web server
Komputer

Nginx: Pengertian dan Manfaatnya

Membangun domain atau website yang sukses dan lancar tergantung dengan web server dan juga hosting. Anda bisa memilih DomaiNesia untuk beli hosting murah tahunan, sedangkan untuk web server Nginx menjadi pilihan terbaiknya. 

Web server yang satu ini cukup populer dan banyak dipilih. Sebelum memilih tentu penting untuk mengetahui pengertian dan fungsinya. Yuk langsung saja cek penjelasannya. 

Apa Itu Nginx

Nginx adalah salah satu jenis perangkat lunak yang rilis resmi tahun 2004 bulan Oktober. Dibuat oleh Igor Sysoev, yang sudah mulai merancangnya sejak tahun 2002. 

Awalnya Igor merancang perangkat lunak ini untuk mencari jawaban dari C10 problem. C10k sendiri adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi server ketika memiliki sepuluh ribu koneksi dalam waktu yang sama. 

Tentu tidak mudah untuk mengelola begitu banyak koneksi dalam satu waktu. Apalagi setiap tahunnya koneksi atau jaringan terus bertambah. Otomatis beban yang harus dikerjakan oleh web server tidak sedikit. 

Dilihat dari sejarahnya, Nginx merupakan software open source yang mampu menyajikan web, caching, streaming media, reverse proxy dan masih banyak lagi. Pembacaan dari Nginx adalah engine-ex

Perancangan dari perangkat lunak ini lebih maksimal baik dari kinerja dan stabilitasnya. Sehingga dapat bekerja sebagai server proxy email seperti POP3, IMAP dan SMTP. 

Demi memperoleh stabilitas yang baik, Nginx memiliki event driven dan asinkron sehingga kecepatannya pun paling baik. Tidak masalah jika harus menangani sepuluh ribu koneksi sekalipun. 

Bagi Anda yang membutuhkan web server dengan stabilitas dan kecepatan tinggi maka Nginx adalah rekomendasi paling tepat. Apalagi saat ini Anda sudah memiliki website dengan traffic tinggi. 

Beberapa contoh website dengan traffic tinggi seperti Adobe, Google, Netflix dan lainnya. 

Fungsi dan Cara Kerja Nginx

Bekerja sangat baik untuk berbagai web dengan traffic tinggi. Sampai saat ini website traffic tinggi seperti Dropbox, Zynga, Netflix menggunakan Nginx open source yang mampu mengirim berbagai konten dengan cepat dan aman. 

Selain fungsi tersebut, Nginx juga bisa bekerja all in one dengan khusus yang akan menyeimbangkan gateway API, reverse proxy dan web server. Sebagai tool yang multifungsi, Nginx mempermudah infrastruktur IT. 

Infrastruktur bisa dikembangkan dengan lebih cepat dan modern mengikuti perkembangan. Sedangkan untuk cara kerjanya, Nginx dipersiapkan agar bisa dimanfaatkan untuk penggunaan memori rendah maupun konkurensi tinggi. 

Menggunakan juga pendekatan dengan basic asinkron yang bisa menangani request dalam satu utas. Sebuah master akan mengontrol beberapa proses kerja dan mempertahankannya. 

Semua request akan diselesaikan oleh para pekerja secara bersamaan tanpa harus memblokir lainnya karena perangkat lunak ini bekerja dengan tidak sinkron. 

Ada beberapa fitur yang dihadirkan oleh Nginx seperti reverse proxy yang memiliki caching, IPv6, FastCGI, load balancing. Terdapat juga fitur WebSocket, caching serta fitur untuk menangani file statis. 

Begitu juga untuk fitur indeks dan pengindeksan otomatis yang bekerja dengan otomatis. Ada juga TLS/ SSL dan SNI. 

Manfaat Memilih Nginx

Beragam fitur yang dihadirkan oleh Nginx akan memberikan banyak manfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki kecepatan website. Apalagi mengingat bahwa dengan Nginx, beban, cache konten dan reverse proxy akan jauh lebih seimbang. 

Sesuai dengan kemampuannya, web server ini tidak mudah digunakan apalagi pemula. Jadi jika Anda sendiri yang menggunakannya dan belum berpengalaman, sebaiknya memilih web server lainnya. 

Namun jika Anda sudah mendapatkan banyak traffic sebaiknya pilih Nginx yang juga sudah melakukan banyak perubahan dari sejak diciptakan.

Berbagai penambahan fitur meningkatkan manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti berikut:

  • Berguna sebagai Web Server 

Diciptakannya Nginx adalah untuk mendapatkan server yang tercepat. Nginx cukup bersaing bahkan mampu mengalahkan Apache dan juga server lainnya. Khususnya jika dilihat dalam tolak ukur kinerja server. 

Jauh lebih konsisten dalam bekerja, inilah yang menjadikan Nginx menjadi web server terbaik. Termasuk perkembangan yang dilakukannya sejak pertama kali rilis. 

Dulunya Nginx hanyalah halaman HTML yang semakin modern berkembang dengan berbagai konten dinamis serta beragam. 

  • Melampaui Kelebihan Layanan Web 

Layanan yang diberikan salah satunya adalah kecepatan, sebagai web server Nginx memiliki koneksi paling tinggi. Berkat kecepatannya tersebut maka sering digunakan sebagai reverse proxy dan menyeimbangkan beban dalam mengelola traffic masuk. 

Begitu juga untuk mendistribusikan ke server upstream yang jauh lebih lambat. Contohnya adalah dari server database sampai ke layanan mikro. Efisiensi Nginx juga bisa dilihat ketika mengatasi banyak tugas.

Biasanya semakin banyak request maka web akan jadi lambat bahkan down. Ketika website Anda menggunakan Nginx masalah seperti itu tidak akan terjadi. 

Pemilihan web server atau domain dan hosting haruslah tepat. Jangan sampai traffic Anda turun hanya karena salah memilih web server.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita & semoga saja artikel yang saya tulis untuk Sahabat Tedas.id dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *