Mengenal Pengertian Scanner, Fungsi, dan Harganya

Salah satu perangkat elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat pengganda berkas yang selanjutnya akan diubah dan disimpan dalam bentuk digital disebut dengan scanner.

Pengertian scanner secara sederhana dapat dikatakan sebagai alat pemindai lembaran yang menghasilkan file digital.

Scanner memiliki sebuah lembaran yang sangat tipis dimana fungsinya sebagai media yang digunakan untuk melakukan pemindaian ke bentuk digital. Setelah berhasil diubah menjadi bentuk visual, Anda bisa menyesuaikan kualitas dari gambar sesuai kebutuhan.

scanner adalah

Sejarah Ditemukannya Scanner

Sebelum membahas ke harga scanner dan lain sebagainya, Anda perlu tahu lebih dulu sejarah dari penemuan alat elektronik yang bermanfaat ini.

Alat ini sebenarnya mulai berkembang pada tahun 1975 dengan campur tangan dari Ray Kurzweil dan timnya.

Di awal penemuannya, scanner hanya berfungsi untuk menerjemahkan sebuah data yang dalam bentuk objek ke bentuk teks atau digital. Namun, kini fungsi dari perangkat elektronik ini berkembang semakin luas dan canggih. Ukuran dan bentuk dari sebuah scanner pun sangatlah beragam.

Uniknya, terdapat sebuah scanner berbentuk pena yang mampu menyimpan 1000 halaman dalam bentuk teks cetak. Selanjutnya, teks tersebut akan ditransfer pada komputer pribadi. Scanner ini dinamakan Quicklink.

Selain contoh tersebut, masih banyak jenis scanner lain yang diproduksi oleh perusahaan elektronik ternama seperti Panasonic, Samsung, Canon, EPSON, dan lain sebagainya.

Robert S. Ledley adalah nama jenius yang menemukan scanner untuk pertama kalinya.

Mesin yang ditemukan oleh Robert ini diberi nama ACTA atau Automatic Computerized Transverse Axial. Di tahun 1943, CT Scanner pertama kali ditemukan dan berhasil memindai seluruh tubuh.

pengertian scanner

Pengertian Scanner

Setelah mengetahui sejarah singkatnya, Anda mungkin masih belum tahu pengertian scanner secara umum maupun lebih detailnya. Scanner merupakan sebuah alat pindai yang bekerja untuk melakukan duplikat terhadap sebuah objek seperti mesin fotocopy ke dalam bentuk digital.

Dalam mendeteksi, scanner menggunakan sensor cahaya yang ada di dalamnya. Sensor yang terdapat dalam scanner tersebut mampu melakukan proses deteksi pada tulisan maupun gambar yang kemudian akan dikirimkan ke komputer.

Fungsi Scanner

Beralih pada fungsi scanner, alat ini pastinya memiliki fungsi khusus yang lebih rinci. Lalu, sebenarnya apa fungsi scanner ini secara lebih rincinya setelah berhasil melakukan pemindaian dokumen? Ini daftarnya.

  • Mendokumentasikan Sebuah Berkas

Tidak hanya dapat memindai berkas saja, pengguna juga dapat memanfaatkan scanner untuk mendokumentasikan berkas yang penting agar tidak hilang. Anda bisa menyimpan serangkaian berkas penting tersebut dengan cara mendokumentasikannya lewat scanner ini.

  • Menyalin Berkas

Scanner adalah piranti yang bisa Anda manfaatkan untuk menyalin berkas penting dengan mudah dan aman. Umumnya, orang-orang akan menggunakan scanner untuk menyalin berkas yang kondisi fisiknya terancam dan dapat mengalami kerusakan.

  • Mengelola Berkas

Berkas dalam bentuk fisik lebih sulit dikelola dan cukup banyak resikonya jika tidak didigitalisasi. Maka dari itu, lebih aman mengubah berkas fisik ke bentuk digital. Selain lebih aman, versi digital juga lebih mudah ditemukan.

Jika membutuhkan berkas tersebut, Anda hanya perlu mencarinya melalui komputer dengan mengetik namanya saja. Anda juga bisa menggunakan berkas tersebut kapanpun saat dibutuhkan.

  • Keamanan Berkas Lebih Terjamin
Baca Juga  Data Scientist: Pengertian dan Jobdesknya

Scanner adalah tempat yang tepat untuk mengubah dan mengamankan berkas. Berkas fisik cukup sulit untuk dijaga keberadaan dan keamanannya. Berbeda dengan berkas digital yang bisa lebih mudah dijaga agar tidak hilang, digandakan, dan diakses kembali.

Tidak hanya itu, berkas fisik juga lebih mudah hilang dan tidak terawat. Namun, berkas digital, keamanannya lebih terjamin dan perawatannya lebih mudah.

harga scanner

Cara Kerja Scanner

Anda mungkin penasaran dengan bagaimana scanner dapat bekerja untuk memindai dan mengamankan sebuah berkas. Perangkat ini bekerja dengan cukup rumit yang mungkin membuat Anda sedikit pusing jika memikirkannya. Berikut cara kerja dari scanner yang perlu Anda pahami.

  • Siapkan gambar yang akan Anda pindai dan letakkan pada permukaan kaca pemindai.
  • Sebelum melakukan pemindaian, komputer akan lebih dulu melakukan semacam penentuan terkait seberapa jauh motor stepper yang dapat membawa lampu. Sedangkan jaraknya ditentukan melalui panjang dan posisi gambar pada kaca pemindai.

Saat scanhead mulai bekerja melakukan pemindaian, scanner akan menangkap cahaya yang dicerminkan melalui area pindai. Ketelitian pada tahap ini mampu mencapai angka 1/90.000 inci.

  • Setelah itu, lampu pada scanner akan mulai menyala dan motor stepper akan bersiap melakukan perputaran untuk menggerakkan lampu hingga berada tepat di atas objek yang akan dipindai.
  • Cahaya lampu akan kembali terpancar pada bagian gambar yang memiliki warna putih atau wilayah kosong. Hal ini akan lebih memantulkan banyak cahaya jika dibandingkan dengan bagian yang berwarna gelap atau yang memiliki ornament warna.

fungsi scanner

Pantulan yang dihasilkan tersebut kemudian akan diteruskan oleh beberapa bagian cermin lain untuk selanjutnya dikirim ke lensa scanner.

  • Pantulan cahaya yang sudah dihasilkan akan bergerak menuju sensor CCD.
  • Sensor ini nantinya akan melakukan fungsi scanner sebagai pengukur intensitas cahaya dan juga panjang gelombang yang berhasil dipantulkan. Selanjutnya, hasil pengukuran yang dilakukan oleh sensor CCD akan diubah menjadi tegangan listrik dalam bentuk analog.
  • Dengan adanya alat ADC atau Analog to Digital, tegangan analog yang sudah dihasilkan tersebut akan dirubah menjadi nilai digital.
  • Nilai digital atau sinyal digital yang dihasilkan tersebut akan dikirim ke logic board dan dikirimkan kembali pada komputer dengan bentuk data digital. Saat dikirim kembali kepada komputer, data digital sudah menunjukkan warna pada titik gambar yang dipantulkan.

Jenis-jenis Scanner

Searah dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, scanner juga memiliki wajah baru yang terlihat lebih fresh dan modern.

Perbedaan jenis scanner ini menciptakan bentuk-bentuk baru di pasaran. Berikut daftar jenis scanner tersebut.

  • Flatbed Scanner
Baca Juga  Protokol: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Diawali dengan jenis yang paling umum dan mudah ditemukan di rumah maupun di kantor yang disebut dengan flatbed scanner.

Bentuk dari flatbed scanner ini juga cukup umum karena terbagi menjadi dua bagian yang dapat saling mengatup.

Jika dilihat sekilas, flatbed scanner ini memiliki bentuk yang seukuran dengan kertas folio. Karena hal inilah, flatbed scanner terlihat seperti versi mini dari mesin fotocopy. Bagian dasarnya sendiri digunakan sebagai tempat lembaran diletakkan.

Sedangkan bagian atasnya digunakan untuk menutup hingga berlangsungnya proses pemindaian.

Tipe flatbed scanner ini terbilang cukup kuno dan kurang praktis. Disebut kurang praktis karena hanya dapat memindai berkas dengan sekali jalan. 

  • Sheet Fed Scanner

Jenis sheet fed ini harganya terbilang cukup mahal meski kinerjanya hampir sama dengan tipe flatbed. Perbedaannya terletak pada lembaran umpan dimana pada tipe sheet fed, lembaran akan bergerak di sepanjang proses pemindaian berlangsung.

Meskipun harga scanner ini cukup mahal, jenis sheet fed ini kurang bisa digunakan untuk memindai sebuah buku. Potensialnya, alat ini hanya cocok untuk melakukan pemindaian pada lembaran tunggal.

Kendati demikian, sheet fed scanner juga cukup sering ditemui di berbagai tempat seperti kantor, rumah, hingga sekolah.

print dan scan

  • Print Scan Copy atau PSC

Jenis PSC atau Print Scan Copy ini dapat disebut sebagai jenis yang multifungsi. Hal ini dikarenakan perangkat ini dapat digunakan sebagai scanner maupun mesin fotocopy sekaligus. Umumnya, Print Scan Copy digunakan di toko-toko yang menyediakan jasa foto copy.

  • Integated Scanner

Berbeda dengan flatbed scanner yang mendapat julukan ‘jenis kuno’, integated scanner ini justru sedang naik daun belakangan ini.

Penggunaan integrated scanner ini sedang marak karena mampu menghasilkan output dengan kualitas yang lebih tajam.

Selain fungsinya, harga scanner integated ini juga cukup terjangkau. Jadi, Anda bisa tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal meskipun dengan harga murah.

  • Drum Scanner

Jenis selanjutnya ini lebih banyak digunakan untuk menangkap atau memproduksi kembali gambar resolusi yang lebih tinggi. Sayangnya, hanya sedikit perusahaan yang mampu memproduksi scanner jenis ini.

Hal ini dikarenakan drum scanner cukup rumit yang membuat tidak semua perusahaan dapat memproduksinya. Namun, hasil  scan dokumen maupun gambar dari drum scanner ini resolusinya maksimal. Banyak yang berpendapat bahwa jenis ini merupakan revolusi dari flatbed scanner.

scanner handy

  • Handy Scanner

Apapun jenis scannernya, fungsi scanner tetaplah sebagai alat pemindai berkas ke bentuk digital. Handy scanner memiliki bentuk seperti postcard yang biasa ditemui di supermarket.

Jenis handy scanner ini lebih sering ditemukan di minimarket atau toko-toko besar dan digunakan untuk membaca harga barang lewat barcode yang tersedia.

  • Portable Scanner

Jenis terakhir dari scanner ini sedang berada di puncak kejayaannya karena dianggap memiliki mobilitas yang tinggi. Berbeda dengan jenis lain, portable scanner menggunakan baterai dan kartu memori sebagai komponennya.

Berkat adanya kartu memori ini, apabila scanner melakukan pemindaian, hasil output akan disimpan secara otomatis di dalamnya. Hal ini memudahkan pengguna yang memiliki jadwal sibuk karena hanya perlu mentransfer hasil outputnya ke komputer secara langsung.

Portable scanner juga mampu menghasilkan output dengan kualitas tingkat tinggi yang tidak kalah bagusnya dengan jenis scanner lain dengan harga scanner yang sama.

kisaran harga umum scanner

Harga Scanner

Terkait dengan harga, scanner bukan termasuk perangkat elektronik yang dipatok dengan harga super mahal.

Dapat dikatakan bahwa harganya juga sesuai dengan merk dari scanner itu sendiri. Untuk update terbaru, scanner termurah dipatok dengan kisaran harga 1 jutaan saja.

Sedangkan pada range termahal, Anda bisa menemukan scanner dengan harga hingga 20 jutaan lebih. Anda bisa membeli scanner berbagai merk di toko offline maupun online yang menyediakannya.

Jika ingin lebih murah, Anda bisa membeli versi bekas atau secondnya.

Namun, jika Anda ingin membeli versi bekasnya, pastikan untuk memilih scanner yang masih baik fungsi dan kondisi nya.

Kendati scanner adalah perangkat yang cukup sensitive, Anda harus bisa memilihnya dengan bijak. Dengan begitu, produk yang didapatkan pun masih bisa digunakan dengan baik.

Komponen Scanner

Scanner memiliki lima komponen penting di dalamnya. Komponen tersebut dimulai dari alas kaca yang digunakan sebagai tempat dari gambar yang akan dipindai. Alas kaca ini menjadi bagian dasar dari scanner. 

Kemudian, terdapat komponen sumber cahaya yang berupa sebuah lampu. Sumber cahaya ini memiliki intensitas yang cukup tinggi dan mampu menghasilkan gurasan cahaya yang diarahkan ke bagian gambar. 

Selanjutnya, ada bagian sensor sinar pantul yang umumnya digunakan pada scanner jenis flatbed. Nama lain dari perangkat ini adalah sensor CCD. Sensor ini berfungsi layaknya mata, yakni membaca sinar pantulan dari sebuah gambar.  

Cahaya pantulan yang berasal dari gambar diarahkan dengan menggunakan cermin dan lensa dari scanner tersebut. Setelah data dibaca menggunakan sensor, terdapat komponen motor stepper dan pita bergerigi yang akan menggerakkan lampu dan sensor CCD tersebut. 

komponen scanner

Bagian terakhir dari scanner disebut dengan penutup scanner. Penutup scanner memiliki fungsi sebagai pelindung dari sinar luar yang berusaha untuk masuk ke dalam. Dengan adanya penutup scanner ini, data yang dipindai akan bisa dibaca oleh sensor CCD dengan maksimal. 

Nah, selain beberapa komponen ini pastinya masih ada beberapa komponen yang juga tidak kalah pentingnya. Setiap komponen tersebut wajib di rawat dengan baik. 

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian scanner beserta jenis, harga, cara kerja, dan komponen pentingnya. Jika scanner Anda mengalami kerusakan, sebaiknya segeralah bawa ke tempat servis dan minta perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah.

Apabila Anda sama sekali tidak paham tentang scanner, ada baiknya untuk membaca pembahasan di atas dengan cermat agar tidak salah memilih dan merawat scanner di rumah. Selanjutnya, jika ingin membelinya, pastikan untuk memilih berdasarkan bentuk dan fungsi scanner tersebut.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *