Pengertian Microsoft Word: Fungsi, Manfaat dan Kekurangannya

Pengertian Microsoft Word – Di zaman yang sudah serba canggih dan juga serba modern seperti saat ini tentu saja salah satu skill yang wajib dimiliki oleh setiap manusia modern saat ini adalah kefasihan dan juga kepiawaian dalam menggunakan program Microsoft Office.

Microsoft Office sendiri merupakan paket aplikasi yang memiliki berbagai macam aplikasi lagi di dalamnya salah satunya adalah Microsoft Word. Nah terkait penggunaan dari Microsoft Word yang di era sekarang menjadi salah satu hal terpenting, tentu saja semua orang wajib memahaminya.

Walaupun Microsoft word identik sebagai salah satu aplikasi yang hanya digunakan untuk mengetik saja, namun pada kenyataanya penggunaan aplikasi Microsoft Word ini juga bisa digunakan dengan berbagai macam fungsi lainnya. Bahkan kita bisa melakukan berbagai macam hal menggunakan aplikasi ini.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah

Pengertian Microsoft word adalah salah satu aplikasi atau program pengolah kata yang bisa membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai macam hal, berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan pengeditan dokumen, teks dan juga tulisan.

Contoh penggunaan dari Microsoft Word ini adalah untuk pembuatan buku, laporan, makalah, jurnal dan lain-lain masih banyak lagi.

Dalam definisi lain, pengertian Microsoft Word merupakan aplikasi yang berguna untuk mengedit, membuat dan juga memformat data dalam bentuk dokumen yang dimana hasilnya dapat disimpan menjadi bentuk softcopy atau file maupun hardcopy atau hasil print.

Microsoft word memiliki banyak sekali fitur yang bisa membantu semua kebutuhan dari para penggunannya. Selain bisa memasukan huruf dan juga angka, Microsoft Word juga bisa mendukung pemakaian tabel, gambar, penomoran, word art, dan juga format keluaran file yang dihasilkan juga sangat beragam mulai dari pdf hingga txt.

Baca Juga  Fungsi Microsoft Excel: Manfaat dan Kegunaanya

Pengertian Microsoft word lainnya adalah suatu program yang menjadi bagian dari paket instalasi aplikasi Microsoft Office.

Dimana fungsi dari Microsoft word ini adalah untuk membantu pekerjaan manusia yang berkaitan dengan pengolahan data dan juga kata untuk menghasilkan suatu dokumen.

Saat ini sendiri pengertian microsoft word sudah menjadi perangkat lunak pengolah kata terbaik dan menjadi yang terpopuler di dunia. Kemudian selain itu, Microsoft Word juga bisa dijalankan dalam berbagai macam sistem operasi.

Bahkan Microsoft Word saat ini juga bisa digunakan di sistem operasi berbasis ponsel seperti iOS dan juga Android. hal ini tentu saja membuat popularitas dari Microsoft Word yang semakin populer.

Walaupun saat ini pengertian microsoft word sudah banyak aplikasi pengolah kata lainnya yang semakin bermunculan, namun kepopuleran dari Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata tetap tidak tertandingi sampai saat ini.

Fungsi Microsoft Word Sebagai Software Pengolah Kata

Fungsi Microsoft Word

Jika kita bicara tentang hal umum, Microsoft Word memiliki fungsi sebagai salah satu aplikasi word processing atau pengolah kata. Dimana kita bisa membuat, memformat dan juga mengedit dokumen sesuka hati kita.

Dengan menggunakan Microsoft Word kita bisa membuat dokumen entah itu dalam bentuk teks, dalam bentuk tabel atau gambar. Kita juga bisa menggunakan Microsoft Word ini untuk keperluan kita sehari-hari misalnya untuk membuat makalah, membuat surat, membuat laporan, membuat jurnal dan juga membuat dokumen teks lainnya.

Kita juga tidak hanya bisa membuat dokumen saja, melainkan kita juga bisa mengubah isi dari dokumen tersebut semisal ternyata terdapat kesalahan dari penulisan atau kelalaian penulis sebelumnya.

Microsoft Word juga mendukung pengguna untuk merapikan dan juga meratakan artikel atau dokumen yang dibuatnya dengan adanya fitur spelling atau numbering.

1. Membuat Dokumen Dengan Cepat

Dengan menggunakan microsoft word kita bisa membuat dokumen dan menghasilkan soft file dengan sangat cepat dan tepat. Dengan ilmu penggunaan Microsoft word yang kita miliki tentu saja tidak membutuhkan waktu yang lama hanya untuk menghasilkan satu file saja.

Semua pekerjaan seperti pembuatan makalah, pembuatan laporan atau pembuatan artikel menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat dengan menggunakan Microsoft Word sebagai software yang digunakan untuk pengerjaan hal tersebut.

Baca Juga  Ternyata Banyak, Ini Jenis-Jenis Komputer di Dunia

2. Membuat Dokumen Yang Bisa Dicetak

Kita tidak hanya bisa membuat dokumen softfile saja, namun kita juga bisa membuat hardcopy atau hasil print dari Microsoft Word. Apalagi saat ini Microsoft Word mendukung hampir semua jenis printer yang bisa di instalasi di Microsoft Word tersebut.

Jadi kita tidak akan kebingungan lagi jika ternyata mendapatkan tugas untuk mencetak laporan atau mencetak makalah. hal ini karena Microsoft Word sudah mendukung semua jenis printer.

3. Membuat Variasi Bentuk Tulisan Supaya Lebih Menarik Lagi

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah data yang bisa membuat berbagai macam variasi tulisan dengan berbagai macam bentuk juga yang bisa dihasilkan dari Microsoft Word tersebut.

Hal ini karena dalam Microsoft Word terdapat fitur Word Art yang memungkinkan para pengguna membuat tulisan atau teks dengan berbagai macam bentuk yang sangat menarik dan pastinya indah.

Manfaat Microsoft Word

Manfaat Microsoft Word

Setelah kalian mengetahui Pengertian ms Word dan juga beberapa kegunaan dari Microsoft Word. Kini saatnya saya akan membagikan kepada anda terkait manfaat dari Microsoft Word tersebut.

1. Memudahkan Pengguna Dalam Mengolah Data Dan Kata

Pengertian ms Word sebagai salah satu aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan dan juga paling mudah kita temui tentu saja tidak lain tidak bukan karena manfaat dari Microsoft Word yang bisa memudahkan pengguna dalam mengolah data dan juga kata.

Bahkan saat ini pengguna bisa mengolah data dan mengolah kata menggunakan Microsoft Word melalui smartphone android atau perangkat iPhone yang mereka miliki.

TIdak heran jika kita akan lebih mudah dalam mengolah data atau menyimpan suatu data kapan saja dan dimana saja melalui perangkat-perangkat yang kita miliki.

2. Bisa Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Sebelum dibuatnya aplikasi Microsoft Word dan juga aplikasi pengolah kata lainnya. Manusia masih menggunakan mesin ketik atau tulisan tangan untuk media penulisannya. Hal yang sangat sulit adalah apabila kita menemukan kesalahan dalam suatu tulisan yang kita hasilkan tersebut.

Tentu saja kita tidak tahu bagaimana harus mengoreksi atau menghapus kesalahan kita tersebut dan mau tidak mau kita harus menulis ulang hasil tulisan kita tersebut.

Hal ini tentu saja berbeda dengan menggunakan aplikasi pengolah kata misalnya seperti Microsoft Word. Dimana jika ternyata terdapat salah kata pada hasil tulisan yang kita buat, kita bisa langsung menghapusnya terlebih dahulu sebelum nantinya kita cetak dalam bentuk hard copy atau print.

3. Penggunaan yang Jauh Lebih Fleksibel

Manfaat menggunakan Microsoft Word tentu saja adalah memudahkan kita dalam mengolah data dan kata menjadi suatu data dengan format yang berbagai macam. Tentu saja salah satu manfaat dari menggunakan Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata adalah sangat memudahkan pekerjaan kita serta bisa menghemat waktu.

Selain menggunakan Microsoft Word bisa lebih praktis. Dengan menggunakan Microsoft Word ini juga dinilai jauh lebih efisien. Hal ini tidak mengherankan apabila hampir 70% pengguna komputer di Indonesia ini lebih suka menggunakan Microsoft Word untuk kebutuhan pengolahan data dan kata.

Baca Juga  Fungsi, Jenis dan Pengertian Printer Yang Wajib Kita Tahu

4. Meminimalisir Kesalahan Saat Menulis

Microsoft Word juga memiliki fitur yang bisa memastikan setiap kata yang kita ketikan benar. Jika kata yang kita ketikan tidak sesuai dengan kata baku yang seharusnya kita tulis maka Microsoft Word akan langsung menggaris bawaih dengan garis yang berwarna merah.

Dengan adanya fungsi ini tentu saja sangat membantu untuk kita yang sering salah ketik dalam menulis dengan komputer. Apalagi Microsoft Word juga membantu mengoreksi pilihan kata dan juga grammar berdasarkan dari kalimat yang kita ketikkan.

5. Mempunyai Panel Navigasi Yang Mudah Dipahami

Microsoft word ini mempunyai panel navigasi yang beragam. Namun walaupun banyaknya panel navigasi yang ditawarkan oleh Microsoft Word, tidak membuat para penggunanya kebingungan dengan fitur yang disediakan.

Semua panel navigasi yang disediakan oleh Microsoft Word ini mudah dipahami dan sangat fungsional. Jadi tidak ada panel navigasi yang dibuat sia-sia oleh Microsoft Word.

Kekurangan Microsoft Word

Kekurangan Microsoft Word

Namun selain memiliki banyak keunggulan, namanya juga program buatan manusia tentu saja juga memiliki kekurangan. Nah dibawah ini adalah beberapa kekurangan dari Microsoft Word.

1. Ukuran yang Sangat Besar

Karena memiliki berbagai macam fitur dan juga panel navigasi yang lengkap tentu saja berdampak pada ukuran penginstalan Microsoft Word yang sangat besar. Bahkan ukuran dari penginstalan dari Microsoft Word ini dapat memakan ruang penyimpanan dari komputer yang kita pakai.

2. Berbayar Mahal

Microsoft Office yang merupakan paket instalasi dari Microsoft Word ini merupakan salah satu program aplikasi yang berbayar. Artinya kita harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk menikmati semua akses dan juga fitur yang ada pada Microsoft Office.

Walaupun saat ini juga sudah tersedia berbagai macam crack atau keygen yang bisa membuat kita dapat menggunakan Microsoft Word ini, namun tentu saja hal itu beresiko bisa mendatangkan virus pada komputer kita.

Baca Juga  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen dan Temporary

3. Terkadang Terdapat Perbedaan Hasil Jika Membuka Di Microsoft Word yang Beda Versi

Terakhir, kekurangan dari Microsoft Word adalah terkadang terdapat perbedaan hasil jika kita membuka dokumen yang sebelumnya sudah kita buka dengan menggunakan microsoft word yang berbeda versi.

Hal ini biasanya sering terjadi ketika kita sebelumnya menggunakan microsoft word dengan versi yang lebih tinggi dan akhirnya membuka pada microsoft word dengan versi yang lebih jadul.

Yang sering terjadi adalah hasil ketika dibuka mengalami berantakan, dengan tidak adanya spasi dan juga masalah lainnya yang membuat dokumen ketika dibuka menjadi tidak tertata rapi berbeda dengan sebelumnya.

Namun masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah. Kita hanya perlu mengubah format dokumen dari file tersebut menyesuaikan dengan versi atau tahun Microsoft Word yang kita pakai.

Selesai sudah artikel kali ini mengenai pengertian Microsoft Word lengkap dengan manfaat, keunggulan dan juga kekurangan dari Microsoft Word tersebut dan semoga saja bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id ya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *