Komputer

Materi Microsoft Word: Sejarah, Fitur dan Rumusnya

Skill atau kemampuan yang wajib dimiliki pada zaman serba modern seperti sekarang salah satunya adalah kemampuan mengoperasikan program Microsoft Office.

Terutama pada penggunaan Microsoft Word yang akan digunakan dan sangat penting dalam aktivitas sehari-hari seperti sekolah dan bekerja.

Anda mungkin tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word yang sering digunakan untuk mengetik. Namun siapa sangka bahwa program Microsoft Word memiliki banyak fungsi lainnya.

Tidak hanya untuk mengetik saja, Microsoft Word juga dapat digunakan melakukan berbagai hal lainnya.

Materi Microsoft Word akan dibahas lebih lengkap pada artikel kali ini.

Mengenal Microsoft Word

[the_ad id=”9152″]

Microsoft Word merupakan perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengolah kata atau word processor yang dikeluarkan oleh program Microsoft Office.

Microsoft Word digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan yang bersangkutan dengan dokumen dan tulisan. Seperti contohnya adalah penulis buku, penulisan makalah, jurnal, dan masih banyak lagi.

Microsoft word selain digunakan untuk membuat dokumen dan mengetik, juga berfungsi untuk mengedit dan membuat format data agar lebih rapi dan bisa disimpan dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

Bisa disimpulkan bahwa Microsoft Word memiliki 3 fungsi utama diantaranya adalah sebagai berikut:

[the_ad id=”25901″]

  1. Berfungsi untuk membuat dokumen
  2. Berfungsi untuk mengedit dokumen
  3. Berfungsi untuk alat output dokumen

Fungsi Microsoft Word lainnya yakni dapat membuat dokumen dalam bentuk teks, tabel atau gambar untuk keperluan dokumen seperti surat, jurnal, laporan atau jenis dokumen lainnya.

Sejarah Diciptakannya Microsoft Word

[the_ad id=”26309″]

Microsoft Word diluncurkan pertama kali pada tahun 1983 dan diberi nama Multi-Tool Word  untuk Xenix. Selanjutnya versi-versi lain mulai dikembangkan untuk berbagai jenis operation system atau OS.

Seperti versi DOS yang dikeluarkan pada tahun 1983, Apple Macintosh yang dikeluarkan pada tahun 1984, dan SCO Unix, OS/2 serta Microsoft Windows yang dikeluarkan pada tahun 1989.

Setelah resmi menjadi bagian dari Microsoft Office versi 2003 dan 2007, software ini lalu diberi nama Microsoft Office Word atau yang sering disebut Microsoft Word.

  1. Microsoft Word 1981 – 1990

Konsep Microsoft Word awalnya banyak diadaptasi dari Bravo. Bravo sendiri merupakan program pengolahan kata pertama yang berbasis grafik.

Bravo diciptakan oleh Charles Simonyi dan dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center atau PARC. Lalu, Simonyi mulai menggandeng Richard Brodie untuk meninggalkan Xerox PARC.

Setelah itu keduanya bergabung dengan Microsoft pada tahun 1981. Dimulailah pengembangan program Multi-Tool Word pada 1 Februari 1983. Pada saat itu, WordStar dan WordPerfect menjadi software yang menguasai dunia pengolahan kata.

Lalu Multi-Tool Word dirilis pada tanggal 25 Oktober 1983 untuk IBM PC dengan nama Microsoft Word. Dengan keunggulan pengaplikasian konsep What You See Is What You Get atau WYSIWYG.

[the_ad id=”26309″]

Memiliki tampilan cetak tebal dan juga cetak miring serta mendukung penggunaan mouse yang pada saat itu belum banyak digunakan.

Pada tahun 1985, program Word for Macintosh yang diprogram oleh Ken Shapiro dirilis tentunya dengan tampilan yang berbeda dari versi DOS. Program ini banyak mendapatkan perhatian dari pengguna komputer.

Lalu, Word for Macintosh versi selanjutnya pun dirilis pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0 dan memiliki peningkatan pada fitur-fitur baru.

Namun sangat disayangkan banyak bug. Sehingga digantikan dengan versi Word 3.01 yang diciptakan lebih stabil dari versi sebelumnya.

Pada tahun 1989, diluncurkan kembali versi Word 4.0 yang terkenal dan sukses. Versi Word 4.0 ini juga sangat stabil untuk digunakan.

Selanjutnya, Word for Windows mulai diluncurkan pada tahun 1989 versi pertama dengan harga 500 dollar. Namun sangat disayangkan versi pertama ini tidak kompatibel untuk digunakan pada OS Windows saat itu.

Maka dirilislah Microsoft Windows 3.0 sehingga membuat penjualan Word for Windows 1.0 sangat meningkat. Pada saat itu pula, Microsoft Word menjadi pemimpin pada sistem pengolahan kata.

  1. Microsoft Word 2010

Microsoft merilis Microsoft Word versi terbaru yang mendukung dan dapat digunakan pada Microsoft Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan juga Windows 8.

Microsoft Word 2010 ini tentunya memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah sebagai berikut:

[the_ad id=”9152″]

  • Microsoft Word 2010 lebih ringan dibandingkan versi lama karena banyak fitur yang dihilangkan
  • Grafis 3D diupdate menjadi lebih baik
  • Memiliki dukungan untuk standar format .odf (Open Document Format)
  • Lebih mudah untuk menyimpan dokumen dengan format .xps dan .pdf
  • Mendukung penyimpanan dokumen di Cloud
  • Menyediakan versi 32 bit dan 64 bit
  • Memiliki tampilan ribbon yang lebih sederhana

Materi Microsoft Word

cara membuat word

Ada banyak materi Microsoft Word yang sering digunakan untuk keperluan kantor maupun keperluan membuat dokumen-dokumen pembelajaran.

Pada satu tab menu terdapat banyak sub menu yang bisa digunakan untuk materi Microsoft Word kursus tersendiri.

Inilah beberapa materi Microsoft Word yang paling banyak digunakan dalam dunia pendidikan, umum, maupun dunia kerja.

  1. Materi Microsoft Word untuk Membuat Surat

Materi Microsoft Word dalam membuat surat memang menjadi dasar yang harus dikuasai karena akan berguna dalam sebuah keorganisasian.

Tools Microsoft Word yang harus dikuasai dalam membuat surat antara lain adalah sebagai berikut ini:

[the_ad id=”25901″]

  • Format Font, mulai dari memilih jenis font, ukuran font, warna font, memiringkan font, menebalkan font, memberikan garis bawah pada font, dan format teks lainnya.
  • Format Paragraf, mulai dari pengaturan tabulasi ruler, jarak spasi font, perataan kiri dan kanan paragraf.
  • Format Nomor pada tools bullet dan numbering
  • Format Tabel, mulai dari insert tabel dan mengatur lebar serta tinggi tabel
  • Insert Picture untuk menambahkan gambar seperti logo
  • Insert Symbol untuk menambahkan simbol-simbol matematika dan lain-lainnya
  • Header & Footer untuk membuat kop surat
  • Page Number untuk membuat nomor halaman
  • Mail Merge untuk membuat surat berantai
  1. Materi Microsoft Word untuk Membuat Dokumen

Selanjutnya ada materi Microsoft Word seputar mengenai pembuatan dokumen. Yang dimana untuk membuat dokumen di Microsoft Word, setidaknya pengguna harus menguasai tools di bawah ini:

[the_ad id=”18094″]

  • Format Margin yang berfungsi untuk menentukan batas garis tepi dokumen
  • Format Paper untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan
  • Format Orientation untuk menentukan posisi kertas
  • Format nama dokumen
  • Copy dan Paste
  • Format Column
  • Dan materi Microsoft Word lainnya.
  1. Materi Microsoft Word untuk Membuat Tabel & Grafik

Komposisi yang sering ada pada sebuah dokumen laporan adalah tabel dan grafik. Maka dari itu pemahaman materi Microsoft Word tentang tabel dan grafik harus dikuasai.

[the_ad id=”26309″]

Ada juga visualisasi data pada tabel yang bisa berbentuk chart atau grafik. Adapun materi Microsoft Word untuk membuat tabel dan grafik yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

    • Insert Table untuk menambahkan, menghapus, mewarnai, dan repeat header kolom baris tabel.
    • Insert Chart untuk menentukan jenis grafik
    • Import Table from Excel

Fitur Microsoft Word

Materi Microsoft Word yang wajib untuk dikuasai memang tidak sedikit. Untuk itu, agar lebih mudah dalam mempelajari materi Microsoft Word tentunya harus mengenal fitur yang ada beserta fungsinya.

[the_ad id=”9152″]

  1. Title Bar

Merupakan informasi berisi judul atau nama dari file yang sedang dikerjakan atau sedang diakses dalam program Microsoft Word.

  1. Sizing Button (Tombol Ukuran)

Berada pada ujung kanan atas pada barisan judul yang berfungsi untuk menentukan besar kecilnya tampilan layar jendela Microsoft Word di PC atau Laptop pengguna.

  • Minimize Button untuk menyembunyikan jendela Microsoft Word
  • Maximize Button untuk memperbesar ukuran jendela Microsoft Word
  • Restore Button untuk mengembalikan ukuran jendela Microsoft Word seperti awal
  • Close Button untuk menutup dan mengakhiri jendela program Microsoft Word
  1. Toolbar

[the_ad id=”25901″]

Merupakan ikon-ikon yang berisikan tools atau alat guna mempermudah dalam membuat dokumen atau pengetikan.

Tentunya pada toolbar banyak sekali ikon fitur Microsoft Word yang dapat digunakan untuk mempercepat akses perintah yang sering digunakan..

  1. Ruler

Merupakan mistar tabulasi atau yang terlihat seperti pengukur pada bagian atas dan samping kiri dokumen Word. Ruler ini berfungsi untuk indikator lebar dan tingginya halaman serta mengatur margin.

Jika pengguna tidak terlalu membutuhkan fitur ruler, pengguna bisa menghilangkannya pada toolbar view > ruler.

  1. Tombol View atau Tampilan Pilihan Layer

Berfungsi untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat seperti normal, web layout, outline, reading, atau print layout.

  1. Status Bar

[the_ad id=”26309″]

Merupakan tab informasi yang tersedia pada posisi bawah dokumen berisikan tentang jumlah halaman, jumlah kata, serta tombol view.

Rumus Rumus CTRL Pada Materi Microsoft Office

Rumus Rumus CTRL Pada Materi Microsoft Office

CTRL + A untuk blok seluruh teks yang sudah diketik

CTRL + B untuk mengaktifkan fitur bold agar teks menjadi tebal

CTRL + C untuk menyalin atau copy teks

CTRL + D untuk mengubah jenis hingga size font

CTRL + E untuk rata tengah teks pada paragraf

CTRL + F untuk mencari kata atau kalimat pada dokumen

CTRL + G untuk memunculkan fitur go to atau mencari halaman

CTRL + H untuk memunculkan fitur replace untuk mengganti kata yang ada pada dokumen

CTRL + I untuk mengaktifkan fitur italic agar teks menjadi miring

CTRL + J untuk membuat teks rata kanan dan kiri atau mengaktifkan justify

[the_ad id=”18094″]

CTRL + K untuk menyisipkan hyperlink

CTRL + L untuk membuat teks rata kiri

CTRL + M untuk membuat identasi kiri dengan cepat

CTRL + N untuk membuka dokumen baru

CTRL + O untuk membuka file atau dokumen yang sudah disimpan

CTRL + P untuk membuka fitur print

CTRL + Q untuk memberi spasi 1 dan rata kiri 1 paragraf

CTRL + R untuk membuat teks rata kanan

CTRL + S untuk menyimpan dokumen

CTRL + T untuk membuat identasi kanan dengan cepat

CTRL + U untuk mengaktifkan fitur underline atau menggaris bawahi teks

CTRL + V untuk paste teks yang dicut atau copy

CTRL + W untuk menutup jendela dokumen

CTRL + X untuk memotong atau cut teks pada file dokumen

CTRL + Y untuk  menduplikat kata terakhir yang diketik

CTRL + Z untuk undo atau mengembalikan teks yang sudah dihapus

Sekianlah artikel tentang materi microsoft word mulai dari sejarah, fitur dan rumus-rumusnya dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat ya sahabat Tedas.id.

Fina Fauziyah

Fina Fauziyah Afiyan merupakan Mahasiswi semester akhir UIN Jakarta jurusan Komunikasi Penyusunan Islam dan fokus pada penyiaran. Aktif di organisasi komunitas televisi (DNK TV UIN Jakarta) selama 3 tahun. Tertarik dengan penulisan konten SEO dan copywriting, Pernah selama magang sebagai content writer di CNBC Indonesia dengan spesialis topik tentang teknologi, gaya hidup, keuangan maupun topik lainnya. Saat ini bekerja sebagai freelance content writer di beberapa perusahaan dengan spesialisasi dunia teknologi handphone dan komputer.

Artikel Lainnya

Back to top button