Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat setiap individu dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Hal ini bertujuan agar mereka tidak tertinggal dan melek terhadap teknologi agar bisa melakukan sesuatu dengan cara yang lebih praktis dan modern.

Komputer menjadi salah satu hasil penemuan terakbar yang dilakukan oleh manusia. Kehadiran komputer sekarang ini sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan manusia dari yang semula hanya dapat dilakukan secara manual hingga kini bisa dikerjakan secara otomatis melalui komputer.

Berbicara mengenai komputer, pasti semua orang sudah mengenalnya dengan sangat baik atau bahkan menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari untuk membantu pekerjaan mereka. Kualitas komputer saat ini tentu saja berbeda dengan kualitas komputer puluhan tahun yang lalu dan hanya bisa digunakan untuk mengerjakan beberapa hal saja. Kecanggihan yang muncul di era teknologi ini juga merambah pada dunia komputer.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

Dimana fungsi dan manfaat jaringan komputer semakin meluas. Kini kebanyakan orang tidak bisa lepas dari penggunaan komputer karena memang sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Selain itu, jika dulunya sebuah komputer tidak bisa terpasang dengan koneksi internet, maka hal tersebut tidak berlaku lagi untuk saat ini. Komputer Anda dapat dengan mudah tersambung dengan koneksi internet terdekat.

Di era yang sudah sangat modern seperti sekarang ini, kegunaan komputer semakin merambah ke berbagai bidang lainnya, seperti bidang industri, bidang otomotif, dan pastinya bidang komunikasi.

Apabila Anda adalah tipikal orang yang tertarik dengan teknologi, pasti Anda juga mengikuti arus perkembangan komputer dari masa ke masa. Salah satu perkembangan dari komputer yang paling dirasakan oleh para penggunanya adalah perkembangan pada jaringan komputer.

Saat ini, teknologi yang ada pada jaringan komputer mampu menghubungkan banyak jaringan dari perangkat yang berbeda agar saling terhubung. Contoh konkret yang ada saat ini adalah mobil yang bisa terhubung dengan smartphone.


Sejarah Jaringan Komputer

Pada mulanya, kemunculan jaringan komputer ini diciptakan dengan tujuan agar sebuah perangkat sistem komputer dapat digunakan secara bersamaan. Meskipun hal tersebut akan berpengaruh pada harga komputer yang pada saat itu masih mahal dan tidak semua orang mampu membelinya.

Tahun 1940-an di Amerika, penggunaan komputer kala itu ingin dimaksimalkan supaya bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menghabiskan waktu yang terlalu banyak. Kemudian pada akhirnya muncullah Batch Processing yang berfungsi untuk membuat komputer dapat mengerjakan berbagai program dalam sekali waktu.

Selanjutnya pada tahun 1950-an, muncul pengembangan super komputer yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai program dengan menggunakan beberapa terminal. Perkembangan ini menciptakan Time

Sharing System yang mampu mengimplementasikan jaringan komputer pada saat ini. Jadi, sistem ini nantinya akan berperan sebagai server yang menggunakan terminal untuk mengakses program di waktu yang sama.

Baca Juga  Apa Itu Gadget? Dan Apa Sajakah Fungsi Bagi Kehidupan?

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1970-an muncul konsep Distribution Processing yang mampu mengerjakan lebih banyak terminal dan server. Dengan adanya Distribution Processing ini, maka server dapan mengolah data dengan lebih cepat.

Pada tahun 1980-an, dibuatlah sebuah protokol bernama Transmission Control Protocol yang saat ini lebih dikenal dengan nama Internet Protocol. Fungsi dari protokol ini adalah untuk menghubungkan banyak komputer ke jaringan internasional sehingga user di seluruh dunia dapat terhubung dengan baik.

Setelah muncul Transmissionn Control Protocol ini, kemudian muncul istilah-istilah lain, seperti Domain Name System yang bisa membuat user mengunjungi berbagai alamat yang berbeda pada jaringan internet dan Internet Relay Chat yang memudahkan user untuk melakukan chatting melalui jaringan internet.

World Wide Web atau yang lebih dikenal dengan WWW lahir pada tahun 1990-an oleh Tim Berners Lee. Pengembangan dari WWW ini akan memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan penelusuran dan akses sesama pengguna sehingga membentuk sebuah jaringan.

Beberapa fitur yang ada pada WWW tersebut antara lain fitur berbelanja yang dikenal dengan sebutan e-retail. Mungkin bagi generasi saat ini lebih mengenalnya sebagai e-commerce.

jenis jenis jaringan komputerJenis-Jenis Jaringan Komputer

Setelah mengetahui tentang sejarah jaringan komputer, maka selanjutnya Anda harus mengetahui jenis-jenis jaringan komputer yang ada saat ini dan berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis tersebut.

A. Berdasarkan Topologi Jaringan Komputer

Terdapat enam pembagian jenis dari jaringan komputer yang berdasarkan pada topologinya, yakni:

1. Topologi Bus

Jenis ini merupakan jaringan komputer yang paling tua dan sederhana dibandingkan dengan tipologi lainnya. Penggunaan jenis tipologi ini hanya perlu menggunakan satu kabel panjang dan terminal serta sebuah terminator di bagiann ujung kabel.

Tipologi bus ini sangat praktis untuk digunakan dan membutuhkan biaya yang sangat terjangkau. Akan tetapi, kekurangan dari jenis ini adalah jika kabel putus, maka jaringan juga akan terputus.

2. Topologi Star

Pada tipologi ini mempunyai node inti yang berada di bagian tengah dan menghubungkan node-node lainnya. Penggunaan tipologi ini dapat terus berjalan meskipun ada kabel yang rusak ataupun putus.
Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas jaringan lainnya. Namun, kekurangannya adalah jumlah kabel yang digunakan terlalu banyak sehingga lebih ribet.

3. Topologi Ring

Bentuk rangkaian jaringan dengan topologi ring berbentuk seperti cincin yang mampu mengalirkan data dengan lebih cepat dan mudah untuk digunakan. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga sangat terjangkau. Namun, jika ada kabel yang putus hal tersebut akan mengganggu kinerja komputer tersebut.

4. Topologi Tree

Penggunaan topologi ini akan menciptakan data yang terpusat berdasarkan tingkatan dan membuat manajemen data dapat dilakukan dengan lebih mudah. Topologi ini juga masih dapat dikembangkan dalam server yang lebih luas lagi.

5. Topologi MESH

Jenis ini merupakan penggabungan antara topologi star dengan topologi ring dengan keunggulannya memiliki jalur pengiriman yang banyak sehingga data dapat diproses lebih cepat. Akan tetapi, penggunaan topologi ini membutuhkan biaya instalasi yang cukup besar.

Baca Juga  Mau Ganti HP? Ini Review Iphone 11 Harga dan Spesifikasinya

6. Topologi Extented Star

Secara umum, topologi ini adalah hasil perkembangan dari topologi star.

B. Berdasarkan Fungsi

Jaringan komputer berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Jaringan Peer to Peer

Jenis jaringan ini hanya menjadi penghubung antara dua komputer saja untuk melakukan komunikasi secara langsung kepada komputer lainnya tanpa menggunakan perantara. Biaya instalasi untuk jenis ini cukup terjangkau karena hanya menggunakan satu kabel saja. Selain itu, setiap komputer terhubung dengan fasilitas drive, printer, dan hard disk.

2. Jaringan Client Server

Fungsi dari jaringan ini adalah untuk menjadi server yang memfasilitasi pengguna komputer yang telah tergabung dalam sebuah jaringan tertentu. Pengguna komputer inilah yang disebut sebagai client. Kelebihan dari jenis ini adalah memiliki akses dan pengelolaan jaringan yang cepat. Jaringan ini juga memiliki fitur back up sehingga keamanan data dapat lebih terjamin.

C. Berdasarkan Area

Jaringan komputer berdasarkan area dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

1. PAN atau Personal Area Network

PAN merupakan jaringan pertama yang hanya bisa mengubungkan komputer dengan perangkat lainnya, seperti mouse dan keyboard. Penggunaan jaringan ini bisa dibantu dengan adannya USB dan Bluetooth.

2. LAN atau Local Area Network

Jaringan ini hanya mencakup lingkup kecil yang sederhana saja, seperti sekolah dan kantor. Jaringan LAN dapat terhubung ke beberapa komputer dengan satu komputer sebagai server dan yang lainnya bertindak sebagai client. Lan memiliki kecepatan untuk transfer data hingga 1000 Mbit/s.

3. MAN atau Metropolitan Area Network

Cakupan jaringan MAN lebih luas lagi dan bisa digunakan hingga 50 KM jauhnya. Biasanya jaringan ini digunakan untuk transfer data pada sebuah kota. Jaringan MAN ini merupakan bagian dari berbagai jaringan LAN.

Baca Juga  Waspada, Ini 4 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi

4. WAN atau Wide Area Network

Jaringan terbesar yang bisa digunakan untuk wilayah yang sangat luas adalah WAN. Hal ini karena Wan bisa menjangkau daerah yang sangat jauh hanya dengan menggunakan router. Pengguna jaringan ini bisa terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak yang berada pada satu jaringan yang sama.

Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer

Selain perangkat lunak, jaringan komputer juga harus didukung dengan adanya perangkat keras agar bisa berfungsi dengan semestinya. Perangkat keras menjadi salah satu elemen yang cukup vital pada jaringan komputer. Jika penggunaan perangkat keras tidak lengkap atau ada satu elemen yang terlupakan, maka jaringan komputer tidak bisa berjalan dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat keras jaringan komputer.

1. Komputer Server

Salah satu perangkat keras yang sangat vital karena nantinya data yang penting akan disebarkan dengan menggunakan jaringan internet yang telah terhubung. Komputer server juga menjadi penghubung dengan komputer client lainnya.

2. Komputer Client

Sebuah jaringan komputer tidak bisa berjalan jika hanya ada komputer server saja. Oleh karena itu, keberadaan komputer client ini sangat dibutuhkan.

3. Hub

Hub berfungsi untuk menyebarkan jaringan komputer server ke komputer client. Hub akan mentransfer data ke client yang terhubung dalam sebuah jaringan LAN.

4. Switch

Fungsi switch hampir sama dengan Hub, hanya saja switch lebih kepada memecah jaringan lokal agar paket data yang ditransmisikan dapat dibatasi.

5. Bridge

Sama seperti namanya, bridge berfungsi sebagai jembatan pada jaringan, yakni menggabungkan jaringan lokal ke jaringan yang lebih luas. Begitupun sebaliknya.

6. Router

Router berfungsi untuk menyalurkan koneksi jaringan internet melalui internet protokol ke komputer client.

7. Access Point

Penggunaan access point sama seperti router. Hanya saja harga access point lebih murah dan penggunaannya lebih sederhana.

8. Kabel

Jaringan komputer akan selalu membutuhkan kabel untuk bisa menjalankan fungsinya.

9. Ethernet Card

Ethernet Card ini berada di dalam komputer yang akan membuat komputer tersebut terhubung dengan jaringan LAN.

10. Modem

Modem akan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog agar dapat digunakan pada komputer.

11. Konektor

Konektor ini digunakan untuk menghubungkan kabel satu dengan lainnya.

12. Repeater

Perangkat keras ini berfungsi ini untuk memperkuat sinyal ketika digunakan untuk jarak jauh.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer hingga saat ini tidak akan digunakan jika tidak memiliki manfaat tertentu. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah manfaat jaringan komputer.

A. Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan dan Instansi Tertentu

Jaringan komputer kini banyak digunakan di berbagai perusahaan dan juga instansi karena memberikan beragam manfaat baru mereka. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Mempermudah Menyebarkan Dokumen

Bukan rahasia umum lagi jika setiap perusahaan dan instansi pasti menyimpan banyak dokumen penting yang disimpan rapi. Sering kali dokumen tersebut harus dibagikan kepada pihak atau divisi lain. Jaringan komputer inilah yang akan membuat proses menyebarkan dokumen menjadi lebih cepat.

2. Menjaga Data Penting dan Rahasia

Keamanan data penting perusahaan adalah hal yang selalu di jaga. Dengan jaringan komputer ini, maka akses data akan lebih terbatas karena tidak semua orang bisa mengakses data penting tersebut. Hanya komputer yang terhubung pada jaringan komputer itu sajalah yang bisa mengakses.

3. Memudahkan Komunikasi

Penggunaan jaringan komputer akan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat komunikasi yang terhambat. Jadi, keharmonisan serta kestabilan perusahaan akan lebih terjamin.

4. Mempercepat Arus Informasi

Saat ini banyak informasi yang harus disebarluaskan dalam waktu yang singkat. Untuk itu, penggunaan jaringan komputer akan membantu perusahaan dalam mempercepat arus informasi tersebut.

5. Mempermudah Akses Data

Server dapat dengan mudah mengakses data karena data utama pada sebuah perusahaan terletak pada sever. Jadi, bagi siapa saja yang membutuhkan data tersebut dapat mengakses dengan mudah.

6. Menghemat Biaya

Apabila jaringan komputer eror atau bermasalah, biaya perbaikannya cukup terjangkau sehingga mampu menghemat biaya operasional pada perusahaan Anda.

B. Manfaat Jaringan Komputer untuk Masyarakat Umum dan Personal

1. Surat Elektronik

Penggunaan jaringan komputer akan memudahkan Anda dalam berkirim pesan melalui surat elektronik atau yang dikenal dengan email. Keberadaan email ini mampu menggantikan surat yang sebelumnya harus dikirim melalui pos. Selain itu, email dapat dikirim dalam waktu yang sangat singkat dan fleksibel serta mampu dikirim ke mana saja.

2. Social Media

Sekarang ini hampir semua masyarakat telah menggunakan social media. Ini merupakan produk paling unggul pada jaringan komputer. Melalui social media, akses informasi tertentu bisa didapatkan dengan mudah serta cepat. Bahkan Anda dapat mengakses informasi global sekalipun.

3. Chatting

Chatting kini lebih banyak digunakan oleh masyarakat dibandingkan dengan berkirim pesan melalui SMS karena biayanya yang lebih murah. Tak hanya itu, chatting juga dapat dilakukan pada waktu yang fleksibel selama tersedia akses internet.

4. E-Commerce

Selain penggunaan social media, masyarakat kita saat ini juga banyak menggunakan e-commerce untuk membeli sesuatu guna memenuhi kebutuhan sehari-hari

E-commerce ini adalah transaksi jual-beli yang dapat dilakukan dimana saja dengan sistem online. Kehadiran e-commerce membuat banyak online shop bermunculan di kalangan masyarakat. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat lebih memilih membeli sesuatu secara online, dibandingkan datang ke sebuah toko.

Baca Juga  Gamers Masuk, Ini 7 Fitur Terbaru dari Game FIFA 20

5. Bermain Games

Terkadang seseorang membutuhkan hiburan untuk mengalihkan pikiran dari aktivitas yang menjenuhkan. Salah satu caranya adalah dengan bermain games.

Saat ini Anda dapat bermain games dimana saja, baik itu di perangkat komputer maupun di smartphone. Tentunya hal ini akan membuat Anda dapat bermain games kapanpun ketika Anda memiliki waktu luang atau sekadar ingin merefresh pikiran setelah penat menjalankan aktivitas.

6. Update Perkembangan Berita

Saat ini membaca berita di jaringan komputer internet lebih diminati, dibandingkan membaca koran. Hal ini karena internet menawarkan informasi yang lebih up to date dibandingkan dengan berita di koran, sebuah manfaat jaringan komputer untuk kecepatan informasi.

 

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *