperti ini dapat ditemui pada charger HP dan charger laptop.

jenis power supply

  • Berdasarkan Konferensinya,

Jika melihat dari segi konferensinya, power supply dapat dibedakan menjadi dua, yaitu power supply switching dan power supply linier.

Power supply switching adalah jenis power supply yang berfungsi untuk mengkonversikan tegangan listrik secara tidak langsung. Artinya, power supply jenis ini harus melewati korversi tegangan AC terlebih dahulu baru mengkonversi tegangan DC.

Sementara itu, power supply linier adalah jenis power supply yang berfungsi untuk mengkonversikan tegangan listrik secara langsung. Artinya, power supply ini tidak perlu melewati AC dan DC untuk mengkonversikan tegangan.

Komponen-Komponen Power Supply

Setelah mengetahui pengertian power supply, fungsi dan jenisnya, pada bagian ini Anda diberi penjelasan tentang komponen yang ada dalam power supply. Apa saja komponen-komponennya?

  • Dioda

Dioda dapat diartikan sebagai gabungan dari anoda dan katoda. Kedua elektroda ini memiliki sifat yang berlawanan. Yang satu berfungsi sebagai penghantar arus, sedangkan yang satu berfungsi untuk menghambat arus. Perpaduan fungsi keduanya terdapat dalam komponen dioda.

  • Transformator

Selanjutnya, di dalam power supply terdapat komponen bernama transformator. Komponen ini memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga listrik melalui induksi elektromagnetik. Minimalnya, harus ada dua atau lebih rangkaian listrik baru agar dapat dilakukan pemindahan tenaga listrik.

pengertian power supply

  • Kapasitor

Komponen selanjutnya adalah kapasitor. Kapasitor adalah komponen elektronik yang berguna sebagai penyempurna proses penyerahan tegangan arus dari AC ke arus DC. Simbol yang menunjukkan komponen ini adalah C (Kapasitor).

  • Resistor

Perangkat keras yang berfungsi sebagai penurun tegangan ini disebut dengan istilah resistor. Selain itu, resistor juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai pembatas arus listrik yang masuk dan membagi tegangan arus. Kinerja komponen inilah yang dapat mengontrol hardware dalam motherboard.

  • LED

LED atau Light Emitting Diode adalah komponen elektronik sejenis diode semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya monokromatik. Komponen ini berbentuk seperti bohlam lampu kecil yang dapat dipasangkan dengan berbagai perangkat elektronik lainnya.

  • IC Reguler

Komponen terakhir yang ada dalam power supply adalah IC Reguler. Komponen ini berfungsi sebagai pengatur tegangan agar rangkaian listrik tetap dalam keadaan stabil. Jika rangkaian elektronik tidak stabil, komponen inilah yang perlu Anda periksa.

PC desktop

Cara Kerja Power Supply

Lantas, menurut pengertian power supply dan fungsinya sebagai pemberi daya, bagaimana cara kerja power supply? Cara kerja power supply berawal ketika pengguna komputer menekan tombol power. Ketika itu, power supply sudah mulai mengenali dan memeriksa sistem komputer sebelum dijalankan.

Selanjutnya, power supply akan mengirimkan sinyal baik kepada mainboard jika memang komputer siap digunakan. Nah, pada tahap pengoperasian ini, power supply mulai membagi daya menurut kapasitas yang dibutuhkan oleh masing-masing komponen komputer.

Selain memberikan daya, power supply juga mengambil peran dalam menjaga stabilitas arus listrik. Fungsi ini dilakukan oleh komponen power supply bernama IC reguler.

Penjelasan tersebut sudah cukup memberikan gambaran mengenai apa itu power supply bukan? Jika disimpulkan, power supply ini seperti CPU yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Jika power supply rusak, komponen lain juga tidak dapat bekerja.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *